Bermain game sambil ngemil itu sudah paling the best ya! Apalagi kalau kamu berbagi pengalaman ini bersama seseorang yang dekat dengan kamu seperti keluarga, teman atau mungkin pacar. Tapi kalian harus ingat, kalau ngemil tidak boleh berlebihan ya. Seperti badan kalian yang ada batasnya, begitu juga bermain game dan cemilan yang tidak sehat. Mimin hari ini mau sharing cemilan gamer yang paling disukai banyak orang. Ada cemilan sehat juga kok.

Air

HAHAHAHA! Bener. Semua gamer sehat dan cerdas harus selalu ingat minum air setiap hari setidaknya sebanyak 1.5 liter perhari. Bukan hanya untuk kesehatan, dikutip dari Hellosehat, minum air juga dapat membantu otak bekerja lebih baik, jadi kamu bisa lebih konsentrasi dengan game yang kamu mainin. Bukan termasuk cemilan, tapi mimin mau ingatin aja pentingnya minum air. Lihat saja gambar orang di atas, dikasi air minum langsung senyum.

Snack ringan

Snack tentunya ada banyak macam, ada kusuka, Doritos, Cheetos, Happytos, dan tos-tos lainnya yang gampang banget untuk dicari dan disajiin. Gak perlu dihidangin dengan piring, tinggal buka aja bungkusnya dan kamu bisa langsung comot. Tapi ingat ya, bungkus mouse atau gamepad kamu dengan tisu supaya tidak berminyak nantinya. Cemilan gamer satu ini memang tidak bagus kalau kebanyakan, lebih baik ngemilnya bareng mimin.

Kacang panggang

kacang panggang cemilan gamer Suka Ngemil Sambil Main Game? Coba 9 Cemilan Gamer Ini! kacang panggang

Snack sehat, juga maknyus!

Ternyata selain enak, kacang panggang juga menjadi cemilan sehat loh. Dikutip dari Liputan6, nutrisi dalam kacang panggang seperti vitamin E, asam folat, niacin, dan mangan berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan jantung manusia. Cemilan gamer satu ini juga bisa mencegah Alzheimer, mencegah batu empedu, membilas racun, dan melawan stress. GILS!

Cereal

Ini juga cepat, enak dan mudah banget untuk disajiin. Kalau dituang dengan susu, beuh…. Enak banget. Rasanya, fenomenal. Mimin tentunya bukan Masterchef Indonesia, tapi menurut mimin, cereal sehat yang disajiin dengan susu ini lebih enak dari steak manapun. Selain sehat, cemilan gamer ini pastinya mengenyangkan perut.

Mie

Zaman-zaman masi main game di warnet, bareng teman, terus laper, emang enaknya makan mie ya. Mau kuah, mau goreng, mau mentah juga enak banget. Apalagi kalau ditambah daging kornet dan telur, mimin jadi pingin beli sekarang. Tapi kalau kebanyakan, nanti kamu bakalan gendut, dan jadi susah dapat pacar. Tapi kalau ingat kembali momen-momen mienya datang, baunya, dan rasanya, kayaknya sepadan dengan risikonya ya? Enggak juga sih… HAHA!

Biskuit dan cokelat

Rasanya yang manis, membuat biskuit dan cokelat menjadi cemilan gamer yang hilangin stress. Apalagi biasanya mereka datang dengan bungkus yang memudahkan kamu untuk makan dan gak berepotan di tangan.  Tentu saja, kebanyakan ngemil ini bisa membuat kamu diabetes karena gulanya banyak beuts. Ngemil sedikit gapapa, daripada nanti stress terus rambut botak di usia dini. Gamau kan?

Buah-buahan

Kalau kamu malas minum air, tapi perut juga mengeluarkan suara lapar, makan saja buah-buahan. Kesegaran dari cemilan sehat ini membuat tenggorakan kamu tidak haus, vitaminnya juga baik untuk tubuh, dan juga bisa mengisi perut kamu sedikit.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Bermain Game

Pizza

Pizza, makanan lezat dari Itali, tapi terlezat di dunia menurut mimin. Roti yang dibakar sampai empuk dan renyah, dengan kejunya yang meleleh saat ditarik, dengan dagingnya yang terasa seperti meleleh di mulut dan membuat kamu lapar dan lapar lagi. Aduh, mimin gak bisa stop membahas makanan ini karena pizza adalah makanan yang paling disukai mimin. Gampang makannya, enak dikunyah,  Tapi jarang-jarang mimin ngemil ini sambil bermain game karena cemilan gamer ini mahal…

Martabak

Siapa yang gak tau martabak? Makanan khas Indonesia yang buat penduduk tanah air ketagihan dan bisa dibilang sudah meng-carry­ nama Indonesia ke seluruh dunia. Mau martabak manis, martabak telur, cemilan gamer ini akan menemanimu saat kamu bermain game atau lagi ngumpul bersama teman. Paling enak dimakan dengan garpu, supaya pas main game juga mouse atau gamepad kamu tidak berepotan.

Kentang goreng

Mau makan nasi, roti, burger, steak, bahkan eskrim, kentang goreng memang selalu di hati. Apalagi kentang goreng yang dibumbuin dengan bumbu BBQ seperti Mc D atau KFC, cemilan gamer ini akan selalu menemanimu di segala aktifitas kamu.

Kamu punya cemilan gamer atau cemilan sehat yang enak dimakan saat main game? Kamu bisa langsung komen supaya mimin juga bisa cobain, hehe.

sakit punggung saat bekerja sakit punggung Duduk Kelamaan Dapat Menyebabkan Sakit Punggung Sciatica! sakit punggung 600x400

Sakit punggung datang dengan banyak bentuk dan ukuran. Bisa terasa langsung setelah sebuah kecelakaan atau diam-diam datang secara misterius seperti air tenang menghanyutkan. Sakitnya bisa terasa hanya sebentar (akut) atau lebih lama dari hubungan kamu sama doi (kronis).

Di beberapa kasus, obat-obat saja cukup untuk menyembuhkan sakit punggung ini. Tapi di kasus yang parah, operasi harus dilakukan.

Kadang, susah untuk mencari sumber dari rasa sakitnya. Tapi di lain waktu, sangat gampang untuk menemukannya. Sciatica adalah salah satu sakit punggung yang paling mudah diindentifikasi.

Apa itu Sciatica?

Dikutip dari hellosehat, Sciatica adalah rasa nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit. Saraf panggul adalah saraf terpanjang yang ada di tubuh, dimulai dari pinggul dan bawah tulang belakang ke bagian belakang kaki. Sciatica adalah gejala dari penyakit saraf, bukan penyakit yang terpisah, dan biasanya menghilang setelah 4-8 minggu perawatan.

Apa penyebab Sciatica?

Untuk para gamers dan pekerja kantoran, sciatica biasanya terjadi karena duduk kelamaan dan ditambah dengan posisi duduk yang salah. Baca tips posisi duduk terbaik kami untuk mengurangi risiko sciatica.

Faktor lain meliputi:

  • Usia tua: Kondisi tulang belakang yang menua menjadi penyebab paling umum dari sciatica
  • Kegemukan: Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan terhadap tulang belakang
  • Diabetes: Diabetes dapat meningkatkan risiko dari kerusakan saraf

Gejala terumum Sciatica

Biasanya Sciatica akan mempengaruhi area di sekitar:

  • Bagian belakang paha,
  • Bagian belakang dan depan kaki,
  • Bagian tempurung kaki.

Gejala sciatica yaitu:

  • Nyeri,
  • Rasa terbakar,
  • Mati rasa,
  • Kurang tenaga,
  • Kesemutan.

Sciatica yang parah akan menyulitkan kamu bahkan saat berjalan atau menekukkan kaki. Jika kamu merasakan nyeri lebih dari 1 minggu atau nyeri terasa sangat parah, lebih baik untuk konsultasi dengan dokter.

Cara mencegah Sciatica

Bermain game dan bekerja membuat kamu lupa waktu dan duduk kelamaan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui posisi duduk terbaik menurut esporthealthcare.

  • Duduk dengan pinggul dan punggung menekan sandaran,
  • Kedua paha pas di kursi,
  • Tinggi kursi yang ideal dimana kedua telapak kaki menyentuh lantai,
  • Lutut menekuk 90 derajat.

Tambahan, kamu disarankan berdiri dari posisi duduk kamu setiap 30 menit dan berjalan-jalan selama 5 menit.

Cara mengatasi Sciatica

Menurut alodokter, sebagian besar kasus skiatika dapat diatasi tanpa memerlukan pengobatan dari dokter. Berikut adalah penanganan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  • Istirahat kurang lebih tiga hari. Disarankan di atas kasur yang tidak terlalu lembut.
  • Mengompres bagian yang terasa sakit dengan kompres hangat atau dingin untuk meredakan nyeri.
  • Melakukan latihan peregangan punggung bawah untuk meredakan gejala dan mengurangi tekanan pada saraf.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti, paracetamol.

Kalau cara di atas tidak bisa mengatasi gejala sciatica, kunjungilah dokter.

Sciatica hanyalah satu dari banyak macam sakit punggung yang bisa kamu dapat jika tidak duduk dengan posisi yang benar, duduk kelamaan atau bahkan kerja yang berlebihan. Bekerja memang penting, tapi istirahat tidak kalah penting. Tidak seperti di game, penyakit yang parah bisa disembuhkan dengan gampang dengan potion atau healing magic. Maka dari itu, kamu harus selalu ingat untuk berolahraga setiap hari dan menggunakan posisi duduk terbaik.

keyboard Keyboard Outemu Red Switch untuk Gamer Santuy WhatsApp Image 2020 01 23 at 17

Gamer, saat ini banyak terdapat pilihan switch keyboard yang tersedia di pasaran, mulai dari tipe yang berisik hingga yang santuy. Tipe switch tersebut dibedakan berdasarkan karakteristik dalam warna yang berbeda. Ada switch berwarna biru, coklat, merah, hitam, bahkan ada yang berwarna pink. Kalian bisa memilihnya berdasarkan gaya dan tipe permainan yang kamu mainkan.

Setelah beberapa tahun para gamer suka menggunakan tipe blue switch yang mempunyai karakter clicky dan tactile, saat ini para gamer mulai melirik ke switch berwarna brown dan red yang lebih punya karakter yang lebih ringan dan suaranya lebih lembut.

keyboard Keyboard Outemu Red Switch untuk Gamer Santuy switch 300x151

Outemu Red Switch
Outemu menjadi salah satu merek switch keyboard yang banyak digunakan oleh produsen keyboard. Awalnya, pabrikan asal China ini diidentikkan sebagai peniru merek Cherry. Namun, seiring perjalanan waktu, justru merek ini mulai mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Menurut beberapa forum gamer, switch Outemu mempunyai sensasi yang mirip dengan merek Cherry MX. Setiap warna yang digunakan untuk menandai masing-masing tipe pun sama persis.

Seperti pada Outemu switch merah, tipe ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan Cherry MX switch merah, dengan berat tekanan yang sedikit lebih berat. Yuk, kita bandingin teknis antara Cherry MX red switch dengan Outemu red switch, seperti berikut:

keyboard Keyboard Outemu Red Switch untuk Gamer Santuy Outemu Brown Mechanical Switch 300x300

Cherry MX Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 1,5mm,
– Tekanan aktuasi: 37gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 54gram

Outemu Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 2,1mm,
– Tekanan aktuasi: 45 – 47gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 57-61gram

Dari perbandingan teknis tersebut, dapat diketahui bahwa switch merah Outemu mempunyai tekanan yang sedikit lebih berat daripada punya Cherry MX.

keyboard Keyboard Outemu Red Switch untuk Gamer Santuy Cherry MX keyswitch 300x225

Dibandingkan warna switch yang lain, switch merah dinilai bersuara paling lembut. Bahkan lebih lembut dan ringan dibandingkan switch coklat yang saat ini dikenal sebagai salah satu switch dengan tekanan ringan.

Outemu switch coklat mempunyai tekanan aktuasi sekitar 55gram, lebih berat sekitar 10 gram dibanding Outemu switch merah. Meski demikian, suara klik keduanya sama-sama lembut, tetap dengan sensasi membal (tactile)

mouse grip mouse gaming Apa Mouse Grip Terbaik Untuk Kamu? mouse grip 600x454

Saat memilih mouse gaming terbaik untuk kamu berdasarkan dari bentuk, ukuran, berat dan atribut lainnya, tidak ada satupun mouse yang bisa memuaskan kebutuhan semua orang.

Rexus yakin kalau mouse gaming terbaik setiap orang berbeda-beda yang berarti subjektif, tapi dari pilihan subjektif itu bisa dipenuhi secara objektif. Maka dari itu, mouse gaming Rexus didesain secara unik dengan mempertimbangkan cara yang berbeda-beda saat memegang mouse atau mouse grip, yang dipakai untuk tipe-tipe game yang berbeda-beda.

Sampai saat ini, ada tiga mouse grip yang umum dipakai palm grip, claw grip, dan tip grip.

Baca juga: Cara Memilih Gaming Mouse Terbaik Kamu!

Palm grip

Ini adalah cara memegang mouse yang paling banyak digunakan orang, mencapai 50% dari pengguna mouse yang ada. Terasa sangat natural dan relax dimana hampir keseluruhan telapak tangan bersandar di atas mouse dengan jempol bersandar lembut di satu sisi dan kelingking bersandar di sisi lainnya. Kebanyakan dari pergerakan dilakukan dengan lengan kamu, cocok untuk gerakan meluncur.

Mouse gaming yang cocok untuk palm grip adalah mouse yang memilih ukuran yang besar dan lebar untuk memberi kenyamanan pada telapak tangan, seperti mouse gaming Rexus Xierra GT5 yang memiliki thumb-rest supaya jempol kamu bisa bersandar dengan nyaman.

Keuntungan: posisi lebih relax, mempunyai kontrol yang lebih baik untuk gerakan meluncur.

Kekurangan: tidak cocok untuk game yang membutuhkan kecepatan atau gerakan berulang karena kurang lincah.

Claw grip

Sesuai dengan namanya, claw grip dilakukan dengan menyandarkan telapak tanganmu di bagian belakang mouse dan hanya ujung jari bersandar pada mouse, seperi Kung Fu Master! Seperti harimau yang siap untuk menyerang, claw grip cocok untuk gerakan yang membutuhkan reaksi cepat dan presisi lebih. Walaupun tidak sepopuler palm grip, claw grip lebih populer di kalangan gamer yang suka bermain game bergenre RTS (real-time strategy) yang akhir-akhir semakin populer juga.

Mouse gaming yang cocok untuk claw grip adalah mouse gaming yang mempunyai ukuran yang lebih ringan dan lebih kecil, tapi tidak terlalu kecil sampai telapak tangan kamu tidak bisa bersandar di atasnya, seperti mouse gaming Rexus Titanix TX10!

Keuntungan: gerakan meluncur cepat, lebih baik di kestabilan dan presisi.

Kekurangan: lebih cepat capek, kurang relax, dapat menyebabkan keregangan lebih cepat pada jari.

Tip / Fingertip Grip

Bisa dibilang sebagai cara memegang gaming mouse yang paling extreme karena hanya mengandalakan ujung jari untuk bergerak. Mouse dapat bergerak jauh lebih cepat karena telapak tangan dan pergelangan tidak menjadi hambatan lagi.

Mouse gaming yang cocok untuk tip grip tentunya adalah mouse gaming yang kecil dan ringan, seperti mouse gaming Rexus Xierra G5!

Keuntungan: Fast and Furious, mempunyai kecepatan paling tinggi.

Kekurangan: Tidak cocok untuk game yang membutuhkan kelincahan.

Mouse Gaming Terbaik FPS mouse gaming Cara Memilih Mouse Gaming Terbaik Untuk FPS TX10 01 2 1030x579

Pastinya, kalau kamu ingin memilih mouse gaming terbaik khusus untuk game FPS (First-Person Shooter) kamu tidak disarankan hanya untuk mencari yang nyaman di tangan saja. Kalau kamu cuman gamer casual, pakai mouse biasa saja sudah cukup karena harganya yang relatif murah. Tapi akan berbeda kalau kamu ingin meningkatkan performa kamu saat bermain game, mungkin untuk memamerkan K/D/A kamu yang tinggi kepada teman-teman, atau ingin menjadi streamer atau bahkan pro player gantiin BnTeT, kualitas komponen dan bentuk yang dibuat khusus untuk mouse FPS tentunya akan sangat membantu.

Kalau kamu masih bingung, tips ini akan membantu kamu dalam mencari mouse gaming terbaik untuk kebutuhan FPS kamu.

CARA MEMILIH MOUSE GAMING FPS

Ada banyak mouse gaming yang dikhususkan untuk satu genre game, seperti RTS, MOBA (Dota2), FPS, RPGs, dll. Hampir tidak ada mouse gaming yang mempunyai fitur-fitur memadai untuk semua genre game. Di tips kali ini, kita akan membahas tentang mouse gaming terbaik untuk FPS.

Sensor

Untunk menentukan sensor mouse fps, kita bandingkan saja sensor optik atau laser yang paling banyak digunain pro player. Banyak pro player yang menggunakan sensor optik karena sangat sensitif. Terlebih lagi, mouse gaming optik biasanya kurang rentan terhadap gerakan yang tidak disengaja saat tangan sedang melayang, yang lebih dikenal sebagai jarak lift-off. Contohnya, saat tangan kamu sudah di ujung mousepad dan kamu ingin memindahkannya. Kekurangan dari sensor optik adalah kamu harus menggunakan permukaan yang benar, contohnya mousepad, supaya sensor ini bisa bekerja dan biasanya sensor optik mempunyai harga yang lebih mahal.

DPI

DPI atau dots-per-inch adalah sensitivitas dari gerakan mouse. Emang benar biasanya semakin tinggi DPInya, semakin bagus sensornya. Tapi kenyataannya, kebanyakan pro player yang sudah ikut kompetisi game FPS menyetel DPI mereka menjadi 400-800. Ini dilakukan supaya gerakan mouse mempunyai akurasi yang tinggi. Tapi ya, tentu saja beda orang ya biasanya beda preferensi. Makanya, pilih mouse FPS yang mempunyai DPI yang lengkap dan polling rate yang tinggi, supaya kamu bisa sesuain sendiri.

Tipe mousepad yang kamu pakai sebenarnya juga memberi banyak kontribusi untuk sensitivitas mouse gaming FPS kamu.

Ukuran Tangan

Saat memilih mouse gaming terbaik untuk kamu, satu ukuran tidak menyakup semuanya. Kalau tangan kamu terlalu besar dan berat untuk mouse FPS kamu, bisa-bisa nanti kamu misclick atau double click di saat yang kamu tidak mau. Kalau tangan kamu terlalu kecil, bisa jadi jari kamu tidak sampai untuk menekan tombol secara leluasa. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak mouse gaming yang dibuat khusus untuk gamer yang mempunyai tangan yang besar dan kecil. Ukuran tangan kamu akan berpengaruh kepada cara kamu memegang mouse atau grip style.

Grip Style

mouse grip mouse gaming Cara Memilih Mouse Gaming Terbaik Untuk FPS mouse grip 600x454

Tentunya beda-beda grip style berarti berbeda-beda mouse gaming terbaik. Dari bentuk dan beratnya yang membantu dalam memberi kenyamanan saat dipegang.

Palm grip:

Keuntungan: posisi lebih relax, mempunyai kontrol yang lebih baik untuk gerakan meluncur.

Kekurangan: tidak cocok untuk game yang membutuhkan kecepatan atau gerakan berulang karena kurang lincah.

Claw grip:

Keuntungan: gerakan meluncur cepat, lebih baik di kestabilan dan presisi.

Kekurangan: lebih cepat capek, kurang relax, dapat menyebabkan keregangan lebih cepat pada jari.

Fingertip grip:

Keuntungan: Fast and Furious, mempunyai kecepatan paling tinggi.

Kekurangan: Tidak cocok untuk game yang membutuhkan kelincahan.

Kebanyakan pro player di FPS menggunakan claw grip untuk presisi dan akurasi. Tapi kembali lagi, belum tentu claw grip cocok untuk kamu.

Berat Mouse

Kalau memilih mouse gaming terbaik, jarang-jarang orang memikirkan tentang beratnya. Tetapi, segala macam optimisasi yang bisa dilakukan lebih baik diperhatikan. Untuk game FPS, kebanyakan berpikir bahwa lebih ringan lebih baik. Ada banyak mouse gaming sekarang yang bisa menambah berat sesuai kebutuhan pengguna untuk menyesuaikan dengan play style pengguna.

Kesimpulan

Yang pasti mouse FPS harus menggunakan sensor yang lebih baik yaitu optik, karena kurang rentan dengan jarak lift-off dan memilih DPI tidak perlu tinggi-tinggi karena kebanyakan pro-player menggunakan 400-800 DPI. Untuk ukuran dan berat, hanya bisa disesuaikan dengan pengguna. Tidak ada ilmu pasti dalam memilih mouse gaming terbaik untuk FPS karena berbeda-beda orang mempunyai cara bermain yang berbeda-beda. Tetapi Rexus ada mouse FPS yang mungkin akan cocok dengan kebutuhanmu!

Gaming mouse ini cocok untuk bermain game FPS karena dibuat khusus untuk claw grip, dengan ukurannya yang lebih besar dan beratnya yang lebih ringan, akan cocok untuk menjadi mouse gaming terbaik untuk FPS!

mouse gaming dota 2 mouse gaming Mouse Gaming Terbaik Untuk DOTA 2 GT5 bg 01 1 1080x608

MENCARI MOUSE GAMING TERBAIK UNTUK DOTA 2?

Gamers, baca dulu tips ini sebelum membeli mouse gaming terbaik untuk DOTA 2. Kalau gamer casual, mungkin mouse biasa aja sudah cukup. Tapi kalau kamu adalah seorang gamer hardcore yang ingin menaikkan performa dalam bermain game, cara memilih peralatan yang benar tentu adalah hal yang perlu dipelajari. Apalagi kalau kamu ingin menaikkan MMR kamu dan menjadi pro player dan mengalahkan Dendi atau Anna. Mungkin kamu juga bisa menjadi streamer yang tidak hanya mempunyai skill yang hebat, tapi juga pengetahuan luas tentang komponen-komponen mouse dan bisa menjelaskan dengan baik kepada penonton kamu. Biasanya yang begitu, lebih banyak dapat sponsor loh.

APA SAJA YANG PENTING UNTUK DIKETAHUI

Ada banyak mouse gaming yang dikhususkan untuk game mempunyai genre berbeda-beda seperti RTS, MOBA, FPS, RPGs, dll, ada juga mouse gaming yang mempunyai fitur-fitur memadai untuk semua genre game. Di tips kali ini, kita akan membahas tentang mouse gaming terbaik untuk MOBA.

Sensor

Saat membandingkan sensor optik atau laser, kebanyakan pro player menggunakan sensor optik karena sangat sensitif. Terlebih lagi, mouse gaming optik biasanya kurang rentan terhadap gerakan yang tidak disengaja saat tangan sedang melayang, yang lebih dikenal sebagai jarak lift-off. Contohnya, saat tangan kamu sudah di ujung mousepad dan kamu ingin memindahkannya. Kamu tidak mau kan kursor kamu berpindah-pindah cuman karena itu? Kekurangan dari sensor optik adalah kamu harus menggunakan permukaan yang benar, contohnya mousepad, supaya sensor ini bisa bekerja dan biasanya sensor optik mempunyai harga yang lebih mahal.

DPI

DPI atau dots-per-inch adalah sensitivitas dari gerakan mouse. Emang benar biasanya semakin tinggi DPInya, semakin bagus sensornya. Tapi kenyataannya, banyak orang yang sudah cukup dengan DPI sebanyak 1600 kok.

Mouse gaming terbaik juga harus didukung dengan mousepad mantap, karena sebenarnya mousepad yang kamu pakai juga memberi banyak kontribusi untuk sensitivitas mouse gaming kamu.

Grip Style

mouse grip mouse gaming Mouse Gaming Terbaik Untuk DOTA 2 mouse grip 600x454

Tentunya beda-beda grip style berarti berbeda-beda mouse gaming terbaik. Dari bentuk dan beratnya yang membantu dalam memberi kenyamanan saat dipegang.

Palm grip:

Keuntungan: posisi lebih relax, mempunyai kontrol yang lebih baik untuk gerakan meluncur.

Kekurangan: tidak cocok untuk game yang membutuhkan kecepatan atau gerakan berulang karena kurang lincah.

Claw grip:

Keuntungan: gerakan meluncur cepat, lebih baik di kestabilan dan presisi.

Kekurangan: lebih cepat capek, kurang relax, dapat menyebabkan keregangan lebih cepat pada jari.

Fingertip grip:

Keuntungan: Fast and Furious, mempunyai kecepatan paling tinggi.

Kekurangan: Tidak cocok untuk game yang membutuhkan kelincahan.

Kebanyakan pro player di MOBA menggunakan claw grip untuk presisi dan akurasi. Tapi kembali lagi, belum tentu claw grip cocok untuk kamu. Ada juga pro player yang menggunakan palm grip karena posisinya paling relax, cocok untuk game DOTA 2 yang lama.

Tombol Tambahan

Tombol tambahan akan sangat berguna untuk DOTA 2 karena semakin banyaknya tombol yang harus ditekan. Saking banyaknya tombol yang harus ditekan di keyboard, ada baiknya kamu pindahkan beberapa kepada mouse kamu. Jangan terlalu banyak, ini bukan game MMORPG. Setelah kamu menentukan mouse grip kamu, kamu sesuaikan gimana cara menekan tombol tambahan yang enak untuk kamu.

Konklusi

Yang pasti, disarankan untuk menggunakan sensor optik karena kurang rentang terhadap jarak lift-off. DPI tidak perlu lah terlalu banyak, 1600 sudah cukup. Tapi semakin banyak DPI, bisa digunakan untuk bermain game bergenre lainnya. Kalau masalah grip style, claw grip ok banget untuk kecepatan dan presisi, tapi sangat melelahkan. Makanya ada juga yang menggunakan palm grip yang relax banget. Tombol tambahan tidak perlu terlalu banyak.

Mouse Gaming Rexus Xierra GT5 mouse gaming Mouse Gaming Terbaik Untuk DOTA 2 GT5 03 300x300

Gaming Mouse Rexus Xierra GT5

Untuk itu, Rexus menyarankan Rexus Xierra GT5 sebagai mouse gaming terbaik untuk DOTA 2. Datang dengan tombol tambahan yang cukup, thumb-rest supaya jempol sip kamu bisa bersandar. Menjadikan gaming mouse ini ergornomis dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Mouse dan keyboard nirkabel umumnya datang dengan dua tipe: radio-frequency (RF) atau Bluetooth. Setiap teknologi tersebut cocok untuk menjalankan aktivitas harian seperti browsing, bekerja dan gaming.

Lebih cepat yang mana?

Mouse USB-RF bluetooth Bluetooth Vs. USB-RF Untuk Mouse dan Keyboard: Yang Mana Lebih Baik Rexus RX109 02 300x225

USB-RF

Apapun aktivitasnya, kecepatan menjadi salah satu faktor terpenting dari mouse dan keyboard. Pastinya kamu ingin apa yang kamu input secepatnya muncul di layar monitor. Apalagi saat bermain game FPS, kamu ingin secepatnya menghadap ke arah suara langkah kaki musuh dan bersiap-siap untuk menanganinya.

Untuk kecepatan, USB-RF memberikan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan Bluetooth. Maka dari itu, keyboard dan mouse Bluetooth tidak cocok untuk dipakai gaming. Pastikan koneksi jaringan USB-RF dari mouse atau keyboard yang kamu minati berjumlah 2.4 GHz, yang berarti mempunyai lebih sedikit masalah interferensi dengan jaringan lainnya.

Lebih kompatibel yang mana?

Port USB bluetooth Bluetooth Vs. USB-RF Untuk Mouse dan Keyboard: Yang Mana Lebih Baik technology computer connection plug how to identify usb ports pb Featured 600x336

Port USB

Kecepatan bukanlah segalanya. Yang menjadikan perbedaan utama antara USB-RF dan Bluetooth adalah kekompatibilitasnya. USB-RF pastinya membutuhkan port USB untuk dicolok dan baru bisa digunakan. Masalahnya adalah, tidak semua perangkat mempunyai port USB.

Banyak perangkat, termasuk yang tidak mempunyai port USB, kompatibel dengan Bluetooth. Kamu bisa menggunakan keyboard dan mouse Bluetooth mu untuk tabletmu juga loh. Keyboard dan mouse Bluetooth sangat cocok untuk kamu yang mempunyai banyak perangkat, tapi hanya ingin menggunakan satu macam mouse saja.

Lebih mudah yang mana?

Tentu saja USB-RF lebih mudah digunakan. Kamu hanya perlu mencolok USB-RF ke port USB kamu dan sistem akan otomatis mengoperasinya. Kadang juga, satu USB-RF cukup untuk mouse dan keyboard nirkabel jika mereka datang bersamaan.

Di sisi lain, keyboard dan mouse Bluetooth membutuhkan langkah yang lebih banyak. Pertama kamu harus pastikan semuanya dalam kondisi pairing mode, dan menunggu laptop atau tabletmu mengirim pesan kepada mouse atau keyboard kamu. Dan kalau kamu ingin pindah dari satu perangkat ke yang lain, kamu harus mengulang langkah-langkahnya.

Setelah pengaturan yang pertama, Bluetooth menjadi lebih mudah kalau ingin digunakan terus menerus. Ingin langsung pindah dari laptop dan jalan-jalan dengan tabletmu? Kamu tinggal menjauh cukup jauh dari laptop kamu dan keyboard atau mouse Bluetooth kamu akan otomatis berpindah. Atau kamu hanya perlu mematikan saja Bluetooth dari laptop.

Konklusi

Kamu perlu ingat, jika colokan USB-RF kamu rusak atau hilang, mouse atau keyboard kamu tidak bisa digunakan. Tapi untuk gaming, tetap lebih cocok menggunakan USB-RF yang mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Bluetooth. Tapi kalau kamu ingin menggunakan banyak perangkat, disarankan menggunakan Bluetooth yang bisa dikoneksikan dengan tablet.

Baca juga: Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Coba 15 Solusi Ini

Posisi duduk yang benar saat gaming dan bekerja sangat penting mengingat jumlah waktu yang dihabiskan gamer dan pekerja kantoran dalam posisi duduk. Maka dari itu, postur ini telah menjadi topik hangat di esports, di industri game, dan bekerja menggunakan computer secara umum. Banyak profesional kesehatan, gamer, dan organisasi berusaha untuk membawa kesadaran akan pentingnya mekanisme tubuh selama gaming atau bekerja berjam-jam.

Mungkin bagian terpenting dari duduk adalah istirahat dari duduk. Terlepas dari seberapa baik kamu mempertahankan postur, duduk juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, memposisikan postur tubuh yang baik saat gaming juga dapat menambah fokus dan pengalaman gaming yang lebih baik.

Setelah membaca ini, kami berharap kamu bisa menemukan postur gaming dan postur kerja terbaik untuk kamu.

Baca juga: Cara Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu

Posisi Duduk Yang Benar  Posisi Duduk Yang Benar Untuk Gamer Dan Pekerja Kantoran Postur Badan

Posisi Duduk Yang Benar Menurut esporthealthcare.com

  1. Tubuh bagian atas

Untuk mengurangi tekanan pada leher dan untuk membantu menjaga otot-otot di bahu & leher kamu santai:

Kepala: jika kamu memiliki kursi gaming, sandarkan kepala ke sandaran kepalanya.

Leher: untuk membantu membatasi nyeri leher dan sakit kepala, jaga agar kepala kamu tetap ke belakang dan dagu kamu dimundurkan sehingga telinga kamu berada pada garis bidang yang sama dengan bahu.

Bahu: hindari mengangkat bahu dan memajukan bahu kamu. Tarik bilah bahu kamu ke bawah dan ke belakang, dan sandarkan punggung kamu di sandaran kursi. Posisi ini dapat mencegah rounded shoulder.

  1. Posisi monitor

Aturan umum, ukuran layar adalah jarak yang harus kamu tempatkan monitor dari wajah kamu. Jarak dari wajah kamu, terlepas dari ukuran layar, harus tidak kurang dari 50 cm.

1/3 – 1/4 bagian atas monitor kamu harus sejajar dengan mata. Karena itu, monitor akan dimiringkan sedikit ke atas, kira-kira sebanyak 20° untuk memenuhi mata kamu.

Mengikuti aturan-aturan ini akan membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan pedoman postur pada nomor 1) tubuh bagian atas dan akan membantu mencegah kecapean pada mata!

Baca juga: Cara Gamer Menjaga Kesehatan Mata

  1. Sandaran tangan

Atur lengan kamu cukup tinggi sehingga siku tertekuk sekitar 90 derajat.

Lengan kamu harus bersandar dengan lembut pada sandaran bertumpu alih-alih disangga. Terlalu banyak tekanan dari lengan pada lengan kamu dapat menyebabkan cubital tunnel syndrome.

Jika lengan kamu tidak diistirahatkan dengan benar, kamu mungkin menggunakan otot di bahu untuk mengangkat tangan. Ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai mouse shoulder.

Cari tahu lebih tentang mouse shoulder dengan klik link ini.

  1. Posisi meja

Tinggi meja kamu harus cukup tinggi sehingga anda hanya dapat melihat bagian atas paha Anda.

Ketinggian meja kamu juga harus cukup rendah sehingga lengan sejajar dengan lantai dan meja. Jika meja kamu terlalu tinggi, siku atau pergelangan tangan akan tegang, berpotensi mengarah ke carpal tunnel atau cubital tunnel syndromes.

Dorong kursi kamu ke arah meja sehingga kamu cukup dekat dengan monitor dan tidak perlu bersandar ke depan, mengikuti pedoman 1) tubuh bagian atas dan 2) posisi monitor.

  1. Sandaran punggung

Jika kursi gamer kamu memiliki opsi, sandarkan sandaran kursi 90-120 derajat.

Usahakan punggung bawah ditekan ke sandaran kursi. Duduk jauh dari sandaran dapat menyebabkan posisi membungkuk.

Duduk tegak atau sedikit bersandar dapat mengambil tekanan dari punggung kamu dan akan membantu mengurangi risiko nyeri punggung dan sacroiliac joint dysfunction.

  1. Pinggul dan paha

Duduk dengan memposisikan pinggul di kursi sehingga punggung kamu menempel pada sandaran punggung.

Posisikan kedua paha sejajar dengan meja dan lantai. Duduk bersila atau tidak seimbang dapat menyebabkan kondisi seperti sacroiliac joint dysfunctionsciatica, dan nyeri punggung.

  1. Tinggi kursi, kaki dan telapak kaki

Tinggi kursi harus membuat telapak kaki kamu bersandar rata di lantai tanpa ketegangan tambahan pada kaki. Terlalu tinggi kursinya maka kaki bisa menjuntai dengan bebas. Terlalu rendah maka paha tidak akan bersandar rata di kursi. Kedua masalah dapat menyebabkan sacroiliac joint dysfunctionsciatica dan nyeri punggung

Lutut harus tertetekuk sekitar 90 derajat.

Memang bermain game atau bekerja bisa membuat kamu lupa waktu. Tapi, justru itulah yang dapat mendatangkan beragam macam penyakit. Selalu ingat untuk mengistirahatkan tubuh kamu setiap 1 jam selama 5 menit, minum air dan melakukan peregangan tubuh. Setelah itu, kamu dapat kembali ke posisi duduk terbaik kamu dengan kondisi lebih segar dan lebih baik untuk menjalankan aktivitas kamu, gaming ataupun bekerja.

Baca Juga: 10 Aturan Sehat Ala Gamers

Gamer Kidal  Penasaran Gimana Gamer Kidal Saat Gaming? Gamer Kidal 1080x606

Pada umumnya, mouse diciptakan oleh perusahaan dengan desain yang cocok digunakan untuk mereka yang lebih sering menggunakan tangan kanan. Begitu juga dengan keyboard, didesain sehingga lebih efektif dan efisien saat digunakan dengan tangan kiri.

Hal tersebut juga berlaku untuk para gamer pc pada umumnya. Namun tidak berlaku bagi beberapa gamer kidal. Beberapa gamer profesional yang kidal, diketahui bermain menggunakan tangan kidalnya. Itu berarti mouse di tangan kirinya dan keyboard di tangan kanannya.

Memang merupakan pemandangan yang tidak biasa pada umumnya, namun ternyata skill yang dimiliki oleh gamer kidal tidak dapat diragukan lagi. Beberapa fakta ilmiah mengatakan orang kidal memiliki kemampuan unik seperti; memiliki kecerdasan diatas rata-rata, cenderung lebih kreatif, lebih bisa memanfaatkan kedua tangannya untuk beraktivitas, dan lain sebagainya. Fakta menarik lainnya juga mengatakan bahwa populasi orang kidal hanya 10 persen di dunia.

Gimana caranya gamer kidal saat gaming?

Nisha Dota 2  Penasaran Gimana Gamer Kidal Saat Gaming? enm27nwd5zu11 600x338

Micha? “Nisha” Jankowski

Micha? “Nisha” Jankowski, lahir pada tanggal 28 September tahun 2000, merupakan atlet esport profesional Dota2 dari negara Polandia. Saat ini ia bermain untuk Team Secret. Namanya begitu terkenal ketika baru bertama kali masuk ke dalam tim tersebut. Diketahui Nisha adalah salah satu pemain terbaik Dota2 yang menggunakan tangan kidalnya. Dengan skillnya juga luar biasa hebat, Nisha membuat beberapa fansnya ingin mencoba menjadi gamer kidal.

Tapi ada juga orang kidal yang tidak menggunakan tangan kidalnya saat menggunakan komputer. Dikutip dari Quora, ternyata ada juga selain kalian yang bertanya-tanya tentang orang kidal saat gaming. banyak orang kidal yang mengadaptasi dan menggunakan tangan kanan untuk mouse dan tangan kiri untuk keyboard. Ini disebabkan karena komputer yang sering digunakan adalah komputer bersama. Jadi mereka tidak punya pilihan lain selain mengikuti keadaan yang sudah ada. Pada akhirnya, tidak semua gamer kidal menggunakan tangan kidalnya untuk gaming. Ada juga yang bisa menggunakan kedua tangannya dengan baik.

Ada tidak ya mouse gaming kidal?

Ada tidak ya mouse gaming kidal? Memang jarang dipasarkan dan jumlahnya tidak banyak. Banyak perusahaan yang tidak melihat keuntungan dari menciptakan mouse gaming kidal, karena berdasarkan informasi di atas, hanya ada 10 persen orang kidal di dunia, dan dari orang-orang itu, hanya beberapa persennya seorang gamer. Dalam dunia gaming, dikenal istilah Ambidextrous Mouse, yaitu mouse gaming dengan desain simetris yang cocok untuk pengguna bertangan kanan maupun bertangan kiri.

Mouse Gaming Kidal LED RGB  Penasaran Gimana Gamer Kidal Saat Gaming? Titanix TX10 05 300x300

LED RGB Keren

 

Walaupun mouse gaming ini tidak dikhususkan untuk gamer kidal, tapi kamu tidak perlu menggonta-ganti mouse saat ingin meminjamkannya kepada orang lain. Membuat ini menjadi mouse gaming yang flexibel.

Belajar juga cara mengubah mouse menjadi kidal!

 

Facebook Gaming facebook gaming Daftar Jadi Facebook Gaming Creator, Digaji Puluhan Juta! Facebook Gaming 1

Kamu mau dapat gaji puluhan juta hanya dengan main game? Kamu tinggal mendaftarkan diri kamu menjadi streamer di Facebook Gaming Creator! Banyak streamer ternama dari luar negeri yang juga sudah pindah dari Twitch atau platform stream lain karena mereka mendapatkan penghasilan lebih loh. Jangan mau ketinggalan donk!

Program Level Up

Tapi sebelum kamu digaji, kamu harus mengikuti program Level Up. Orang yang baru memulai ngestream harus terlebih dahulu membuat halaman “Kreator Video Game” dan setelah itu melakukan streaming konten game (dengan menandai game-nya) selama minimal 4 jam dalam tempo 14 hari sebelumnya. Kamu juga butuh 100 pengikut.

Vivek Sharma, sebagai kepala di bidang produk gaming Facebook, memberikan penjelasan kepada Business Insider, bahwa program ini dijalankan supaya mereka bisa memilih siapa yang layak untuk Level Up dan diberikan tanda special untuk mereka yang sudah cocok dengan yang mereka harapkan. Jumlah orang yang mengikuti program ini tentunya banyak dan maka dari itu kamu harus sabar menunggu.

Pastikan konten kamu memenuhi persyaratan standar komunitas facebook dan Kebijakan Monetisasi Partner ya.

Level Up juga memberikan kamu akses kepada Stars dan fitur langganan atau subscription. Setiap Stars yang kamu dapat, itu jumlahnya 1 cent. Facebook akan membayar kamu jika kamu sudah mendapatkan setidaknya 10.000 Stars yang berjumlah $100 USD.

Cara Daftar Jadi Facebook Gaming Creator

Caranya gampang kok. Kamu hanya perlu membuka website pendaftarannya.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah memiliki akun Facebook pribadi dan juga Facebook Gaming Page ya. Kalau belum punya, klik link ini aja lah, gampang.

Step 1 – Membuat Facebook Gaming Creator Page

  • Sebelum menjadi Facebook Gaming Creator, kamu perlu membuat page sebagai platform kamu melakukan live streaming.
  • Pertama-tama, buka website untuk membuat Facebook Gaming Creator Page melalui link ini.
  • Sekarang kamu bisa mengedit halaman streamer kamu sekeren mungkin. Pilih profile picture yang bagus atau cover photo yang kece supaya bisa menarik perhatian.
  • Kalau sudah, kamu akan langsung masuk ke halaman Facebook Gaming Creator.

Step 2 – Mendaftar Jadi Official Facebook Gaming Creator

Buka website pendaftaran Facebook Gaming Creator dengan cara klik link ini, lalu klik tombol Daftar yang ada di sisi kiri bawah halaman seperti di gambar bawah ini.

Daftar Facebook Gaming Creator facebook gaming Daftar Jadi Facebook Gaming Creator, Digaji Puluhan Juta! Facebook Gaming Creator 600x277

Step 3 – Mengisi Data Diri

  • Isi Nama Lengkap sesuai KTP, E-mail yang aktif, dan nomor Handphonemu.
  • Setelah mengisi data dirimu dengan lengkap, kamu perlu mengisi data berupa link Facebook personal dan link Facebook Gaming Page yang sudah kamu daftarkan tadi.
  • Setelah semua terisi, klik tombol Daftar.
  • Setelah berhasil, kamu bisa langsung cek email kamu.

Form Daftar facebook gaming Daftar Jadi Facebook Gaming Creator, Digaji Puluhan Juta! Form Daftar 600x488

YEY! Kamu sudah berhasil mendaftarkan diri kamu menjadi Facebook Gaming Creator. Semoga kamu bisa menjadi streamer mantul kedepannya dan jangan lupa dengan Rexus ya. Kalau follower kamu sudah banyak, kasi tau ya! Nanti kita bisa kerja sama. Tau-tau, kamu bisa request kursi gaming.