esports Yahhh… Esports Belum Bisa Dipertandingkan di Olimpiade. Apa Alasannya? MG 2649 e1529912528996

Gamers, cabang olahraga elektronik atau esports dipertandingkan untuk pertama kali di Asian Games Jakarta – Palembang 2018 lalu. Meski dalam format eksibisi, hal itu adalah sebuah lompatan besar untuk cabang olahraga ini.

Setelah sukses itu, muncul harapan agar cabang olahraga ini juga dipertandingkan di level yang lebih tinggi. Karenanya, cabang olahraga elektronik ini pun diajukan untuk dipertandingkan di level olimpiade.

Apa tanggapan komite olimpiade mengenai wacana tersebut? Ternyata, International Olympic Committee (IOC) menilai bahwa e-sports tidak masuk dalam kriteria cabang olahraga yang bisa dipertandingkan di olimpiade. Debut esports di Asian Games tidak bisa jadi tolok ukur bahwa olahraga ini pantas dihelat dalam level dunia.

esports Yahhh… Esports Belum Bisa Dipertandingkan di Olimpiade. Apa Alasannya? bach ioc

Foto: Thomas Bach (AP Photo/Altaf Qadri,File)

Dilansir AP News, Thomas Bach, Presiden IOC, bahkan menilai bahwa video game mempromosikan kekerasan atau diskriminasi. Menurutnya, video game menyajikan adegan pembunuhan dan peperangan sehingga bertentangan dengan nilai utama yang selalu ditawarkan dalam setiap perhelatan olimpiade.

Itulah alasan utama mengapa dia dan komite olimpiade tidak bisa memasukkan esports sebagai salah satu cabang olahraga di olimpiade.

esports Yahhh… Esports Belum Bisa Dipertandingkan di Olimpiade. Apa Alasannya? WhatsApp Image 2018 08 27 at 14

Foto: Capital Gaming

Kita pun serta merta berkilah, “Loh, bukannya di dalam olimpiade juga dipertandingkan olahraga keras, seperti tinju, anggar, ataupun olahraga keras lainnya?” Mendengar alasan tersebut, Bach mengakui bahwa ada beberapa pertandingan keras dalam olimpiade. Tetapi, dia berdalih, olahraga kerasf tersebut dibuat lebih beradab saat dipertandingkan di olimpiade.

Dengan keputusan tersebut, para penggemar esports tampaknya harus lebih bersabar untuk menyaksikan para atlet e-sports berlaga di kompetisi olahraga berstrata tertinggi dunia. Bagaimana pendapat kalian?

Headset Bluetooth Rexus FX1 bluetooth Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Ini 15 Solusi yang Wajib Kamu Lakukan Halaman 2 FX1 website wallpaper

Headset Bluetooth Rexus FX1

Gamer, pernahkah mengalami perangkat Bluetooth tak terdeteksi? Itu hal yang wajar karena saat ini semakin banyak produk yang menggunakan koneksi nirkabel berbasis teknologi Bluetooth. Alasannya utamanya adalah faktor kepraktisan. Dengan koneksi si Gigi Biru, pengguna gawai bisa menghubungkan perangkatnya tanpa bantuan kabel sehingga lebih ringkas, praktis, dan lebih leluasa bergerak.

Rexus pun mempercayakan koneksi pada beberapa produk headset-nya pada teknologi ini, seperti headset X1, M1, FX1, S3 Pro, dan beberapa produk lainnya. Kehadiran headset dengan konektor Bluetooth tersebut mendapat sambutan hangat dari para gamer, terutama mereka yang memainkan mobile gaming.

Sayangnya, beberapa pengguna headset Bluetooth mengalami kesulitan untuk menghubungkan (pairing) antara kedua perangkat melalui media Bluetooth. Biasanya, perangkat gadget akan secara otomatis akan mencari (searching) perangkat ber-Bluetooth terdekat yang aktif dan bisa tersambung. Namun, ada beberapa kasus yang hal itu tak terjadi.

Nah, sebelum emosi dan kemudian buru-buru membuang perangkat Bluetooth yang tak bisa dikenali oleh gadget, sebaiknya simak dulu 15 solusi berikut ini.

  1. Pastikan fitur Bluetooth pada perangkat-perangkat yang ingin disambungkan menyala. Pada ponsel, akan muncul logo Bluetooth, sedangkan pada headset Rexus, misalnya, akan muncul notifikasi khusus.
  2. Ikuti proses pairing yang diminta oleh sistem komputer. Sebagai contoh, beberapa sistem meminta kode atau password agar bisa tersambung dengan gadget. Tapi, ada pula yang hanya meminta untuk meng-klik tombol dan kedua perangkat langsung tersambung
  3. Pastikan kedua perangkat dalam jarak ideal sambungan, yaitu dalam radius 10 meter per segi.Jika ponsel kamu mendapat konfirmasi adanya perangka Bluetooth tapi tetap tidak mau menerima (receiving) atau mengirim (sending) data atau lagu dari/ke perangkat tersebut, hapus nama peranngkat tersebut. Cara ini berfungsi untuk menyegarkan sistem. Dalam sistem iOS, kamu bisa melakukan cara I ini dengan meng-klik nama perangkat dan “Forget This Device”. Di pengaturan Android, klik nama perangkat dan kemudian “Unpair”.
  4. Jauhi ruter Wi-Fi. Salah satu penghalang jaringan Bluetooth adalah perangkat lain yang menggunakan spectrum radio yang sama, seperti Wi-Fi.
  5. Menurut www.techlicious.com, sebaiknya kamu menjauhi perangkat yang menggunakan port USB 3.0 saat hendak mengoneksikan perangkat berkonektivitas Bluetooth. USB 3.0 diklaim menjadi salah satu penghalang sinyal Bluetooth.
  6. Unduh driver perangkat yang ingin disambungkan dengan ponselmu.
  7. Perbarui firmware perangkat. Beberapa perangkat belum mendukung Bluetooth versi terbaru sehingga perlu diperbarui.
  8. Batasi pengiriman data antar perangkat. Untuk perangkat Android, masuk ke Settings > Bluetooth dan pilih Device. Jika ada pilihan, batas pengiriman data, maka akan muncul notifikasi. Untuk Windows, masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers dan klik kanan pada perangkat Bluetooth. Kemudian pilih tipe informasi yang ingin dikirim melalui Bluetooth.
  9. Untuk perangkat Android, bersihkan Bluetooth cache. Beberapa aplikasi akan mengganggu operasional Bluetooth. Masuk ke Settings > Backup and restart > Reset network settings.

    Speaker Bluetooth Rexus bluetooth Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Ini 15 Solusi yang Wajib Kamu Lakukan Halaman 2 Rexus C100 03 e1576742027133 600x474

    Speaker Bluetooth Rexus C100

  10. Ingat, tidak semua perangkat nirkabel menggunakan Bluetooth. Beberapa sama-sama menggunakan frekuensi radio, seperti , Wireless HD, ANT+, ZigBee, NFC, tapi membutuhkan receiver untuk saling terkoneksi. Jadi, pastikan perangkat nirkabel yang kalian punyai menggunakan Bluetooth agar bisa tersambung dengan perangkat Bluetooth lainya.

Kembali Ke Halaman Sebelumnya.

masuk pak eko Ada Game “Masuk, Pak Eko!” di Android Loh. Seperti Apa Permainannya? pak eko1

Foto: Gambir Studio

Fenomena “Masuk, Pak Eko!” yang viral ternyata dibuat game-nya di Android. Ungkapan itu berasal dari video di Youtube yang memperlihatkan AKP Eko Hari Cahyono yang jago melempar benda apapun dan menancapkannya di balok kayu. Saat berhasil menancapkan pisau, obeng, atau barang lain, anak-anak yang di sekitarnya pun berteriak, “Masuk, Pak Eko!”

masuk pak eko Ada Game “Masuk, Pak Eko!” di Android Loh. Seperti Apa Permainannya? pak eko4

Foto: Istimewa

Aksi perwira menengah Polri dari Jawa Timur itu pun akhirnya menarik Gambir Studio, sebuah pengembang game lokal, untuk membuatkan game atau gim yang dipersembahkan khusus untuk pak Eko. Gim itupun diberi judul Masuk Pak Eko.

Game Android bergenre arcade casual ini mengajak permain untuk melempar berbagai macam barang ke sebuah target seperti yang dilakukan pak Eko di dunia nyata. Pemain bisa memilih berbagai jenis benda yang akan dilempar, mulai dari pisau, obeng, sendok, pensil, hingga gunting. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan ketepatan dalam melempar ke arah objek.

masuk pak eko Ada Game “Masuk, Pak Eko!” di Android Loh. Seperti Apa Permainannya? pak eko3

Foto: Gambir Studio

Di awal permainan, pemain hanya diberi kesempatan menggunakan obeng. Namun, selanjutnya akan ada banyak pilihan objek lain yang bisa dilempar, seiring naiknya level ketrampilan pemain. Setiap level memiliki jumlah lemparan yang berbeda beda, semakin tinggi level, maka akan semakin banyak benda yang harus dilempar dengan tepat.

Sebelum memproduksi dan mendistribusikan gim Android ini, Gambir Studio meminta ijin kepada Pak Eko. Pak Eko pun sangat berkenan profil dirinya dijadikan ikon di game itu dengan syarat, aktivitas merokok seperti yang ada di adegan sesungguhnya jangan ditampilkan di gim.

masuk pak eko Ada Game “Masuk, Pak Eko!” di Android Loh. Seperti Apa Permainannya? pak eko2

Foto: Gambir Studio

Sebagai gantinya, Gambir Studio pun mengganti rokok yang biasa diisap Pak Eko dengan permen loly pop. Selain lucu, penggunaan permen loly pop itu juga dinilai memberi makna untuk menghindari rokok.

Permainan ini baru tersedia untuk platform Android dan dapat diunduh di Play Store.

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh Xierra X8 fancy

Rexus Xierra X8

Gamer, ada beberapa merek switch mouse yang digemari produsen mouse. Sebut saja salah satunya, Omron. Merek switch asal Jepang yang makin banyak diproduksi di Tiongkok ini memang merupakan salah satu tombol favorit para produsen mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer.

Selain merek itu, ada satu merek switch yang saat ini sedang naik daun dan digunakan oleh makin banyak produsen mouse. Merek itu adalah Huano. Seperti namanya, merek switch ini juga berasal dari pabrikan Tiongkok.

Kualitas Ramah, Harga Murah
Dilansir dari beberapa laman forum gawai, seperti reddit.com dan tomshardware.com, Huano memang “pemain baru” di dunia switch. Meski baru, merek switch mouse ini makin disukai produsen peralatan gaming karena murah namun kualitasnya bisa diadu dengan merek lain yang harganya lebih mahal.

Dari informasi harga  yang diperoleh di web jual-beli aliexpress.com, diketahui harga switch ini berkisar antara $0,5 – 5,5 USD per lot atau 10 biji. Variasi harga itu berdasarkan pada tipe switch Huano.

Makin hari, kualitas Huano makin dikenal publik. Bahkan, mouse Zowie dari BenQ disebutkan beralih dari yang semula menggunakan switch Omron ke Huano. Beberapa sumber menduga bahwa langkah Zowie diakibatkan beberapa kasus permasalahan pada switch sebelumnya, sehingga beralih menggunakan Huano, terutama masalah double-click.

Karakteristik dan Tipe
Masih dari laman reddit.com, menurut testimonial dari pengguna mouse dengan switch yang menggunakan switch Huano dan membandingkannya dengan Omron, switch Huano mempunyai karakteristik keras dengan sensasi “tactile” yang terasa. Dengan karakteristik tersebut, switch ini lebih cocok digunakan untuk bermain gim First Person Shooter (FPS).

Dari segi ketahanan, secara umum, Huano mempunyai daya tahan atau lifespan di bawah rata-rata switch Omron. Ketahanan switch Huano rerata berkisar antara 3 – 10 juta kllik, tergantung dari masing-masing tipe. Beberapa sumber mengklaim beberapa tipe switch Huano mempunyai daya tahan hingga 20 juta klik.

Saat ini, Huano memproduksi switch yang dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu:

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh huano white

Foto: huano white point

Huano White Point
Tipe ini merupakan tipe paling sederhana dari merek Huano. Switch ini menggunakan media logam perak pada elemen kontaknya. Switch ini diklaim mempunyai daya tahan sekitar 5 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC 70.

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh huano yellow

Huano Yellow Point
Poin kuning pada switch ini tampak pada titik berwarna kuning yang ada di bagian kotakan atau housing switch, dengan elemen kontak logam silver. Tipe switch ini mempunyai daya tahan hingga 8 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC longlife.

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh huano pink

Huano Pink Point
Switch Huano pink poin juga dilengkapi dengan elemen kontak berupa logam perak, dengan daya tahan hingga 10 juta klik. Spesifikasinya adalah  arus 0.05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC 7.

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh huano blue

Huano Blue Point
Switch Huano poin biru mempunya daya tahan hingga 10 – 20 juta klik, dengan  kontak logam perak.  Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC longlife.

Mouse Rexus Menggunakan Switch Mouse Ini
Kualitasnya yang makin diakui oleh para produsen mouse terkenal membuat Rexus juga mengadopsikan switch ini pada beberapa produk mouse baru Rexus. Tersebut gaming mouse Rexus Xierra X8, Xierra X9, Xierra X11, Titanix TX5, dan Titanix TX10 menggunakan swich Huano dalam berbagai tipe.

switch mouse Huano, Merek Switch Mouse yang Makin Digemari Produsen Mouse. Rexus Juga Pakai Loh X9 Rexus 01

Dilihat dari daya tahan klik-nya, masing-masing mouse tersebut mempunyai perbedaan. Rexus Titanix TX5 mempunyai daya tahan sekitar 10 juta klik, sedangkan Titanix TX10 mempunyai daya tahan lebih tinggi, yaitu hingga 20 juta klik. Sedangkan untuk seri Xierra, Xierra X8 punya lifespan 5juta, X9 5 juta, sedangkan X11 sudah berdaya tahan 10 juta klik.