Gamers, siapa sih yang tidak mempunyai tubuh yang ideal? Entah kamu adalah cowok atau cewek, pasti ingin punya tubuh ideal. Selain bakal menambah kepercayaan diri, tubuh ideal juga membuat kalian tetap sehat dan berstamina.

Masalahnya, sebagai seorang gamer, sering kali kita duduk berjam-jam di depan komputer dan kurang waktu beraktivitas fisik. Akibatnya, tubuh pun akan menjadi gemuk dan perut membuncit. Jika sudah terlanjur gemuk, langkah pertama untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan menurunkan berat badan.

Berikut kami pilihkan cara menurunkan berat badan a la gamer berdasarkan pengalaman Craig Engler yang dituliskan dalam buku “Weight Hacking: A Guide for Geeks Who Want To Lose Weight and Get Fit.”

1. Hindari begadang

Ini dia yang sering menjadi sumber masalah kesehatan bagi para gamer. Saking asyik main gim, kita sering begadang sehingga waktu tidur kita jadi sangat minim, atau tidak tidur sama sekali. Hindari hal ini ya, Bro.

Begadang akan memicu hormon ghrelin yang akan memicu nafsu makan yang besar sehingga kamu akan cenderung makan. Selain itu, begadang juga akan memengaruhi pola metabolisme dan sistem kardiovaskuler.

2. Jangan tertipu label makanan sehat.

Sering kali kita “tertipu” dengan label makanan sehat, rendah kalori, atau tanpa kolestrol. Mungkin, sebenarnya makanan tersebut memang mempunyai kandungan kalori dan lemak yang rendah, kita pun takkan merasa bersalah saat menyantapnya sehingga justru mengonsumsi dalam porsi  yang banyak.

3. Ubah menu makan.

Ini juga merupakan cara sederhana untuk menurunkan berat badan. Kamu tinggal mengganti makanan sehari-hari dengan versi yang lebih rendah kalori, misalnya mengganti nasi putih dengan umbi-umbian, seperti talas atau ubi yang rendah kandungan glikemiks namun kaya serat.

4. Jangan lewatkan sarapan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of the American Dietetic Association menemukan fakta bahwa kebiasaan sarapan akan membantu menurunkan berat badan.

5. Kurangi porsi makan.

Porsi makanan yang lebih sedikit akan menstimulasi metabolisme tubuh dan tentu saja akan membantumu mendapatkan berat ideal yang diimpikan.

6. Berhenti minum soda.

Minuman bersoda memiliki kandungan kalori yang lebih banyak dari kebanyakan air minum lainnya. Soda juga akan menghambat penyerapan Vitamin A, kalsium, dan magnesium – nutrisi yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center, San Antonio, AS, bahkan soda diet pun berperan meningkatkan pertambahan berat badan hingga 41%!

7. Tetap berolahraga.

Meski sibuk bermain gim, tetaplah menyempatkan waktu berolahraga bersama teman-teman ya, guys. Kamu bisa jalan cepat sambil berdiskusi tentang gim. Menurut Arthur Weltman, Ph. D, director of the exercise physiology laboratory di Universitas Virginia, AS, melakukan jalan cepat secara rutin selama sekitar setengah jam terbukti efektif menurunkan berat badan.

8. Bentuk otot.
Tahukah kamu, semakin tubuhmu berotot, kamu tak hanya akan terlihat keren, tapi berat badanmu juga akan cepat turun. Pasalnya, otot dalam tubuh akan membakar lemak secara otomatis.

Coba sisihkan waktu sekitar tiga hari dalam seminggu untuk latihan beban. Atau, kamu bisa juga berlatih di gym.

9. Cek berat badan Anda secara rutin.

Waktu terbaik untuk menimbang berat badan Anda adalah seminggu sekali, supaya Anda bisa melihat progres yang telah Anda lakukan selama seminggu ke belakang.

10. Cara ekstrem: Bermain game sambil berjalan di treadmill.

Mungkin, terlihat lucu. Tapi, Craig Engler benar-benar memodifikasi mesin treadmill-nya dengan menambahkan komputer untuk bermain gim sambil berjalan. Hmm… ide ini patut dicoba.

Baca juga:

10 Aturan Sehat A La Gamer

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *