Kalau kamu ingin memilih keyboard gaming terbaik untuk kamu, kamu sudah sampai di tempat yang benar. Setelah membaca tips ini, kamu tidak perlu bingung lagi dengan keyboard mechanical, keyboard RGB, ataupun fitur-fitur lain seperti anti-ghosting, macro dan semacamnya. Pokoknya, harus ada tiga komponen utama yang kamu pertimbangkan: ukuran, tipe, dan fitur-fiturnya.

1. Ukuran Keyboard Gaming

Ukuran Penuh Keyboard Gaming Terbaik keyboard gaming 3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik MX10 06 1080x608

Full Size Gaming Keyboard

Mungkin kamu sudah sadar kalau beberapa keyboard memiliki lebih banyak tombol dari pada yang lain. Khususnya untuk laptop, dimana ukuran layarnya menjadi jumlah maksimal tombol keyboard.

Ukuran penuh keyboard memiliki 104 tombol, termasuk QWERTY dan angka, number pad, function keys dan tombol empat arah. Tapi, ukuran yang paling lebar ini belum tentu ukuran yang kamu perlukan. Beberapa gamer merasa number pad membuat jarak terlalu lebar antara tangan kirinya dan mouse-nya. Kalau kamu merasa number pad penting dan berguna, disarankan menggunakan keyboard ini.

Yang merasa number pad tidak berguna, keyboard gaming TKL (ten key less) adalah pilihan yang baik. Keyboard ini hanya menghilangkan number pad dan menyisakan yang lainnya, termasuk tombol empat arah. Kebanyakan gamers merasa keyboard ini sudah cukup memberikan pengalaman gaming yang puas.

Keyboard Gaming TKL keyboard gaming 3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik MX9TKL Artwork 01 1080x608

Gaming Keyboard TKL

Kalau untuk ukuran keyboard gaming terbaik, pastinya sesuai selera dan kebutuhan kamu.

Baca juga: 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

Mechanical atau Membrane

Hal kedua untuk dipertimbangkan adalah tipe dari keyboard mechanical atau membrane.

Keyboard membrane biasanya tidak mahal, dan menghasilkan desain yang tipis, berkat lapisan karet atau silicon yang bekerja sebagai per dan berkontak dengan listrik. Memang ringan dan tipis sehingga mempermudah untuk dibawa kemanapun, tapi kurang sensasi saat mengetik karena tidak menghasilkan suara “klik”. Membuat penggunanya tidak yakin apakah mereka sudah menekannya atau belum. Maka dari itu, banyak gamer yang tidak merekomendasi keyboard membrane untuk bermain game.

Keyboard mechanical mempunyai switch di setiap tombolnya, bermanfaat untuk bersuara “klik” yang kencang, dan juga sensasi menekan tombol yang meyakinkan. Berdasarkan warna dan kegunaan, switch datang dengan banyak tipe.

Kalau kamu mengambil gaming dengan serius, sangat direkomendasikan untuk membeli keyboard mechanical. Tidak hanya memberikan sensasi yang lebih baik, tapi keyboard mechanical juga mempunyai durabilitas yang jauh lebih tinggi dari keyboard standar lainnya. Kebanyakan tombol bisa tahan sebanyak 40-50 juta klik sebelum perlu diganti.

Untuk lebih detil, baca juga: Mechanical vs. Membrane

Fitur-Fitur Keyboard Gaming

Tombol Macro dan Penyesuian

Area ini menjelaskan keunggulan keyboard gaming terbaik dalam kecepatan dan preferensi pribadi. Beberapa keyboard gaming mempunyai tombol-tombol di kirinya yang bisa diprogram untuk menghasilkan kombinasi tombol. Di game yang kompleks seperti World of Warcraft, kamu biasanya harus mengetik atau menggunakan mouse untuk klik ikon yang spesifik. Dengan melakukan pemograman pada tombol macro kamu, satu tombol saja cukup. Sangat praktis, apalagi saat waktu untuk bereaksi sedikit.

Kamu juga bisa mengganti switch mechanical di setiap tombol untuk menyesuaikan keyboard mechanical preferensi kamu pribadi. Mungkin kamu ingin sensasi “klik” yang lebih halus pada tombol WASD kamu, tapi juga ingin sensasi “klik” yang lebih kuat pada tombol spasi kamu.

Switch Bisa Dilepaskan keyboard gaming 3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik Legionare MX8 13 300x300

Switch Bisa Dilepaskan

Baca juga: 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

Anti-Ghosting

Tidak biasanya saat menggunakan keyboard untuk aktivitas normal, seperti mengetik, menekan banyak tombol secara bersamaan (kecuali saat menggunakan tombol shift). Dan saat itu terjadi, biasanya itu adalah sebuah kesalahan dimana tombol tidak diinput. Derita ini disebut efek ghosting. Tidak akan ada masalah kalau kamu hanya menggunakannya untuk mengetik, tapi beda cerita saat gaming. Saat kamu gaming, menekan banyak tombol secara bersamaan selalu terjadi karena setiap tombol penting. Maka dari itu, keyboard gaming terbaik harus memiliki fitur anti-ghosting supaya kamu bisa menginput banyak tombol secara bersamaan.

Keyboard RGB

Saat kamu melihat keyboard RGB dengan warna pelangi dan berpendapat “itu berlebihan,” mungkin kamu akan kaget setelah mengetahui lampu-lampu ini mempunyai kegunaan lain. Dengan membagi keyboard gaming ke zona yang paling sering digunakan dan diberi penerangan dengan warna berbeda bisa memberikan referensi visual yang cepat saat bermain. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan letak tombol, sehingga permainanmu bisa lebih gesit.

Ada teori kalau sebuah perusahaan yang bersedia menambah fitur RGB pada produk mereka, tentu ingin menaikkan harganya, dan hasilnya, mereka harus menyediakan produk yang lebih berkualitas. Maka dari itu, tidak hanya keyboard RGB terlihat jauh lebih keren dari keyboard biasanya, tapi juga menjadi jaminan kualitas tinggi.

Keyboard Gaming RGB keyboard gaming 3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik MX10 03 600x600 1

Keyboard RGB

Baca juga: Kegunaan RGB Kepada Gaming Keyboard

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan keyboard gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, keyboard gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari keyboard gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata keyboard gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih keyboard gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman gaming dengan keyboard mechanical yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam keyboard gaming terbaik dalam kualitas dengan harga yang terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga: 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

bermain video game  5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif bermain video game

Berlawanan dengan kepercayaan tradisional, bermain video game hanyalah sumber hiburan, untuk menjadi pengalihan dari dunia asli yang pada akhirnya menjadi kecanduan. Tapi berdasarkan penelitian sebelumnya, gaming tentu memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan waktu yang cukup. Salah satu manfaatnya adalah pengembangan keterampilan kognitif pada anak-anak dan orang dewasa. Sama seperti latihan fisik dapat membantu dalam memperkuat otot-otot kamu, permainan kognitif membantu untuk memanjakan otak seseorang dalam stimulasi konstan, sehingga meningkatkan kinerja otak.

  1. Makin Ahli Dalam Memecahkan Masalah (problem-solving)

Manfaat video game yang pertama adalah kamu semakin ahli dalam memecahkan masalah atau problem solving. “Masalah apaan?” Banyak macam! Bilang saja Super Mario Bros, kamu harus berulang-ulang kali kalah untuk mengetahui bagaimana caranya melewati beberapa rintangan susah dan mengalahkan BOSS. Di game online dimana kamu melawan orang lain, tekanannya lebih besar karena kamu harus bisa menyusun strategi di saat bersamaan kamu bermain game.

Portal  5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif Portal 600x409

Portal, video game yang perlu banyak mikir.

  1. Meningkatkan Keterampilan Multi-Tasking

Manfaat video game kedua adalah meningkatkan keterampilan multi-tasking. Saat bermain game, banyak organ tubuh yang harus dikoordinasikan. Misalnya saat bermain CS:GO, kamu menggunakan tangan kirimu untuk berjalan, tangan kananmu untuk menembak dan mengarahkannya. Di saat yang sama, mata kamu harus fokus melihat sekeliling, termasuk peta, peluru, musuh, dan telinga harus mendengar step. Pada akhirnya, keterempilan multi-taskingmu semakin ASHIAP!

Baca juga: Cara Gamer Menjaga Kesehatan Mata

  1. Meningkatkan Memori Otak

Pada tahun 2014, peneliti dari Max Planck Institute, Jerman, mempublikasikan sebuah penelitian yang menemukan bahwa bermain Super Mario 64 dapat meningkatan ukuran pada beberapa daerah di otak. Perkembangan tersebut terutama terjadi pada bagian otak yang berfungsi untuk orientasi spasial, formasi memori, perencanaan strategis dan keahlian motorik.

Peneliti mengobservasi 24 partisipan yang bermain game selama 30 menit per sehari selama 2 bulan menggunakan mesin MRI, yang ditemukan adalah para partisipan memiliki bagian yang berkembang di hippocampus daerah kanan, korteks prefrontal kanan dan cerebellum. Bagian-bagian tersebut jauh lebih berkembang daripada mereka yang tidak bermain video game. Simone Küh sebagai salah satu peneliti menyatakan bahwa hal ini membuktikan bagian otak bisa dilatih melalui video game.

  1. Mempercepat Proses Kerja Otak

Manfaat bermain video game yang berikutnya adalah mempercepat proses kerja otak. Saat bermain game, otak menerima banyak stimulasi, baik visual ataupun audiotori . Menurut penelitian, seseorang yang sering bermain video game dapat memproses stimulasi ini lebih cepat daripada yang lain. Stimulasi ini memastikan bahwa otak terus bekerja untuk memproses dan menafsirkannya.

  1. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi

Game online memungkinkan banyak pemain untuk terlibat dalam game tertentu secara bersamaan. Dengan demikian, ada komunikasi yang konstan antara para pemain yang pada akhirnya menghasilkan pengembangan keterampilan sosial. Kecuali pemainnya TOXIC ya.

video game menambah teman  5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif video game menambah teman 600x391

Lihat gaes, dia punya teman!

Baca juga: 8 Karir Untuk Penggemar Game

Manfaat video game juga dapat membantu kamu untuk bertemu dengan teman baru dan membangun ikatan kepercayaan yang kuat. Aktivitas ini memang dapat memperkuat kinerja otak, tapi tentu saja tidak boleh berlebihan. Memilih game yang benar dan umur juga menjadi salah satu syarat untuk mempertajam keterampilan kognitif. Tidak seharusnya anak-anak yang masih sangat muda terpapar dengan game yang penuh kekerasan.

Mouse Gaming Rexus Xierra G7 mouse gaming 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu G7 plus wallpaper 02 1030x579

Mouse Gaming Rexus Xierra G7

Semakin susah untuk mencari mouse gaming terbaik sekarang. Ada banyak macam mouse yang bisa dipilih, dari yang beda-beda perusahaan sampai yang menyediakan banyak fitur-fitur berbeda. Masalahnya sekarang, mouse gaming terbaik untuk satu orang, belum tentu cocok untuk orang lain. Jadi, gimana cara memilihnya?

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah untuk game seperti apa mouse gaming ini. Game FPS, RPG, atau RTS yang kamu suka? Kalau jawabannya adalah first-person shooter (FPS), kamu harus mempertimbangkan lebih keras player seperti apa kamu (lihat bagian DPI). Kalau kamu suka game strategi, RPG atau MMO, maka pilihannya lebih mudah karena kamu disarankan untuk mencari mouse dengan banyak tombol yang dapat diprogram dan DPI yang cocok dengan gaya bermainmu.

LASER Vs. OPTIK

Mouse Optik mouse gaming 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu mouse3

Mouse Optik

Jantung dari mouse gaming adalah sensor, dimana ada tiga tipe dasar: laser, optikal, dan infrared.

Sensor laser kemungkinan besar adalah sensor yang paling umum, mempunyai keuntungan yang besar dimana mouse ini bisa digunakan di permukaan apapun. Walaupun begitu, mouse laser mempunyai jarak lift-off yang lebih tinggi dibandingkan mouse optik. Jarak lift-off adalah jarak yang harus kamu angkat supaya kursor tidak lagi bergerak. Untuk game FPS, tidak disarankan menggunakan mouse laser karena saat kamu ingin memposisikan ulang mousemu, penglihatanmu akan kemana-mana. Akan sangat buruk kalau kamu lagi ditengah baku tembak. Inilah kenapa, banyak gamer profesional yang menggunakan mouse gaming dengan sensor optik.

Baca juga: Perbedaan Teknologi Optik Dan Laser Pada Mouse

Sekarang ada sensor baru yang menggunakan infrared, yang mengurangi masalah jarak lift-off di sensor laser, tapi juga bisa digunakan di permukaan apapun.

Sensor juga dapat berpengaruh dengan mousepad gaming khusus ya.

Jumlah DPI Terbaik

Semua mouse gaming akan menyatakan sensitivitas sensor di pengemasannya atau di material marketingnya. Itu adalah jumlah DPI, atau Dots Per Inch, dan ini adalah cara paling simpel dalam mengukur sensitivitas sensor mouse.

Makin tinggi DPI pada sensor, semakin berkurang jarak mouse yang harus kamu pindahkan untuk menggerakkan kursormu. Jadi kalau kamu punya mouse dengan DPI yang tinggi, juga semakin cepat kursormu berpindah. Tapi kamu harus mempunyai akurasi yang baik.

Dengan pengetahuan itu, kamu harus memutuskan kamu gamer MOBA, FPS, RPG, atau RTS. Untuk gamer FPS lebih cocok menggunakan mouse gaming DPI yang tinggi (kira-kira 2.000 DPI) karena kamu tidak perlu bergerak terlalu banyak untuk melihat sekeliling. Untuk gamer RPG dan RTS lebih disarankan untuk menggunakan mouse gaming DPI yang rendah (kira-kira 1.200 DPI).

Maka dari itu, jangan terlalu lebai saat mendengar iklan mouse gaming dengan 6.400 DPI. Kalau kamu menggunakan mouse ini, kamu hanya akan berputar 360°. Pastikan kalau mouse gaming yang kamu pilih juga memberikan fitur mengatur DPI, supaya bisa disesuaikan dengan game yang kamu mainkan.

Untuk selengkapnya tentang DPI, baca juga: Apakah Arti DPI pada Sebuah Mouse?

Kabel Vs. Wireless

Mouse Wireless mouse gaming 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu Artwork 01 1030x579

Mouse Gaming Wireless Rexus Xierra 110

Ini biasanya topik yang sangat hot untuk didebatkan. Kamu tidak perlu memikirkan kabel yang kusut kalau menggunakan mouse gaming wireless. Tapi ketergantungannya dalam mengirim signal memang menambah elemen keterlambatan atau delay. Emang ada mouse gaming wireless yang modern dan tidak delay, tapi untuk respon mouse tercepat, tetap disarankan menggunakan yang kabel.

Mouse gaming wireless ini juga bergantung kepada baterai. Beberapa datang dengan baterai yang bisa diisi ulang, sisanya bisa membuat kamu panik saat baterainya habis dan kamu harus mencari yang baru. Baterai juga menambah berat, jadi kalau kamu ingin menggunakan mouse gaming ringan, lagi-lagi disarankan menggunakan yang kabel.

Untuk selengkapnya tentang mouse gaming wireless dan kabel, baca juga: Mouse Kabel Atau Nirkabel, Mana yang Paling Bagus?

Tangan Kanan atau Kidal

Kalau kamu gamer kidal, maka pilihan kamu sayangnya terbatas karena banyak pengusaha yang tidak melihat banyak keuntungan dalam membuat mouse gaming khusus gamer kidal. Kebanyakan mouse gaming diproduksi untuk orang yang menggunakan tangan kanan. Untungnya, Rexus ada mengembangkan mouse gaming yang bisa digunakan oleh gamer kidal bernama Rexus Titanix TX10.

Mouse Gaming Kidal mouse gaming 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu Titanix TX10 01 300x300

Rexus Titanix TX10, bisa digunakan dengan tangan kanan dan kidal.

Claw Grip Vs. Palm Grip

Ada tiga style dalam memegang mouse. Yang pertama adalah palm grip, dimana telapak tangannya bersandar di atas mouse dan jari berada diujung tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang besar. Berikutnya adalah claw grip, dimana telapak tangan bersandar di atas mouse dan jarinya dilekukkan untuk menekan tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang kecil. Yang terakhir adalah fingertip mouse, dimana telapak tangan di bersandar pada mouse, hanya ujung jarinya saja.

Durabilitas

Mouse gaming terbaik juga harus tahan banting pastinya. Aksi gila-gilaan dari game FPS bisa menyebabkan tekanan yang kuat kepada mouse dan tombol-tombolnya. Mouse gaming diproduksi supaya bisa menahan lebih banyak perlakuan kasar daripada mouse standar biasa. Dengar-dengar, banyak gamer tekun bisa merusak mouse gaming mereka dalam beberapa bulan. Tahan banting disini tidak hanya pada tombol, tapi juga badannya.

Penerangan RGB Keren

LED RGB pada mouse sudah mulai menyebar. Semakin banyak mouse menggunakan LED RGB dan coraknya bermacam-macam supaya terlihat semakin canggih. Beda dengan keyboard gaming, LED RGB dapat meningkatkan skill pemain. Sayangnya untuk khasus ini, penerangan keren ini tidak memberi dampak apa-apa, manfaatnya cuman terlihat keren.Mouse Gaming LED RGB mouse gaming 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu Artwork 01 1 1080x608

Mouse Gaming Rexus Xierra X12

Budget

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan mouse gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, mouse gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari mouse gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata mouse gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih mouse gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam mouse gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Gaming equipment belum lengkap kalau cuman mouse, baca tips di bawah ini untuk memilih yang terbaik:

8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Dalam Memilih Keyboard Gaming Terbaik Buat Kamu

Industri video game telah berkembang jauh sejak zaman Pong dan Duck Hunt. Apa yang dulunya industri yang ditujukan kepada anak-anak dan remaja, telah berevolusi menjadi industri yang lebih besar dari film dan televisi. Jutaan orang dewasa yang sukses juga menganggap diri mereka sebagai gamer yang fanatik. Selain itu, banyak anak-anak yang tumbuh dengan kecintaan gaming yang akhirnya mengejar karir di industri tersebut, membuktikan orang tua mereka yang dianggap cerewet tersebut salah. Jika kamu memiliki bakat, hasrat, dan dorongan untuk mendedikasikan hidup kamu untuk gaming, kamu mungkin akan tertarik bekerja sebagai salah satu dari 8 karir game ini:

Video Game Artist

Video Game Artist karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game 3a7c987aaa909bf8779116e8c7cddef1 600x435

Drew Wolf, Video Game Artist Dota 2

Ingat tidak saat guru kamu menyuruh kamu untuk stop menggambar kartun dan karakter kamu yang keren itu? JANGAN STOP! Kecuali memang lagi dalam sesi belajar, patuhilah. Tapi bener loh, setiap video game membutuhkan desainer bertalenta yang dapat membawa ide-ide menjadi nyata dengan membuat karakter dan lingkungan dari gambarmu serealistis mungkin. Video game artist merupakan karir game yang tidak hanya bisa menggambar, juga harus bisa membuat animasi dari kreasi mereka supaya terlihat hidup, jika mereka ingin audiensnya terjun ke dunia game. Mengasah kemampuan artistik kamu dapat menghasilkan $50.000 per tahun.

Audio Programmer

Audio programmer adalah karir game yang bertanggung jawab dalam merekam lagu untuk game, efek suara dan pengisi suara. Dulu mungkin memang gampang banget, simpel seperti Super Mario Bros., tapi banyak game sekarang yang membutuhkan banyak macam efek suara dan lagu untuk latar-latar yang berbeda. Efek suara untuk setiap macam-macam benda juga pasti berbeda-beda. Audio programmer bekerja susah payah untuk membawa suasana gaming terasa nyata. Mereka yang sukses di bidang ini dapat meraih $100.000 per tahun loh.

Writer

Writer yang dulunya merupakan posisi yang cukup singkat pekerjaannya, sekarang menjadi jauh lebih kompleks. Mungkin dulu, ceritanya sesimpel menyelamatkan putri yang dikurung oleh monster atau semacamnya. Tapi sekarang, penulis harus berpikir lebih dalam lagi, tentang awal mula cerita, asal muala sebuah masalah, dan bagaimana karakternya mengatasi masalah tersebut. Perjuangan seperti apa yang harus dilalui oleh karakter yang dapat menyentuh hati pemain. Skrip video game zaman sekarang bisa sepanjang seribu halaman. Karir game ini juga mengharuskan kamu untuk membuat karakter yang dinamis dan bereaksi secara unik dengan situasi yang berbeda-beda, selayaknya kepribadian mereka. Penulis ternama dapat menghasilkan $200.000 per tahun.

Game Programmer

Tokyo Game Programmer karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game tokyogameprogrammer 600x345

Source: Youtube, A day in the life of a 23-year-old Tokyo game programmer

Kalau kamu suka coding dan gaming, mungkin kamu cocok menjadi game programmer. Kamu akan bertanggung jawab dalam membuat game ini bergerak. Dari bergeraknya karakter-karakter, termasuk NPC (Non-Playable Character), karakter berinteraksi satu dengan lainnya, dan juga lingkungannya. Game artist sudah membuat karakter dan animasinya, karir game ini yang akan memastikan karakternya dapat dimainkan dan dikontrol. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $95.000 per tahunnya.

Game Designer (Perancang Game)

Mungkin kamu tidak memiliki jiwa artistik, juga tidak banyak pengalaman dengan coding, tapi kamu memiliki ide yang menarik untuk video game sejak kamu kecil. Sebagai game designer atau perancang game, kamu bertanggung jawab dalam membuat game ini asik untuk dimainkan. Kamu yang menjelaskan karakternya, lingkungannya, dan tujuan dari game ini. Seperti semua karir game lainnya, perancang game semakin kompleks. Kamu bahkan membutuhkan ijazah untuk memulai karir ini. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $70.750 per tahunnya.

Game Producer

Peran produser tidak begitu jelas, karena tugasnya berbeda-beda tiap studio dan keahlian produser. Namun, ada beberapa tanggung jawab yang sama untuk setiap produser, dan ini sama pentingnya dengan fungsi pengembangan game lainnya. Pada dasarnya, produser dapat dibilang sebagai manajer proyek, karena itulah yang mereka kerjakan. Mereka mengelola jadwal produksi, anggaran, tim pengembangan, pemberi lisensi, dan pihak luar.

Game Tester

ASIK! Kerjanya cuman main game dan dibayar pula. Kedengaran asik kan? Tapi sayangnya tidak. Sebagai game tester, kamu bertanggung jawab dalam mencoba game ini bisa berjalan dengan lancar atau tidak, berjalan kemana-mana dan mencatat masalah apa yang muncul saat bermain gamenya. Contoh, bayangkan kamu main sebuah level di Super Mario, kamu lompat-lompat di satu tempat yang sama, berjalan satu inch, terus lompat lagi sambil berputar, maju lagi dan semacamnya. Ngerti gak? Kamu mencari glitch. Kamu tidak dapat banyak uang, tapi setidaknya kamu berperan di industri game.

Professional Gamer

Gamer Indonesia IEL 2019 karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game Gaming Headset 2 600x338

Gamer Indonesia – IEL 2019

Yah, kamu sudah tau lah. Syarat karir game ini adalah mempunyai skill yang hebat dalam bermain game, atau bisa menghibur banyak orang. Dengan skill yang hebat, kamu bisa memenangkan kejuaraan dan mendapat uang yang banyak. Kamu juga akan terkenal dan sponsor-sponsor akan mencarimu. Kalau kamu cuman punya skill menghibur, tidak menang juga tidak apa yang penting banyak yang nonton. Kalau kamu punya skillnya, dan juga menghibur, tidak hanya sponsor, tapi jodoh kamu akan datang. Atlet esport Indonesia juga mulai terkenal loh.

Itu dia 8 karir game yang cocok untuk kamu yang sangat menggemari game. Tentu saja, menggemari saja tidak cukup. Kamu tetap harus belajar yang tekun untuk mendapatkan karir yang kamu inginkan seperti karir-karir lainnya. Tapi setidaknya, kamu akan merasa berdedikasi karena kamu menggemari produk yang kamu hasilkan.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif

Bluetooth bluetooth Bluetooth 5.0: Apa Perbedaannya Dan Manfaatnya Untuk Kita? bluetooth logo 2 100592999 large

Biasanya di spesifikasi smartphone modern dan beberapa perangkat lainnya, kamu akan menemukan kalimat “support for Bluetooth 5.0,” di spesifikasinya. Tapi, apa sih itu dan kelebihannya dibandingkan versi-versi sebelumnya?

Bluetooth 5.0  

Bluetooth sendiri adalah komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat seperti ponsel, komputer, dan periferal untuk mengirimkan data atau suara secara nirkabel dalam jarak pendek. Tujuannya adalah untuk mengganti kabel yang biasanya menghubungkan perangkat, sambil tetap menjaga komunikasi di antara mereka tetap aman.

Bluetooth 5.0 yang diluncukan pada tanggal Juli 2016, mempunyai jangkauan 4 kali lipat dari versi sebelumnya, mempunyai kecepatan 2 kali lipat, lebih hemat energi, dan memungkinkan kamu untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus atau dual audio.

Lebih Jauh dan Lebih Cepat

Untuk versi sebelumnya, saat kita sedang mendengarkan lagu menggunakan headset Bluetooth, berjalan sedikit lebih jauh saja, sudah mengganggu koneksi. 30 meter memang terdengar jauh, tapi jangkauan ini mempunyai syarat dimana tidak ada batas ruang atau tembok. Dengan versi terbarunya, jangkauan nirkabel maximal menjadi 120 meter, 4x lipat dibandingkan dengan Bluetooth v4.2.

Pada umumnya, proses pairing membutuhkan waktu yang lebih lama saat pertama kali dikoneksikan. Tetapi dengan versi terbaru ini, prosesnya menjadi 2 kali lipat, dan ini juga termasuk untuk pairing pertama kalinya.

Hemat energi

Di versi sebelumnya juga sudah hemat energi. Tapi karena keunggulan terbarunya seperti lebih jauh dan lebih cepat, Bluetooth 5.0 harus menggunakan energi yang lebih hemat lagi. Tentunya, versi ini dapat bertahan lebih lama lagi dari versi sebelumnya.

Dual Audio

Bluetooth 5.0 juga mendatangkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk memutar audio di dua perangkat sekaligus. “Terus, gunanya apa?” mungkin adalah pertanyaan yang muncul di kepala kalian. Nah, kegunaannya adalah kamu bisa memutar audio di headphone, sambil membagikan lagu tersebut ke headset Bluetooth si doi. Sekarang romantic tidak perlu susah-susah bagi earphone. Kamu juga bisa sekaligus memutar dua speaker di dua ruangan berbeda.

Bluetooth 5.0 Dual Audio bluetooth Bluetooth 5.0: Apa Perbedaannya Dan Manfaatnya Untuk Kita? Galaxy S8 Dual Audio 2 e1576753255344 519x600

Bluetooth 5.0 Dual Audio

Baca juga: Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Ini 5 Solusi yang Wajib Kamu Lakukan

Tenang saja kalau perangkat atau peripheral kamu tidak mendukung versi terbarunya. Karena dari versi-versi sebelumnya, Bluetooth bersifat backward compatible, yang artinya bisa terkoneksi dengan versi terdahulu. Bagaimana menurut kalian tentang Bluetooth 5.0? Menarik sekali kan?

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20 headset gaming 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu HX20 08 artwork 1080x608

Memang bermain game adalah pengalaman yang seru banget. Lebih seru lagi kalau kamu menggunakan aksesoris gaming yang sesuai. Banyak yang meragukan manfaat dari headset gaming saat bermain game. Tapi, aksesoris ini akan sangat membantu dalam memberikan pengalaman bermain game menjadi jauh lebih asik, dengan fiturnya yang membuat kamu terasa berada ada di dalam game. Jadi, apa sih yang kamu perlu kamu ketahui dalam memilih headset gaming terbaik untuk kamu?

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Gaming Headset

  1. Platform yang kamu gunakan

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah platformnya, artinya bisa datang dengan banyak macam platform. Ada yang untuk XBOX, Playstation, PC, Mac, mobile, dan lainnya. Banyak juga yang memerlukan USB dan 3.5 mm jack untuk support fiturnya seperti virtual surround sound 7.1.

  1. Kualitas suara

Ini bisa dibilang faktor paling penting dalam memilih headset gaming terbaik. Ukuran driver sangat berpengaruh. Ukuran driver yang bagus adalah 40 mm atau lebih. Kualitas suara akan sangat membantu kamu untuk mendengar lebih baik. Cara membedakan headset yang mahal dan murah adalah melewati bass-nya, yang akan membuat pengalaman gaming lebih asik.

Headset gaming terbaik tentunya mempunyai fitur noise-cancellation. Kegunaannya adalah untuk mengurangi suara bising di sekitar pemakai.

Saat kamu lagi nonton film di bioskop, pasti kamu pernah mendengar “all around you,” yang buat bulu kuduk merinding. Nah, itu adalah “Dolby Surround 7.1”, yang membuat suaranya terasa dari sekeliling. Dolby sendiri merupakan sebuah sound system yang yang dibentuk dari laboratorium Dolby. Sama dengan headset gaming, ada juga loh yang dilengkapi dengan fitur virtual surround 7.1. Dengan begitu, kamu bisa menikmati audio yang dihasilkan dari game dari berbagai arah seolah-olah Anda pun ikut bermain di dalamnya.

Baca juga: Yuk, Ketahui Kekuatan Juga Kelemahan Gaming Headset Virtual 7.1 dan Real 7.1

  1. Kualitas mikrofon

Ada banyak game yang harus dimainkan bareng teman-teman. Biasanya, game seperti itu membutuhkan komunikasi yang efektif. Nah, headset gaming terbaik harusnya sudah dilengkapi dengan mikrofon yang mempunyai kualitas yang bagus dan khusus gaming.

Kamu pernah main game bareng teman, terus lagu yang mereka dengarkan masuk, atau terdengar suara kipas angin? Itu akan sangat bermasalah untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Maka dari itu, mikrofon yang bagus juga mempunyai fitur noise-cancellation, yang kegunaannya adalah sebagai peredam suara yang terlalu besar seperti berteriak terlalu kencang atau tertawa terlalu keras.

  1. Kenyamanan

Mau secanggih apapun headset gaming kamu, kalau tidak nyaman saat kamu pakai, pasti jadi tidak worth it. Nyaman disini maksudnya adalah tidak mengganggu aktivitasmu saat bermain game, tidak berat,  dan empuk di bagian earcup. Jadi, pilihlah headset yang terbuat dari bahan yang ringan dan empuk di telinga. Sehingga kamu bisa berkonsentrasi lebih terhadap game tersebut. Terbuka dan tertutup juga mempengaruhi kenyamanan loh. Baca nomor 5 untuk informasi tersebut.

Untuk beberapa orang, ada yang telinganya lebih besar dari rata-rata. Jangan khawatir. Ada kok headset gaming yang mempunyai ukuran khusus untuk kalian. Pilihlah ukuran yang dapat benar-benar menutupi seluruh telinga kamu.

  1. Terbuka atau tertutup

Terbuka atau tertutup sangat berpengaruh kepada kualitas suara. Kalau kamu ingin mendengar suara di sekitar kamu (bukan di game), disarankan headset gaming yang terbuka. Ini juga akan membantu kamu dalam menggunakannya dalam waktu yang lama dan tidak cepat memanaskan telinga. Tapi untuk gaming, disarankan yang tertutup. Jadi kamu bisa lebih berkonsentrasi terhadap game dan tidak terganggu dengan suara sekitar.

  1. Kabel atau Bluetooth

Topik ini sudah pernah dibahas melalui artikel kami yang sebelumnya. Kesimpulannya adalah headset gaming kabel menyajikan nilai yang lebih baik bagi mereka yang bermain game secara eksklusif di meja mereka. Apalagi, kita tidak perlu mengecas headsetnya. Di sisi lain, mereka yang lebih suka konsol atau menghubungkan PC mereka ke TV ataupun jalan-jalan, headset Bluetooth lebih cocok. Tapi dari keduanya, hampir tidak ada perbedaan nyata dalam kualitas suara.

Headset Bluetooth vs Headset Kabel headset gaming 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu Wired Vs Bt 1080x608

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Baca selengkapnya di: Perbedaan Antara Headset Bluetooth Dan Headset Kabel

  1. Durabilitas headset gaming

Headset gaming terbaik pastinya mempunyai durabilitas yang cukup dan tidak mudah patah atau retak saat digunakan. Ini termasuk kepada semua komponen seperti kabel, speaker, mic , headband dan sebagainya. Jadi saat jatuh pun, tidak langsung rusak. Tidak memilih yang benar, dapat merusak komponennya secara permanen. Goodbye deh uangnya.

  1. Budget kamu

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan yang akan menjadi headset gaming terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, headset gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari headset gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata headset gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, lebih baik pilih headset gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam headset gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik

8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

 

Kursi gaming sedang ramai dibicarakan orang. Jika kamu sudah banyak menghabiskan waktumu untuk menonton banyak esports, streamer Twitch, atau konten gaming lainnya, kamu pasti sudah tahu gaming gear satu ini. Dan dengan membaca ini, kemungkinan besar kamu ingin mencari kursi gaming terbaik yang cocok buat kamu.

Menurut penelitian Nielsen di tahun 2014, rata-rata gamer dengan umur lebih dari 13 tahun menghabiskan 6,3 jam per minggu untuk bermain game. Resiko kesehatan gamers mempunyai kemiripan dengan profesi yang mengharuskan pekerja untuk duduk dalam waktu yang lama. Kamu tidak mau kan, masih muda dan hanya menghabiskan waktu untuk hobimu yang menyenangkan, eeeh… Kena penyakit?

Tapi, dengan banyaknya produk yang bisa kamu pilih, gimana cara kamu memilih kursi yang terbaik? Untungnya, tips ini akan membantu kamu dalam memilihnya. Jadi duduk saja, relax, dan baca saja tips ini tentang gimana cara untuk bermain game sambil duduk dengan dengan nyaman.

Baca juga: Manfaat Gaming Chair Menurut Ahli Esport Ergonomis

1. Kunci Kenyaman Kursi Gaming: Ergonomis and Kesesuain

Posisi duduk yang benar kursi 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu! Posisi duduk ideal

Posisi duduk yang benar

Sewaktu kamu memilih kursi gaming terbaik, pastinya kenyamananlah rajanya. Lagi pula, kamu pastinya tidak mau merasakan keram di punggung dan leher kamu saat sedang bermain game. Kamu juga pasti ingin fitur yang dapat mencegah penyakit kronis hanya dari menikmati hobimu.

Di sinilah peran penting dari ergonomis. Menurut KBBI, Ergonomi adalah ilmu tentang hubungan di antara manusia, mesin yang digunakan, dan lingkungan kerjanya. Di kursi gaming, artinya adalah desain dari kursinya yang dapat menambah kenyamanan dan menjaga kesehatan fisik. Fitur-fitur seperti: sandaran tangan yang bisa disesuaikan (2D, 4D), bantal yang dapat menyokong pinggang, dan bantal untuk kepala, adalah fitur-fitur penting untuk mempertahankan postur tubuh dan kenyamanan ideal untuk duduk dalam jangka waktu yang panjang.

Kalau kamu tidak menemukan kursi gaming yang benar, bisa-bisa kamu dapat penyakit tulang loh. Penyakit tulang ada macam-macam, kayak mouse shoulder dan cubital tunnel syndromes yang bisa didapat kalau tidak menggunakan sandaran tangan yang benar. Ada juga sacroiliac joint dysfunction yang disebabkan karena sandaran punggung yang tidak sesuai dengan posisi duduk kamu. Tidak cocoknya tinggi kursi dan kaki juga dapat menyebabkan sciaticaDan masih ada banyak lagi penyakit tulang kalau kamu tidak memilih yang kursi gaming terbaik untuk mendukung posisi duduk yang benar.

Baca juga: Posisi Duduk Yang Benar Untuk Gamer

2. Material Kursi Gaming

Kenyamanan bukanlah satu-satunya factor terpenting dalam memilih kursi gaming terbaik. Terkadang, bahan juga bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam pembuatan kursi yang berkualitas. Ini adalah beberapa bahan yang bakalan kamu biasanya akan kamu ketemui.

Leather / Kulit

Leather adalah material kulit yang terbuat dari kulit binatang, biasanya sapi, setelah itu melewati proses penyamakan. Kulit asli memiliki durabilitas yang lebih tinggi daripada imitasinya, bisa tahan bertahun-tahun dan bahkan kualitasnya membaik tiap waktunya. Materi ini juga bisa menjaga keademan dari kursi.

PU Leather

Bahan bernama PU leather ini adalah kulit imitasi. Maka dari itu, kulit ini mempunyai tingkat durabilitas yang lebih rendah daripada kulit asli. Kulit imitasi ini juga tidak seadem dari kulit asli. Namun, ini mungkin tidak akan banyak mempengaruhi jika kamu di dalam ruangan yang berAC. Dibandingkan dengan PVC leather, PU leather terasa lebih realistik dari penampilannya dan rasanya.

PVC Leather

PVC leather adalah kulit imitasi lainnya yang mempunyai ketahanan terhadap air, noda dan api. Cocok untuk gamers yang suka ngemil dan minum sambil main game. (Untuk ketahanan terhadap api, semoga kamu tidak perlu mengalaminya, kecuali kamu ingin membakar pc kamu).

Baca juga: PC Leather VS PVC Leather

Fabric / Kain

Salah satu material yang paling sering digunakan untuk kursi kantor adalah kain, yang juga banyak digunakan untuk kursi gaming. Materi kain ini lebih adem daripada kulit dan imitasinya. Tapi buruknya, kain lebih tidak tahan terhadap air dibandingkan dengan kulit dan imitasinya. Faktor paling penting untuk memilih material antara kulit atau kain adalah preferens dari gamernya yang ingin kursi yang lembut, atau keras. Bahan kain memang lebih lembut, tapi tidak mempunyai durabilitas seperti kulit.

Baca juga: PU Leather Vs Fabrik

Kursi Gaming Rexus DarkThrone kursi 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu! DT1 2019 08 Artwork 1030x579

Kursi Gaming Rexus DarkThrone

3. Ukuran Kursi Gaming

Banyak kursi yang dibuat khusus untuk orang-orang dengan tinggi dan berat yang sesuai rata-rata, tidak berarti orang di luarnya tidak bisa duduk nyaman saat bermain game. Perusahaan kursi gaming mengerti bahwa gamers datang dari semua bentuk dan ukuran, maka dari itu, banyak kursi gaming juga hadir dengan banyak macam tipe.

4. Style Kursi Gaming

Tentu saja memilih kursi gaming yang memiliki kualitas kulit dan kenyamanan adalah faktor yang penting. Tapi, kalau stylenya tidak cocok dengan sisi estetikmu, kamu tidak akan nyaman juga saat menggunakannya kan? Stylenya macam-macam. Ada yang seperti jok mobil balap, ada yang bentuknya lebih elegan, ada juga yang sportis dan dinamis. Untuk warna, kamu bisa sesuain dengan gaming gear kamu yang lainnya. Kalau keyboard, mouse, dan headset gamingmu berwarna biru, mungkin kursi yang cocok untuk kamu juga berwarna biru. Pada akhirnya, tidak banyak yang bisa kami bantu dalam menentukan style kursi gaming terbaik mu.

5. Harga Kursi Gaming

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan kursi gaming yang sesuai dengan badan kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, kursi gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari kursi gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata kursi gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih kursi gaming murah tapi tidak kualitas murahan.

Pada akhirnya, kamu tidak boleh merasa menyesal saat membelinya.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam kursi gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik

8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

Headset Gaming Rexus headset gaming 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Headset Gaming Gaming Headset 2 1080x608

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman bermain  game yang paling asyik, aksesori yang paling kami sarankan adalah headset gaming atau gaming headset. Jelas, headset membantumu fokus mendengarkan suara gaming, terutama saat kamu mengikuti turnamen gaming. Seberapa hebat skill yang kamu miliki, kamu butuh bantuan headset untuk mengetahui pergerakan musuh dan untuk berkomunikasi antar teman setim.

Mau tahu alasan lain kenapa kamu harus menggunakan headset gaming? Cek 5 alasan ini.

  1. Menghalangi suara dari luar

Banyak headset gaming yang menggunakan fitur noise-cancellation. Kegunaannya adalah untuk mengurangi suara bising di sekitar pemakai. Cara kerjanya adalah mikrofon headset akan menangkap suara dari luar dan dikirimkan ke circuit noise-cancellation. Setelah itu, circuit akan mengirimkan ‘lawan’ untuk gelombang suara bising tersebut melalu speaker dalam headset. Hasilnya, suara berisik itu tidak akan terdengar sama sekali.

Jika headset gaming kamu tidak dilengkapi dengan fitur noise-cancellation, biasanya headset gaming akan dilengkapi dengan earcups yang besar, supaya telinga bisa tertutup dengan sempurna. Dengan begitu, headset gaming dapat menepis suara dari luar.

  1. Tidak mengganggu orang di sekitar

Memang lebih asik bermain game dengan suara yang meledak-ledak. Tapi, tidak semua orang di sekitarmu nyaman dengan suara seperti itu. Untungnya, headset gaming dapat membantu kamu untuk menghindar dari hal tersebut. Walaupun sudah jam tidurpun, kamu tetap bisa bermain game tanpa mengganggu anggota keluarga kamu yang sedang tidur.

Untuk itulah, kamu butuh headset terbaik untuk menjaga suara supaya tidak bocor ke luar. Tak apalah mengeluarkan bujet lebih untuk membeli headset, tetapi kamu tidak perlu ditegur oleh tetangga atau malah dilaporkan ke RT karena dianggap mengganggu kenyamanan.

Baca juga: Perbandingan Antara Headset Bluetooth dan Kabel

  1. Kualitas suara yang lebih baik

Sebagai seorang gamer, kamu pasti tau donk Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) atau Player Unknown’s Battleground (PUBG). Dua game FPS ini mengharuskan kamu untuk selalu siap dengan keadaan sekitar karena suara saja bisa menunjukkan keberadaan musuh.

Game-game seperti ini membutuhkan gerakan yang tepat dan akurat yang tentunya harus bergantung kepada audio dari game itu sendiri. Beberapa headset juga sudah dilengkapi dengan kemampuan surround sound 7.1. Dengan fitur itu, kamu akan sangat terbantu dalam mendengar suara langkah pemain lain, bahkan kamu bisa mengetahui dari arah mana ia berjalan.

Headset Gaming IEL headset gaming 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Headset Gaming Gaming Headset 1080x608

IEL 2019

  1. Memperlancar komunikasi

Banyak hal bisa kita lakukan jika kita mempunyai kerja sama tim yang baik. Untuk mempunyai kerja sama yang baik, kamu butuh komunikasi yang efektif.

Terus, apa bedanya dengan mic laptop? Perbedaanya terletak kepada kualitas suara yang dihasilkan. Banyak mic laptop yang bertipe omni-directional sehingga memungkinkan suara bising dari luar juga ikut masuk ke dalam. Dengan headset gaming, mikrofon akan langsung diarahkan ke dekat mulut sehingga suara yang ditangkap lebih fokus.

  1. Bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan

Tidak hanya untuk bermain game, headset gaming bisa membuat pengalaman nonton film atau mendengar lagu, menjadi lebih asik. Tidak ada suara dari luar yang akan mengganggu kamu, tidak akan mengganggu orang sekitar, dan memiliki kualitas suara yang jernih.  

Nah, itu dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Headset Gaming! Gimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk membelinya?

Kuy, dicek juga halaman Rexus.

Baca juga: 8 Tips Menentukan Gaming Headset Terbaik Buat Kamu

ICEE 2019 International Consumer Electronics Expo Rexus  Memeriahkan ICEE Indonesia 2019 Bersama Rexus ICEE 2019 IG 01 600x600

ICEE 2019 International Consumer Electronics Expo Bersama Rexus

International Consumer Electronics Expo (ICEE) Indonesia kembali hadir setelah sukses menyelenggarakan pameran tingkat internasional selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016. Di tahun ini, ICEE Indonesia memasuki penyelenggaraan edisi keempat. Berbagai macam produk elektronik pilihan, seperti drone, virtual reality (VR), komputer, aksesoris, kamera, bluetooth speaker, dan smartwatch akan memenuhi ruang pameran.

Ada sekitar 300 merek Indonesia dan luar negeri yang akan berpartisipasi seperti Segway, Advan, Dyson, Gippro, dan DJI. Pada kali ini, penyelenggara juga melibatkan komunitas startup untuk mendukung ekonomi kreativitas lokal. Acara ini akan berlangsung di Hall A dan Hall B JCC, Senayan pada tanggal 17-19 Desember 2019. ICEE 2019 juga dilengkapi dengan area untuk menikmati dunia virtual reality, test drive balance scooter wheel, serta mencoba gawai terbaru.

Penyelenggara mengatakan juga bahwa pihaknya menargetkan dapat menarik sekitar 15 ribu pengunjung ke acara tersebut. Untuk memenuhi harapan ini, akan diadakan pameran dengan tiket masuk gratis. Mantul! Pengungjung hanya perlu membawa kartu nama atau mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Ada juga hal-hal menarik seperti pembagian souvenir setiap 30 menitnya loh. Untuk kalian yang beruntung, kalian juga bisa memenangkan undian trip gratis ke Shenzen. Selain itu, beberapa merek juga memberikan diskon khusus untuk produk mereka, seperti 40% dari Dyson, 20% dari Segway dan lainnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Dan Merawat Keyboard Mechanical

Kreen selaku Steering Committee menjelaskan bahwa tujuan digelarnya ICEE adalah untuk memperluas jaringan para pengusaha dalam menjalin kerjasama bisnis, pameran ini diyakini akan menjadi platform yang baik bagi perusahaan dan buyer dalam mengembangkan usahanya seiring menuju industri 4.0.

Untuk membantu memeriahkan acara ini, Rexus juga akan membuka booth di ICEE Indonesia 2019 loh. Boothnya terletak di Hall A nomor A17. Akan diadain lelang produk-produk gaming Rexus seperti kursi gaming, keyboard gaming, dan headset gaming. Acara ini pastinya akan seru banget deh. Jadi, kosongkan waktu kalian dan bantu memeriahkan acara ini ya, gak akan rugi pastinya.

Headset Bluetooth vs Headset Kabel headset gaming Headset Bluetooth vs Headset Kabel Wired Vs Bt 1080x608

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Kita hidup di dunia di mana kabel perlahan menjadi usang. Semua jenis produk menyingkirkan kabel karena tanpa kabel terasa lebih nyaman dan leluasa. Salah satunya adalah headset. Tetapi apakah ini hal yang baik? Apa yang dikorban oleh headset bluetooth supaya headset ini terasa lebih nyaman dibandingkan headset kabel?

Jawaban Pendek

HEADSET BLUETOOTH VS HEADSET KABEL

Khusus untuk bermain game, headset gaming kabel menyajikan nilai yang lebih baik bagi mereka yang bermain game secara eksklusif di meja mereka. Di sisi lain, mereka yang lebih suka konsol atau menghubungkan PC mereka ke TV ataupun jalan-jalan, headset gaming Bluetooth lebih cocok. Hampir tidak ada perbedaan nyata dalam kualitas suara.

Kualitas Suara

Tentu saja perbedaan kualitas suara yang pertama kali terlintas di pikiran kita saat ingin menentukan headset gaming kabel atau headset gaming Bluetooth.

Memang headset Bluetooth tidak memiliki kualitas suara yang sebaik headset kabel. Tetapi, kualitas suaranya hampir sama ketika bermain game dan mendengarkan file audio seperti MP3. Anda hanya akan dapat membedakan keduanya jika Anda perlu mendengarkan audio digital berkualitas tinggi. Dalam kebanyakan kasus lain, Anda tidak akan merasakan perbedaannya. Walaupun begitu, headset Bluetooth emang bisa mengimbangi headset kabel, tapi biaya yang lebih besar perlu dikeluarkan.

Keleluasan Dalam Bergerak Vs Baterai

Ya, headset berkabel dapat menjadi masalah karena kabelnya yang bisa kusut atau rusak, dan jangkauan gerakan terbatas menjadi terbatas. Tapi setidaknya Anda tidak perlu khawatir tentang daya baterai mereka loh!

Berbeda dengan headset kabel, headset Bluetooth memungkinkan Anda untuk bergerak bebas dan leluasa, tetapi mereka masih bergantung pada kabel untuk pengisian. Tentu saja, masa pakai baterai dari headset Bluetooth akan berbeda dari model ke model dan akan bervariasi berdasarkan pada seberapa banyak Anda menggunakan headset.

Baca Juga: Headset Bluetooth Harus Di-Charge Berapa Lama Untuk Pertama Kali

Kesesuaian

Kesesuaian juga bisa menjadi masalah ketika memilih antara headset Bluetooth atau kabel. Headset kabel perlu audio jack 3.5mm untuk berfungsi, dan kadang  port usb sehingga headset tersebut tidak sesuai dengan smartphone. Apalagi, banyak smartphone baru yang tidak lagi diproduksi dengan audio jack, supaya lebih tipis.

Harga

Harga adalah faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin memutuskan antara keduanya. Sementara headset kabel datang dalam semua kisaran harga, Anda akan menyadari bahwa headset bluetooth dihargai sedikit lebih tinggi. Itu karena teknologi tambahan yang diperlukan di dalam serta baterai.

Memang headset kabel memberikan harga yang lebih enak dipandang, itu tergantung pada orang tersebut. Jika Anda lebih suka kemudahan penggunaan dan harga sekunder, maka Anda cocok dengan headset Bluetooth. Tetapi jika Anda memiliki anggaran terbatas, maka Anda akan menemukan fitur serupa di headset berkabel.

Baca Juga: Headset Bluetooth Tidak Terkoneksi Ke HP? Coba 11 Solusi Ini!

Kesimpulan

Yah, secara obyektif, tidak ada yang lebih unggul dari yang lain dan sepenuhnya tergantung pada kebutuhan Anda.

Subjek headphone kabel vs Bluetooth pada umumnya adalah subjek yang luas, tetapi ketika hanya menyangkut bermain game, kami sarankan Anda tetap menggunakan headset kabel. Apalagi jika teman bermain Anda hanya meja Anda. Di sisi lain, jika Anda suka yang lebih leluasa, main game konsol atau menghubungkan PC mereka ke TV, ataupun dipakai untuk jalan-jalan, maka bluetooth mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Nah, jika anda tertarik untuk mencari headset gaming ataupun headset gaming Bluetooth, kami ada rekomendasi untuk anda.

Headset Gaming: Rexus Thundervox HX20

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20 headset gaming Headset Bluetooth vs Headset Kabel HX20 01 600x600

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20

Headset Bluetooth: Rexus S7 Pro

Headset Bluetooth Rexus S7 Pro headset gaming Headset Bluetooth vs Headset Kabel S7Pro 01 600x600

Headset Bluetooth Rexus S7 Pro