rexus call of duty game call of duty Call of Duty Modern Warfare, Bentuk Propaganda Anti-Rusia? 3581138 3566212 modern warfare slower movement

Foto: gamespot.com

25 Oktober 2019 yang lalu, Call of Duty Modern Warfare resmi hadir dalam platform PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Diklaim sebagai game paling hits 2019, Call of Duty Modern Warfare menyuguhkan nuansa perang yang langsung menyedot perhatian para gamer. Meski demikian, dilansir dari portal berita BBC, banyak kritikus game dan gamer, terutama gamer dari Rusia, menilai game ini sebagai bentuk propaganda anti-Rusia. Bahkan, menurut media dan gamer Rusia, seri terbaru Call of Duty ini telah memutar balikan sejarah.

Salah satu bagian dalam game tersebut yang menuai kontroversi adalah misi Highway of Death. Pada misi ini, gamer berperan sebagai agen CIA yang diperintahkan untuk melakukan operasi pengintaian di jalan antara Kuwait dan Irak yang bernama Highway 80. Game menjelaskan bahwa sejarah di balik nama jalan tersebut datang dari aksi bombardir tentara Rusia yang terhadap ratusan orang yang melarikan diri. Meski mengklaim bahwa hal itu adalah fiksi belaka, kritikus dan gamer Rusia menilai bahwa hal ini merupakan pemutarbalikan fakta.

rexus call of duty cutscene call of duty Call of Duty Modern Warfare, Bentuk Propaganda Anti-Rusia? Call Of Duty Modern warfare 770x433

Faktanya, di jalan ini, terjadi penyerangan pasukan Amerika Serikat Perang Teluk pada tahun 1990an lalu. Koalisi Amerika Serikat, Kanada, Prancis dan Inggris menyerang pasukan Irak yang mencoba mundur dari Kuwait meski saat itu sedang berlangsung gencatan senjata. Peristiwa ini kemudian dilaporkan sebagai aksi kejahatan perang.

Kritikus dan Gamer Rusia beranggapan pemutarbalikan sejarah tersebut bertujuan untuk memberi kesan jelek pada Rusia. Padahal, pada aksi yang sebenarnya, Rusia sama sekali tidak terkait dengan aksi kejahatan manusia itu.

Karena hal tersebut, Call of Duty Modern Warfare dipandang sebagai propoganda Amerika. Alhasil, skor user game di Metacritic seketika jatuh menjadi 3.4 dari awal rilis. Banyak review negatif bermunculan akibat pemutarbalikan fakta tersebut. Masih menurut BBC, game ini telah ditarik peredarannya secara digital di wilayah Rusia.

mata Mata Perih Saat Bermain Game Seperti Kena Gas Air Mata? Ini Solusinya gamers 02

Gamer, mata perih saat bermain game seperti ketika kena gas air mata? Jangan sepelekan hal tersebut. Kejadian yang sempat viral adalah seorang gamer yang mengalami glukoma setelah terlalu lama bermain game. Hal itu menjadi pelajaran buat para gamer tentang pentingnya menjaga kesehatan mata, terutama bagi kita yang banyak melakukan aktivitas dengan menggunakan indera ini.

Menurut sebuah data yang dikeluarkan oleh Philips Lighting, saat ini secara global orang menghabiskan 6,24 jam setiap harinya di depan layar. Buat gamer, rata-rata waktu yang dihabiskan di depan layar tentu lebih lama, bisa mencapai lebih dari 9 jam. Itulah kenapa, organisasi kesehatan dunia (WHO) memprediksi pada 2050, setengah populasi dunia berpotensi mengalami rabun jauh.

 

mata Mata Perih Saat Bermain Game Seperti Kena Gas Air Mata? Ini Solusinya gamers 01
Organ Vital yang Kurang Dijaga

Menurut dr. Gitalisa Andayani, Sp.M (K), spesialis mata dari Jakarta Eye Center, masyarakat masih kurang menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu indera yang digunakan setiap hari, namun karena mata jarang mengalami sakit, maka orang kurang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata.

Selain itu, banyak orang yang tidak menyadari gejala gangguan mata. Padahal, gejala yang muncul tersebut menjadi indikator bahwa mata kita sedang bermasalah dan membutuhkan istirahat atau bahkan perawatan.

Berikut gejala gangguan mata:

  • Mata terasa kering.
  • Iritasi, yang ditandai dengan rasa gatal hingga perih.
  • Mata lelah.
  • Terlalu peka terhadap cahaya.
  • Sakit kepala, terutama di bagian belakang mata.
  • Kesulitan memetakan bentuk sebuah obyek.
  • Pandangan kabur.
  • Pandangan ganda.

Gejala tersebut biasa bersifat temporal, alias cepat hilang saat mata diistirahatkan. Tapi, jika gejala tersebut berlangsung berhari-hari atau dalam waktu yang lama, maka segera periksakan mata kamu ke dokter mata.

mata Mata Perih Saat Bermain Game Seperti Kena Gas Air Mata? Ini Solusinya gamers 04

Solusi Jaga Mata A la Gamer

Agar tetap sehat, gamer harus menjaga matanya lebih rutin dan teliti dibanding orang lain yang jarang menatap layar komputer. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tip buat para gamer yang sering bermain game di depan komputer.

  1. Atur posisi monitor.

Tempatkan posisi monitor lurus dengan pandanganmu saat duduk. Sesuaikan jarak pandangan antara mata dengan layar komputer.

  1. Atur cahaya monitor

Sesuaikan intensitas cahaya di layar monitormu agar nyaman dipandang. Kemampuan mata orang berbeda-beda sehingga masing-masing gamer harus memperhatikan pengaturan monitor yang sesuai dengan dirinya.

  1. 20 – 20 – 20

Setiap 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang obyek berjarak sekitar 20 meter.

  1. Atur pencahayaan di sekitar layar monitor.

Seringkali kita bermain gim dengan pencahayan sekitar yang minim, atau bahkan gelap sama sekali. Hal itu justru akan membuat mata cepat lelah karena terlalu terfokus di komputer. Solusinya, nyalakan lampu di sekitar layar komputer dengan intesitas sedang. Jangan terlalu terang karena justru akan membuat silau dan mengganggu cara

  1. Jangan lupa berkedip.

Sering kali karena terlalu fokus bermain gim, mata dipaksa melotot dalam durasi yang lama. Biasakan untuk berkedip. Selain itu menghilangkan kotoran di sekitar kornea mata, berkedip juga berfungsi untuk menjaga mata tetap basah sehingga tidak iritasi.

  1. Tidur cukup
    Jangan lupa tidur! Istirahat yang terbaik adalah tidur. Tidur berguna untuk memberi waktu bagi organ mata untuk meregenerasi sel-sel di dalamnya.
  2. Latihan untuk mata.
    Saat senggang, lakukan latihan untuk mata dengan cara memandang obyek yang dekat (sekitar 10cm) dalam beberapa detik dan kemudian mengalihkan pandangan ke obyek yang jauh. Latihan ini berfungsi untuk melatih kontraksi lensa mata.
  3. Hindari asap rokok dan paparan AC
    Asap rokok dan paparan pendingin udara sangat berpotensi membuat mata kering dan akhirnya mengalami iritasi.