online shop,toko online,shop rexus 10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online online 2900303 640

foto: pixabay

Gamers, kamu tentu sudah pernah berbelanja secara online atau daring, bukan? Fenomena belanja online memang semakin masif saat ini. Semakin banyak muncul toko online yang menawarkan beragam kemudahan dan promo menggiurkan. Hampir semua produk sudah bisa dijual secara online, seiring semakin berkembangnya sistem transaksi dan ekspedisi.

Satu sisi, fenomena ini tentu akan menghimpit keberadaan sistem jualan konvensional. Tapi, di sisi lain, sistem belanja online memang memberikan beragam kemudahan. Coba bayangkan, jika dahulu kamu harus rela bermacet-macet ria ke pusat belanja elektronik di bilangan Glodok untuk membeli produk gaming Rexus, saat ini Anda tinggal masuk ke website shop.rexus.id, memilih produk yang kamu inginkan, dan masukkan ke chart belanjaanmu. Dalam hitungan hari, atau malah hitungan jam, barang yang kamu beli sudah tiba di depan pintu rumah.

Semua jadi terasa mudah dengan belanja online. Harga yang bersaing, promo menarik, sistem pembayaran yang jauh dari kata ribet, pengiriman cepat, dan garansi purna jual yang terjamin menjadi nilai yang selalu diutamakan oleh para provider yang menyediakan layanan belanja online. Di antara semua nilai, ada satu hal penting yang sama sekali tak bisa dikesampingkan. Apa itu? Keamanan bertransaksi.

Menurut sebuah laporan yang dilansir dari straitstime.com, dalam periode 6 bulan di 2017 lalu, telah terjadi 900 kasus penipuan yang berkedok belanja online di Singapura, dengan kerugian lebih dari 691.700 Dollar Singapura! Itu menjadi gambaran bagaimana perputaran uang virtual di gelanggang mal online begitu menggiurkan, termasuk buat modus kejahatan siber.

Kamu tentu tak mau mengalami hal ini. Untuk menghindari kerugian akibat kejahatan siber saat berbelanja online, ada beberapa tips penting yang perlu kamu ketahui dan praktikkan.

 

1. Akses website yang sudah terkenal dan terpercaya.

shop rexus 10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online shop

Salah satu parameter penting toko online yang bonafide adalah banyaknya pengunjung di “lapak” tersebut. Semakin banyak pengunjungnya, semakin familiar toko online itu di kalangan masyarakat. Untuk mengeceknya, kamu bisa memanfaatkan review di mesin pencarian otomatis atau melihat verifikasi-nya di beberapa forum. Perlu diperhatikan pula, saat ini banyak nama domain toko online yang hampir mirip sehingga kamu harus memastikan tidak salah menulis alamat toko online secara benar.

2. Perhatikan sistem keamanan situs jual beli.

Jangan pernah sesekali membeli barang secara online dengan menggunakan kartu kredit di sebuah situs jual beli yang tidak mempunyai fitur SSL (Secure Sockets Layer) enkripsi. Cara yang paling mudah untuk mendeteksi apakah sebuah situs jual beli mempunyai sistem keamanan yang ketat adalah dengan mengenali alamatnya. Situs yang mempunyai SSL diawali dengan HTTPS://. Selain itu, biasanya, di situs ber-SSL muncul ikon kunci di pojok alamatnya atau sebelah kanan alamat URL, tergantung dari browser kamu.

3. Jangan pernah memberikan nomor PIN ATM ataupun password akun pribadi.

online shop 10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online computer 1591018 960 720

foto: pixabay

Tak ada situs jual beli yang membutuhkan PIN atau password kamu, bahkan password surel. Semua itu adalah akses pribadi yang tak boleh dibagikan ke sembarang pihak.

4. Cek pengeluaran.

10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online credit card 1730085 640

Setiap selesai bertransaksi, biasakan untuk mengecek pengeluaran kamu. Jika kamu menggunakan aplikasi mobile banking, segera cek status pengeluaran. Jika menggunakan kartu kredit, secara teratur cek pengeluaran kamu secara online. Jangan tunggu sampai kamu ditagih di akhir bulan.

Hal ini juga bermanfaat untuk mengontrol pengeluaranmu juga. Jika ada indikasi pengeluaran mencurigakan dari rekeningmu, segera hubungi bank atau instansi terkait yang mengeluarkan kartu kredit yang kamu gunakan bertransaksi. Kamu punya waktu rentang 30 hari untuk melakukan konfirmasi, sebelum bank atau provider kartu kredit mengeluarkan tagihan.

5. Lindungi komputermu.
Banyak malware atau virus yang dapat mengancam keamanan sistem transaksi online dari komputer atau smartphone-mu. Virus atau malware itu dapat mencuri ID atau informasi rahasia kamu. Untuk menghindarinya, gunakan program anti-virus yang direkomendasikan.

6. Gunakan password yang tak mudah ditiru.
Banyak modus kejahatan siber berhasil menjebol sistem keamanan akibat lemahnya password yang dibuat oleh pengguna. Karenanya, biasakan membuat password yang kuat dan hanya Anda yang ingat.

7. Jaga keamanan smartphone.

10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online hp

foto: pixabay

Saat ini, semakin banyak orang yang mengakses informasi elektronik dengan menggunakan ponsel pintar, termasuk untuk membandingkan harga antar toko online dan melakukan transaksi di dalamnya. Salah satunya, biasakan untuk menjaga keamanan ponsel pintar kamu. Selalu gunakan password untuk membuka ponselmu. Hal ini akan meminimalkan risiko orang lain yang mengakses informasi pribadi kamu, termasuk masuk ke akun situs jual beli yang ada di dalam smartphone-mu.

8. Biasakan log out.

10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online turn on 2923047 640

foto: pixabay

Nah, ini hal yang perlu kamu biasakan setelah mengakses suatu situs mal online dan bertransaksi di dalamnya. Lakukan log out secara benar agar orang lain tidak bisa masuk ke dalam akun-mu. Hindari keluar dari laman begitu saja.

9. Waspadai keamanan Wi-Fi

10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online wifi

foto: pixabay

Biasanya, dengan berdalih agar lebih hemat kuota, kita memanfaatkan jaringan Wi-Fi (gratis) yang disediakan di berbagai tempat publik, seperti di cafe, mal, rumah makan, atau tempat lain. Itu adalah hal yang wajar. Namun, jika kamu ingin melakukan transaksi yang bersifat personal dan rahasia, pastikan Wi-Fi yang kamu akses melalui koneksi Virtual Private Network (VPN).

10. Simpan bukti transaksi.

10 tips aman dan praktis belanja online 10 Tips Aman dan Praktis Belanja Online ecommerce 2140604 640

foto: pixabay

Lewat apa saja metode pembayaran yang kamu lakukan untuk membeli barang di toko online, segera simpan bukti pembayarannya. Jika melalui transfer bank, simpan struk bukti transfernya atau struk ATM-nya. Jika melalui fitur akun di sebuah toko online, capture hasil transaksinya agar tak terhapus.

Ini bertujuan agar jika suatu saat dibutuhkan pembuktian transaksi yang pernah kamu lakukan, kamu bisa dengan mudah membuktikannya – termasuk saat membuat laporan di kepolisian jika terjadi modus penipuan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *