Headset Bluetooth Rexus S7 Pro headset bluetooth Berapa Lama Headset Bluetooth Harus Di-charge Pertama Kali? S7Pro 01

Headset Bluetooth Terbaik Rexus S7 Pro

Gamer, penasarankah berapa lama headset Bluetooth atau produk yang menggunakan baterai tanam lainnya harus di-charge untuk pertama kali? Pertanyaan tersebut tentu berlaku ngga hanya buat headset Bluetooth, mouse nirkabel, speaker Bluetooth, ataupun peralatan lain yang menggunakan baterai tanam.

Banyak yang menganjurkan sebelum digunakan pertama kali, peralatan elektronik yang menggunakan baterai tanam atau built in battery diharuskan untuk diisi ulang dulu dayanya. Tujuannya agar baterai dapat awet dan bekerja menyimpan daya secara optimal.

Memang, saat pertama kali dibuka dari kemasannya, produk elektronik tersebut sudah diisi baterainya, tapi belum dalam kondisi penuh. Pengisian sebagian itu bertujuan agar produk dapat dicoba dan tentu saja, karena faktor keamanan, yaitu untuk menghindari baterai meledak kelebihan daya saat pengiriman.

Nah, untuk itu produk yang habis di-unboxing harus diisi lagi daya baterainya ya, Gaess. Berapa lama? Yuk, kita pelajari untuk tahu jawabannya.

Baterai Lithium VS NimH

baterai lithium headset bluetooth Berapa Lama Headset Bluetooth Harus Di-charge Pertama Kali? lithium

Baterai Lithium

Hingga saat ini, ada dua macam jenis baterai tanam yang kerap digunakan di produk elektronik kecil, seperti headset nirkabel, mouse nirkabel, ponsel, laptop, atau produk lainnya. Dua jenis baterai tersebut adalah jenis Lithium ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-poly) dan jenis NiMH (Nikel-Metal Hydride). Dua-duanya dinamai berdasar bahan pembuatnya. Jenis baterai Li-ion atau Li-poly banyak kita temukan sekarang karena merupakan penerus dari baterai NiMH yang sudah jadul.

Baterai jenis NiMH mempunyai perawatan khusus. Dulu, pengguna baterai jenis ini wajib mengosongkan dulu sisa daya yang ada di dalam baterai sebelum diisi untuk pertama kali. Pengisiannya pun harus selama sekitar 8 jam. Itu karena baterai jenis NiMH mempunyai memory effect yang akan menyimpan kapasitas pertama yang masuk ke dalam baterai tersebut.

Saat ini, baterai jenis NiMH sudah mulai tergusur oleh penerusnya, baterai Li-ion yang menggunakan bahan sejenis lithium yang dibungkus dalam polymer. Baterai ini diklaim lebih moderen teknologinya. Salah satu keunggulannya, Li-ion tidak lagi ada memory effect seperti yang biasa terjadi di baterai type Ni-MH. Hampir semua produk elektronik saat ini menggunakan baterai kering jenis Li-ion.

Perlu Tidak Perlu

Dengan perkembangan teknologi baterai tersebut, maka sebenarnya baterai saat ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya untuk pertama kalinya. Biasanya, beberapa buku petunjuk  produk menganjurkan untuk mengisi daya sampai penuh saja.

Pengisian pertama kali untuk baterai Li-ion atau Li-poly tidak harus sampai 8 jam. Tapi, tipe baterai ini justru tidak dianjurkan dalam keadaan kosong sama sekali karena bisa mempengaruhi umur cycling baterai yang akan menjadi lebih pendek.

Meski tidak perlu di-charge hingga berjam-jam, tapi kalian perlu ingat bahwa tiap produk mempunyai karakteristik masing-masing. Karenanya, biasakan untuk selalu membaca buku panduannya untuk mengetahui kapasitas baterai dan berapa lama pengisian daya untuk pertama kali.

Ada beberapa produk yang walaupun menggunakan baterai jenis Li-Ion tetap dianjurkan untuk diisi dayanya selama 4 jam untuk pertama kali. Bahkan, untuk produk dengan baterai tanam dengan kapasitas besar, seperti laptop, produsen menganjurkan untuk tetap mengisi daya pertama kali sekitar 8 jam.

Kalau kamu tertarik dengan headset Bluetooth, Rexus juga menyediakan produk-produk yang berkualitas untuk kamu loh.

 

bluetooth Headset Bluetooth Tidak Terkoneksi ke HP? Coba 11 Solusi Ini! S7Pro 01

Kendala yang kerap dialami oleh pengguna headset dengan konektor Bluetooth  adalah headset tidak terkoneksi ke HP atau ponsel. Jika sudah tersambung, Bluetooth tiba-tiba putus. Biar ngga bingung, coba 11 cara mengoneksikan headset dengan ponsel.

1. Pastikan fitur Bluetooth pada perangkat-perangkat yang ingin disambungkan menyala. Pada ponsel, akan muncul logo Bluetooth, sedangkan pada headset Rexus, misalnya, akan muncul notifikasi khusus.

2. Ikuti proses pairing yang diminta oleh sistem komputer. Sebagai contoh, beberapa sistem meminta kode atau password agar bisa tersambung dengan gadget. Tapi, ada pula yang hanya meminta untuk meng-klik tombol dan kedua perangkat langsung tersambung.

3. Nyalakan “discoverable mode” pada perangkat sehingga secara otomatis perangkat tersebut akan mencari perangkat berkoneksi Bluetooth yang ada di sekitarnya.

4. Jika Bluetooth belum juga aktif, reset perangkat. Cara termudah adalah dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali perangkat tersebut. Buat ponsel, untuk mereset-nya, kalian bisa mengaktifkan mode pesawat kemudian mematikannya kembali.

 

bluetooth Headset Bluetooth Tidak Terkoneksi ke HP? Coba 11 Solusi Ini! BT5 01a

5. Matikan perangkat Bluetooth lain yang ada di sekitar untuk mempermudah pencarian dan penyambungan perangkat Bluetooth yang ingin disambung dengan sebuah perangkat.

6. Pastikan kedua perangkat yang ingin disambungkan dengan Bluetooth berada dalam kondisi daya baterai yang cukup. Bluetooth takkan tersambung jika salah satu perangkat yang ingin disambungkan lemah daya baterainya.

7. Jika ponsel kamu mendapat konfirmasi adanya perangkaT Bluetooth tapi tetap tidak mau menerima (receiving) atau mengirim (sending) data atau lagu dari/ke perangkat tersebut, hapus nama perangkat tersebut. Cara ini berfungsi untuk menyegarkan sistem. Dalam sistem iOS, kamu bisa meng-klik nama perangkat dan “Forget This Device”. Di pengaturan Android, klik nama perangkat dan kemudian “Unpair”.

8. Unduh driver perangkat yang ingin disambungkan dengan ponselmu. Perbarui firmware perangkat. Beberapa perangkat belum mendukung Bluetooth versi terbaru sehingga perlu diperbarui.

bluetooth Headset Bluetooth Tidak Terkoneksi ke HP? Coba 11 Solusi Ini! M1 04

9. Batasi pengiriman data antar perangkat. Untuk perangkat Android, masuk ke Settings > Bluetooth dan pilih Device. Jika ada pilihan, batas pengiriman data, maka akan muncul notifikasi. Untuk Windows, masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers dan klik kanan pada perangkat Bluetooth.

10. Untuk perangkat Android, bersihkan Bluetooth cache secara teratur karena beberapa aplikasi akan mengganggu operasional Bluetooth. Caranya, masuk ke Settings > Backup and restart > Reset network settings.

11. Khusus untuk produk Rexus Bluetooth Headset Thundervox FX1, kalian memang harus menekan tombol >II selama 10 detik hingga muncul warna kelap kelip lampu biru dan merah sebagai tanda headset siap dikoneksikan dengan perangkat.