esports Asyik, Esports Bakal Masuk Kurikulum Sekolah WhatsApp Image 2018 10 29 at 08

Kabar gembira nih, Gamers…. Ada wacana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk memasukkan mata pelajaran esports dalam kurikulum sekolah. Dilansir dari tirto.id, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menginginkan agar e-sport bisa masuk ke dalam kurikulum sekolah.

Bagaimana bisa esports jadi mata pelajaran? Jadi gini, menurut pihak kemenpora, esports masuk dalam kategori olahraga yang memerlukan kesiapan pemainnya, baik secara fisik maupun mental.

Agar dapat terealisasi, tentunya Kemenpora akan bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga negara yang terkait, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), hingga Kementerian Agama.

Semua lembaga tersebut bertujuan sebagai lembaga negara yang menjamin esport dapat dipraktikkan sebagai sebuah mata pelajaran yang membangun generasi bangsa, termasuk pendidikan moralnya.

esports Asyik, Esports Bakal Masuk Kurikulum Sekolah WhatsApp Image 2018 10 29 at 08

Menurut Pak Imam, perlu adanya pengembangan dan pembudayaan untuk mendorong para siswa di sekolah menengah sehingga bisa lebih terlatih apabila memang tertarik pada e-sport. Beliau juga menambahkan bahwa esport membutuhkan konsentrasi selama berjam-jam dan itu tidaklah mudah.

Seorang atlet esports harus berlatih secara tekun dan disiplin, layaknya para atlet olahraga lainnya. Tak hanya kesiapan atlet secara pribadi, dibutuhkan pula pelatih dan manajer yang baik untuk mendampingi para atlet.

esports Asyik, Esports Bakal Masuk Kurikulum Sekolah Wp GamerCerdas 01

Dukungan kemenpora untuk program ini tak main-main. Pak Imam menyatakan secara terbuka bahwa, Kemenpora siap mendukung pembiayaan ini dengan menggelontorkan anggaran sebesar 50 Miliar Rupiah! Anggaran sebesar itu pun bakal digunakan untuk penyelenggaraan kompetisi e-sport di level sekolah.

“Bagi pihak sekolah, kami menghimbau kepada para kepala sekolah untuk memberikan kelonggaran, kemudahan bagi para pelajar yang memang tertarik pada e-sport,” pinta Pak Imam.

Wah, menarik, bukan? Siap jadi atlet esports?

Rexus Gladius GX2 gaming Ini Dia Manfaat USB OTG Buat Mobile Gaming dan Tipe HP yang Support Gladius GX2 02

Gamers, seiring makin banyaknya  pemain mobile gaming, ponsel atau HP beralih fungsi menjadi “komputer gaming” yang harus bisa dikoneksikan dengan perangkat tambahan lain, seperti headset ataupun gamepad. Untuk mengoneksikannya, kalian membutuhkan USB On The Go atau sering disebut USB OTG.

Untuk mengenal apakah itu USB OTG, kita harus membedakannya menjadi dua, yaitu USB OTG sebagai sebuah teknologi yang ada di dalam ponsel dan converter USB OTG atau sambungan USB agar teknologi USB OTG bisa bekerja.

Jadi, jangan sampai rancu ya. Yuk, kita bahas satu per satu.

gaming Ini Dia Manfaat USB OTG Buat Mobile Gaming dan Tipe HP yang Support converter 1000x630

Teknologi USB OTG
Fitur USB On The Go adalah sebuah teknologi yang menjadikan ponsel kamu untuk bertindak sebagai host atau pengendali, yang mengendalikan perangkat yang menggunakan koneksi USB seperti headset, gamepad, mouse, atau keyboard secara penuh.

Seperti kalian ketahui, banyak perangkat gaming yang sudah menggunakan software atau perangkat lunak, seperti  gamepad GX1/GX2 dan headset HX10. Dengan menggunakan fitur USB OTG, ponsel kamu dapat mengakses dan mengenali pengaturan softaware untuk perangkat tersebut. Artinya, dengan USB OTG, pengaturan yang ada di perangkat gaming bisa optimal.

Gampangnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet kamu bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop sehingga membaca data dari flashdisk atau card-reader, serta menyambungkan HID (Human Interface Devices) seperti headset, mouse, keyboard, serta gamepad.

gaming Ini Dia Manfaat USB OTG Buat Mobile Gaming dan Tipe HP yang Support usb otg android logo

Apakah Ponsel Saya Mendukung USB On The Go?
Pertayaan selanjutnya adalah apakah ponsel kita mendukung fitur USB OTG? Saat ini, hampir semua ponsel berbasis android keluaran baru sudah mendukung fitur USB OTG. Cara yang paling mudah untuk memastikannya adalah dengan melihat logo “Certified USB OTG” yang ada di kemasan.

Cara mudah lain untuk mengetahui apakah ponsel kamu sudah didukung USB OTG adalah dengan menggunakan aplikasi pengecek USB OTG. Banyak aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Google Play Store. Salah satunya adalah Easy OTG Checker. Kamu tinggal mengunduhnya dah mengoperasikan di ponselmu.

Ponsel Samsung yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah Samsung Galaxy S9 dan S9+, Galaxy S8 dan S8+, Galaxy A8 dan A8+, Galaxy J5, J3 Pro, Galaxy J5 Prime, Galaxy J7 Prime, Galaxy A9 Pro, Galaxy A7, Galaxy S5, Galaxy J1, Galaxy E5, dan lain sebagainya.

Ponsel Asus yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah ZenFone: ZenFone 4 series, ZenFone 5 series, ZenFone 6 series, ZenFone 2 series, ZenFone 2 Laser series, ZenFone Selfie (ZD551KL), ZenFone C (ZC451CG), PadFone (A66), PadFone 2 (A68), PadFone E (A68M), PadFone Infinity (A80), PadFone Infinity Lite (A80C), PadFone mini LTE (PF451CL), PadFone mini 4.3 (A11), PadFone S (PF500KL), The new PadFone Infinity (A86). Fonepad Note 6 (ME560CG), Fonepad 7 LTE (ME372CL), Fonepad 7 (FE375CG), Fonepad 7 LTE (FE375CL), Fonepad 8 (FE380CG).

Ponsel Oppo yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah Find 5, Mirror 5s, N1,R7 Plus, R7s, Find 7, Find 7a, N1 mini, R1L, Yoyo, Neo 3, Neo 5, F1 Plus, Find X.

Ponsel Vivo yang sudah mendukung USB OTG antara lain adalah X3, Xplay, V3, V3Max, V5 Series, Vivo Y21, NEX Series

Ponsel Xiaomi yang sudah mendukung Redmi 1S,Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi 3/3S/3A, Redmi 3 Pro, Redmi 4 Series, Redmi 5 Series, Redmi Note, Redmi Note 2, Redmi Note 3 Series, Redmi Note 4 Series, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi 5A, Redmi 5A Prime, Redmi Pro, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi 4c, Mi 5, Mi 5c, Mi 5X, Mi 6, Mi 8 Series, Mi Max, Mi Max 2, Mi Note/Pro, Mi Mix Series, Mi A1 Android One, Mi A2 Series, Mi Pad, Mi Pad 2, Mi Pad 3, Mi Pad 4, Pocophone F1

gaming Ini Dia Manfaat USB OTG Buat Mobile Gaming dan Tipe HP yang Support WhatsApp Image 2019 01 28 at 09

Converter USB OTG
Selanjutnya, jika kalian sudah memastikan HP atau ponsel kalian sudah didukung fitur USB OTG, maka sekarang tinggal mengoneksikannnya dengan converter USB OTG. Coverter ini penting karena jarang ada perangkat gaming, seperti headset ataupun gamepad yang menggunakan koneksi micro USB atau Type C. Kebanyakan menggunakan colokan USB 2.0 atau 3.0 yang gede. Jadi, kamu butuh converter untuk menyambungkan USB headset dengan port USB HP kamu.

Converter OTG akan berfungsi sebagai sambungan kabel sekaligus mengakomodasi fitur USB OTG yang ada di ponsel kamu. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Nah, sekarang sudah paham apa yang dimaksud dengan USB OTG, bukan? Biar makin GG main mobile gaming, kalian harus tahu hal ini, Bro.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP gamers 02 1030x579

Gamers, kalian pasti setuju jika saat ini makin banyak gamer yang memanfaatkan ponselnya sebagai sarana bermain game alias mobile gaming. Bahkan, para gamer yang dulunya fanatik bermain game di PC pun sekarang mulai bermain mobile gaming sebagai selingan.

Selain karena lebih praktis, bermain mobile gaming memang relatif lebih murah. Kalian tidak perlu PC set berkemampuan hebat agar bisa bermain. Kalian cukup perlu ponsel pintar dan tentu saja… kuota. Jangan lupa, selalu gunakan headset acara bermain kalian makin menyenangkan.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP Rexus Vonix 05 1080x630

Foto: Rexus S3 Pro

Headset Nirkabel dan Kabel

Pada dasarnya, terdapat dua metode utama koneksi headset ke HP, yaitu tanpa kabel (wireless) dan dengan kabel (wired). Saat ini, hampir semua headset wireless menggunakan teknologi koneksi Bluetooth yang sudah ada sejak era 90an.

Masalahnya, meski praktis, transfer data yang cepat dan besar melalui Bluetooth tidak bisa serta merta lancar begitu saja. Karena memanfaatkan frekuensi radio 2,4GHz, banyak kendala yang sering muncul saat transfer. Salah satu kendala itu adalah delay atau delaying. Jadi, terjadi ketidaksinkronan antara suara dengan gambar sehingga suara terdengar telat, tidak realtime.

Kendala tersebut tentu saja mulai bisa diatasi melalui teknologi yang lebih canggih dan mutakhir, seperti penggunan Bluetooth APTX dan APTX HD. Tapi, perangkat yang menggunakan teknologi tersebut masih sangatlah jarang dan mahal.

Dalam kondisi seperti ini, kita mau tak mau kembali ke teknologi yang lebih kuno, yaitu penggunaan kabel sebagai media transfer data. Kabel yang berkomponenkan tembaga adalah konduktor terbaik untuk menjadi media sinyal elektrik. Transfer sinyal pun akan sangat cepat dan stabil, tanpa gangguan layaknya saat menggunakan media frekuensi radio.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP HX10 01 845x684

Foto: Rexus HX10

Koneksi Kabel Headset ke HP
Dengan alasan kestabilan transfer data, banyak headset gaming yang tetap setia menggunakan kabel. Semula, banyak yang beranggapan bahwa dengan headset yang menggunakan kabel itu khusus disambungkan dengan PC. Anggapan itu salah!

Headset berkabel juga bisa disambungkan dengan HP. Sistem plug and play, memungkinkan headset langsung dapat dikenali oleh operating sistem di HP dan langsung bisa digunakan. Penggunaan kabel itu disertai dengan penggunaan konektor di ujungnya. Secara umum, sebuah  gaming headset dilengkapi dengan 3 macam konektor, yaitu:

  1. Konektor USB
    Dalam gaming headset, konektor USB ini berfungsi untuk menyalurkan daya listrik yang akan menyalakan LED pada headset. Di beberapa headset, terutama keluaran baru, konektor USB digunakan sebagai satu-satunya konektor yang bisa untuk menyalurkan listrik, sinyal suara untuk speaker, dan suara dari mikrofon sekaligus.
  2. Jack 3,5mm Stereo
    Colokan ini biasanya berwarna hijau mudah. Disebut jack 3,5mm stereo karena berfungsi untuk menyalurkan suara ke speaker kanan dan kiri.
  3. Jack 3.5mm Mikrofon
    Colokan ini biasa berwarna merah muda atau pink. Colokan ini akan menyalurkan suara dari mikrofon headset ke komputer atau ponsel.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP WhatsApp Image 2019 01 16 at 15

Tiga colokan itu adalah standar konektor yang biasa terdapat pada headset gaming. Namun, ada beberapa kombinasi yang mulai banyak digunakan oleh headset gaming. Tujuannya adalah agar lebih mudah digunakan di HP. Ada dua kombinasi, yaitu:

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP F99 Rexus 08 845x684

  • Single USB

Penggunaan single USB untuk koneksi gaming headset banyak didominasi oleh headset premium. Dalam sistem ini, hanya ada satu USB sebagai konektor yang berperan untuk sebagai sumber daya LED headset, konektor suara dan mikrofon sekaligus.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP Rexus F65 09 845x684

  • Single Jack 3,5mm

Headset ini mempunyai satu jack 3,5mm dan satu USB. Satu jack 3,5mm tersebut dapat digunakan sebagai mikrofon dan stereo sekaligus.

Cara Mengoneksikan Headset Kabel ke HP
Di atas sudah disebutkan bahwa headset gaming dengan kabel dapat dikoneksikan ke HP. Sebenarnya, caranya sangat mudah. Kamu hanya butuh tambahan converter. Masalahnya, tidak semua converter dapat digunakan untuk masing-masing konektor di headset. Yuk, kita pelajari caranya.

Untuk konektor USB + Jack 3,5mm mikrofon + Jack 3,5mm stereo?
Untuk konektor headset ini, kamu butuh dua conveter saat ingin menyambungkan dengan HP.

1. Converter USB OTG
USB On The Go adalah converter dari konektor 2.0 headset ke USB Micro/Type C/Lightning di HP. Dengan mencolokkannya ke HP maka lampu headset dapat menyala.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP USB converter

Tips!
Agar lebih irit baterai HP dan ngga perlu beli USB OTG, kamu bisa mencolokkan USB punya headset ke powerbank sementara kamu bermain di HP.

headset Cara Lengkap Menyambungkan Headset Kabel ke HP audio spliter

2. Converter Suara Sekat Tiga
Karena port 3,5mm di HP hanya satu lubang, maka kamu butuh converter yang bisa sekaligus menyalurkan sinyal stereo sekaligus suara mikrofon. Converter itu colokannya punya sekat tiga.

Tips!
Jangan sampai salah yang dua sekat karena itu hanya untuk stereo, suara kanan dan kiri.

Untuk Konektor Single USB?
Kamu hanya butuh convert USB OTG Micro/Type C/Lightning.

Tips!
Pastikan HP kamu support USB OTG ya.

Untuk konektor Single Jack 3,5mm dan Single USB?
Kamu hanya butuh convert USB OTG Micro/Type C/Lightning. Ngga perlu converter 3,5mm karena single jack 3,5mm dapat langsung kamu colokkan ke port 3.5mm.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb cover

Foto: pointblank.id

Gamers, sudah sukses pindahkan akun Point Blank kamu dari Garena ke Zepetto kan? Selamat. Sekarang kamu bisa bermain PB kembali dan mengejar pangkat yang lebih tinggi. Belum bisa pindah akun? Coba cara ini.

Sebagai game FPS, senjata tentunya adalah hal yang wajib kamu punya. Punya keahlian membidik yang tepat tapi tidak mempunyai senjata dengan yang mematikan tentu juga akan menyulitkanmu saat mengalahkan musuh. Kamu bisa terus menambah koleksi senjata kamu setiap ada update.

Berikut mimin pilihkan beberapa senjata dalam Point Blank yang paling mematikan dan punya daya rusak tinggi. Urutannya didasarkan pada tingkat daya rusaknya.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb4

1. Shotgun M1887 Kemerdekaan
Dari level damage-nya, Shotgun memang paling ampuh di dalam PB. Dalam realitanya, senjata kokang ini memang punya peluru berkaliber besar yang mematikan saat kena pada target.  Sayangnya, tingkat akurasi senjata ini rendah, sehingga kamu harus benar-benar dalam jarak yang pas untuk mengenai musuh.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb6

2. Snipper Riffle Cheytac-m200 Rustron
Ini adalah salah satu senapan runduk paling sakit di PB. Damage besar dengan kemungkinan 1 hit dead yang cukup tinggi.  Bahkan, robot dan Hollow Def pun bisa ditembus menggunakan senjata ini. Keunggulan sniper ini adalah akurasinya yang sangat mendekati sempurna. Kelemahan Cheytac ada pada kecepatan. Gerakmu akan melambat karena beratnya senjata ini.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb7

3. Tactilite T2 Fire Dragon
Inilah enjata sniper favorit dari para pro player. Meski recoil lebih kasar, damage yang diakibatkan nyaris sempurna, yaitu 97. Bisa dikatakan, keserempet peluru dari senjata ini, target bakal auto dead. Sayangnya, akurasi senjata ini termasuk so-so aja. Ngga terlalu titis. Namun, kamu bisa tutupi dengan melatih kemampuan membidik kamu. Dari daya rusak dan faktor mobilitas, pro player lebih memilih menggunakan senjata ini daripada Cheytac.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb1 1

4. OA-93 Desert Hound/Rustron
Senapan serbu laras pendek ini memiliki desain yang realistis, mirip dengan senjata beneran. Kemampuan utamanya berada pada fire speed yang tinggi sehingga mampu memuntahkan peluru secara intensif. OA juga dilengkapi dual mode. Pro player juga banyak yang menggunakan senjata ini, terutama untuk pertempuran jarak pendek.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb2 1

5. Kriss S.V Obsidian
Ini adalah senjata pertama yang menggunakan dual mode. Masalah recoil fire speed-nya masih sama seperti dulu. Hampir sama dengan OA namun memiliki damage lebih kecil dan akurasi lebih besar. Masih banyak player yang menyukai senjata ini, terutama karena bentuknya yang kecil sehingga mempermudah mobilitas player.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb3 1

6. Assault Rifle Aug A3 G/ Rustron
Memiliki damage, akurasi, dan fire speed yang cukup bagus, Aug A3 punya mode laser yang sangat membantu untuk menarget lawan. Headshot pun jadi mudah karena kamu bisa menarget kepala lawan dengan bantuan laser. Fire speed dari senjata ini juga sangat mengerikan, kekurangannya adalah pada recoil.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb5

7. P90 ext. Rustron
Sub machinegun ini memiliki jumlah peluru paling banyak sehingga membantu player saat pertempuran yang panjang. Senjata yang bentuknya cukup aneh ini juga dilengkapi dengan laser.

point blank Deretan Senjata Paling Ampuh di Game Point Blank Zepetto. Mana Pilihanmu? pb8

8. P90 M.C.G
Dilengkapi peredam, senjata ini cocok untuk menyergap musuh. Kekuatan damage dan fire speed yang cukup mumpuni untuk bersaing dengan SMG lain. P90 M.C.G ini tak memiliki banyak peluru, tetapi diganti dengan jarak pinpoint yang lebih jauh.

Urutan di atas berdasarkan sudut pandang mimin Rexus. Mungkin, beberapa dari kamu punya versi sendiri yang  berbeda karena pemilihan senjata memang harus disesuaikan dengan kebiasaan dan kenyamanan kamu saat menggunakannya.

Jadi, sudah menemukan pilihanmu?

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! pewdiepie youtube

Foto: PewDiePie, variety.com

Gamersngga hanya PewDiePie atau T Series, banyak artis Youtube dan gamer yang jadi kaya berkat kemampuan jadi vlogger. Kamu pun juga bisa!

Mulailah dengan menjadi content creator yang kreatif. Setelah itu, beli perlengkapan nge-vlog yang mumpuni. Tanpa perlatan yang keren, hasil vlog kamu ngga akan maksimal. Bagaimana kamu bisa dapet banyak subscriber jika suara kamu terdengar ngga jelas. So, perlengkapan itu penting.

Pentingnya Mikrofon

Salah satu perlengkapan vlog yang penting adalah mikrofon. Buat nge-vlog ngga bisa loh, pakai mikrofon sembarangan. Kami menganjurkan untuk menggunakan mikrofon condenser. Mikrofon ini mempunyai kelebihan dibanding mikrofon biasa yang sering buat karaoke atau organ tunggal. Dengan mikrofon condenser, suara yang dihasilkan akan lebih jernih, detil, dan bulat.

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! WhatsApp Image 2018 12 04 at 17

Agar makin mantap dalam memilih mikrofon, sebaiknya agan sekalian mengenal karakteristik mikrofon dalam menangkap suara. Ada mikrofon yang mampu menangkap suara dari semua arah dengan kualitas yang sama, ada yang hanya mampu menangkap suara dari satu arah atau kombinasi arah tertentu.

Hal ini penting loh. Jika kalian salah memilih, maka suara yang ditangkap oleh mikrofon takkan optimal sehingga suara jadi tidak jelas atau justru suara lain yang tertangkap sehingga terjadi distorsi atau gangguan.

Secara gampang, kita jelaskan dalam beberapa istilah yang sering digunakan, yaitu:

1. Mikrofon Omnidirectional
Mikrofon dengan kemampuan menangkap suara dengan kualitas yang sama dari semua arah.Meskipun dapat menangkap suara dari berbagai arah, tapi suara yang terdekat dan terkuatlah yang akan dominan untuk ditangkap.

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! Omnidirect

2. Unidirectional
Mikrofon dengan kemampuan menangkap suara yang lebih dominan dari salah satu arah. Pada kategori ini, termasuk juga mikrofon cardioid dan hypercardioid.

  • Mikrofon Cardioid
    Cardioid yang biasanya disimbolkan “bentuk hati” merupakan salah satu pola menangkap suara pada mikrofon.  Suara yang ditangkap kebanyakan dari arah depan dan sedikit area di bagian samping. Mikrofon ini mengutamakan suara dari arah kemana mikrofon diarahkan, namun masih tersedia area untuk pergerakan mikrofon dan kebisingan ambien. Mikrofon tipe cardioid sangat fleksibel dan ideal untuk pemakaian umum. Kebanyakan mic genggam bersifat cardioid.
    mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! cardioid
  • Mikrofon Hypercardioid
    Merupakan pengembangan dari versi cardioid. Mikrofon ini sangat terarah dan menghilangkan sebagian besar suara dari samping dan belakang.  Karena desain hypercardioid yang tipis dan panjang, mikrofon tipe ini sering disebut mikrofon “shotgun” atau “boom”. Mikrofon ini sering digunakan dalam syuting film profesional.3. BidirectionalJenis yang mampu menangkap suara dari dua arah yang berlawanan. Mikrofon ini biasa digunakan untuk mewawancarai dua orang yang saling berhadapan dimana mikrofon berada di antara keduanya.


Thronmax Bisa Dua Karakter Sekaligus

Wah, kalau begitu harus beli beberapa mikrofon donk kalau ingin melakukan rekaman yang berbeda karakternya? Ngga perlu, Kaka… Thronmax by Rexus MDZero mempunyai dua karakter mikrofon sekaligus dalam satu mikrofon, yaitu karakter Omni-directional dan Unidirectional Cardioid.

Pengguna tinggal memutar switch pada mikrofon dan mikrofon pun akan dengan sendirinya menangkap suara sesuai yang dikehendaki. Jadi, kamu ngga perlu lagi punya dua mikrofon.

Thronmax by Rexus MDZero menggunakan teknologi membran atau diafragma untuk menangkap suara. Dengan teknologi membran, mikrofon jadi sangat sensitif. Suara yang dihasilkan pun lebih bulat dan detil. Thronmax by Rexus pun sudah dilengkapi dengan internal pre-amp sehingga tidak perlu lagi menggunakan phantom power. Kalian tinggal colokkan kabel ke komputer atau laptop, langsung rekam deh

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! WhatsApp Image 2018 12 04 at 17

Mikrofon ini mempunyai dua macam port koneksi, yaitu USB Type C dan jack 3,5mm. Port USB-nya dapat dikoneksikan ke komputer ataupun laptop, sedangkan jack 3,5 dicolokkan dengan headset. Jadi, sambil rekaman, kamu tetap bisa mendengarkan suara game atau suara lain melalui headset. Praktis dan hemat.

Dengan Thronmax by Rexus, kamu juga bisa jadi vlogger terkenal dengan banyak penggemar dan pendapatan yang luar biasa.

headset Fitur Unik di Headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1 yang Harus Kamu Ketahui FX1 website wallpaper 02 1030x579
Rexus Thundervox FX1

Gamers, beberapa dari kalian tentu sudah tahu produk headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1. Produk ini memang punya desain yang khas, berbeda dengan produk headset lainnya. Desainnya yang modern disesuaikan dengan bentuk earcup oval bertipe over-ear yang melingkupi telinga secara sempurna.

Rexus FX1 dilengkapi dengan dual konektivitas, yaitu dengan menggunakan kabel AUX 3,5mm dan koneksi nirkabel berteknologikan Bluetooth. Dengan dua mode konektivitas tersebut, headset ini sangat pas digunakan untuk bermain mobile gaming dan mengakses multimedia di manapun dan kapanpun. Sangat praktis.

headset Fitur Unik di Headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1 yang Harus Kamu Ketahui FX1 Rexus 08 1030x1030

Keunikan #1 : Koneksi Bluetooth

Bluetooth headset ini berteknologi Bluetooth versi 4.2 yang lebih irit energi dibanding versi sebelumnya. Untuk mengoneksikannya, ada cara khusus loh. Caranya adalah dengan menekan tombol >II selama 10 detik sampai lampu indikator berwarna biru dan merah berkedip secara bergantian. Pokoknya lampu merah dan biru harus sampai berkedip-kedip agar bisa pairing ke gadget kamu. Catat ya, Guys!

headset Fitur Unik di Headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1 yang Harus Kamu Ketahui FX1 Rexus 03

Keunikan #2 : Lampu LED

Headset ini menarik karena mempunyai lampu LED berwarna biru yang akan menyala saat disambungkan ke komputer. Tapi, buat kalian yang justru tidak suka dengan kehadiran lampu tersebut, atau kalian yang ingin mematikan lampu itu agar lebih irit baterai, maka kalian tinggal menekan tombol berlogo lampu yang disilang di deretan panel kontrol yang ada di speaker headset sebelah kiri.

headset Fitur Unik di Headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1 yang Harus Kamu Ketahui FX1 Rexus 07

Keunikan #3 : Switch I – N

Selain itu ada fitur unik lain yang jarang dimiliki oleh headset lain. Fitur itu adalah switch I – N yang terdapat pada panel kontrol kabel AUX. Yuk, kita jelasin fungsinya.

I dan N itu sebenarnya merupakan singkatan dari “I” untuk Iphone dan “N” untuk Nokia. Jadi, ada dua standar internasional yang membedakan titik konduktor jack 3,5mm. Standar itu adalah standar Amerika atau American Headset Jack (AHJ) dan standar non Amerika atau Open Mobile Terminal Platform (OMTP). I atau Iphone menggunakan standar Amerika, tentunya. Sedangkan, N atau Nokia menggunakan standar OMTP atau sering disebut platform terbuka.

Dijelaskan secara mudah, perbedaan keduanya terdapat pada titik konduktor ground atau (-) dan mikrofon pada jack. Jika pada standar OMTP, letak ground (-) berada di pangkal colokan dan titik mikrofon berada di titik di atasnya, maka pada standar Amerika, justru titik mikrofon yang berada di pangkal colokan.

headset Fitur Unik di Headset Bluetooth Rexus Thundervox FX1 yang Harus Kamu Ketahui colokan

Apa risikonya jika menggunakan kabel AUX tanpa dipindah sesuai standarnya? Ada beberapa headset hanya bunyi sebelah, suara tidak jelas, atau mikrofon tidak berfungsi. Itu semua menandakan bahwa status koneksi tidak mendukung peralatan yang digunakan.

Jadi, buat kalian yang menggunakan FX1 dengan dikoneksikan ke Iphone – termasuk Ipod – menggunakan kabel AUX bawaannya, ubah switch-nya ke posisi “I”. Namun jika dikoneksikan dengan ponsel Android atau pemutar MP3 lainnya, pastikan posisi switch di huruf “N”

Cara ini tidak berlaku jika kalian mengkoneksikannya dengan Bluetooth ya, Guys. Selamat mencoba dan selamat menggunakan headset Rexus FX1.

garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb

Per 1 Januari 2019, PB telah berganti distributor dari Garena ke Zepetto. Ini merupakan perpindahan ketiga, setelah sebelum ke Garena, game ini dibidani oleh Gemscool. Perpindahan ini tentu agak menimbulkan masalah. Apa masalahnya?

Banyak para Troopers yang pangkatnya kembali ke tengkorak. Tak hanya itu, tak sedikit pula gamer yang tidak bisa login ke game, meski sudah pindah akun ke Zeppeto. Menurut sumber dari Pointblank, hal ini bukan karena terjadi error pada PB Zepetto, tetapi karena proses transfer akun belum selesai secara sempurna.

Agar tidak terjadi lagi kasus seperti di atas berikut cara-cara yang tepat dan detil. Ikuti langkahnya satu per satu.

1. Lakukan Login pada akun di Zepetto. 
Ini adalah langkah awal yang wajib dilakukan. Kamu harus punya akun di Zepetto. Jika belum punya, kalian harus registrasi dulu.

garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb1
Foto: pointblank.id
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb1b

Foto: pointblank.id
2. Klik Info
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb2

Foto: pointblank.id
3. Kemudian Cek jika kamu mendapatkan Notif seperti di bawah:
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb3

Foto: pointblank.id

Notif 1: Akun Garena  kalian sudah ter-transfer ke akun Zepetto kalian sehingga kalian tinggal main.

garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb3b 1

Notif 2: Jika masih mendapatkan notif seperti ini, maka ada masalah dengan akun kalian. Itu berarti akun Zepetto kalian belum ter-transfer akun garena kamu. Bagaima solusinya? Klik “Transfer Akun” dan ikutilah langkah berikutnya.

4. Setelah klik “Transfer Akun” kalian akan di arahkan ke halaman login Garena. Kemudian Masukan ID dan Password Garena kalian.
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb4

Foto: pointblank.id
5. Setelah Login berhasil, pastikan klik,  “Hubungkan dengan akun Garena.”
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb5

Foto: pointblank.id
6. Jika berhasil maka ada notifikasi seperti ini.
garena point blank game game online Wadaw, Pangkat Point Blank Balik Ke Tengkorak dan Tidak Bisa Login… Ini Solusinya! pb6

Foto: pointblank.id
7. Tunggu sekitar 7-10 menit sebelum login ke dalam game untuk proses transfer data.

Jika  masih memiliki masalah, kalian bisa langsung mengunjungi Fanpage, Discord, Website atau Email ke Customer Service Zepetto.

Official Fanpage: www.facebook.com/zepetto.game

Official Discord: discord.gg/qkbjR3V

Official Website: www.pointblank.id

Email Customer Service: cs@zepetto.id

Telepon (hunting): (021) 515 7729

Ok, Gamers. Demikian informasi dari admin Rexus. Selamat mencoba dan semoga berhasil migrasi akun.