pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! Rexus GX1 Gamepadholder 04 1080x630

Gamer, beberapa waktu lalu, Tencent membuat keputusan melarang pemain PUBG Mobile menggunakan emulator pihak ketiga sehingga game mobile ini tidak bisa dimainkan dengan menggunakan gamepad, keyboard, atau alat bantu lainnya. Tencent pun melarang penggunaan software emulator yang mendukung peralatan tersebut, seperti Octopus dan lain sebagainya.

Jika tetap ada yang nekad menggunakannya, maka pengguna tersebut akan terkena banned ID-nya. Tak tanggung-tanggung, ID yang di-banned tersebut tidak akan bisa kembali diakses selama 10 tahun! Seram kan?

Mengantipasi Cheating
Dari Twitter resmi PUBG Mobile @pubgmobile, diinformasikan bahwa tujuan Tencent melakukan ban untuk software emulator pihak ketiga adalah untuk memerangi cheating atau kecurangan. Pihak PUBG Mobile pun berdalih bahwa larangan itu juga bertujuan untuk mengurangi hacking.

Memang, adalah hak Tencent sebagai pemilik PUBG Mobile untuk menerapkan berbagai kebijakan yang terkait dengan produknya. Tetapi, perlu diketahui, bahwa meski di satu sisi Tencent blokir Octopus, tapi di sisi lain, perusahaan asal China tetap menyediakan aplikasi resmi yang memungkinkan PUBG Mobile dimainkan di PC, yaitu dengan Tencent Gaming Buddy.

Key Mapper, Solusi Main PUBGM Pakai Gamepad
Buat kalian yang tetap masih ngotot ingin memainkan PUBG Mobile dengan kontroler seperti gamepad Rexus GX1 ataupun Rexus GX2, tetap ada jalan keluar yang bisa dicoba. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Key Mapper yang ada di Tencent Gamming Buddy.

Bagaimana caranya? Yuk, kita pelajari.

1. Buka Menu Key Mapping
pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg1

Pertama – tama, kamu harus tahu di mana sih tempat untuk mengatur key mapping ini. Kamu bisa membuka menu key mapping dengan mengklik ikon keyboard yang ada pada bagian kanan emulator Tencent Gaming Buddy.

2. Pilihan Controller (Gamepad)
pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg2

Muncul dua tab: Tab Keyboard dan Mouse & Tab Gamepad. Pilih Tab Gamepad untuk mengatur settingan key mapping controller (gamepad).

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg3

Pada Tab Gamepad pastikan kalau controller (gamepad) sudah terkoneksi (connected).

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg4

Jika kamu sudah memasang controller (gamepad) dan masih tidak terkoneksi (not connected), mungkin kamu perlu menginstall driver untuk controller-mu itu. Klik (guide) di samping tulisan tidak terkoneksi (not connected), untuk menginstall sebuah aplikasi penemu driver untuk gamepad-mu. Tekan Install pada jendela yang baru muncul.

Catatan: Ketika kamu menggunakan controller yang tidak memiliki instalan driver atau controller lainnya yang tidak terdeteksi, kamu mungkin harus mengikuti langkah tambahan untuk mengaturnya sehingga dapat digunakan.

3. Membuat Key Mapping
pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg5

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengaktifkan “Secondary Keys” yaitu Direction dan Camera. Kedua Secondary Keys tersebut sangat penting untuk mengaktifkan pergerakan dan kamera dari karaktermu.

2 Key Mapping Besar akan muncul setelah kamu mengaktifkan keys tersebut, setiap key mapping melambangkan Direction (Joystick Kiri) dan Camera (Joystick Kanan) yang dapat kamu bedakan key mapping-nya dengan mudah.

4. Mengubah Key Mapping

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg6

Untuk mengganti key mapping setelah kamu salah memberikannya, double klik (klik dua kali) key mapping sampai tombol yang lama hilang dan key mapping berkedip lalu tekan tombol lainnya yang kamu suka pada controller-mu.

5. Memposisikan Key Mapping
pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg7

Untuk mengatur posisinya kamu harus masuk ke dalam permainan terlebih dahulu agar lebih mudah ketika ingin mencoba key mapping maupun memposisikan key mapping tersebut.

Agar lebih mudah kami rekomendasikan untuk masuk ke “Training Mode”, karena di training mode kamu dapat keluar dengan mudah dan mengaturnya sepuas yang kamu mau.

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg8

Geser key mapping tersebut ke bagian – bagian di layarmu untuk memposisikannya, kamu juga dapat melihat referensi posisi dari bagian key mapping keyboard dan mouse. Kamu juga dapat melihat rekomendasi key mapping dari kami pada bagian selanjutnya di bawah ini dan ikuti posisinya.

Rekomendasi Key Mapping

Key mapping tersebut harus berada di tempat di mana UI atau tombol – tombol penting berada di layar. Sebagai contoh, ada “Tombol Menembak” sehingga tombol controller tersebut dapat digunakan untuk menembakkan senjata, prinsip yang sama digunakan juga untuk setiap tombol lainnya.

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg9

Menggunakan  gamepad saat ini tidak dapat digunakan sepenuhnya karena beberapa key mapping spesial tidak ada di key mapping gamepad saat ini.

Contohnya seperti key mapping hijau yang ada pada key mapping keyboard dan mouse (yang dapat digunakan untuk membuka pintu, masuk ke mobil, mengambil barang, dll dalam 1 key mapping).

Oleh karena itu kami hanya dapat mengatur key mapping pada semua fungsi penting untuk controller (menembak, reload, ganti senjata, dll) sehingga kamu harus mengkombinasikan  gamepad dengan keyboard dan mouse untuk bermain dengan lancar.

Di bawah ini adalah  daftar fungsi penting  yang dapat dibuatkan key mapping-nya ke dalam tombol gamepad. Kamu dapat mengganti tombol sesuai dengan kebiasaan bermain dengan mengubah key mapping .

pubg Mau Pakai Gamepad Buat Main PUBG Mobile? Coba Cara Ini! pubg12

Nah, sudah jelas, kan? Prinsipnya, semua ponsel membutuhkan emulator atau semacam driver agar mengijinkan kontrol diambil alih oleh perangkat lain yang dikoneksikan dengannya. Dengan emulator tersebut, kalian bisa menggerakkan kursi dengan gamepad atau controller. Buat kalian yang ingin lebih tahu soal emulator, kamu bisa menyimak video tutorialnya dari kanal Youtube: Groundseek ini.

Sumber: pubgmobile.gcube.id

kursi gaming Teknologi Baru Kursi Gaming Rexus RGC 103 MG 2147

Gamer, Rexus mengembangkan teknologi baru pada kursi gaming Rexus RGC 103. Gaming chair tipe ini memang banyak disuka oleh banyak kalangan, baik dari lingkungan gamer maupun professional. Tak hanya untuk bermain game, kursi ini juga banyak digunakan untuk bermacam profesi, seperti desainer grafis, drawer, teknisi, dan bahkan digunakan sebagai kursi bos loh.

Dipercaya oleh banyak orang untuk mendukung aktivitas mereka tentu membuat Rexus terus meningkatkan fitur dan teknologi di dalam kursi gaming RGC103 biar pengguna makin nyaman duduk di atasnya. Peningkatan fitur tersebut juga mengikuti perkembangan teknologi mekanisme kursi yang sedang “ngetrend”.

kursi gaming Teknologi Baru Kursi Gaming Rexus RGC 103 MG 2121

Multi-function “Frog” Tilt Mechanical
Teknologi ini menjadi teknologi yang paling berubah secara signifikan. Sebelumnya, tipe kursi ini menggunakan butterfly tilt mechanical. Di versi baru ini, RGC103 mengadopsi teknologi terbaru “frog” tilt mechanism. Dengan teknologi ini, dudukan kursi dapat mengayun di sudut ayunan sekitar 13 derajat sehingga paha bisa sedikit naik ke atas atau turun ke posisi normal, dengan diatur menggunakan pengunci.

Teknologi mekanikal multi-fungsi ini dilengkapi dengan dua tuas yang berfungsi untuk mengatur ketinggian kursi (tuas kanan) dan sudut kemiringan duduk (tuas kiri). Pengaturan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Apa fungsinya?
Sistem ini akan memberi kenyamanan maksimal bagi pengguna, terutama pada bagian kaki dan paha agar tidak mudah pegal saat duduk dalam waktu lama.

kursi gaming Teknologi Baru Kursi Gaming Rexus RGC 103 MG 2147

4D Handle
Pegangan tangan RGC 103 versi terbaru dikembangkan dari versi 3D ke 4D. Itu merujuk pada pegerakan atau pergeserangan pegangan tangan dari yang semula naik-turun, serong kanan-kiri, dan maju mundur  menjadi:

– Naik turun
Handel dapat dapat dinaik-turunkan dengan menekan tombol pengunci di bagian samping luar sambil menarik gagang ke atas atau menurunkannya.

– Serong kanan – kiri
Handel dapat dibelokkan serong ke kanan atau ke kiri dengan menekan tombol pengunci di ujung pegangan sambil membelokkan pegangan.

– Maju – mudur
Handel dapat diatur maju mundur dengan menekan tombol pengunci di ujung pegangan sambil memajukan atau memundurkannya.

– Geser
Dudukan handel dapat digeser ke dalam (merapat ke tubuh) ataupun keluar (menjauhi tubuh) dengan menekan tombol di bagian dalam handel sembari menggesernya.

Apa fungsinya?
Pengaturan pilihan posisi penyangga tangan yang makin beragam akan membuat pegangan tangan bisa disesuaikan dengan sebanyak mungkin posisi tangan sehingga memaksimalkan kenyamanan. Pengaturan posisi tangan yang benar akan meminimalisir gangguan kesehatan yang menyerang bagian persendian tangan.

kursi gaming Teknologi Baru Kursi Gaming Rexus RGC 103 MG 2098 495x337

Diameter Roda Lebih Besar
Keunggulan lain RGC103 adalah penggunaan roda dengan diameter yang lebih besar. Kebanyakan kursi gaming menggunakan roda berdiameter 6cm, sedangkan RGC103 menggunakan roda dengan diameter 7,5cm bermaterial plastik yang kuat.

Apa fungsinya?
Dengan roda yang lebih besar, tampilan RGC103 akan lebih gagah. Pengguna yang berukuran tubuh besar tentu akan makin terbantu karena ketinggian kursi sedikit lebih naik. Selain itu, roda yang besar juga akan membuat pergerseran kursi makin smooth.