5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu vasilii

Foto: Li Wei “Vasilii” Jun, istimewa

Gamers, bercita-cita menjadi pemain game profesional adalah sah-sah saja saat ini. Mengapa? Tak bisa dipungkiri, e-sport sudah menjadi cabang olahraga sekaligus bisnis yang menjanjikan banyak penghasilan. Tak hanya dari hadiah turnamen, tawaran endorsement produk tertentu dan fee dari streaming di kanal live tertentu tak kalah menggiurkan.

Saat akhirnya kamu sudah menjadi pemain game profesional yang terkenal, sebaiknya kamu belajar dari pengalaman beberapa gamer ini yang kariernya sebagai gamer pro hancur gara-gara kesalahan fatal yang mereka lakukan. Apa saja kesalahan fatal yang bisa menghancurkan karier gamer?

5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu arm wrestling 567950 640

1. Manipulasi Hasil Pertandingan
Manipulasi dalam hasil pertandingan atau match fixing ternyata juga merambah dunia eSports, tak hanya di dunia sepakbola. Pengaturan hasil pertandingan tersebut tak lain disebabkan karena perjudian. Banyak “bandar” judi yang rela membayar para gamer untuk melakukan hal curan. Hal ini pernah terjadi beberapa kali di kompetisi Dota 2.

Salah satu contohnya adalah perilaku Leonid “Sonic” Kuzmenkov dan Dmitri “Ax.Mo” Morozov. Mereka adalah pemain Dota 2 asal Rusia yang bermain untuk tim DX. Saat kualifikasi World Cyber Arena 2017, mereka tertangkap sedang merencanakan match fixing oleh eSports Integrity Coalition (ESIC), Uprise Champions Cup, dan Sportsradar. Akibatnya, kedua pemain tersebut dilarang mengikuti kompetisi Dota 2 selama dua tahun, hingga Oktober 2019.

5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu illustration 2223973 640

2. Tidak Kekerasan 
Ssst… sudah jadi rahasia umum jika banyak gamer profesional yang punya banyak uang bisa menggaet pacar cantik. Tapi, hati-hati, terkadang punya pacar bisa jadi bumerang saat tanpa sadar kita melakukan kekerasan fisik pada pacar kita. Itu terjadi pada Li Wei Jun atau yang lebih dikenal dengan nama Vasilii, pemain League of Legends yang tergabung dalam tim Newbee.

Pada akhir tahun lalu, Vasilii melakukan kesalahan yang berpengaruh pada kariernya. Saat dia sedang live streaming di Twitch, Vasilii terekam melakukan tindak kekerasan kepada pacarnya dan saat itu ditonton secara live oleh ribuan pemirsa. Akibatnya, Newbee pun memutuskan kontraknya dengan Vasilii.

5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu fear 981384 640

3. Mengucapkan Kata-kata Berbau Rasis
Tak hanya di dunia sepakbola, kata-kata dan tindakan rasis di dunia game profesional juga sangat sensitif. Kenapa? Tentu saja karena olahraga elektronik ini dilakukan dan dinikmati oleh orang dari berbagai suku dan negara di dunia. Dengan mengatakan hal yang berbau SARA, pelaku akan merendahkan sportivitas sekaligus martabat semua orang.

Hal ini pernah dilakukan oleh Dellor, pemain Overwatch profesional untuk Toronto eSports. Suatu saat, dia mengucapkan satu kata rasis secara berulang-ulang selama 30 detik saat live dalam akunnya di Twich. Akibat perilakunya tersebut, Dellor pun langsung dikeluarkan dari Toronto eSports dan tidak kembali lagi di dunia e-sport.

5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu money 3523131 640

4. Suap Menyuap
Masih terkait dengan manipulasi hasil pertandingan, kasus suap menyuap juga menjadi hal yang bisa menghancurkan karier pemain gamer pro. Ma Jae Yoon atau yang lebih dikenal dengan sAviOr merupakan salah satu pemain StarCraft: Brood War terbaik yang pernah ada. Sayangnya, dia tergoda untuk disuap agar sengaja kalah di kompetisi StarCraft: Brood War Korea Selatan pada 2009.

Akibat perbuatannya tersebut, Korea eSports Association (KESPA) melarang dia berpartisipasi di seluruh kompetisi yang diadakan KESPA selama seumur hidup. Kariernya tamat.

5 kesalahan fatal yang bakal hancurkan karier gaming pro kamu 5 Kesalahan Fatal yang Bakal Hancurkan Karier Gaming Pro Kamu close up 1853400 640

5. Doping
Professional gamer membutuhkan ketahanan tubuh yang prima. Sayangnya, ada beberapa oknum yang menggunakan obat-obatan sejenis ADHD untuk meningkatkan performa. Jenis obat-obatan tersebut digolongkan sebagai doping.

Sebagai contoh, dikutip dari independent.com, Kory Friesen yang dikenal dengan sebutan Semphis, seorang pemain Counter-Strike: Global Offensive player, terbukti menggunakan zat doping saat mengikuti turnamen di Polandia. Karena kasus tersebut, ada rencana untuk melakukan standarisasi tes doping bagi para pemain game profesional.

rexus point blank all region competition juli 2018 Rexus Point Blank All Region Competition Juli 2018 capital gaming3
 
Pada Minggu, 29 Juli 2018 lalu, Rexus bekerja sama dengan Cyberstation dan Capital Gaming Pondok Gede, Bekasi, mengadakan Point Blank Competition.
 
Turnamen ini diikuti oleh 10 tim, dengan puluhan suporter yang meramaikan dan memenuhi Capital Gaming. Beberapa pemain PB yang sudah malang melintang di turnamen ini tampak ikut berpartisipasi dalam turnamen ini.
rexus point blank all region competition juli 2018 Rexus Point Blank All Region Competition Juli 2018 capital gaming2
Setelah melalui persaingan sengit, akhirnya jawara diraih oleh tim LebaranSebentarLagi158. Juara dua diraih oleh tim ZHR, dan juara tiga direbut tim DBS. Para pemenang mendapatkan trophy, uang pembinaan, produk Rexus, dan merchandise Rexus.
rexus point blank all region competition juli 2018 Rexus Point Blank All Region Competition Juli 2018 capital gaming4 1
Menurut Agung, pengelola Capital Gaming, acara ini menjadi ajang untuk mencari bakat baru dalam game Point Blank, sekaligus menjadi ajang memperkenalkan Capital Gaming.
 
Saat ini, Capital Gaming mempunyai 20 unit PC dengan peralatan gaming yang seluruhnya menggunakan produk Rexus, seperti Headset HX1 dan keyboard MX5.
rexus point blank all region competition juli 2018 Rexus Point Blank All Region Competition Juli 2018 capital gaming
Pengelola Capital Gaming percaya akan kualitas dan kehandalan produk Rexus. Produk Rexus tidak mudah rusak, meski digunakan oleh banyak orang dengan durasi hingga 24 jam tiap hari. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para pemilik warnet.
 
Capital Gaming juga akan membuka gaming center baru. Tentu saja, peralatan gamingnya tetap dipercayakan pada produk Rexus.
 
https://youtu.be/Q1Wob7_FRYw

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch

Gamers, sebagian dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa keyboard mekanikal bukan satu-satunya keyboard yang bisa digunakan untuk bermain gim. Saat ini, ada pula jenis keyboard yang menggunakan teknologi keyboard bersensor optik atau keyboard infra-merah.

Dengan sistem mekanikal yang mengandalkan sensor optik untuk menggerakkan sinyal ke komputer, keyboard mekanikal infra-merah mempunyai sensasi yang kurang lebih sama dengan keyboard. Saat ini,  banyak produsen switch lain yang tertarik untuk memproduksi switch mekanikal serupa. Sebut saja Kaihl dan Outemu, merek asal China ini mulai mengenalkan switch berteknologi infra-merah tersebut.

Sebenarnya, apa saja kelebihan keyboard dengan menggunakan sensor optik dibandingkan keyboard mekanikal biasa?

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch1
1. Komponennya tahan karat.

Produsen switch mekanikal infra-merah mengklaim bahwa komponen mekanikal yang digunakan pada switch infra-merah lebih awet karena sangat minim mengalami oksidasi yang berpotensi menjadikan komponen berkarat, layaknya pada switch mekanikal konvensional.

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch2
2. Ketukan lebih lembut.

Dengan menggunakan sistem infra-merah, gesekan antara tuas dengan papan PCB dapat dihindarkan. Tanpa gesekan, ketukan jadi terasa lebih lembut dan terhindar dari keausan. Itulah alasan mengapa produsen keyboard yang menggunakan switch infra-merah berani mengklaim bahwa produk mereka bisa tahan sekitar 50  – 80 juta klik.

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch5 e1530174173552
3. Kecepatan transmisi sinyal lebih cepat.
Biasanya, pada switch mekanikal konvensional, jarak aktuasi atau jarak pertemuan antara tuas dengan papan Printed Circuid Board (PCB) adalah 2 – 2,2mm. Nah, di switch infra-merah, jarak aktuasi itu kurang dari 1,5 mm sehingga berpengaruh pada kecepatan transmisi sinyal.

Produsen switch infra-merah mengklaim jika kecepatan transmisi sinyal switch produksinya lebih cepat sekitar 0,2 mikro detik dibanding kecepatan switch mekanikal konvensional.

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch3
4. Anti air.

Ini juga merupakan kelebihan switch infra-merah. Karena tidak menggunakan PCB konvensional yang saling terkait dengan menggunakan elemen konduktor, maka kelistrikan switch infra-merah takkan mengalami arus pendek atau konsleting saat terkena air. Bahkan, keyboard ini dapat dimainkan sambil dicelup di dalam air.

Kemampuan itu juga dimungkinkan karena switch keyboard jenis ini tidak menggunakan sistem solder untuk menyambung satu komponen dengan komponen lain.

5 kelebihan keyboard mekanikal dengan sensor optik 5 Kelebihan Keyboard Mekanikal dengan Sensor Optik Bikin Nge-game Makin GG optical switch4
5. Harga tetap terjangkau.

Meski menggunakan switch berteknologi baru, keyboard mekanikal bersensor infra-merah tetap berada dalam kisaran yang terjangkau. Produsen mengatakan bahwa komponen termahal dalam keyboard ini adalah PCB-nya, namun itu bisa ditekan berkat switch yang harganya bisa bersaing dengan switch keyboard mekanikal konvensional.

 

 

 

switch dampener, rahasia bikin suara keyboard mekanikal jadi lebih lembut Switch Dampener, Rahasia Bikin Suara Keyboard Mekanikal Jadi Lebih Lembut ringo2

Gamers, ada kalanya kita kita “jenuh” dengan suara “clicky” yang nyaring saat menggunakan keyboard mekanikal, terutama keyboard mekanikal yang menggunakan switch biru. Mau ganti keyboard tentu butuh anggaran lagi. Mau ganti jenis switch, beberapa switch tidak cocok diplikasikan.

Tenang, jangan buru-buru ganti keyboard. Kamu tetap bisa menggunakan keyboard mekanikal kesayanganmu kok. Kamu tinggal menambahkan karet peredam ketukan atau sering disebut dampener.

Sistem ini sebenarnya sudah sering digunakan pada sistem shock breaker mobil, yaitu dengan menambahkan karet ring O untuk meredam hentakan pegas. Selain meredam hentakan pegas, ring O yang berfungsi sebagai dampener itu juga membuat suspensi jadi lebih makin lembut.

Dampener pada switch keyboard mekanik juga berupa karet ring O yang terbuat dari silikon dan diselipkan pada masing-masing stem switch. O ring yang dipasangkan di bawah keycap akan mereduksi jarak ketukan sekaligus mengurangi hentakan yang dihasilkan.

switch dampener, rahasia bikin suara keyboard mekanikal jadi lebih lembut Switch Dampener, Rahasia Bikin Suara Keyboard Mekanikal Jadi Lebih Lembut ringo

Murah dan Praktis

Saat ini, beberapa marketplace sudah menawarkan ring dampener dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar 30 – 50 ribu untuk sekitar 110 buah dampener.  Murah, bukan? Cara memasangnya pun sangat mudah.

Untuk memasang dampener, kamu tinggal mencopot semua keycaps keyboard mekanikalmu. Kemudian, masukkan masing-masing dampener ke dalam stem atau selongsong keycap  yang terhubung ke switch satu per satu.

switch dampener, rahasia bikin suara keyboard mekanikal jadi lebih lembut Switch Dampener, Rahasia Bikin Suara Keyboard Mekanikal Jadi Lebih Lembut ringo3

Perhatikan Hal Ini

Meski murah dan praktis, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli ring dampener. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Kualitas bahan

Meski sama-sama terbuat dari silikon, ring dampener mempunyai kualitas berbeda tiap merek. Kamu bisa melihatnya secara langsung dengan memperhatikan kekenyalan dan seberapa kuat ring itu saat ditekan atau ditarik. Ukuran diameter ketebalanya bervariasi, yaitu antara 0,2mm – 2mm. Kami rekomendasikan untuk memilih yang agak tebal agar tak getas.

switch dampener, rahasia bikin suara keyboard mekanikal jadi lebih lembut Switch Dampener, Rahasia Bikin Suara Keyboard Mekanikal Jadi Lebih Lembut oring

2. Kekerasan ring

Biasanya, dalam kemasan ring dampener, terdapat tulisan “50A” atau “80A”. Itu menandakan kekerasan material dampener saat ditekan.

Angka 50 atau 80 menunjukkan angka kekerasannya. Semakin tinggi angka yang dimilikinya, semakin keras dan masif karet tersebut.

Huruf “A” menunjukkan pembuat karet tersebut, yaitu Alfred Shore. Kami merekomendasikan kekerasan karet mempunyai kekerasan dengan ukuran 40 – 50. Jangan terlalu lembut atau keras karena justru akan membuat tidak nyaman saat menekan tombol keyboard.

Mudah, bukan?

Baca juga:

Optical Mechanical Keyboard, Teknologi Baru Pesaing Keyboard Mekanikal

Kiat agar Tombol Keyboard Berfungsi dengan Baik

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan mobile 842814 640

Gamers, kita tidak bisa lagi memungkiri bahwa semakin banyak orang yang menggunakan ponsel pintar mereka sebagai sarana untuk bermain gim. Tak perlu jauh-jauh, sekumpulan karyawan yang sedang beristirahat makan siang pun dapat memainkan ponsel mereka sambil tersenyum-senyum sendiri atau bahkan, mengumpat lepas kontrol.

Di tengah maraknya jenis gim PC yang digarap makin serius oleh para pengembang gim, permainan dengan menggunakan ponsel pintar tak bisa dipandang sebelah mata. Untuk memahami mengapa banyak kalangan gamer yang memilih menekuni permainan mobile gaming, yuk kita lihat 10 alasan orang lebih memilih bermain lewat ponsel daripada PC atau konsol.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan man 1718099 640 1

1. Dapat bermain di mana saja
Jelas terlihat bahwa salah satu keunggulan dari smartphone adalah kepraktisannya. Perangkat tersebut memiliki ukuran yang pas di kantong, sehingga memudahkan untuk dibawa ke mana saja. Ketika sedang jenuh dan membutuhkan hiburan, kamu hanya perlu merogoh kantong baju atau celanamu. Dalam hitungan detik, kamu sudah dapat memainkan game. Tidak peduli apakah sedang berada di rumah, di sekolah, kereta api, ataupun tempat-tempat lainnya.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan angry bird 2234295 640

2. Durasi game lebih cepat
Gim dalam ponsel pintar memiliki durasi permainan yang relatif singkat. Sebut saja Cut The Rope, Angry Birds, hingga game FPS, seperti Modern Combat 5, yang rata-rata setiap misinya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan hp

3. Ponsel pintar makin murah
Butuh dana yang tidak sedikit untuk membeli konsol atau PC dengan spesifikasi tinggi. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan smartphone. Dengan harga relatif murah, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah perangkat untuk menjalankan game-game yang sedang populer saat ini.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan iphone 410311 640

4. Lebih multi-fungsi
Meskipun luar biasa menyebalkan saat asyik-asyik bermain gim, tiba-tiba ada panggilan telepon masuk, tapi tak bisa dipungkiri bahwa dengan bermodalkan sebuah smartphone, kamu bisa mengakses beragam manfaat, seperti fitur Whatsapps, multimedia, browsing, dan tentu saja… selfie.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan GX2 05

5. Ada gamepad untuk bermain di ponsel.
Kelemahan ponsel saat digunakan untuk bermain adalah kontrol pengoperasian yang sulit karena tombol yang relatif kecil. Tapi, saat ini hal itu tidak bisa jadi alasan lagi. Kalian bisa bermain di ponsel dengan menggunakan gamepad. Bahkan, gamepad Rexus Gladius GX1 dan GX2 menyediakan paket penjualan yang dilengkapi dengan holder atau claw sehingga makin praktis saat digunakan bermain.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan fortnite

6. Banyak pilihan gim “gratisan”.
Satu lagi keunggulan smartphone atas konsol atau PC adalah banyaknya variasi permainan yang tersedia secara gratis sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan bujet lebih.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan ml2

7. Gameplay relatif lebih gampang.
Buat kalian yang suka bermain gim tanpa mikir, mobile gaming sepertinya lebih cocok. Cukup gunakan jarimu untuk mengombinasikan beberapa gerakan sederhana di atas layar, kamu sudah dapat menikmati permainan.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan gamepad

8. Gampang pengaturannya.
Gim atau aplikasi dapat terinstal dengan mudah di smartphone. Demikian juga ketika ingin menghapus, cukup tahan beberapa saat lalu pilih uninstall. Tidak dibutuhkan verifikasi serial number atau launcher tambahan layaknya di gim PC.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan mobile gaming 2690100 640

9. Makin banyak pilihan gim PC yang menyediakan versi smartphone.
Gim seperti Grand Theft Auto milik Rockstar, LIMBO dari Playdead, This War of Mine dari 11 bit Studios, PUBG Mobile, dan lainnya, mulai hadir dalam versi smartphone, dengan pengalaman bermain yang tak kalah seru dengan versi konsol maupun PC.

10 alasan orang bermain game di ponsel. nomor 5 paling menyenangkan 10 Alasan Orang Bermain Game di Ponsel. Nomor 5 Paling Menyenangkan S3 Pro 03

10. Makin banyak gadget pendukung mobile gaming.
Tak hanya gamepad, saat ini banyak produsen yang memproduksi peralatan pendukung gim via ponsel. Salah satunya adalah mobile gaming headset, seperti Rexus S3 Pro. Dengan fitur mic dan audio serta port yang disesuaikan dengan elemen ponsel, Rexus S3 Pro membuat pengalaman bermain gim di ponsel makin yahud.

pacar ngambek? gunakan 6 jurus ini untuk meluluhkan hatinya Pacar Ngambek? Gunakan 6 Jurus Ini untuk Meluluhkan Hatinya food 2940251 640

Gamers, buat kalian yang sudah mulai pacaran, kalian pasti tahu bagaimana bingungnya saat pacar kita marah terus ngambek. Berbagai cara kita coba tetap saja tidak bisa membuatnya tersenyum kembali. Dalam keadaan seperti itu, jangan buru-buru menyerah atau malah mengatakan kata “putus”. Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan.

1. Jaga kepala tetap dingin, bung.
Jangan ikut terbawa suasana atau justru masuk dalam amarah. Itu akan menyebabkan Dia tambah marah dan merasa dirinya tambah benar. Coba kendalikan emosi Anda, jangan terpancing. Ingat, Dia memiliki alasan mengapa marah pada Anda.

2. Jangan kebanyakan cari alasan.
Seorang cowoknya pada umumnya akan mencoba untuk memenangkan argumen dengan memberikan fakta-fakta yang sebenarnya tidak akan berarti saat ceweknya marah. Coba sekarang tahan dorongan itu. Lebih baik tanyakan kenapa dia marah.

3. Dengarkan.
Cobalah untuk mendengarkan apa yang menjadi alasan cewek kamu marah. Mungkin, kadang terasa tidak masuk akal. Tapi, cobalah untuk tetap mendengarkan.

4. Tatap matanya.
Dengan menatap matanya, berarti kamu memberinya perhatian. Tapi jangan melotot ya, karena akan menunjukkan bahwa kamu juga marah. Dengan menatap mata, menunjukkan bahwa kamu tetap punya wibawa di depan cewek kamu.

5. Minta maaf.
Jika kamu merasa bersalah, akui saja dan minta maaf padanya. Namun, jangan sekali-kali minta maaf setengah-setengah, seperti “Ya udah, maaf deh.” Itu tak terlihat tulus. Minta maaflah secara tulus.

6. Gandeng tangannya atau peluk dia.
Saat cewek kamu sudah terlihat mulai tenang, gandeng tangannya atau peluk dia. Cara ini bakal meluluhkan hati pacar kamu.

Mau coba?

Baca juga:

Gamers, Jangan Lakukan Ini Saat PDKT

Ssst… Ini Rahasia Menggebet Cewek Gamer

kursi gaming Mau Beli Kursi gaming? 11 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan racelineGamer, siapa sih yang ngga ingin punya kursi gaming sendiri? Tak hanya sekedar nyaman, main gim di atas kursi gaming memang dinilai lebih sehat, terutama buat tulang punggung. Untuk memboyong kursi gaming, harga yang dikeluarkan lumayan banyak sehingga kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli.

Apa saja yang perlu jadi pertimbangan?

  1. Terbuat dari material berkualitas. Material itu terdiri dari besi rangka yang terbuat dari baja yang kuat, busa yang tak mudah kempes, kulit sintetis yang tak mudah sobek, dan material plastik yang kuat, terutama pada arm-rest dan roda.
    kursi gaming Mau Beli Kursi gaming? 11 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Dark Thrones 02
  2. Punya fitur yang menarik dibandingkan kursi gaming serupa. Iya, donk… Dengan harga yang tak bisa dibilang murah, kamu berhak untuk mendapatkan fitur lebih. Sebagai contoh, Rexus Dark Thrones DT1 mengadopsi surface breathable pada kulit sintetisnya, yaitu lubang-lubang ventilasi yang akan membuat punggung tetap sejuk saat duduk di atasnya.
  3. Mempunyai sandaran tangan yang bisa disesuaikan. Ukuran tubuh gamer berbeda-beda sehingga kursi gaming yang baik adalah yang mempunya arm-rest yang bisa diatur posisinya. Rexus Gaming Chair 102, 103, Raceline, dan Dark Thrones Legacy DT1 mempunyai arm-rest 3D yang bisa diatur posisi dan ketinggiannya.
    kursi gaming Mau Beli Kursi gaming? 11 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Raceline biru 02
  4. Mempunyai ruang duduk yang cukup lebar. Kursi gaming yang luas akan nyaman untuk diduduki, meski tubuh penggunanya kurus. Gaming Chair Rexus 10, 102, 103, Raceline RC1, dan Dark Thrones Legacy DT1 mempunyai ukuran hingga XL sehingga dapat diduduki oleh orang dengan ukuran badan besar, maksimal 150 kilogram.
  5. Mempunyai sandaran punggung yang tinggi dan lebar. Ukuran sandaran punggung yang luas tersebut berfungsi untuk menyangga semakin banyak posisi tubuh belakang pemain. Bentuk yang ergonomis ini sangat dirasakan bagi para pembalap yang pasti akan terhentak ke belakang.
  6. Sandaran punggung yang bisa diatur. Biasanya, kursi gaming mempunyai 3 mode penganturan back rest, yaitu 90° untuk mode kerja atau gaming, 130° untuk mode membaca atau menonton, dan 180° untuk bersantai, istirahat atau bahkan tidur.
    kursi gaming Mau Beli Kursi gaming? 11 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan rgc 101 featured product 01
  7. Faktor Keseimbangan. Kursi gaming yang bagus mempertimbangkan segi keseimbangan sehingga meski kita rebahan di atasnya, kursi ini takkan terbalik.
  8. Mempunyai bantalan leher. Tujuannya adalah untuk menyangga leher dan kepala agar tak mudah pegal atau salah urat.
  9. Ada penopang lumbar atau bantalan tulang punggung. Kursi gaming mempunyai strap yang berguna untuk mengikat bantal penopang yang bisa disesuaikan dengan tinggi posisi lengkungan tulang belakang.
    kursi gaming Mau Beli Kursi gaming? 11 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan rgc 102  01
  10. Sesuaikan dengan bujet. Banyak sekali merek kursi gaming di pasaran, mulai dari harga 2 jutaan hingga puluhan juta. Cari produk kursi gaming yang terjangkau namun berkualitas dan mempunyai durabilitas tinggi.
  11. Pertimbangkan layanan purna jualnya, seperti garansi. Banyak produsen kursi gaming yang tidak memberi layanan garansi, tapi Rexus berani untuk memberi garansi untuk kursi gaming. Tentu saja, dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Jadi, sudah mempertimbangkan kursi gaming apa yang ingin kamu beli?

Baca juga:

6 Posisi Duduk Paling Tepat Saat Bermain Game

Review Rexus Gaming Chair RGC-103: Serasa Duduk di Captain Seat

Kursi Gaming Rexus Blue kursi gaming Kenapa Harus Menggunakan Kursi Gaming Saat Bermain Game? GamingChair 102 Web 08

Frank Maas, ahli esports ergonomics, sangat menekankan posisi duduk saat bermain game, terutama saat bertanding selama berjam-jam. Menurutnya, posisi sangat menentukan kecepatan refleks, ketahanan stamina, dan menghindarkan kita dari potensi sakit punggung serta peradangan pada pangkal telapak tangan (carpal tunnel syndrome). Inilah dimana kursi gaming atau gaming chair akan bermanfaat.

Menurut Frank Maas, duduk untuk waktu lama membutuhkan posisi yang tepat. Prinsipnya, posisi punggung harus tetap tegak lurus, namun tetap rileks. Lumban atau bantalan antar tulang belakang hendaknya disenderkan secara nyaman pada bantalan kursi yang mengikuti kontur atau posisi tulang belakang.

Selain posisi tulang belakang, posisi kaki juga harus menapak sempurna di lantai, dengan posisi tulang paha vertikal sedikit menurun agar peredaran darah, baik dari jantung ke kaki ataupun sebaliknya, tetap lancar.

Baca juga: 5 Tips Menentukan Gaming Chair Terbaik Buat Kamu! 

Kursi Gaming Rexus Red kursi gaming Kenapa Harus Menggunakan Kursi Gaming Saat Bermain Game? 103

Manfaat Kursi Gaming

Bagi para gamer, posisi duduk yang ideal saat bermain game berjam-jam dapat diperoleh dengan duduk di atas kursi gaming atau gaming chair.  Bentuknya yang sangat ergonomis, bermanfaat untuk mengikuti kontur tulang belakang.

Itu dimulai dari sandaran punggungnya yang dilengkapi dengan dua bantal yang secara khusus berfungsi untuk menyangga leher dan lekukan torso punggung. Fitur tersebut dapat meringankan kerja lumban atau tulang rawan bantalan antar tulang belakang saat duduk lama.

Sandaran kursi gaming dibuat lebar dengan bagian samping yang menyangga tubuh agar tidak geser ke kiri ataupun ke kanan. Secara keseluruhan, teknologi yang digunakan kursi gaming ini mengadopsi kursi mobil balap.

Peran terbesar kursi mobil balap adalah untuk menjaga agar pembalap tetap aman dan nyaman. Karenanya, kursi dibuat sedemikian rupa agar bisa menjaga kondisi tubuh pengguna dari benturan dan panas.

Kursi Gaming Rexus Raceline kursi gaming Kenapa Harus Menggunakan Kursi Gaming Saat Bermain Game? Raceline Orange 01 1030x1030

Kursi Gaming Rexus Raceline

Karakteristik Unik Kursi Gaming Rexus

Rexus mempunyai beberapa jenis  kursi gaming, yaitu RGC 101, RGC 102, RGC 103, Raceline, dan Dark Thrones Legacy DT1. Seri RGC mempunyai kemiripan dalam model fitur, yaitu dengan model yang modern, bentuk ergonomis, dan material berkualitas.

Agar berbeda dengan seri RGC, produk baru Rexus Gaming Chair Raceline RC1 tampil beda dengan benar-benar “membawa” kursi balap di depan komputer kamui. Itu langsung tampak dari motif kulit sintetis yang membalut kursi yang mempunyai ukuran sandaran dan alas di atas rata-rata ini.

Kursi Gaming Rexus DarkThrones kursi gaming Kenapa Harus Menggunakan Kursi Gaming Saat Bermain Game? Dark Thrones 01 1030x1030

Kursi Gaming Rexus DarkThrones

Yang tak kalah anyar adalah seri Kursi Gaming Rexus Dark Thrones Legacy. Seri ini tampil dengan mengagungkan elegansi dan kesan misterius. Dengan dominasi warna hitam, permukaan kulit ini dilengkapi dengan  teknologi breathable surface. Di permukan sandaran dan alas Dark Thrones Legacy, terdapat lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi sehingga udara tetap dapat mengalir leluasa di sela-sela punggung saat duduk di kursi.

Rexus menghadirkan banyak gaming chair yang berkualitas, dengan desainnya yang ergonomis dan stylis, akan cocok banget untuk kamu pakai loh. Check It Out!

Baca juga:

6 Posisi Duduk yang Tepat Saat Bermain Game

meski masuk final piala dunia, tim kroasia ternyata baru saja diakui oleh fifa 18 Kebangetan! Meski Masuk Final Piala Dunia, Tim Kroasia Ternyata Baru Saja Diakui oleh FIFA 18 fifa18

Foto: easports.com

Gamers, siapa di antara kalian yang merupakan penggemar gim FIFA 18? Jika kalian salah satu penggemar gim sepak bola ini, pasti “ngeh” ada yang aneh di lining up negara yang masuk dalam daftar FIFA 18. Apakah itu?

Dilansir venturebeat.com, timnas Kroasia yang pada perhelatan Piala Dunia 2018 ini membuat kejutan dengan mencapai final, ternyata tidak termasuk dalam daftar tim negara FIFA 18 mode regular selama ini.

Gim yang dirilis oleh EA Sports pada September 2017 lalu ini tidak memasukkan negara ini dan baru memasukkan nama tim ini pada Mei 2018 kemarin.

Hal ini tentu menjadi hal yang mengherankan karena Kroasia bukanlah negara “kemarin sore” di bidang sepak bola. Banyak nama besar pemain bola yang ada di klub-klub elite Eropa, seperti Luca Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Barcelona), Ivan Perisic (Inter Milan), Dejan Lovren (Liverpool), sampai Mario Mandzukic (Juventus).

Bahkan, banyak legenda sepak bola kelahiran negara Semenanjung Balkan ini, sebut saja Zvonimir Boban yang merupakan bekas striker legendaris AC Milan atau legenda hidup Real Madrid, Davor Suker.

Di FIFA 18, timnas ini sayangnya hanya bisa dimainkan secara khusus dan eksklusif dalam mode FIFA World Cup 2018 yang merupakan salah satu free major update yang baru dirilis.

Jika kemudian pada final Piala Dunia 2018 besok tim besutan Zlatko Dalic ini berhasil mengandaskan tim Ayam Jantan Prancis, apakah timnas Kroasia akan dimasukkan EA dalam daftar negara yang bisa dimainkan di mode regular FIFA 19? Atau, memang ada sentimen pribadi EA Sports terhadap Krosia?

Tak ada yang tahu. Kita tunggu saja…

headset wireless vs headset kabel. apa pilihanmu? Headset Wireless VS Headset Kabel. Apa Pilihanmu? S3 Pro 03

Gamers, secara garis besar, saat ini ada dua macam mode konektivitas headset (gaming) yang ada di pasaran, yaitu headset dengan konektivitas kabel dan headet nirkabel yang memanfaatkan teknologi Bluetooth.

Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih salah satunya, yuk kita pelajari dahulu satu-satu berdasarkan beberapa aspek.

Aspek Kepraktisan
Jelas, juara dalam hal ini adalah headset nirkabel yang berbasis Bluetooth. Dengan dilengkapi teknologi Bluetooth, headset nirkabel mempunyai jangkauan hingga sekitar 10meter dari sumber suara tanpa menggunakan kabel.

Berbeda dengan headset kabel yang maksimal mempunyai kabel sepanjang 2 meter. Kabel juga membuat pergerakan kita jadi sedikit terbatasi.

Aspek Kemudahan dalam Aplikasi
Buat para gamer dan orang yang nge-“geek”, mengoneksikan antara headset nirkabel ke ponsel atau gawai lainnya tentu bukan hal yang sulit. Tapi, bagi orang yang “awam” dengan peralatan berteknologi tinggi hal itu bukannlah hal mudah.

Secara keseluruhan, headset kabel lebih sederhana pengaplikasiannya. Pengguna tinggal mencolokkan ke port yang biasanya berdiameter 3,5mm dan secara otomatis headset akan memproduksi suara yang keluar dari gawai.

headset wireless vs headset kabel. apa pilihanmu? Headset Wireless VS Headset Kabel. Apa Pilihanmu? M1 04

Aspek Perkembangan Teknologi
Headset nirkabel yang berteknologi Bluetooth memiliki perkembangan teknologi yang lebih cepat. Pada tahap awal kehadiran Bluetooth, hanya ada fitur Advanced Audio Distribution Profile (A2DP) yang secara otomatis meng-compress file audio asli. Saat ini, teknologi Bluetooth sudah menggunakan teknologi baru yang dikembangkan oleh Qualcomm, yaitu aptX, teknologi penghantar sinyal audio dengan kecepatan dan kualitas semirip mungkin dengan file audio asli.

Aspek Kualitas Suara
Bagaimanapun, headset dengan kabel mempunyai daya hantar lebih bagus karena menggunakan media kabel sehingga kualitas suara yang dihasilkan oleh headset kabel lebih bagus dan stabil daripada menggunakan frekuensi radio layaknya Bluetooth.

Aspek Harga
Dari aspek harga, saat ini memang agak sulit dibandingkan keduanya, saking banyaknya jenis dan tipe headset dari berbagai tipe. Tapi, dari membandingankan sekilas, harga headset dengan Bluetooth lebih mahal dibandingkan produk lain sekelasnya. Itu disebabkan adanya penambahan komponen Bluetooth dan baterai lithium yang rechargeable.

headset wireless vs headset kabel. apa pilihanmu? Headset Wireless VS Headset Kabel. Apa Pilihanmu? Template produk 1000x1dd000

Aspek Gangguan
Nah, ini yang kerap dirasakan oleh para pengguna headset ber-Bluetooth. Dengan mengandalkan frekuensi sinya, headset nirkabel lebih berpotensi terkena gangguan seperti distorsi “kresek-kresek”, suara dengung  yang keluar meski volume nol, rasa panas di kuping akibat baterai, dan banyak lain.

Gangguan yang dihadapi headset kabel lebih berkutat masalah kabel yang tidak rapi ataupun colokan jack yang sudah agak longgar sehingga harus beberapa dibenarkan posisinya.

Solusi: Dual Mode Connectivity Headset
Dengan makin banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan produk headset yang praktis, ergonomis, mudah aplikasinya, punya suara berkualitas file audio asli, dan minim distorsi, maka produsen pun berlomba memproduksi headset dengan dual konektivitas, bisa menggunakan koneksi kabel ataupun nirkabel.

Rexus juga hadir dengan beberapa produk headset yang memiliki dual konektivitas, yaitu Rexus X1, Rexus M1, dan produk teranyar Rexus S3 Pro. Ketiga produk wireless ini memiliki port 3,5mm yang bisa dikoneksikan dengan kabel dengan jack 3,5mm sehingga pengguna dapat memilih mau menggunakan Bluetooth atau kabel.

Jadi, mana pilihanmu?

Baca juga: Review Rexus X1: Sorry, Ini Bukan Gaming Headset