apa itu led rgb dalam keyboard mekanikal? Apa Itu LED RGB dalam Keyboard Mekanikal? K9RGB WEB 1

Salah satu ciri khas keyboard mekanikal modern adalah switch atau tombol yang dapat memancarkan cahaya. Pancaran cahaya itu menggunakan lampu jenis LED. LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Itu berarti lampu LED dapat menyala berkat pancaran dari dioda atau semikonduktor yang diberi tegangan.

Penggunaan lampu LED kini makin marak.  Lampu LED sering digunakan sebagai indikator produk elektronik, lampu penerangan, lampu kendaraan bermotor, produk alat-alat medis, hingga layar monitor. Seperti kita ketahui, saat ini layar monitor makin banyak yang mengadopsi teknologi LED, mengalahkan pendahulunya yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display (LCD).

Tak hanya itu, LED RGB juga digunakan dalam switch keyboard mekanikal. Sebelum membahas LED RGB di keyboard, yuk kita membahas lampu jenis LED dulu.


Keunggulan LED

Penggunaan lampu LED yang kian marak bukannya tanpa alasan. Pertama, penggunaan dua kutub diode dalam lampu LED memungkinkan bentuk lampu bisa disesuaikan dengan peralatan modern yang kian ramping. Ini juga menjadi alasan LED digunakan dalam switch keyboard yang berukuran kecil.

apa itu led rgb dalam keyboard mekanikal? Apa Itu LED RGB dalam Keyboard Mekanikal? led 1485169 640

Foto: pixabay

Kedua, meski berbentuk kecil, cahaya yang dihasilkan oleh LED setara atau bahkan lebih terang dibandingkan dengan teknologi lain. Sebagai contoh, lampu LED berdaya 9 Watt dapat seterang lampu neon berdaya 18 atau 24 watt.

Ketiga, cahaya dari lampu LED lebih fokus. Keempat, ini yang paling unggul, lampu LED sangat hemat energi. Untuk memendarkan dua kutub dioda yang ada dalam lampu LED, hanya dibutuhkan satu arus tunggal berdaya kecil. Kelima, awet. Selama tidak ada permasalahan pada kelistrikan atau konsleting, lampu LED mempunyai rentang hidup sangat lama, bisa 15 – 20 tahun.


Macam Lampu LED

Saat ini dikenal beragam jenis lampu LED. Perbedaan jenis itu ditentukan berdasarkan tipe warna, sumber tenaga, dan penggunaan atau fungsinya. Nah, untuk mengetahui jenis LED RGB, kita hanya akan membahas macam lampu LED berdasarkan tipe warna.

apa itu led rgb dalam keyboard mekanikal? Apa Itu LED RGB dalam Keyboard Mekanikal? smd 562231 640

Berdasarkan tipe warna, lampu LED dibagi menjadi tiga macam, yaitu: LED single color, LED dual color, dan LED RGB. Berdasarkan namanya, LED single color berarti hanya terdiri dari satu warna dan satu dot warna LED, entah itu merah saja, hijau, kuning, putih atau biru saja.

Sedangkan LED dual color terdiri dari dua LED warna dalam satu pixel (titik). Dual color umumnya adalah kombinasi warna merah (red) dengan hijau (green) atau kuning (yellow). LED dual color juga dapat terdiri dari warna merah-putih atau merah-biru.


Apa Itu LED RGB?

Tipe LED berdasarkan elemen warnanya yang ketiga adalah LED RGB atau tipe fullcolor. Apakah maksud RGB? Itu adalah singkatan dari Red, Green, dan Blue. Artinya, dalam satu lampu LED RGB, terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru.

apa itu led rgb dalam keyboard mekanikal? Apa Itu LED RGB dalam Keyboard Mekanikal? K9RGB 04 1

Lampu LED RGB dapat membentuk ribuan hingga jutaan warna. Bahkan, diklaim bahwa lampu LED RGB dapat membentuk 16 juta spektrum warna! Kemampuan ini sering disebut dengan istilah videotron atau megatron. Dengan kemampuan warna sebanyak itu, maka spektrumnya bisa dilihat dari berbagai sudut.

Saat ini, LED RGB juga diadopsi dalam switch keyboard mekanikal modern. Keyboard Rexus Fortress K9RGB adalah salah satu tipe keyboard yang membenamkan switch dengan LED RGB di dalamnya. Dengan 9 mode spektrum mode, warna yang dihasilkan dari deretan switch Fortress K9RGB akan lebih menarik.

Rexus-titanix-TX3 kenali fitur macro pada mouse rexus Kenali Fitur Macro pada Mouse Rexus TX3 01

Kalian pasti tak asing lagi dengan fitur yang dibenamkan dalam sebuah mouse ini. Ya, fitur macro. Saat ini, makin banyak tipe mouse yang menawarkan fitur macro, terutama pada mouse gaming tipe advanced. Dari namanya, kita sering keliru menyangka bahwa fitur ini digunakan untuk memperbesar obyek. Bukan itu fungsinya, ternyata. Hmm, jadi apa sih fungsi fitur macro?

Fitur macro adalah fasilitas pada gaming mouse macro yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa aksi sekaligus dengan memencet tombol yang ada di mouse macro. Aksi sekaligus itu dapat mewakili beberapa “klik” dalam satu kali tekan.

Misalnya, jika biasanya kamu ingin menembak obyek dengan meng-klik tombol berkali-kali, dengan tombol macro, kamu hanya perlu memencet sekali saja untuk memberondong musuh secara lebih cepat. Sebagai contoh, dalam permainan Point Blank, kamu bisa menggunakan klik kiri – delay – tombol Q – delay – tombol Q.

Cara Kerja Mouse Macro
Pada dasarnya, mouse macro memberikan “perintah” kepada komputer agar dapat melakukan gerakan seperti yang kehendaki oleh pengguna. Untuk memberi perintah tersebut, mouse macro dilengkapi dengan software yang bisa di-download dalam CD driver yang disertakan di kemasan pembelian.

Software tersebut kemudian akan disinkronkan dengan chipset yang ada dalam mouse. Mouse makro dilengkapi dengan chip pengontrol di dalamnya, biasanya memiliki memori sekitar 128 Kb atau lebih. Memori ini berfungsi untuk menyimpan jenis pengaturan yang dilakukan di driver mouse.

Setting Fitur Macro Mouse Rexus
Untuk mengatur chip pengontrol tadi, digunakanlah bahasa pemrograman yang ditanamkan pada chip. Saat membeli mouse makro kita akan dapati mini CD untuk yang berisi aplikasi untuk menanamkan program pada chip pengontrol, seperti pada Macro Mouse Rexus Titanix-TX3.

Untuk macro mouse tipe Titanix TX7, TX5, TX8, TX3, TX2, TX 9, TX10, Mouse VR3, Xierra X8, Xierra X9, dan Xierra X11, software-nya dapat diperoleh dengan mengunduhnya di rexus.id/dukungan.

kenali fitur macro pada mouse rexus Kenali Fitur Macro pada Mouse Rexus macro2

Melalui aplikasi ini, bahasa perintah  atau script pemrograman dituliskan ke memori chip pengontrol, bukan pada komputer kamu. Nah, saat digunakan, program perintah tersebut disinkronkan dengan settingan mouse di komputer. Jadi, settingan yang kamu buat di software tersebut tidak mengubah settingan pada komputer kamu.

kenali fitur macro pada mouse rexus Kenali Fitur Macro pada Mouse Rexus macro

Berikut tutorial umum menyeting fitur macro pada gaming mouse Rexus:
1. Unduh atau download software sesuai tipe mouse kamu.
2. Colokkan mouse kamu ke komputer atau laptop yang hendak kamu gunakan bermain.
3. Buka driver software dan akan muncul penampakan user inferface.
4. Sesuaikan settingan dengan kebutuhan permainan kamu.
5. Atur Left Button, Right Button, dan Middle Button sesuai kenyamananmu.
6. Atur pula tingkat DPI-nya.
5. Jangan lupa untuk menyeting delay-nya. Untuk permainan Point Blank, banyak pengguna yang menggunakan delay 150ms/ 200ms.

Satu Settingan untuk Satu Jenis Permainan
Settingan fitur macro yang kamu buat di software driver mouse macro bersifat customized. Artinya, disesuaikan dengan kenyamanan kamu saat bermain game. Dalam software tersebut, kamu bisa menyeting Report rate, sensitivitas mouse, kecepatan scrolling, dan kecepatan ketukan klik.

Pada permainan shotgun, misalnya, apabila mouse telah diatur, ketika telunjuk kanan menekan tombol makro maka mouse memberikan sinyal kepada PC bahwa user menekan tombol klik kiri, dan Q 2x secara cepat sehingga kecepatan tembakanmu jadi lebih cepat dan tepat.

Pengaturan itupun kemudian bisa kamu simpan dalam Profile. Dalam software mouse macro Rexus, terdapat 5 pilihan profile yang masing-masing bisa berupa pengaturan yang kamu sesuaikan dengan tipe permainan yang akan dimainkan, entah untuk Point Blank, DoTA, atau permainan lain. Beda permainan, beda pula script perintah yang digunakan untuk mengatur fitur macro.

awas! blue light di monitor lebih berbahaya dari ultraviolet. yuk, atasi dengan cara ini Awas! Blue Light di Monitor Lebih Berbahaya dari Ultraviolet. Atasi dengan Cara Ini gaming 459544 640 1

Gamers, seringkali kita mendapatkan informasi bahwa sinar ultraviolet atau UV digolongkan sebagai sinar yang berbahaya. Banyak informasi yang menyatakan bahwa UV dapat menyebabkan gangguan penglihatan, iritasi pada kulit, hingga kanker kulit (melanoma).

Informasi yang membuat kita bergidik tersebut tentu tak salah. Namun, kamu pun perlu memberi perhatian pada jenis sinar yang juga tak kalah berbahaya dan justru lebih sering kita jumpai pada layar peralatan elektronik yang tiap hari kita gunakan. Sinar itu adalah Blue Light atau Blue ray.

Apa itu Blue Light?
Blue light atau blue ray merupakan salah satu jenis sinar berdasarkan warnanya. Sumber utama Blue Light tentu saja adalah matahari. Seperti kita ketahui, sinar matahari terdiri atas sinar berwarna merah, oranye, kuning, hijau, biru, indigo, dan yang sering kita dengar, ungu atau violet.

Masing-masing jenis sinar tersebut mempunyai tingkat energi dan pancaran gelombang yang berbeda. Menurut penelitian, semakin panjang gelombang sebuah sinar, semakin kecil energi yang dihasilkannya.

awas! blue light di monitor lebih berbahaya dari ultraviolet. yuk, atasi dengan cara ini Awas! Blue Light di Monitor Lebih Berbahaya dari Ultraviolet. Atasi dengan Cara Ini spectrum

Nah, di antara jenis sinar tersebut, sinar berwarna merah mempunyai panjang gelombang terpanjang dan energi paling kecil, sedangkan sinar biru atau blue ray mempunyai panjang gelombang terpendek dengan energi kedua terbesar setelah sinar Ultraviolet. Semakin terlihat putih sebuah sinar, semakin besar komponen blue ray yang dimilikinya.

Mengapa Blue Light Lebih Berbahaya?
Efek negatif sinar ultraviolet (UV) memang tak terbantahkan, terutama untuk kesehatan kulit. Ketiga jenis ultraviolet (UV A, UV B, dan UV C) sama-sama berpotensi merangsang terjadinya mutasi pada sel kulit memunculkan sel-sel kanker pada kulit.

Akan tetapi, paparan sinar UV tersebut sudah banyak diantisipasi dengan beragam produk lotion pelindung kulit. Paparan sinar UV matahari juga bisa dihindari dengan mengurangi kegiatan di luar ruangan, menggunakan kacamata gelap, atau menggunakan pakaian tertutup.

Menurut Gary L Morgan, dokter spesialis mata dari Eye Tech Associates Arizona, AS, bahaya sinar UV lebih terkait dengan efeknya terhadap kulit daripada bagi mata. Mengapa? Sinar UV mempunyai panjang gelombang 100 – 400nm, sedangkan daya kemampuan mata adalah antara 400 – 750nm. Artinya, sinar UV tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang sehingga efeknya tidak langsung dapat dirasakan mata.

awas! blue light di monitor lebih berbahaya dari ultraviolet. yuk, atasi dengan cara ini Awas! Blue Light di Monitor Lebih Berbahaya dari Ultraviolet. Atasi dengan Cara Ini spektrum2

Hal ini berbeda dengan sinar Blue Light atau Blue Ray. Sinar biru ini mempunyai panjang gelombang 400 – 500nm sehingga langsung bisa dilihat dan dirasakan efeknya oleh mata. Menurut Morgan, hal inilah yang membuat Blue Light lebih berbahaya bagi mata dibanding jenis sinar yang lain.

Efek Negatif dari Monitor
Selain langsung dapat dirasakan oleh mata, efek negatif Blue Light juga makin banyak dirasakan karena sinar ini juga diproduksi oleh tampilan ponsel atau gawai, televisi, hingga monitor komputer. Beragam perangkat elektronik saat ini menggunakan Fluorescent light, bohlam CFL (Compact Fluorescent Light), atau layar yang menggunakan teknologi LED.

awas! blue light di monitor lebih berbahaya dari ultraviolet. yuk, atasi dengan cara ini Awas! Blue Light di Monitor Lebih Berbahaya dari Ultraviolet. Atasi dengan Cara Ini programming 2115930 640

foto: pixabay

Menurut informasi yang diperoleh dari preventblindness.org, meski kekuatan Blue Light pada perangkat elektronik tersebut tidak sebanding dengan sinar matahari, tetapi justru lebih berisiko menyebabkan gangguan penglihatan karena relatif diakses dalam waktu lama.

Menurut fakta yang diperoleh dari penelitian Philip Lighting, secara global orang menghabiskan 6.24 jam setiap harinya di depan layar. Akan lebih besar jika seseorang mempunyai hobi bermain game yang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan komputer.

Bagaimana Mengatasinya?
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri memprediksi bahwa pada tahun 2050, satu dari dua orang mengalami myopi atau rabun jauh. Oleh karenanya, perawatan mata mutlak dilakukan untuk menjaga performa mata tetap bagus.

awas! blue light di monitor lebih berbahaya dari ultraviolet. yuk, atasi dengan cara ini Awas! Blue Light di Monitor Lebih Berbahaya dari Ultraviolet. Atasi dengan Cara Ini eye 1132531 640 1

Dalam sebuah seminar, dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K), spesialis mata dari Jakarta Eye Center, memberikan tip agar mata tetap sehat dan nyaman meski kamu kerap menghabiskan mata di depan komputer atau layar monitor.

1. Kurangi durasinya.
Prinsipnya, kurangi waktu di depan layar komputer, ponsel pintar dan televisi. Sebab, terlalu lama di depan layar bisa menyebabkan mata jadi lelah dan melemahkan penglihatan.

2. Sempatkan untuk mengistirahatkan mata.
Jika kamu tidak bisa mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar, gunakan tetes pelumas mata dan tutup mata selama 2 detik setiap 20 menit. Tujuannya agar mata bisa istirahat.

3. Hindari asap rokok.
Asap rokok selain akan mengakibatkan iritasi pada mata juga bersifat racun bagi mata.

4. Makan makanan bergizi.
Jaga makan dan terapkan diet seimbang, sehat, dengan banyak sayuran dan buah segar. Vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan mata kamu.

5. Cukup istirahat.
Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

6. Jangan asal kucek.
Jagalah kebersihan dan cuci tangan jika ingin menggosok atau menyentuh untuk menghindari risiko infeksi.

rexus legionare mx5 tkl solusi keyboard mekanikal tidak terdeteksi di komputer Solusi Keyboard Mekanikal Tidak Terdeteksi di Komputer Rexus legionare MX5 3

Gamers, kalian pasti senang donk saat berhasil membeli sebuah keyboard mekanikal Rexus dari shop.rexus.id atau marketplace lainnya. Setelah menunggu proses pengiriman, keyboard mekanikal idaman pun akhirnya sampai di depan pintu rumah.

Tak butuh waktu lama, kamu pun langsung unboxing, foto sana-sini sedikit sebagai bahan update status media sosial, kemudian kamu pun ingin segera mencoba keyboard keren untuk bermain game di komputer rumah kamu. Jika membeli seri keyboard mekanikal Rexus yang menggunakan kabel (wired), kamu tentunya mencolokkan kabel USB keyboard ke koneksi USB komputer kamu.

Sistem Plug and Play
Saat ini, sebagian besar produk perangkat keras yang terkoneksi di komputer, menggunakan sistem plug and play, pasang dan langsung gunakan. Artinya, komputer akan secara otomatis memindai driver perangkat keras yang disambungkan melalui proses sinkronisasi otomatis yang cepat.

solusi keyboard mekanikal tidak terdeteksi di komputer Solusi Keyboard Mekanikal Tidak Terdeteksi di Komputer computer 2786081 640

Foto: pixabay

Dengan sistem plug and play, kamu tak membutuhkan software driver untuk menyinkronkan perangkat keras,seperti keyboard ataupun mouse, dengan komputer. Lebih praktis karena kamu tak perlu mengunduh dan kemudian menginstalnya di komputer.

Kecuali Keyboard Mekanikal seri Legionare MX7, semua keyboard mekanikal Rexus mengadopsi sistem plug and play. Perangkat keras keyboard Rexus juga bisa diaplikasikan di semua Operating System (OS) komputer, seperti Windows 98, Windows 7, hingga Windows 10.

Bagaimana Jika Tak Terdeteksi?
Idealnya, semua keyboard dan mouse dengan sistem plug and play akan langsung dikenali oleh sistem komputer kamu. Itu akan tampak dalam notifikasi “Found New Hardware” yang keluar di monitor.

Tapi, ada beberapa kasus keyboard mekanikal atau mouse tidak dikenali oleh komputer. Jika kamu pun mengalami hal serupa, jangan langsung bingung dan memvonis keyboard yang baru saja kamu beli itu sebagai produk gagal.

Tenang, bro. Jika kamu mengalami hal ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Klik “My Computer”, Start > My Computer. Di sana akan tampak drive perangkat keras keyboard baru. Kemudian, klik dua kali pada notifikasi itu.

2. Jika keyboard mekanikal kamu membutuhkan driver, seperti seri Legionare MX7, maka sebelumnya kamu harus menginstal software driver dari CD driver yang disertakan dalam kemasan produk atau mengunduh software-nya di www.rexus.id/dukungan. Pastikan chipset software ter-install dengan baik ya, Bro.

solusi keyboard mekanikal tidak terdeteksi di komputer Solusi Keyboard Mekanikal Tidak Terdeteksi di Komputer Rexus legionare MX7 2

3. Jika langkah pertama di atas tidak berhasil, langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindah USB keyboard ke colokan USB lainnya di komputer atau laptop. Perlu kamu tahu, USB mekanikal membutuhkan arus listrik mikro yang lebih besar dari keyboard biasa atau device lainnya karena berguna untuk mengoperasikan lampu LED yang ada di keyboard mekanikal.

Biasanya, ada beberapa colokan USB di komputer, sekitar 2 – 3 buah. Colokan USB pada komputer yang mempunyai arus agak besar biasanya terdapat di belakang CPU, sedangkan pada laptop biasa terdapat di sebelah kanan badan laptop.

4. Jika belum berhasil, berarti kamu bisa mengalihkan perhatian ke sistem komputer. Satu yang perlu diperhatikan adalah sistem BIOS komputermu. Kamu bisa melakukan “Restart” pada komputermu dan tekan tombol “F2” atau tekan tombol “Delete” beberapa saat untuk masuk ke BIOS.

Langkah selanjutnya, kamu cari konfiguras USB yang biasanya pada kolom Advance – USB Legacy Support. Di situ, cek apakah statusnya sudah “Enable” atau belum. Jika masih “Disable”, ganti ke “Enable”. Kamu juga bisa me-reset BIOS ke setting-an Default. Jika sudah, klik “Save” dan restart komputermu.

Semoga tips ini berhasil. Selamat mencoba.

karina sycheska nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus karina 758x548

foto: Karina Sycheva/Instagram

Gamers, permainan game atau esport makin banyak digandrungi oleh kaum Hawa alias wanita. Tak hanya sebagai pemanis di warnet atau saat di turnamen, kian banyak gamers cewek yang mempunyai skill luar biasa yang tak bisa dipandang sebelah mata oleh para gamers pria. Pada 2011, jumlah gamers wanita hanya sekitar 10% di Indonesia. Sekarang, jumlahnya tentu bertambah jauh.

Saking menariknya fenomena gamers cewek, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan sosok gamers asal Rusia, Karina Sycheva. Di dalam dunia game, cewek yang menggunakan nickname Sharishaxd ini mempunyai lebih dari 500.000 subscriber di kanal Youtube-nya! Lebih gilanya lagi, dilansir dari slavorium.org, dia berhasil membuat sekitar 15.000 orang rela menunggu setiap kali dia hendak streaming. Wow!

Tak hanya Rusia yang memiliki gamers cewek yang kece dan berprestasi. Dunia game di Indonesia pun mulai dirambah oleh para cewek yang bikin seger sekaligus membuat salah fokus saat bertarung dengan mereka di arena turnamen game. Tak hanya, itu mereka pun sudah berhasil mengumpulkan banyak Rupiah dari kegemarannya memainkan keyboard.

 

1. Monica Carolina

Monica carolina nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus monicacarolina instagram nixia

Foto: Instagram

Cewek cantik yang punya panggilan Nixia ini sudah menjadi gamer profesional sejak tahun 2008. Pada 2011, ia mendirikan situs bernama Nixia Gamer yang berisi tentang review peralatan yang digunakannya untuk bermain game dan pengalamannya mengikuti turnamen-turnamen game. Satu tahun menjalani website tersebut, mulai banyak merek peralatan game yang menjadi sponsornya.

Gadis multitalenta ini juga sempat menjadi penulis lepas untuk majalah CHIP Indonesia, dan sempat menjadi moderator beberapa forum internet teknologi dan game seperti CHIP, IndonesianGamer, Gamexeon, dan VideoGamesIndonesia.

2. Donna Visca

dona visca nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus donavisca instagram donnavisca

Foto: Instagram

Beberapa tahun terakhir ini, Donna Visca sudah malang melintang di dunia game, terutama DOTA. Bermodalkan wajah oriental yang cantik, cewek kelahiran 1 Mei 1995 ini kerap ditemui dalam balutan kostum cosplayer. Tak hanya itu, sebuah merek komputer game ternama juga memanfaatkan jasanya sebagai brand ambassador.

3. Lucie Belle

lucie belle nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus lucie belle instagram luciecorabelle

Foto: Instagram

Lucie Belle atau yang akrab dipanggil Belle Bollo merupakan seorang YouTuber gaming yang sering live streaming di berbagai game, seperti GTA V dan Dota 2. Saat ini, cewek yang doyan nasi Padang ini mempunyai lebih dari 19 ribu subscriber di kanal YouTube-nya.

 

4. Indri Sherlyana Tunggal

Indri Sherlyana Tunggal nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus DSC 1840

Foto: Google plus

Dara cantik ini memilih untuk menekuni dunia game online sejak beberapa tahun lalu. Hobinya itu berubah menjadi profesi seiring dengan prestasi dengan menjuarai Point Blank Ladies Competition (PBLC) internasional yang diadakan di Brazil 2017 lalu. Prestasinya itu membuatnya dikontrak sebagai brand ambassador salah satu merek produk gaming.

5. Ridha Audrey alias Audrey FF

nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus audrey pictame

Foto: Thepicta

Nama Ridha Audrey mungkin kurang terkenal. Tapi, saat kamu mendengar Audrey FF, kamu pasti langsung kenal. Menggunakan nama tim Female Fighters, Audrey masuk ke dunia game dengan merajai arena Counter-Strike 1.6. Gamer wanita yang mulai senior ini pun kemudian merekrut juniornya untuk meneruskan kejayaan “klan” FF di kancah game online.

6. Sarah Viloid

sarah viloid nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus sarah viloid

Foto: Thepicta

Tim Dota 2 RevivaL sudah tidak asing lagi di telinga, khususnya untuk kamu yang suka eSport. Sarah “Viloid” Olivia ini adalah anggota dari RevivaL Ladies dan memiliki peran sebagai Support. Cewek yang biasa dipanggil Oliv ini namanya mulai melejit sejak November 2015 di dunia cosplay dan turnamen Dota 2.

Selain sebagai gamer dan cosplayer, Oliv pun pernah menjadi pembawa acara di Siaranku.com dan memiliki kesibukan lain sebagai brand ambassador untuk Japanese Station Navigator hingga seringkali juga dipanggil sebagai bintang tamu untuk beberapa acara.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar alone 1868530 640

foto: pixabay

Maaf, pertanyaan ini mungkin terkesan lancang. Apakah kamu masih jomblo? Stop. Jangan langsung dijawab karena kami tahu menjawab pertanyaan ini tak semudah menggebuk Kraken atau mengalahkan Sephiroth di Final Fantasy. Atau, bisa jadi, menjawabnya berarti membuka “luka lama”. Cukup jawab dalam hati dan temukan solusinya.

Memang benar, jomblo bukanlah akhir dari semuanya. Toh, justru karena jomblo, kamu malah bisa menghabiskan waktu dengan tim gamers kamu. Setahun jomblo? No problem. Dua tahun sendiri? Ah, wajar. Tiga, empat, lima tahun? Hmmm, sepertinya kamu sudah harus mulai mencari cara untuk terlepas belitan kesendirian ini.

Makin Wangi, Tampil Menarik
Buat kamu yang memang sudah termasuk dewasa dan berniat serius mencari jodoh, masuk dalam jaringan pertemanan yang diperuntukkan untuk mencari pasangan, seperti tinder.com, adalah salah satu cara yang kekinian.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar young man and wemen at the bar P6SRTNC 1030x687

Sedikit lebih konservatif, kamu bisa mulai aktif di organisasi muda-mudi atau jaringan pertemanan yang diadakan berbagai elemen masyarakat sehingga bisa makin banyak kesempatan berinteraksi.

Di saat yang sama, kamu pun bisa meng-upgrade penampilan kamu, Bro. Tak bisa dipungkiri, kesan pertama begitu penting dalam sebuah ritual mencari pasangan.

Penampilan yang menarik (tapi tetap sewajarnya), gestur tubuh yang percaya diri, dan tentu, aroma tubuh yang wangi adalah beberapa hal yang kudu kamu miliki saat bertemu dengan lawan jenis.

Jangan sampai terjadi seperti ini. Di suatu hari yang beruntung, kamu akhirnya bisa berkencan dengan seorang cewek yang jadi gebetan kamu selama ini – setelah berkali-kali ditolak.

Kamu pun datang ke sebuah cafe dan memesan tempat yang romantis dengan bercahayakan lilin (bukan senter ya, Bro). Tanpa persiapan, kamu pun bertemu dia. Tanpa dinyana, beberapa kali gebetan kamu menutup hidung, tanda ada suatu sumber bau tak sedap yang ada di dekatnya.

Setelah diselidiki, ternyata sumber bau itu berasal dari tubuh kamu sendiri. Alhasil, ini adalah kencan terakhir kamu bersamanya karena di kesempatan lain, doi mencari seribu alasan untuk menolaknya.

Tak mau itu terjadi? Awali sebuah pertemanan intensif dengan lawan jenis dengan mulai memikirkan penampilan diri kamu sendiri. Setelah itu, baru lanjutkan dengan beberapa strategi merayu pasangan seperti di berikut ini:


1. Berani menatap matanya.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar man putting sunglasses off woman PBYLTP8 1030x687

Inilah prinsip dasar rayuan pria, yaitu dengan memanfaatkan kekuatan tatapan mata pada wanita. Menurut Paul Ekman, Ph.D, ahli emosional psikologi dari Universitas Chicago, AS, dengan tatapan mata, kamu bisa melihat apakah seseorang benar-benar tertarik denganmu atau tidak.

Tatapan mata juga menunjukan kepercayaan diri dan superiotas kamu. Sebaiknya, tatap matanya saja, jangan menatap bagian tubuh lainnya atau justru memainkan mata dengan berkedip karena akan membuatmu terlihat kurang ajar dan centil.


2. Sapa duluan.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar woman 2937181 640

foto: pixabay

Begitu ada respon dari tatapan yang kamu berikan, saatnya kamu mendekatinya dan menyapanya lebih dulu. Kamu bisa menanyakan namanya atau langsung dengan mengatakan bahwa kamu tak bisa memungkiri bahwa mata Anda tertuju padanya. Katakan, “Maafkan mata saya, yang dari tadi tak mau melepaskan pandangan dari ciptaan Tuhan yang sangat indah ini.”


3. Mulai percakapan ringan.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar people 2589088 640

Kamu bisa memulai mengajaknya ngobrol dengan memancingnya dengan tema obrolan yang menarik. Jika sepertinya cewek gebetan kamu itu adalah seorang gamers, kamu bisa memulai obrolan seperti, “Oh, kamu pakai equip Rexus juga ya. Aku juga pakai. Ternyata, enak juga loh pakai Rexus, terjangkau dan awet.”


4. Kenyamanan adalah nomor satu.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar people 2557408 640

Rasa nyaman sangat penting bagi wanita, termasuk saat awal dia bertemu dengan kamu. Rasa nyaman itu dapat diciptakan dengan memandang mata dan wajahnya saat dia memberi opini atas percakapan yang kamu mulai. Sebuah studi di Evolution & Human Behaviour menemukan fakta bahwa perhatian saat si Dia berbicara terbukti meningkatkan level perhatian si Dia.


5. Seolah-olah grogi.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar people 2557451 640

Saat dia sudah mulai nyaman dengan Anda, buatlah dirimu seolah-olah grogi saat berhadapan dengannya. Hal itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Tanpa mengatakannya pun si Dia akan menangkap bahwa rasa grogi itu Anda rasakan karena Anda tertarik padanya, secara seksual. Si Dia pun akan makin gemas denganmu.


6. Kasih sentuhan humor.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar men 2425121 640

Saat Anda dan Dia sudah terlibat pembicaraan yang menarik, masukkan beberapa bahan candaan atau humor yang cerdas. Ada beberapa tipikal selera humor wanita, yaitu wanita yang suka humor cerdas, wanita yang tertarik dengan humor tentang kelemahan diri Anda – layaknya slapstick, bahkan ada pula wanita yang suka dengan humor yang terasa garing. Yang penting, jangan menjurus ke humor jorok karena akan membuatnya risih.


7. Minta akun pribadi.

 

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar iphone 410311 640

Setelah kamu berdua makin dalam, mintalah akun pribadinya di media sosial yang dimilikinya. Lihat dan komentari beberapa foto atau komentar yang dibuatnya di media sosial. Dari komentar yang dibuat si Dia di media sosial, Anda dapat melihat hobi dan sekilas karakter wanita idaman Anda.


8. Berbicara mengenai hal yang lebih pribadi.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar teen 1718115 640

Semakin nyaman seorang wanita berada di dekatmu, semakin terbuka dia menceritakan berbagai hal tentang dirinya. Biasanya, yang diceritakan adalah keluarganya. Bahkan, tak jarang, saking nyamannya, teman wanita Anda itu dapat pula menceritakan masalah pribadinya, hubungan asmaranya yang kandas, bahkan hingga tanggal periodenya datang bulan.


9. Tanyakan statusnya.

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar women 2808629 640

foto: pixabay

Ini penting sebelum Anda melanjutkan usaha menjadikannya pasangan Anda. Jika memang si Dia juga sedang jomblo, berarti terbuka lebar kesempatan untuk memacarinya. Jika saat ini dia sedang “galau”, kesempatan Anda masih terbuka.

Tapi, jika si Dia mengatakan bahwa saat ini sedang panas-panasnya menjalin hubungan dengan pria lain (dan dia selalu menceritakan kebaikan pria itu), kesempatanmu terbuka juga, tapi sebagai teman. Ingat, hanya sebagai teman, Bro… Jadi, ya siap-siap cari yang lain.


10. Ajak kencan (lagi)

masih jomblo? praktikkan cara ini untuk menggaet pacar Masih Jomblo? Praktikkan Cara Ini untuk Menggaet Pacar people 2589047 640

Anda suka, dia suka. Tunggu apa lagi, Bro? Ajak dia kencan di kesempatan lain.

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers capsule 1079838 640

foto: pixabay

Sebagai gamers, kamu tentu ingin menjadi juara di segala turnamen, bukan? Agar selalu tampil prima, selain kamu memang mempunyai skill dalam bermain game, kamu juga tak bisa melupakan peran nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi.

Loh, bukankah nutrisi khusus hanya dibutuhkan untuk para atlet olahraga? Eits, jangan salah. Gamers dan pemain esport juga harus memeroleh asupan nutrisi secara cukup, terutama saat mengikuti turnamen, karena mereka harus berkonsetrasi untuk waktu lama.

Layaknya melakukan olahraga catur, konsentrasi dalam waktu lama saat bermain game akan menguras banyak energi. Seiring menurunnya energi tubuh, daya konsentrasi otak pun akan menurun. Penurunan konsentrasi otak tentu akan memengaruhi daya ingat, fokus, kecepatan, refleks, dan penurunan koordinasi indera.

Tak hanya itu, kekurangan nutrisi juga dapat berpengaruh pada ketahanan fisik kita. Tangan yang bergetar, mudah sakit pinggang, pusing, tengkuk pegal, dan sakit pada persendian adalah beberapa tanda kita kekurangan nutrisi saat bermain game dalam waktu lama.

Makin Banyak Suplemen Esport
Saat ini, esport menjadi salah satu cabang olahraga yang makin diperhitungkan. Seiring dengan kapital yang makin menggerojok di dunia ini, makin banyak produsen segala macam hal yang terkait komoditas ini. Salah satunya adalah suplemen kesehatan khusus gamers dan pemain esport.

foto: pixabayProdusen suplemen kesehatan yang sudah terkenal di dunia fitness dan body building, seperti Neogenics dan Gammalabs, pun mulai memroduksi beragam suplemen kesehatan untuk para gamers.

Pemain lama produsen minuman berenergi pun tak tinggal diam. Tercatat Red Bull dan Monster Energy bersaing untuk menciptakan produk minuman berenergi yang sekarang banyak dikonsumsi oleh pemain esport kelas dunia.

Sayangnya, selain masih agak susah diperoleh, suplemen yang kebanyakan impor tersebut juga relatif mahal.

Ada di Makanan Sehari-hari
Buat gamers pemula, seperti kebanyakan dari kita, untuk mengonsumsi suplemen dan minuman berenergi impor tentu butuh usaha yang lebih keras. Yang pasti, kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkannya. Tapi, jangan kuatir, ternyata kandungan nutrisi yang ada dalam suplemen dan minuman berenergi itu ada dalam makanan yang biasa kita konsumsi.

Apa saja sih nutrisi yang bisa membuat kita tetap “on” dan berkonsentrasi saat bermain game?


1. L-Theanine

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers green tea PEUP7CG

Theanine adalah senyawa asam amino yang banyak terdapat pada daun teh, terutama teh hijau. Theanine bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan menghindarkannya dari inflamasi. L-theanine diketahui meningkatkan gelombang alpha pada otak sehingga meningkatkan konsentrasi dan kesadaran.


2. Multivitamin

breakfast terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers breakfast 2367097 640

foto: pixabay

Makanan sehari-hari yang ideal, seperti sayur, lauk berprotein, sumber karbohidrat, dan buah yang menjadi sumber berbagai vitamin dapat dengan mudah kita peroleh. Vitamin esensial yang dibutuhkan adalah Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K. Semakin tinggi aktivitas kamu, semakin banyak jumlah vitamin yang kamu butuhkan.

3. Nutrisi Nootropics

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers ginseng 641890 640

foto: pixabay

Nootropics adalah unsur yang berfungsi mengoptimalkan daya pikir dan ingatan dengan meningkatkan kemampuan penghantaran sinyal pada otak (neurotransmitter). Nutrisi ini biasa kamu temukan dalam makanan yang mengandung ginseng, ginkobiloba, atau asam folat.


4. Vitamin D

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers bikini 1959941 640

foto: pixabay

Jangan lupakan vitamin yang satu ini. Vitamin D adalah sejenis asam lemak ensensial yang larut dalam air. Vitamin ini berfungsi untuk membantu fungsi penyerapan kalsium. Selain memengaruhi pertumbuhan tulang, kekurangan Vitamin D juga berefek pada kemampuan berpikir, risiko asma, dan meningkatkan potensi penyakit kardiovaskuler. Tubuh bisa memproduksi vitamin ini tapi untuk mengaktifkannya, dibutuhkan sinar matahari. Karenanya, jangan malas untuk berjemur ya, guys.


5. Glucosamine

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers bandaging arm PXXF5P3

Glucosamine adalah salah satu senyawa kolagen yang bisa kita temukan dari tulang rawan, entah sapi atau hewan lain. Glucosamine berfungsi menjaga kesehatan sistem persendian sekaligus meminimalkan risiko peradangan pada sendi. Buat para gamers, duduk dalam waktu lama akan membuat sendi-sendi kaku. Nutrisi ini akan menjaga agar sendi tetap fleksibel, terutama pada sendi jari-jari dan pergelangan tangan.


6. Magnesium

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers shallow depth of field image of nutrition facts PFQ4R88

Senyawa mineral ini dibutuhkan tubuh untuk mengaktifkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh, menjaga metabolisme protein, menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak fungsi lainnya. Magnesium banyak ditemukan di beragam jenis kacang, daun berwarna hijau tua, dan produk susu.


7. Asam lemak Omega

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers seafood platter 1232389 640

foto: pixabay

Asam lemak esensial yang identik dengan Omega 3, 6, dan 9 ini terkenal sebagai makanan untuk otak karena sangat berfungsi dalam regenerasi sel otak. Selain untuk otak, Omega juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem peredaran darah (kardiovaskular). Asam lemak Omega ini banyak diperoleh dalam seafood, ikan salmon, serta kacang-kacangan.


8. Kafein

terkuak! 8 nutrisi yang harus dikonsumsi para gamers Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamers spilled coffee 2543133 640

foto: pixabay

Begitu dengar kata kafein, kamu pasti langsung mengaitkannya dengan kopi. Ya, benar. Kopi memang sumber kafein. Tapi, kamu juga dapat memeroleh kafein dengan mengonsumsi coklat atau bahkan teh. Kafein dikenal sebagai zat stimulan alami yang akan merangsang kepekaan tubuh dengan meningkatkan detak jantung sehingga aliran darah makin banyak ke seluruh tubuh.

 

hoax,iphone hoax Think Before You Click: Cara Ampuh Atasi Hoax iphone 410311 640

foto: pixabay

“Wah, ada gamers yang menikahi anak Donald Trump. Share ah,” gumam Sibro sambil memencet tombol share. Dan, dalam sekejap, berita bohong tersebut menyebar di semua akun yang terkoneksi dengan Sibro.

Gamers, perlu kita sadari bahwa saat ini, seiring dengan perkembangan media daring yang makin masif, banyak sekali beredar informasi yang bisa kamu akses. Informasi tersebut tentu sangat berguna untuk mendukung aktivitas kita.

Sayangnya, di antara jutaan informasi yang beredar tiap hari, banyak pula informasi atau berita yang tak terbukti kebenarannya alias Hoax. Dalam arti harafiah, hoax (baca: hoks, bukan hoaks) berarti lelucon atau jokes.

Dalam pengertian sekarang, hoax dipahami sebagai berita tak benar atau kabar bohong. Dalam etika pemberitaan, hoax diartikan sebagai berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan secara proporsional – dalam bahasa kerennya, tidak bisa diverifikasi dan difalsifikasi.

Salah satu peristiwa atau momentum yang paling banyak diwarnai berita hoax adalah pilkada DKI 2017 lalu. Jutaan berita yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan berseliweran seperti lalat di atas bangkai.

hoax Think Before You Click: Cara Ampuh Atasi Hoax man 1519667 640 1

foto:pixabay

Pemberitaan yang tidak proporsional, menyudutkan salah satu pihak, dan bahkan memuat unsur fitnah begitu mudah kita akses melalui media sosial. Dengan mudah, orang pun membagikan hal yang belum tentu benar itu melalui akun media sosialnya.

Saking mudahnya tersebar, Harian New York Times mengistilahkan hoax sebagai “virus digital”. Tak hanya mudah tersebar, hoax juga dapat menyebabkan “penyakit masyarakat” berupa opini publik yang salah namun dapat menciptakan kegemparan, kegaduhan, bahkan class action.

Dua Faktor Penyebab
Menurut Rexus.id, kehebohan dan masifnya penyebaran berita hoax saat ini dipengaruhi oleh dua faktor utama. Faktor yang pertama adalah kemudahan teknologi yang membuat penyedia (provider) konten hoax membuat berita dan menyebarkan melalui situs kloningan yang seakan-akan terlihat valid.  Bisa jadi, provider konten hoax itu muncul karena ada permintaan (demand) dari sebuah instansi atas kepentingan tertentu.

hoax Think Before You Click: Cara Ampuh Atasi Hoax smartphone 1894723 640

foto: pixabay

Seperti dilansir dari kompas.com, menurut Sigit Widodo, COO Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi), peredaran situs web hoax dan scam marak karena tools untuk membuat situs web semacam itu tersedia lengkap dan mudah untuk digunakan.

Dia mencontohkan sebuah layanan yang bisa menjiplak tampilan sebuah website, hanya dengan memasukkan nama domain website yang ingin ditiru. Menurut Sigit, ada kesamaan antara situs-situs hoax dan scam di internet.

Akibatnya, pengguna berpikir bahwa situs web hoax atau scam itu benar-benar merupakan situs resmi, sehingga terpancing mengikuti jebakan (phising). Ada juga yang menyamar sebagai situs media sosial untuk membuat pengguna memasukkan username dan password.

Kecenderungan “Ngerumpi”
Faktor yang kedua adalah kondisi masyarakat sendiri sebagai penerima sekaligus mediator penyebaran hoax. Jika boleh disimpulkan, ada dua hal yang menyebabkan kondisi masyarakat kita masih gagap menghadapi serbuan berita bohong.

hoax Think Before You Click: Cara Ampuh Atasi Hoax smartphone 1445489 640

foto: pixabay

Pertama, faktor kemampuan masyarakat menerima informasi. Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memandang munculnya fenomena penyebaran berita hoax lantaran masih rendahnya literasi informasi digital masyarakat negeri melalui internet.

Masyarakat kita cenderung suka menerima berita sepenggal yang dianggap menarik. Faktor kurangnya membaca berbagai referensi membuatnya mereka menilai bahwa informasi itu sebagai “satu-satunya” informasi yang benar. Kurangnya minat baca itulah yang menyebabkan minimnya faktor pembanding dalam pola pikir masyarakat kita.

Kedua, kecenderungan ngerumpi. Masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah homo socius. Artinya, kita suka berinteraksi dengan orang lain. Dalam interaksi itu, mereka ingin mempunyai kesamaan bahan obrolan donk. Karenanya, mulailah diangkat tema menarik dari sebuah berita yang belum tentu kebenarannya untuk dijadikan bahan obrolan.

Kecenderungan homo socius masyarakat Indonesia juga ditunjukkan dalam kecenderungan untuk saling berbagi, terutama dalam kelompok yang sama. Tak heran, kita lihat banyak orang berbagai kopi dalam cangkir yang sama, berbagi rokok dengan menghisap sebatang rokok yang sama, hingga berbagi berita yang dianggap menarik atau bermanfaat – kecuali berbagi pasangan atau pacar, tentunya. Semangat “berbagi” itu jugalah yang membuat berita hoax mudah tersebar.

Bagaimana Mengatasinya?
Maraknya berita hoax saat ini sudah sangat meresahkan dan merugikan. Karenanya, pemerintah Indonesia, terutama melalui instansi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Polisi RI, begitu gencar melakukan antisipasi penyebaran berita hoax di masyarakat. Kemenkominfo, contohnya, baru-baru ini mendatangkan mesin sensor pencari (crawling) konten negatif dan hoax.

Dilansir dari laman resmi kominfo.go.id, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, mesin ini bekerja secara efektif dalam mengidentifikasi konten negatif. Dikatakan konten negatif bisa dilihat dari seberapa besar pengaruh (impact) dan tingkat keviralannya dalam dunia siber.

Begitu pula dengan Polri. Dengan landasan hukum UU Informasi dan Transaksi Elektronik No 11 tahun 28 Pasal 28 ayat 1 dan 2, Polri membentuk tim siber yang mengantisipasi penyebaran hoax. Perlu diketahui, dalam UU tersebut, penyebar berita hoax dan konten yang memuat kebencian dapat “dicyduk” dan dimintai pertanggungjawabannya secara hukum.

Sudah banyak orang yang tersandung masalah hukum akibat ikut menyebarkan konten yang tidak bisa dipertanggung jawabkan itu. Nah, agar kamu tidak termasuk salah satu dari orang tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat memeroleh berita yang kurang jelas di dalam akun media sosialmu.

1. Makin rajin baca, bung.
Baca dulu berita yang kamu terima dari sebuah laman atau media sosial secara seksama. Jangan buru-buru untuk menyebarkan ke akun teman-teman atau grup kamu.

2. Cari referensi lain.
Saat kamu menerima sebuah berita, cari informasi yang sama melalui mesin pencarian. Jika ada website resmi lain yang memang membuktikan bahwa sebuah berita itu benar, maka kamu bisa mulai mempercayai berita itu.

3. Waspadai judul provokatif.
Menurut Septiaji Eko Nugroho, Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax, berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

4. Cek nama domain

hoax Think Before You Click: Cara Ampuh Atasi Hoax Kupon Belanja

Menurut Sigit Widodo, COO PANDI, situs resmi pasti menggunakan domain sesuai nama perusahaan atau jasa. Apabila menggunakan domain umum seperti Blogspot, maka kesahihannya diragukan. Domain .id, seperti rexus.id, relatif lebih aman karena pemilik domain harus mendaftarkan diri dengan memakai kartu identitas dan alamat asli.

5. Cek informasi kontak
Website resmi biasanya selalu mencantumkan informasi kontak pengelola situs yang bersangkutan. Waspadai website yang tidak mencantumkan kontak.

6. Fitur “Whois”
Di internet ada berbagai tool “Whois” yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi mengenai pengelola di balik sebuah domain website. Apabila sebuah situs tidak menampilkan identitas lengkap pengelola (di-protect), maka website tersebut perlu dicurigai kesahihannya.

7. Cek di daftar website resmi.
Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan registrasi untuk para Penyelenggara Sistem Elektronik (termasuk website) di Indonesia yang bisa dikunjungi di alamat pse.kominfo.go.id.

8. Cek kebenaran foto yang digunakan.
Banyak hoax yang menyertakan foto. Untuk melihat kebenaran foto aslinya, kamu bisa memanfaatkan mesin pencarian Google atau fitur aplikasi di tineye.com.

9. Think before you share
Ini yang penting. Gunakan akal sehat dalam bermedia sosial, Bro. Jangan asal share atau ketik “like“. Satu sentuhan pada tombol itu dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Sebagai contoh, dilansir dari huffingtonpost.com, sebuah berita hoax yang memberitakan Hillary Clinton melakukan pelecehan seksual di sebuah toko pizza di Washington DC, menyebabkan pemilik dan semua karyawan toko pizza itu mendapat ancaman pembunuhan!

mengenali ragam sensor dalam gaming mouse Mengenali Ragam Sensor dalam Gaming Mouse mouse3

Dalam sebuah mouse optik atau laser, terdapat dua komponen utama yang berguna untuk mengatur gerakan kursor. Apa itu? LED dan sensor. Dua komponen ini layaknya tokoh Ken dan Ryu dalam Street Fighter, tak terpisahkan dan bekerja saling melengkapi.

Pancaran cahaya dari LED sebuah mouse dipancarkan langsung ke bawah untuk menerangi bidang datar dan dalam waktu bersamaan dipantulkan ke sensor yang ada sekitar LED.

Sensor itu kemudian akan membaca titik-titik yang terkena cahaya LED untuk kemudian diteruskan ke chipset dalam bentuk DPI. Sebagai penerima pantulan titik cahaya LED, kualitas dan sensitivitas sensor sebuah mouse sangat berpengaruh. Apalagi, untuk sebuah gaming mouse yang bekerja dalam durasi tinggi, gerakan yang sangat cepat, dan pemetaan titik yang sangat banyak.

Teknologi Lama yang Terus Berkembang
LED dan sensor dalam mouse sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia “pertikusan”. Sejak mulai bergantinya teknologi mouse yang mengandalkan “ball-joint” ke mouse optik, perkembangan teknologi LED dan sensor mouse mulai merangkak.

Awalnya, teknologi sensor cahaya ini ditemukan dan dipatenkan pada 1988 oleh Stephen B Jackson, seorang insiyur yang bekerja di Xerox, sebuah perusahaan mesin fotocopy pertama dari Amerika Serikat.

Meski teknologi sensor mouse ini sudah dipatenkan sejak 1988, tapi baru 11 tahun kemudian mouse berperantikan sensor LED ini diproduksi secara massal. Adalah Hewlett-Packard, produsen komputer kenamaan dari Amerika, yang menggelontorkan mouse optik dengan sensor LED. Seri mouse optik pertama yang dikeluarkan oleh HP dengan bekerja sama dengan Microsoft adalah Microsoft IntelliMouse with IntelliEye dan IntelliMouse Explorer.

Prinsip kerja sensor mouse menggunakan optoelectronic sensor, yaitu sensor gerakan dengan memanfaatkan cahaya yang kemudian diterima oleh sebuah kamera video beresolusi rendah. Sensor mouse optik generasi awal hanya dapat memetakan pantulan cahaya yang dikenakan pada bidang datar. Seiring perkebangan jaman, sensor mouse optik makin bisa membaca pantulan cahaya dari bermacam permukaan bidang.

Tak hanya permukaan yang kasar, sensor mouse optik modern pun makin bisa membaca pantulan cahaya pada bidang yang kotor, bahkan saat digunakan secara cepat dan dalam gerakan yang tak beraturan. Inilah yang kemudian menginspirasi para produsen gaming mouse untuk menciptakan mouse yang sensitif, handal, dan dapat memetakan berbagai permukaan untuk menghasilkan gerakan kursor yang cepat dan stabil.

Sensor, Kamera Mini Berefek Besar
Buat kamu yang suka berswafoto alias selfie, kehadiran kamera di ponsel menjadi syarat mutlak. Bahkan, beberapa dari kamu lebih mementingkan fitur kamera di ponsel daripada fitur lainnya, bukan? Buat produsen mouse optik, kamera atau sensor yang ada dalam mouse juga menjadi satu hal yang sangat penting.

Seperti diterangkan di atas, sebagus apapun cahaya LED yang keluar dari mouse takkan berpengaruh jika sensornya tidak bisa memetakannya secara optimal.

Saat ini, setidaknya ada tiga merek chip sensor yang paling kerap dibenamkan dalam gaming mouse, yaitu:

Avago
Merek chipset sensor ini memang sudah mendunia. Avago Technologies adalah perusahaan hardware dan semikonduktor yang berasal dari Singapura yang sudah berdiri sejak 57 tahun yang lampau. Sejak 2016, Avago mengakuisisi perusahaan semikonduktor Amerika, Broadcom, dan berubah nama menjadi Broadcom Limited yang berkantor pusat di San Jose, California, AS.

Dari beragam produk chipset sensor mouse Avago, Avago 3050 adalah salah satu seri chipset sensor yang paling banyak digunakan oleh produsen gaming mouse, termasuk gaming mouse Rexus seri Titanix. Keunggulan chipset Avago A3050 terletak pada kinerjanya dalam mengomptimalkan fitur macro dengan sensor gaming di dalamnya.

Rexus-titanix-TX3 mengenali ragam sensor dalam gaming mouse Mengenali Ragam Sensor dalam Gaming Mouse Rexus Titanix TX3 1

Memang, Avago seri lainnya, termasuk seri yang lebih tinggi seperti Avago 3090 atau Avago 3310 juga mempunyai kinerja yang sama, tetapi harganya jauh di atas seri 3050. Untuk kualitas yang setara dengan harga terjangkau, chipset sensor Avago 3050 jadi pilihan yang ideal.

Pixart
Menyusul eksistensi Avago di dunia chipset sensor, muncullah Pixart. Sensor Pixart merupakan salah satu produk dari PixArt Imaging Inc, sebuah perusahaan sensor CMOS yang berdiri sehak Juli 1998 di Hsin-chu, Taiwan. Seiring waktu, kemampuan chipset Pixart makin diperhitungkan, termasuk karena harga produksinya yang relatif terjangkau.

Terjangkau bukan berarti tak berkualitas. Buktinya, beberapa produsen gaming mouse kenamaan membenamkan sensor ini di gaming mouse-nya. Seri Elite Razer yang melegenda sejak 2014 memilih menggunakan sensor Pixart seri PMW-3366 untuk komponen pengindranya.

mengenali ragam sensor dalam gaming mouse Mengenali Ragam Sensor dalam Gaming Mouse Rexus xierra g7 1

Begitu pula Pixart seri PMW3389 yang banyak dilekatkan di beberapa gaming mouse kelas atas. Rexus pun memilih untuk mencangkok sensor Pixart dalam beberapa produknya, seperti dalam Rexus Xierra G7.

Sunplus
Satu lagi produsen chipset sensor yang makin dilirik oleh para produsen gaming mouse, yaitu Sunplus. Perusahaan chipset asal Taiwan ini mulai mengembangkan teknologinya di daratan Tiongkok sebelum akhirnya berkantor pusat di sana.

Salah satu produk chipset sensor yang terkenal dari produsen ini adalah Sunplus 168A yang dicangkok di beberapa merek gaming mouse entry level. Harga yang terjangkau, produk yang mudah diperoleh, dan jangkauan pasar yang luas menjadi beberapa alasan mengapa Rexus juga menggunakannya dalam beberapa seri mouse gaming-nya.

mengenali ragam sensor dalam gaming mouse Mengenali Ragam Sensor dalam Gaming Mouse x6 1

Karakteristik Sensor Mouse yang Bagus
Setelah membahas beberapa jenis chipset sensor dalam gaming mouse berdasarkan produsennya, pertanyaan yang muncul adalah sensor apa yang bagus untuk gaming mouse? Jawabannya tentulah sangat bervariasi dan relatif.

Dikatakan “bervariasi” karena saat ini terdapat beragam jenis gaming mouse, dari yang paling murah hingga termahal. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet kamu.

Disebut “relatif” karena chipset sensor hanya salah satu bagian dari salah satu produk gaming mouse. Bisa saja sebuah gaming mouse membenamkan salah satu jenis chipset sensor terkenal di dalamnya. Tapi, tanpa didukung oleh komponen dan fitur lain, sensor tersebut takkan berfungsi optimal.

Tidak bisa disebutkan chipset sensor mana yang paling unggul. Tapi, untuk mengetahui kinerja sensor sebuah mouse, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

1. Counts Per Inch (CPI).
Hampir seperti DPI, namun lebih akurat, CPI mengacu pada berapa kali sensor mouse “membaca” permukaan mousepad tiap inchi gerakan. Makin kecil angka CPI, makin jauh kamu harus menggerakkan mouse untuk memeroleh gerakah kursor yang makin lebar.

2. Jitter
Hal ini mengacu pada ketidakakuratan sensor untuk “membaca” permukaan. Jitter seringkali terkait dengan kecepatan gerakan mouse atau CPI. Makin “jitter” sensor mouse, semakin gerakan kursor tak beraturan. Loncat sana-sini.

3. Angle Snapping
Acuan ini merujuk pada kesesuaian antara data yang masuk dalam chipset sensor dengan gerakan yang dihasilkan. Semakin halus gerakan yang dihasilkan oleh sebuah mouse, maka kemampuan sensor “membahasakan” sinyal gerakan yang masuk makin bagus. Idealnya, perbandingan antara sinyal yang masuk ke chipset sensor dengan gerakan di kursor adalah 1:1.

mouse tester, tes mouse mengenali ragam sensor dalam gaming mouse Mengenali Ragam Sensor dalam Gaming Mouse sensor1

Grafis: pcgamer

4. Lift-Off Distance (LOD)
LOD mengacu pada tinggi ideal sebuah mouse sebelum sensor berhenti membaca permukaan. Ada beberapa jenis chipset sensor yang masih membaca permukaan sehingga ketika sedikit diangkat, kursor tetap bergerak. Bagi beberapa gamers, justru sensor mouse dengan nilai LOD rendah yang dibutuhkan sehingga mouse tetap mudah dikendalikan.

Nah, setelah mengupas kinerja gaming mouse berdasarkan chipset sensor yang dibenamkan di dalamnya, gaming mouse manakah yang jadi pilihanmu?

keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic Rexus legionare MX7 1

Tergelitik dengan adagium pada stiker yang sering ditempelkan di kaca mobil, Real Men Use Three Pedals. Kesan keren dan maskulin jadi komponen yang ingin ditonjolkan untuk sebuah fenomena seorang pria yang menggunakan mobil manual dengan sistem perpindahan gigi dengan pedal kopling yang diinjak.

Komponen kopling manual yang diinjak seolah identik dengan “kekuatan” – karena untuk menginjaknya, kamu pasti butuh tenaga lebih – dan kekuatan identik dengan pria. Tak hanya itu, dengan kopling, akselerasi kendaraan relatif lebih garang dibanding sistem otomatis.

Meski antara mobil dengan keyboard berbeda, tetapi sensasi yang sama itu bisa ditemukan saat jari-jarimu “membelai” sebuah papan kunci alias keyboard Rexus Legionare MX-7.

Satu tagline yang selalu digaungkan oleh keyboard ini adalah real mechanical, mekanikal asli. Kata “real” menjadi satu nada marketing sekaligus pemicu pertanyaan, “Kalau begitu, ada tipe keyboard yang tidak asli mekanikal?

Untuk menjawab seberapa “asli” Rexus Legionare MX-7, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencobanya sendiri. Atau, pilihan yang sedikit lebih mudah, kamu baca ulasan ini.


Kodrat Real Mechanical

keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic computer 1591018 960 720

foto: pixabay

Berdasarkan prinsip kerja dan materialnya, hanya terdapat dua jenis keyboard, yaitu keyboard membran dan keyboard mekanikal. Seperti namanya, keyboard membran menggunakan lapisan silikon sebagai penghantar sekaligus pelapis ketukan agar terasa lembut dan tidak berisik. Lain halnya dengan keyboard mekanikal yang mempunyai switch tersendiri tiap tombol.

Lalu, sebenarnya, apa yang dimaksud dengan real mechanical keyboard? Atau, keyboard mekanikal seperti apa yang bisa digolongkan sebagai mechanical keyboard?

Jawaban dari pertanyaan itu tak lepas dari dua hal ini. Pertama, istilah “real” itu tentu tidak bisa dilepaskan dari bahasa marketing yang ingin menonjolkan sebuah produk keyboard mekanikal yang lebih asli dan sesuai “kodrat” keyboard mekanikal.

Apa “kodrat” keyboard mekanikal? Ya itu tadi, jenis keyboard yang tangguh, baik secara material maupun fungsional.

Material keyboard mekanikal yang “asli” menampilkan kualitasnya, mulai dari switch atau tombol yang terbuat dari bahan plastik yang keras, permukaan keyboard yang terbuat atau berlapiskan bahan logam, hingga performa serta ketangguhannya saat dioperasikan. Kamu bisa merasakan sensasi keyboard mekanikal “asli” pada keyboard IBM tipe M yang sempat menjadi idola di era 80an.

Kedua, “real” merujuk pengembangan teknologi keyboard mekanikal tanpa meninggalkan “kodrat”-nya. Keyboard mekanikal saat ini banyak dilengkapi dengan beragam fitur dan aksesoris, mulai dari fitur anti-ghosting yang memungkinkan ke-104 tombolnya dipencet dan beroperasi sekaligus tanpa ada satupun yang stak, hingga penggunaan LED RGB yang berguna untuk mempermanis sekaligus menambah aksen keyboard mekanikal di belantara gaming keyboard.

Di tengah fitur yang terus dikembangkan, real mechanical keyboard tetaplah keyboard yang mumpuni untuk diajak bekerja keras. Salah satunya adalah Rexus Legionare MX-7 yang hendak kami coba ini.

Penampilannya Khas Lelaki
Omong kosong jika kalian menaksir seorang cewek tanpa melihat penampilannya, Bro. Penampilan itulah yang memberi kesan pertama kamu suka atau tidak dari seseorang, bukan? Nah, itu jugalah yang kami temukan pada Rexus Legionare MX-7.

Sebagai pria, kami pun langsung tertarik dengan perwujudan Legionare MX7. Tampil dengan balutan warna dark grey dengan mouse berwarna hitam, MX-7 merepresentasikan sisi maskulin sedemikian rupa. Hanya sedikit aksen merah yang ditonjolkan di pinggir papan.

 

Rexus legionare MX7 keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic Rexus legionare MX7 2

Kesan cool dan elegan menyeruak begitu dashyat berkat papan keyboard yang terbuat dari metal, dengan deretan switch berwarna hitam nan anggun. Begitu kamu memencet tombol “FN” + Wave #1, muncul pendaran cahaya yang berasal dari LED RGB yang ada di bawah tiap switch. Perpendaran warna hijau, biru, merah akan berombak, menambah kesan keren.

Jika kamu termasuk orang yang tak suka dengan warna “ngejreng“, pencet tombol “FN” + “Wave #2” atau “FN” + “Breath”, maka LED hanya akan memancarkan warna tertentu yang lebih kalem.


Uji Ketangguhan

Dengan penjelasan di atas, kamu tentu mulai bisa memahami mengapa Rexus Legionare MX-7 dimasukkan dalam golongan real mechanical gaming keyboard, bukan sekedar “ala-ala”. Untuk makin memahaminya, kami pun membawa Rexus Legionare MX-7 ke meja gaming. Permainan “sejuta umat” pun kami mainkan: Point Blank.

Begitu mengeluarkan keyboard ini, kamu langsung merasakan bedanya dengan keyboard lainnya, apalagi keyboard membran. Berat keyboard yang mencapai lebih dari satu kilogram – tepatnya 1063 gram – lah yang membedakan.

Berat itu masuk akal karena MX-7 menyertakan palm rest berbahan plastik berkualitas tinggi, yang mampu menahan berat kedua telapak tangan kamu. Kami kira, saat kamu tanpa sadar menggebrak keyboard saat tokohmu tertembak mati, palm rest ini takkan buru-buru pecah.

Dengan menggunakan keyboard Rexus Legionare Titanix TX-3 dan headset Rexus Thundervox HX-2, kami memainkan game. Beberapa menit menggunakan MX-7, tokoh Tero yang kami pakai pun pergerakannya terasa enak.

Senjata OA yang kami gerakkan dengan menggunakan switch Q teras enak digunakan. Pegas switch MX-7 memantul secara sempurna. Pergerakan Tero yang menuruti gerakan jari dengan memencet switch W dan A terasa smooth.

keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic Rexus legionare MX7 3

Manuver dengan menggunakan keyboard MX-7 juga tak mengalami kendala yang berarti. Meski dilengkapi palm rest yang lebih berfungsi saat kamu memposisikan keyboard secara lurus, kamu tetap bisa memiringkan posisi keyboard agar lebih nyaman, sesuai kebiasaan kamu saat bermain game.

Dalam posisi miring, palm rest tetap menjadi tumpuan pergelangan tangan sehingga tak mudah pegal. Syaratnya, kamu membutuhkan space yang agak luas saat memiringkan MX-7.

Secara keseluruhan, kinerja MX-7 terbukti handal. Saat mencobanya kali ini, kami tak menemukan kendala “ghosting” sama sekali, semua switch bekerja secara sempurna. Dan, jika sesekali terjadi “freeze” itu bukan karena keyboard-nya donk. Biasanya itu terjadi karena koneksi internet atau arus listrik yang tak stabil.

Fitur lain yang tak boleh dikesampingkan adalah fitur macro dalam MX-7.  Dengan fitur ini, kamu bisa lebih mudah dan mempercepat intensitas atau frekuensi gerakan. Jadi, kamu tak perlu memencet beberapa kali untuk misalnya, menembak secara terus menerus.  Fitur macro sangat cocok untuk para gamers tingkat advanced.

Di antara penilaian itu, kami menaruh hormat yang setinggi-tingginya pada komponen Outemu Blue Switch yang dibenamkan pada keyboard ini.


Misteri Switch Biru

Mobilitas tokoh yang kamu mainkan dengan menggunakan MX-7 tak lepas dari kinerja 104 Outemu Blue Switch di atasnya. Seperti yang kamu tahu, banyak terdapat merek switch keyboard mekanikal, mulai dari Outemu, Kaihua, Kailh, Gateron, hingga Cherry MX dan Romer-G. Merek-merek tersebut merupakan merek paten untuk switch keyboard.

keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic Outemu Blue Mechanical Switch

Di antara semua merek itu, Cherry MX merupakan salah satu “legenda” sekaligus “kiblat” switch mechanical keyboard. Switch keyboard yang diproduksi oleh ZF Electronics GmbH (Cherry Corporation), perusahaan Jerman-Amerika, telah mendominasi banyak produsen keyboard kelas atas seantero dunia.

Begitu terkenalnya Cherry MX switch di dunia keyboard mekanik, sampai-sampai perusahaan pembuat switch lainnya menyamakan karakter dan pola switch-nya dengan Cherry MX. Salah satunya adalah Outemu.

Menurut review yang dilakukan oleh input.club, Outemu Blue Switch merupakan switch yang kinerjanya hampir sama dengan switch Cherry MX. Bahkan, dalam review tersebut, Outemu lebih terasa lembut meski tetap menyajikan sensasi “clicky” yang asyik.

keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic newplot

Infografis: input.club


Switch
Linear atau Tactile?

Secara umum, terdapat dua penggolongan jenis switch, yaitu switch linear dan tactile. Skema mekanis pada switch linear adalah langsung tegak lurus ‘menonjok’ sirkuit untuk menghasilkan sinyal. Sedangkan switch tactile tidak bergerak tegak lurus, akan tetapi mengetuk dan menimbulkan sebuah umpan balik dan bunyi klik pada komponen dalam switch tersebut.

Berdasarkan penggolongan tersebut, switch Outemu mempunyai tipe keduanya, namun dengan karakteristik yang berbeda-beda. Masing-masing karakter direpresentasikan melalui warna switch, yaitu:

Outemu Black – switch linear.
Outemu Red – switch linear.
Outemu Brown – switch tactile berkarakter smooth dan tidak terlalu berisik.
Outemu Blue – switch tactile berkarakter “clicky“.

outemu blue switch keyboard Review Keyboard Rexus MX-7: Real Men Use Real Mechanic 1447397269

Meski menggunakan housing dari plastik, Outemu terbuat dari plastik berkualitas tinggi sehingga tetap tangguh. Beberapa pengguna juga mengatakan bahwa switch Outemu terasa agak goyang, tetapi itu takkan memengaruhi tekanan dan kontak pada papan chip di bawahnya. Jari kamu pun tetap memencet secara tepat karena cekungan pada keycap switch Outemu pas dengan lengkungan ujung jari kita.

Per atau pegas yang terdapat di dalam switch Outemu juga terkenal bandel. Diklaim, per yang ada dalam switch Outemu Blue mampu bertahan hingga 50 juta klik! Itupun tergantung pemakaian. Jika kamu tidak menggunakan secara urakan, per itu pun akan bertahan lebih lama. Tak hanya itu, jika akhirnya salah satu switch “menyerah”, kamu bisa menggantinya secara terpisah, tanpa harus mengganti seluruh keyboard.


Mechanical Keyboard Paten yang Terjangkau

Satu faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memboyong sebuah keyboard mekanikal adalah harga. Mungkin, kamu bisa atau mampu untuk membeli keyboard mekanikal kelas atas yang menggunakan switch Cherry MX Blue, tapi harga yang kamu bayar tentu takkan sendikit. Itu adalah hak setiap orang.

Tapi, hendaknya perlu dipertimbangkan kebutuhan dan level profesionalitas kamu. Jika kamu memang butuh dan sudah seprofesional Sahill Arora, keyboard dengan harga jutaan atau bahkan ratusan juta merupakan salah satu kebutuhan gaming yang harus dipenuhi.

Tapi, buat kita yang masih berkompetisi game dalam level profesional medioker, masih belajar bermain game, atau justru memilih game sebatas hobi, kebutuhan akan keyboard sudah bisa terfasilitasi dengan baik oleh Rexus Legionare MX-7 ataupun seri keyboard Rexus lainnya. But, this is only a suggestion. The decision is still yours, Bro.