Mouse Shoulder Cause mouse Apa Sih Beda Mouse Gaming dengan Mouse Biasa? MouseShoulder 600x400

Gamers, pertanyaan tentang beda mouse gaming dengan mouse biasa mungkin terasa sangat awam, apalagi bagi kalian yang sudah mengenal dan menggunakan mouse sejak lahir. Tapi, tentu tidak semua dari kalian bisa membedakan keduanya secara detil, bukan? Padahal pertanyaan itu sering ditanyakan oleh orang tua kalian saat hendak membelikan mouse gaming – buat kalian yang masih minta ke  orangtua ya. Biar bisa jelasin, yuk kita bahas bareng.

Prinsipnya, kedua jenis mouse ini mempunyai mempunyai prinsip kerja sama, yaitu sebagai peranti untuk menggerakkan kursor pada komputer sehingga memudahkan penitikan obyek yang ingin dituju di layar komputer.

Perbedaannya terdapat pada beberapa fitur tambahan yang dibenamkan dalam gaming mouse sehingga kinerja sebuah mouse jadi lebih optimal. Apa saja perbedaan antara gaming mouse dengan mouse standar?

Mouse Kidal mouse Apa Sih Beda Mouse Gaming dengan Mouse Biasa? Mouse Kidal 600x337

Fitur Mouse Gaming yang Ngga Ada di Mouse Biasa

Resolusi DPI

Mouse standar memiliki resolusi DPI (Dots Per Inch) sekitar 500-800, sedangkan gaming mouse bisa mencapai 2000 dpi ke atas, bahkan hingga 16.000. Semakin tinggi ukuran DPI, maka kursor akan terasa lebih cepat dan sensitif. Seberapa cepat kamu menggerakkan mouse, kursor akan tetap mengikuti.

Fitur macro  

Yang paling membedakan, pada gaming mouse terdapat beberapa tombol macro yang dapat diprogram sesuai kebutuhan, terutama saat bermain. Kamu bisa menemukannya di gaming mouse Rexus seri Xierra X8, X9, X11, X12, dan X13, serta Titanix TX10.

Kualitas sensor

Seperti yang sudah dibahas di artikel tentang sensor pada gaming mouse, perbedaan yang mencolok antara gaming mouse dengan mouse biasa terdapat pada kualitas LED dan sensor di dalamnya.  Sensor gaming mouse mempunyai kemampuan untuk menitik obyek di bawahnya sehingga makin reaktif dan sensitif.

Chipset

Untuk mengatur fitur-fitur itu, dalam gaming mouse terdapat chipset  dengan memori sekitar 128 MB hingga 1 GB. Tujuannya adalah untuk menyimpan pengaturan atau script yang kita gunakan untuk bermain. Ini tidak terdapat pada mouse biasa atau standar

Faktor ergonomis

Mouse biasa memang dirancang sesimpel mungkin karena tidak digunakan untuk kerja keras. Berbeda dengan gaming mouse yang bentuknya dibuat sedemikian rupa agar nyaman digunakan oleh telapak tangan dan bisa digunakan untuk bergerak secepat mungkin.

Kualitas bahan

Berdasarkan kegunaannya, kualitas bahan gaming mouse tentu lebih baik. Selain dari peranti plastik yang lebih kuat, tombol klik pada gaming mouse jauh berkualitas. Seperti pada gaming mouse Rexus Titanix TX10, tombol klik menggunakan tombol Huano yang mempunyai daya tahan hingga 20 juta klik!

Mouse Gaming Rexus X8 mouse Apa Sih Beda Mouse Gaming dengan Mouse Biasa? Xierra X8 fancy 300x300

Lebih Mahal Dikit, Tapi Setara

Dari segi harga, mouse gaming tentu lebih mahal dibanding mouse biasa.  Kamu tentu harus merogoh kocek lebih dalam jika dibandingkan dengan membeli mouse biasa. Jika harga mouse biasa berada di kisaran 50 ribu hingga 200 ribuan, maka harga gaming mouse berkisar antara 150 ribu hingga jutaan rupiah.

Tapi, jangan kuatir. Kamu bisa memilih produk gaming mouse yang terjangkau seperti Rexus untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan kamu. Kamu bisa memilih seri Rexus Xierra yang mempunyai harga di bawah 200 ribuan atau jika ingin level yang lebih tinggi, seri Titanix akan optimal untuk mendukung aktivitas gaming dan pekerjaan profesional kamu.

 

 

protein leather Protein Leather, Kulit Imitasi Pelapis Headset yang Lebih Nyaman dari Kulit Asli headsets 625026 640 300x192

Gamer, salah satu jenis kulit imitasi pelapis headset gaming yang kini sedang ngetrend adalah protein leather. Penggunaan kulit imitasi ini membuat permukaan earcup dan bando headset makin halus dan nyaman saat digunakan. Tak hanya pada headset, jenis kulit imitasi ini juga sudah digunakan pada peralatan lain, termasuk pakaian. Hasilnya, kulit ini dinilai lebih nyaman dan lebih mudah perawatanna dibandingkan kulit asli.

Protein leather merupakan salah satu jenis kulit imitasi. Disebut “protein” karena kulit imitasi ini mengombinasikan bubuk protein dengan senyawa resin untuk membentuk lembaran kulit buatan yang memiliki kekuatan dan karakteristik yang mirip dengan kulit asli. Lembaran kulit imitasi tersebut kemudian disatukan dengan polyester sebagai material utamanya.

Protein leather diklaim lebih mirip dengan kulit asli karena pori-porinya lebih halus. Soal durabilitas, protein leather juga lebih kuat dan awet dibanding polyutherane leather, jenis kulit sintentis yang juga banyak digunakan untuk industri headset dan kursi gaming.

protein leather Protein Leather, Kulit Imitasi Pelapis Headset yang Lebih Nyaman dari Kulit Asli earcup 300x300

Imitasi yang Lebih Bagus dari Aslinya

Sejak produk pelapis yang terbuat dari kulit asli makin langka karena proses penyamakan yang lama dan terbatasnya hewan yang bisa dimanfaatkan kulitnya, orang menggunakan produk imitasi untuk menggantinya. Penggunaan kulit tiruan yang lebih terjangkau makin banyak. Kualitas kulit tiruan pun semakin lama semakin mendekati kualitas kulit asli. Bahkan, untuk beberapa aspek, kulit tiruan justru lebih punya keunggulan, seperti protein leather ini.

Protein leather mempunyai kesamaan dan karakteristik yang mirip dengan kulit asli berkualitas. Keunggulannya tentu adalah soal harga yang lebih terjangkau. Selain itu, karena dibuat dengan menggunakan mesin, maka warna dan kualitas yang dihasilkan akan selalu konsisten. Soal durabilitas, protein leather dapat awet hingga pulihan tahun.

Dari segi perawatan, protein leather membutuhkan perawatan jauh lebih minim dibandingkan dengan perawatan kulit asli. Secara periodik, kulit asli harus dirawat, yaitu dengan menggunakan losion pelembap kulit agar terhindar dari kekeringan yang menyebabkan lapisan kulit berkerak dan akhirnya sobek. Kulit asli juga tidak bisa dijemur secara langsung di bawah sinar matahari.

Headset S7 Pro protein leather Protein Leather, Kulit Imitasi Pelapis Headset yang Lebih Nyaman dari Kulit Asli Headset S7 Pro 600x338

Penggunaan Pada Peralatan Non Furnitur

Penggunaan kulit imitasi awalnya banyak diaplikasikan pada produk fashion. Sejak marak kampanye anti penggunaan pakian dari bulu atau kulit hewan, kulit imitasi jadi satu pilihan pengganti kulit. Tak hanya fashion, produk furnitur juga memanfaatkan bahan ini. Semakin ke sini, semakin banyak produk yang menggunakan bahan kulit imitasi, termasuk peralatan audio dan gaming.

Sejak ditemukan pertama kali oleh Nathaniel Baldwin pada 1910, headphone atau jemala mulai berkembang. Adalah AKG yang pada era 60-an mulai memproduksi headphone seperti sekarang ini, yaitu dengan pelapis earcup dari bahan yang dapat meredam bising lingkungan sekitar. Selain kain kanvas dan polyesther, penggunaan kulit imitasi pun makin sering digunakan.

Saat ini, penggunaan kulit imitasi makin marak karena lebih muda dibersihkan dan terasa lebih nyaman saat digunakan. Rexus memperucayakan produk headset premiumnya, S7 Pro, pada material pelapis ini. Dengan kombinasi memory foam dan protein leather, kemampuan meredam bising dari luar dapat dimaksimalkan. Selain itu, penggunaannya pun jadi lebih nyaman, terutama saat digunakan dalam waktu lama.

 

 

Headset Gaming IEL gaming Ini Alasan Kursi Gaming Rexus Tidak Menggunakan Sandaran Kaki Gaming Headset 600x338

IEL 2019

Gamer, ada beberapa alasan Rexus belum atau tidak memproduksi kursi gaming yang menggunakan sandaran kaki. Padahal, beberapa pengguna mengusulkan untuk memproduksi koleksi kursi yang menggunakan sandaran kaki, seperti produsen kursi gaming lainnya.

Rexus mempunyai beberapa alasan mengapa hingga saat ini belum melirik jenis produk seperti itu. Berikut alasannya:

Headset Gaming Rexus gaming Ini Alasan Kursi Gaming Rexus Tidak Menggunakan Sandaran Kaki Gaming Headset 2 600x338

IEL 2019

  1. Kursi Gaming Bukan Kursi Malas

Rexus menyadari sepenuhnya bahwa banyak pilihan kursi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada kursi tamu, kursi pijat, kursi malas, kursi gaming, kursi perwakilan rakyat, dan lain sebagainya Dinamakan kursi gaming karena kursi ini bertujuan untuk mendukung posisi duduk orang saat bermain gaming atau berolahraga elektronik.

Dalam berolahraga elektronik, posisi duduk harus tetap dalam kondisi yang memungkinkan untuk pergerakan bebas, tahan dalam posisi sedentary selama berjam-jam, dan tetap menyokong peredaran darah agar tetap lancar supaya otak bisa tetap fokus. Itu hanya bisa diperoleh dalam posisi duduk dengan kaki menapak lantai, bukan sambil tiduran seperti di kursi malas.

gaming Ini Alasan Kursi Gaming Rexus Tidak Menggunakan Sandaran Kaki pain 300x169

  1. Posisi Duduk Ergonomis Mendukung Kesehatan

Frank Maas, ahli esports ergonomics, sangat menekankan posisi duduk saat bermain game, terutama saat bertanding selama berjam-jam. Menurutnya, posisi sangat menentukan kecepatan refleks, ketahanan stamina, dan menghindarkan kita dari potensi sakit punggung serta peradangan pada pangkal telapak tangan (carpal tunnel syndrome). Inilah dimana kursi gaming atau gaming chair akan bermanfaat.

Menurut Frank Maas, duduk untuk waktu lama membutuhkan posisi yang tepat. Prinsipnya, posisi punggung harus tetap tegak lurus, namun tetap rileks. Lumban atau bantalan antar tulang belakang hendaknya disenderkan secara nyaman pada bantalan kursi yang mengikuti kontur atau posisi tulang belakang.

Selain posisi tulang belakang, posisi kaki juga harus menapak sempurna di lantai, dengan posisi tulang paha vertikal sedikit menurun agar peredaran darah, baik dari jantung ke kaki ataupun sebaliknya, tetap lancar.

gaming Ini Alasan Kursi Gaming Rexus Tidak Menggunakan Sandaran Kaki WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

  1. Kursi Gaming Rexus Mendukung Game PC

Rexus mendesain kursi gaming untuk permainan game di komputer, meski sangat terbuka kemungkinan untuk digunakan bermain game mobile atau bahkan sebagai kursi kerja. Dengan desain awal yang ditujukan untuk dipasangkan dengan meja computer, kursi gaming Rexus tidak perlu dilengkapi dengan sandaran kaki.

Saat bermain game PC, tentu jarak yang ideal adalah sejauh panjang tangan pengguna dengan keyboard. Itu bisa diperoleh dengan posisi duduk normal biasa, dengan pungung tegak namun tetap nyaman agar tumpuan tetap berada pada bantalan tulang belakang.

Nah, makin tahu kan ternyata kursi gaming itu harus sesuai dengan fungsinya? Jadi ngga bisa kemudian asal duduk di kursi nyaman terus bisa dan kuat main game berlama-lama.

 

 

 

virtual Gara-gara Virus Corona, Nikah Terpaksa Melalui Dunia Maya di Video Game. Malam Pertamanya Juga Virtual? animal crossing wedding 600x337

Foto: Ubergizmo.com 

Gamer, wabah virus Corona ternyata mulai mengubah tradisi masyarakat. Salah satunya adalah tradisi menikah, yang terpaksa melalui dunia maya di video game. Karena potensi penularan virus Corona di tengah kerumunan massa, maka banyak acara publik yang dilarang dan terpaksa dibatalkan. Tapi, ada pula warga yang tetap menggelar pesta pernikahan tanpa mengundang tamu atau yang lebih luar biasa, yaitu dengan menikah secara virtual.

Ide menikah secara virtual seperti di video game memang bukan hal yang baru. Ada banyak game yang mendukung in-game weddings, terutama bagi pasangan yang bertemu jodohnya di game. Namun berbeda rasanya jika hal ini dilakukan karena kondisi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan menggelar pernikahan di dunia nyata.

virtual Gara-gara Virus Corona, Nikah Terpaksa Melalui Dunia Maya di Video Game. Malam Pertamanya Juga Virtual? couple 1210023 640 300x200

Menikah di Video Game

Seperti dikutip dari Ubergizmo, sepasang warga net tetap melanjutkan rencana pernikahan mereka secara virtual lewat game Nintendo Animal Crossing: New Horizons. Dikisahkan bahwa pasangan tersebut hendak menikah setelah lulus dari sekolah farmasi. Tetapi karena kondisi tidak memungkinkan karena sedang wabah virus Corona.

Tidak mau kecewa dan sedih, pasangan ini kemudian menikah melalui video game dan dikisahkan oleh mempelai wanita yang mempunyai akun bernama @ashmush di forum diskusi Reddit.

Orang-orang di forum itu pun ikut berbahagia dan menyemangati @Ashmush. Kisahnya tersebut dibanjiri lebih dari 200 komentar. Tak lupa mereka mengucapkan selamat atas pernikahan virtual yang digelar @Ashmush dan tunangan yang kini resmi menjadi suaminya.

virtual Gara-gara Virus Corona, Nikah Terpaksa Melalui Dunia Maya di Video Game. Malam Pertamanya Juga Virtual? outdoors 3288193 640 300x200

Trend Menikah Secara Virtual

Diberitakan di Washingtonian.com, pasangan Karen Love dan Justin Guiffere serta Kelly-Lynne Russel dan Andrew Guy asal Amerika juga terpaksa memodifikasi pesta pernikahan yang sudah direncanakan secara matang. Biaya pun sudah dikeluarkan untuk membayar wedding organizer. Tapi, apa boleh buat, kondisi tidak memungkinan mereka untuk tetap mengadakan acara tersebut secara normal.

Pesta pernikahan mereka tetap berlangsung, tetapi dilakukan dengan tamu yang sangat terbatas, hanya ada beberapa saksi dan fotografer. Selebihnya, acara mereka dilakukan secara online dengan menggunakan video call bersama kolega. Meski sangat terbatas, mereka mengaku tetap bahagia dapat melangsungkan pesta pernikahan secara online.

Pertanyaannya, setelah menikah secara virtual. Apakah malam pertamanya juga dilakukan secara virtual?

sepak bola Kompetisi Sepak Bola Spanyol Tetap Jalan di Tengah Wabah Virus Corona? Tenang, Laga di LaLiga FIFA 20 Kok marcoasensio realmadrid220320abc 600x400

Foto: Standard.co.uk

Gamer, kompetisi sepak bola seluruh dunia turut terimbas wabah Virus Corona, termasuk La Liga Spanyol. Sejak Daniel Rugani dan Paolo Dybala dari Juventus diberitakan positif mengidap Covid-19, dunia sepak bola semakin sadar bahwa penyakit ini tetap mengancam para atlet yang selalu menjaga kebugaran. Tak lama berselang, Real Madrid juga mengumumkan bahwa ada anggotanya yang terdeteksi terpapar Virus Corona.

Tak ayal, Liga Spanyol menunda turnamen musim ini untuk batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini tentu membuat fans, pemain, tim, serta organisasi dilanda kekecewaan. Tetapi, apa mau di kata, saat ini, Spanyol menjadi negara kedua di Eropa dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak, setelah Italia.

sepak bola Kompetisi Sepak Bola Spanyol Tetap Jalan di Tengah Wabah Virus Corona? Tenang, Laga di LaLiga FIFA 20 Kok laliga 600x337

Semangat Tanding di Platform Gaming

Untuk mengisi liga yang diliburkan tersebut La Liga selaku penyelenggara liga memutuskan menggelar turnamen game FIFA yang diikuti oleh tim-tim dari Liga Spanyol. Selain itu La Liga juga bekerjasama dengan stasiun televisi Spanyol Movistar Plus dan pengiat dunia esports Ibai.

Sebanyak 18 tim mengirimkan salah satu pemainnya sebagai wakil untuk mengikuti turnamen FIFA buatan La Liga ini. Dua tim yang tidak mengikuti turnamen kali ini adalah Barcelona dan Real Mallorca.

Kedua tim tersebut tidak bisa ikut karena ada ikatan kontrak Konami terkait game PES, sehingga tidak bisa mengikuti turnamen FIFA buatan La Liga Santader.

Turnamen yang ditayangkan melalui stasiun televisi swasta serta beberapa media online lainnya tersebut berlangsung meriah dan antisias penonton sangat tinggi. Lebih dari 170.000 penonton menyaksikan turnamen FIFA tersebut saat partai final berlangsung secara online.

Gamepad Rexus Gladius GX1 closeup sepak bola Kompetisi Sepak Bola Spanyol Tetap Jalan di Tengah Wabah Virus Corona? Tenang, Laga di LaLiga FIFA 20 Kok Rexus GX1 Gamepadholder 04 300x300

Hala Madrid!

Permainan FIFA yang dilakukan secara individual tersebut tak jauh berbeda dengan strategi aslinya di lapangan. Tentu pemain sepak bola pro mempunyai penguasaan strategi yang mumpuni di samping jago dalam menggerakkan jempol memainkan gamepad konsol ini.

Akhirnya, Marco Asensio bersama dengan Real Madrid berhasil memenangkan turnamen FIFA tersebut setelah pada partai final mengalahkan Aitor Ruibal yang bermain untuk Leganés dengan skor 4-1.

Turnamen online FIFA antar pemain La Liga ini berhasil meraup keuntungan sebesar 140 ribu Euro atau setara dengan 2,5 milyar rupiah. Nantinya dana tersebut akan digunakan untuk donasi menangani virus Covid-19. Bravo!

gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah WhatsApp Image 2018 10 29 at 08

Gamer, sejak sekolah diliburkan untuk mencegah penularan wabah Corona, marak razia pihak berwajib ke warnet untuk mencegah kumpulan massa. Tak jarang, pihak berwajib membubarkan secara paksa jika massa membandel. Cara ini tentu harus kita dukung karena pemerintah punya misi baik untuk menghentikan proses penularan wabah yang makin akut.

Seperti diberitakan cnnindonesia.com, sekitar 98 siswa yang dirazia saat bermain di sebuah warnet di daerah Tangerang pada Senin (23/3). Di saat yang sama, razia juga dilakukan di area Bandung, Jakarta, dan wilayah lain. Tak hanya warnet, razia juga dilakukan di rental PS dan semua tempat yang berpotensi mengundang kerumunan massa.

Mouse Kidal gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah Mouse Kidal 600x337

Saatnya Punya PC Gaming Sendiri

Di dalam kondisi seperti ini, tentu mempunyai PC gaming di rumah adalah pilihan ideal. Masalahnya banyak dari kita yang belum ngerti apa saja komponen yang perlu dibeli dan berapa kisaran harganya. Buat kalian yang ingin merakit PC gaming saat #DiRumahAja, yuk kita pelajari bareng-bareng.

Pertama, kalian tentunya harus tahu dulu komponen apa saja yang perlu dibeli donk.

Casing PC

Casing perlu disiapkan pertama kali untuk tempat merangkai beragam komponen nantinya. Kamu bisa memilih casing sesuai dengan bujet dan selera. Saat ini, casing yang tembus pandang dengan aksen LED sangat digemari.

Prosesor

Ini adalah komponen paling vital dalam sebuah komputer. Prosesor berperan sebagai otak komputer yang akan mengatur sistem dalam komputer.

Kartu Grafis

Buat komputer gaming, kartu grafis tak kalah penting karena berfungsi untuk memproses grafis yang kemudian ditayangkan di monitor.

Random Access Memory (RAM)

Saat ini, kapasitas minimal RAM yang diperlukan untuk memainkan game generasi terbaru adalah 4GB, namun bagusnya menggunakan RAM berkapasitas 8 GB.

Monitor

Untuk bermain game dengan tampilan yang riil, sebaiknya menggunakan monitor yang memiliki resolusi 1920 x 1280 piksel. Biasanya resolusi tersebut digunakan di monitor dengan ukuran layar sekitar 21 inchi, lebih besar tentu lebih mantul.

Power Supply

Power supply memang tidak berpengaruh ke performa namun tugasnya penting untuk memastikan seluruh komponen komputer dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak karena masalah listrik.

Pendingin

Saat beroperasi, komponen-komponen dalam komputer bekerja berat sehingga jadi panas. Jika terlalu panas, komponen itu akan rentan rusak sehingga membutuhkan pendingin. Tak hanya pendingin udara dengan kipas, kini tersedia pendingin komputer dengan menggunakan cairan pendingin agar komputer tetap terjaga suhunya.

gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah gamers 02 300x169

Ketahui Kisaran Harga, Sesuaikan dengan Bujet

Merakit pc gaming itu seperti membangun sebuah rumah. Berapapun bujet yang kalian miliki pasti akan habis karena banyak sekali pilihan komponen, mulai yang murah hingga harganya selangit. Biar ngga boncos, sesuaikan dengan kebutuhan kalian saja. Sebagai contoh, untuk standar game saat ini, RAM dengan kapasitas 8GB sudah cukup. Ngga perlu pakai yang lebih tinggi karena tentu akan makin mahal.

gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah gamers 04 300x169

Kelas Pemula

Rakitan gaming PC ini dapat diperoleh dengan bujet minimal. Meski ekonomis, rakitan ini sudah cukup untuk memainkan game generasi terbaru dengan kualitas grafis sedang atau tinggi tergantung game-nya.

Bujet yang dibutuhkan adalah sekitar 7 – 8 jutaan. Jika ingin menghemat, komponen RAM bisa menggunakan yang versi 4GB. Tapi, dengan RAM sebesar itu, komputer tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi lain saat kita bermain game.

Jenis Barang Harga Kisaran
Monitor  21.5 Inch 1.300.000
Prosesor Intel Pentium G4560 3.5GHz Dual-Core Processor 1.100.000
Motherboard ASRock – B250M-HDV 1.195.000
RAM Patriot DDR4 Signature Line Series PC17000 8GB – PSD4 8G 2133 745.000
Hard Drive Segala merek, kapasitas 320 GB Sata2 / Sata3 450.000
Kartu Grafis Zotac Geforce GTX 1050 2 GB 128 Bit DDR5 1.600.000
Casing Segala merek, pilih yang mode multi-cooler 450.000
Power Supply  Segala merek, kapasitas 450W 500.000
Keyboard & Mouse Keyboard Fortress K9TKL + mouse Xierra X8 280.000
Headset Rexus Vonix F99 Surround 7.1 250.000

gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah gamers 03 300x169

Kelas Standar

Gaming PC kelas menengah ini bisa memainkan game generasi terbaru dengan kualitas tinggi. Bujet yang dibutuhkan adalah sekitar 15 – 20 jutaan. Jangan kuatir, spesifikasi ini masih mampu memainkan game-game baru untuk 3 tahun ke depan, jadi investasi kamu lumayan bernilai.

 

Jenis Barang Harga
Monitor Segala merek, ukuran ideal 21.5 Inch 1.300.000
CPU AMD Ryzen 5 1400 (3.2 Ghz Up To 3.4 Ghz) Cache 8MB 65W 2.300.000
Motherboard ASRock AB350M-HDV (AMD B350, DDR4) 1.100.000
RAM Patriot DDR4 Signature Line Series PC17000 8GB – PSD4 8G 2133 750.000
Hard Drive Segala merek, kapasitas 1 TB Sata2 / Sata3 900.000
Kartu Grafis Gigabyte Geforce GTX 1060 G1 Gaming 3 GB 192 Bit DDR5 3.680.000
Casing Segala merek, pilih yang mode multi-cooler 500.000
Power Supply Segala merek, daya 520W 900.000
Keyboard & Mouse Keyboard mechanical Rexus Legionare MX10 + mouse macro Titanix Xierra X12  700.000
Headset Rexus Thundervox HX10 Surround 7.1 300.000
Gamer Indonesia gaming Marak Razia Warnet Saat Wabah Corona. Yuk, Saatnya Rakit PC Gaming di Rumah Xccurate Dreamhack Master Marseille 300x200

https://liquipedia.net/commons/images/7/7c/Xccurate_Dreamhack_Master_Marseille.jpg

 Kelas Atas

Rakitan kelas sultan ini dapat memainkan game berjenis Virtual Reality yang sedang ngetren. Tentu saja, kalian bisa meng-upgrade komponen ini sesuai dengan bujet yang kalian miliki.

 

Jenis Barang Harga
Monitor Segala merek, ukuran ideal 24” 2.000.000
CPU AMD Ryzen 7 1700 (3.0 Ghz Up To 3.7 Ghz) Cache 16MB 65W – 8 Core 4.305.000
CPU Cooler Noctua NH-D14 + Fan 14CM + Fan 12CM 970.000
Motherboard MSI X370 Gaming Plus (AMD X370, DDR4) 2.700.000
RAM Segala merek, Dual Channel 16GB (2x8GB) 2.000.000
Hard Drive Samsung SSD 850 EVO 250GB 1.780.000
Hard Drive Western Digital 1 TB Sata3 Blue 700.000
Kartu Grafis Gigabyte Geforce GTX 1080 G1 Gaming 8 GB 256 Bit GDDR5X (GV-N1080G1 GAMING-8GD) 10.000.000
Casing Segala merek, pilih yang mode multi-cooler 1.500.000
Power Supply Segala merek, daya 650W 1.500.000
Keyboard Rexus Mechanical optical sensor MX8 + Mouse with Macro Titanix TX10  1.000.000
Headset Rexus Thundervox HX20 Stream Series 7.1  400.000

 

Catatan: Harga di atas merupakan harga perkiraan. Untuk merek yang disebutkan hanyalah contoh. Rexus.id tidak mempunyai ikatan bisnis dengan merek tertentu dalam menyajikan informasi ini.

 

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

Gamer, buat kalian penggemar PC gaming atau game komputer, kalian tentu tahu berbagai macam merek switch mouse gaming, mulai dari Omron hingga Huano. Omron jadi salah satu merek yang jadi referensi produsen switch mouse, sedangkan Huano adalah salah satu merek yang saat ini sedang naik daun.

Switch atau tombol mouse gaming memang menjadi salah satu factor terpenting yang menentukan kehandalan dan kenyamanan menggunakan mouse. Layaknya senjata ASG pada game Point Blank, mouse sangat menentukan gerakan kalian di game. Arah gerakan heroes yang kalian gunakan, ketepatan membidik target, dan kecepatan melakukan tembakan ditentukan oleh keahlian kalian menggunakan dan memencet tombol mouse.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron omron 600x402

Eksistensi Tombol Omron

Seperti diketahui, ada banyak merek switch mouse yang ada di pasaran. Sebut saja, Omron, Kinzu, Kana, Himake, Panasonic, Huanos, Zippy, Qiaoh, dan TTF. Di antara itu semua, Omron jadi merek yang paling mapan dan dominan.

Merek switch asal Jepang ini memang merupakan salah satu tombol favorit para produsen mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer. Ada beberapa tipe mouse Rexus yang menggunakan tombol ini, seperti mouse Titanix TX9 dan TX8 yang sudah jadi legenda.

Meski merupakan produk asal Jepang, tetapi Omron juga diproduksi di Tiongkok. Menurut sumberdari  forum diskusi geekhack.org, asal produksi tombol ini dapat diketahui dari huruf seri yang tertera di atas tombol. Untuk tombol yang bertulisan seri D2F diklaim merupakan produk dari Jepang, sedangkan seri D2FC berasal dari China atau Tiongkok.

Mouse Gaming Rexus Xierra X12 switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron X12 05 300x300

Huano, Sang Penantang Omron

Selain merek itu, ada satu merek switch yang saat ini sedang naik daun dan digunakan oleh makin banyak produsen mouse. Merek itu adalah Huano. Dilansir dari bebrerapa laman forum gawai, seperti reddit.com dan tomshardware.com, Huano memang “pemain baru” di dunia switch.

Meski baru, merek switch mouse ini makin disukai produsen peralatan gaming karena murah namun kualitasnya bisa diadu dengan merek lain yang harganya lebih mahal, terutama di aspek ketahanan. Faktor inilah yang menyebabkan merek ini mulai menggeser dominasi Omron yang sudah mapan sebelumnya.

Dari informasi harga  yang diperoleh di web jual-beli aliexpress.com, diketahui harga switch ini berkisar antara $0,5 – 5,5 USD per lot atau 10 biji. Variasi harga itu berdasarkan pada tipe switch Huano. Makin hari, kualitas Huano makin dikenal publik. Bahkan, mouse Zowie dari BenQ disebutkan beralih dari yang semula menggunakan switch Omron ke Huano.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron with the mouse 3109003 640 300x201

“Lebih Berasa Klik-nya”

Dari forum diskusi gamer, diperoleh testimonial bahwa switch Huano mempunyai karakteristik keras dengan sensasi “tactile” yang terasa. Dengan karakteristik tersebut, switch ini lebih cocok digunakan untuk bermain gim First Person Shooter (FPS).

Dari segi ketahanan, secara umum, Huano mempunyai daya tahan atau lifespan di bawah rata-rata switch Omron. Ketahanan switch Huano rerata berkisar antara 3 – 10 juta kllik, tergantung dari masing-masing tipe. Beberapa sumber mengklaim beberapa tipe switch Huano mempunyai daya tahan hingga 20 juta klik.

Saat ini, Huano memproduksi switch yang dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu:

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano white 300x218

Huano White Point

Tipe ini merupakan tipe paling sederhana dari merek Huano. Switch ini menggunakan media logam perak pada elemen kontaknya. Switch ini diklaim mempunyai daya tahan sekitar 5 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC 70.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano yellow 300x225

Huano Yellow Point

Poin kuning pada switch ini tampak pada titik berwarna kuning yang ada di bagian kotakan atau housing switch, dengan elemen kontak logam silver. Tipe switch ini mempunyai daya tahan hingga 8 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC longlife.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano pink 300x218

Huano Pink Point

Switch Huano pink poin juga dilengkapi dengan elemen kontak berupa logam perak, dengan daya tahan hingga 10 juta klik. Spesifikasinya adalah  arus 0.05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC 7.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano blue 300x222

Huano Blue Point

Switch Huano poin biru mempunya daya tahan hingga 10 – 20 juta klik, dengan  kontak logam perak.  Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC longlife.

Gaming Mouse Rexus TX10 switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron Titanix TX10 06 300x300

Rexus Menggunakan Switch Ini

Kualitasnya yang makin diakui oleh para produsen mouse terkenal membuat Rexus juga mengadopsikan switch ini pada beberapa produk mouse baru Rexus. Tersebut gaming mouse X12, X13, ARSA, dan Titanix TX10 menggunakan swich Huano.

Rexus mempercayakan performa mouse-nya pada Huano karena selama ini, merek switch ini menunjukkan kestabilannya. Dengan daya tahan klik yang bervariasi, Rexus juga dapat dengan mudah menyesuaikanya dengan level segmentasi mousenya.

Tentu saja, switch bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan dalam memilih mouse gaming andalan. Ada factor kualitas sensor, bentuk yang ergonomis, kualitas LED, kelengkapan fitur macro, fleksibitas kabel, dan tentu saja, kenyamanan lapisan alas mouse (footpad) yang akan memaksimalkan pergerakan.

Jadi, mana yang akan kalian pilih?

gLihat dia punya teman gaes!Gamer, wabah Corona atau Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan beragam efek di berbagai sektor, termasuk industri game. Tapi, meski demikian, ada saja yang mendapatkan “berkah” dari musibah ini alias makin untung. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui bersama, banyak event turnamen game yang dibatalkan atau diundur. Menurut data dari thegamingeconomy.com, banyak sekali event game seantero dunia yang ditunda (postpone) gegara wabah ini.

Sebagai contoh, Turnamen IEL University Superseries yang disponsori oleh Rexus Indonesia pun terkena imbasnya. Turnamen resmi antar mahasiswa terbesar di Indonesia ini harus diundur untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. Meski diundur, turnamen ini tetap menayangkan event secara online atau daring yang bisa tetap disaksikan di kanal Youtube: Ligagame TV.

game Ini Dia Pelaku Industri Game yang Makin Untung di Tengah Wabah Corona gamers 03 300x169

Itu baru satu hal dari banyak kerugian yang yang dirasakan oleh industri game di Indonesia. Pengaruh lain dirasakan juga oleh para pengusaha warnet dan game center. Meski banyak sekolah diliburkan, tetapi tidak ada gamer yang bermain di warnet karena memilih untuk tinggal di rumah. Buat yang tetap bandel, pihak kepolisian akan membubarkan secara paksa. Hal ini tentu mengakibatkan kerugian yang besar.

game Ini Dia Pelaku Industri Game yang Makin Untung di Tengah Wabah Corona gamers 02 300x169

Ada yang Tetap Untung

Namun, ternyata masih ada pelaku industri game yang mendapatkan keuntungan di tengah wabah ini loh. Bahkan, menurut uraian dari salah satu analis dari thegamepost.com, industri game online mengalami kenaikan luar biasa. Ulasan tersebut menyebutkan kalau game online menjadi salah satu “save haven” atau kompensasi paling aman di saat kondisi wabah seperti ini.

Ini masuk akal. Saat orang tidak bisa ke mana-mana, main game jadi salah satu sarana pelesiran yang paling mudah dilakukan. Game ponsel tentu menjadi pilihan utama. Buat kalian yang punya PC gaming, tentu duduk berjam-jam di depan computer sambil main game di sela-sela mengerjakan PR dari sekolah atau bekerja di rumah.

Hmmm… menarik. Apa saja ya yang tetap untung dan bahkan makin tajir di tengah wabah Corona seperti saat ini?

game Ini Dia Pelaku Industri Game yang Makin Untung di Tengah Wabah Corona social og 600x315

  1. Produsen dan Distributor Game Online

So, pasti! Seperti yang diungkap di atas, game online jadi pelarian menyenangkan saat “terperangkap” di rumah. Otomatis, para produsen dan distributor mengeruk banyak untung. Salah satunya? Tentu saja, platform digital game PC terbesar milik Valve, Steam.

Sejak banyak yang tinggal di rumah, Steam meraih popularitas yang semakin tinggi. Selain game CS: GO yang berhasil menembus angka 1 juta pemain bersamaan beberapa hari yang lalu, pencapaian fantastis yang serupa juga terjadi di Steam. Dalam situasi ini, Steam baru saja mencatatkan rekor jumlah user aktif bersamaan hingga 20 juta user di seluruh dunia! Tidak hanya itu saja, sekitar 6,2 juta user!

game Ini Dia Pelaku Industri Game yang Makin Untung di Tengah Wabah Corona hp 300x200

  1. Provider Internet

Sebenarnya, tidak bijak untuk mengambil keuntungan di tengah penderitaan. Tapi, mau gimana lagi. Saat setiap orang butuh layanan internet untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan tentu bermain game, penyedia layanan internet tentu mengalami kenaikan pendapatan.

Menurut data yang diambil dari katadata.com, Telkomsel mencatat trafik komunikasi payload untuk layanan berbasis data dan digital alias internet naik 5% dibanding periode sebelum pengumuman kuota gratis. Khusus untuk belajar online saja, trafik datanya melonjak 236%!

Trafik data untuk aplikasi percakapan juga naik 19%, gim online  13% dan layanan digital berbasis cloud storage atau penunjang sistem aplikasi meningkat 10,4%. Trafik payload lainnya seperti layanan content provider, digital advertising, video streaming, dan meramban (browsing) masing-masing naik 8,2%, 7,5%, 7,3%, dan 5,2%.

game Ini Dia Pelaku Industri Game yang Makin Untung di Tengah Wabah Corona WhatsApp Image 2020 03 26 at 11

  1. Penjualan Alat Gaming Berbasis Online

Secara logis, saat orang tidak bisa ke mana-mana, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengisi waktu di rumah dengan mengandalkan peralatan {peripheral) yang ada di rumah, termasuk peralatan gaming.

Meski terimbas oleh beralihnya kebutuhan orang ke kebutuhan yang lebih primer, kebutuhan bermain game tetap dilirik. Bedanya, hampir semua mengandalkan pembelian secara online  dalam mendapatkan peralatan gaming tersebut.

Banyak toko online yang masih tetap beroperasi meski dengan pelayanan yang terbatas. Jika kamu membutuhkan produk gaming untuk menemani waktu luang di rumah, kamu bisa mencari dan membeli produk gaming Rexus melalui www. shop.rexus.id atau di semua marketplace, dengan nama toko resmi: rexus.id.

 

 

lockdown Pilih yang Mana, Social Distance Atau Lockdown? Nomor Dua Risikonya Gede Banget! Lockdown 2 600x318

Foto: REQnews.com

Gamer, dua frasa Social distance dan lockdown ini jadi trending saat ini. Hampir semua media menggunakannya sejak wabah Covid-19 melanda dunia. Dua frasa ini menunjuk pada dua kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan menghentikan rantai penyebaran virus Corona dari satu orang ke orang lain. Penghentian penularan menjadi kunci keberhasilan mengatasi virus ini.

Sejak ditemukan di Wuhan, Hubei, China, virus Corona langsung menyebar ke seluruh dunia. Covid-19 sebenarnya merupakan “evolusi” dari virus SARS yang dulu sempat ngetrend pada 2002. Bedanya, Covid-19 punya daya sebar yang luar biasa cepat antar manusia dan efeknya yan g lebih mematikan karena menyebabkan pneumonia paru-paru (infeksi paru) dan komplikasi pada penderita yang memiliki gangguan ginjal, diabetes, dan penyakit degeneratif.

Mayoritas korban jiwa memang berusia 45 ke atas, tetapi tidak menutup kemungkinan usia muda dan produktif juga dapat mengalami efek fatal dari penyakit ini. Lebih parahnya, justru anak-anak muda sangat berpotensi menjadi pembawa (carrier) virus tersebut tanpa gejala dan kemudian menularkannya ke orang-orang di sekitarnya. Ini menakutkan, Gaess!

lockdown Pilih yang Mana, Social Distance Atau Lockdown? Nomor Dua Risikonya Gede Banget! krl 600x450

Foto: kompasiana.com

Kata Kunci: Hentikan Penularan!

Menurut hopkinsmedicine.org, dengan tujuan menghentikan penularan inilah, muncul istilah Social Distancing atau dimengerti lebih mudah dengan menghindari kontak sosial. Diketahui, Covid-19 menular melalui droplet (percikan air ludah) dan sekaligus airborne (lewat udara) di sekitar penderita.

Benda-benda yang dipegang oleh penderita juga berpotensi menjadi media penularan. Dengan bergaul atau berdekatan dengan penderita, kita berpotensi ber tertular. Di sinilah pentingnya kita menghindari kontak dengan orang lain.

Saat ini, istilah social distancing dikerucutkan menjadi “physical distancing” yang lebih merujuk pada aksi menghindari berdekatan antar orang secara personal. Ngga hanya menghindari kerumunan orang banyak, physical distancing lebih ekstrem, yaitu menjaga jarak hingga jarak aman 1 meter dengan orang lain yang tidak kita kenal.

Secara mudah, baik social distancing ataupun physical distancing bisa kalian lakukan dengan:

  • Menghindari kerumunan massa
  • Menjaga jarak aman antar pribadi sejauh 1 meter atau lebih
  • Menggunakan masker jika merasa tidak sehat
  • Tutup mulut dengan siku bagian dalam jika batuk atau bersin
  • Hindari memegang barang yang digunakan secara umum, seperti gagang elevator, tombol lift, pegangan pintu, dan lain sebagainya.

A-Way-Out-Making-Friends lockdown Pilih yang Mana, Social Distance Atau Lockdown? Nomor Dua Risikonya Gede Banget! A Way Out Making Friends 600x338

Jangan Sampai Lockdown!

Saat ini, pemerintah Indonesia terus menerus mengampanyekan social distancing atau physical distancing kepada masyarakat. Bentuk kampanye moralnya adalah dengan menyosialisasikan gerakan moral #dirumahaja. Salah satu bentuk aksi yang lebih praktis dan to the point adalah langkah Polri sebagai elemen negara yang rmakan membubarkan paksa kerumunan orang di tempat-tempat tertentu.

Sampai detik ini, pemerintah cenderung memilih untuk menyosialisasikan langkah ini, selain juga mengadakan rapid test Covid-19 dan membentuk posko Covid-19. Itu dilakukan agar jangan sampai pemerintah melakukan “lockdown” atau penutupan wilayah secara total dengan menggunakan elemen keamanan alias tentara.

Buat gambaran saja, lockdown akan menutup secara total satu wilayah atau beberapa wilayah, dengan memberlakukan hukuman bagi mereka yang keluar rumah tanpa izin. Jadi saat lock down, jangan kira kalian bisa dengan leluasa keluar rumah, bahkan hanya ke warung samping rumah sekalipun. Jika melanggar, siap-siap saja kalian masuk sel tahanan.

Cara lockdown ini sudah dilakukan oleh negara-negara tetangga kita, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam. Dengan beralasan agar tidak “kecolongan” seperti Italia dan Iran yang kelimpungan karena korban Covid-19 tak terkendali karena terkesan menyepelekan wabah ini, negara-negara tersebut memilih untuk “tutup warung”.

Untuk beberapa negara, cara lock down dinilai efektif untuk menghentikan penularan Covid-19 karena pemerintah bisa mengontrol penyebarannya. Seperti di Wuhan, untuk mengatasi penularan wabah ini, mereka memanfaatkan big data untuk mengontrol kesehatan masyarakatnya. Jadi tiap orang diharuskan untuk menginstal satu aplikasi yang dapat menunjukkan kondisi kesehatannya. Semua itu bertujuan untuk controlling.

Bagaimana dengan Indonesia? Siapkah untuk lock down? Opsi ini tentu bukan tak mungkin dilakukan, meski merupakan pilihan terakhir. Salah satu factor ketidaksiapan kita untuk melakukan lock down adalah factor ekonomi. Lock down tentu akan membuat ekonomi mandeg bahkan turun. Kepala Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Yose Rizal Damuri dalam paparannya menyatakan tindakan lockdown akan membawa dampak ekonomi yang cukup besar kepada Indonesia. Sebab, kebijakan lockdown disertai dengan penghentian aktivitas kebanyakan pekerja.

Apa lagi efek negatif lock down?

  • Inflasi meningkat. Menurut Bhima Yudhistira Adhinegara ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), jika benar lockdown, maka inflasi diprediksi akan di atas 6%.
  • Potensi kelangkanan bahan pangan karena berhentinya pasokan ke daerah yang dilockdown.
  • Keresahan masyarakat yang berpotensi terjadinya kerusuhan.

game mobile lockdown Pilih yang Mana, Social Distance Atau Lockdown? Nomor Dua Risikonya Gede Banget! video game dan keterampilan sosial 600x400

Tinggal di Rumah, Pilihan Bijaksana

Kita tentu tidak mau efek negatif lockdown terjadi, bukan? Jika tidak mau kengerian itu terjadi, yuk mari bersama-sama melakukan social distancing dengan tinggal di rumah. Dengan melakukan metode isolasi mandiri seperti ini, kita berarti ikut bertanggung jawab dengan kehidupan orang-orang di sekitar kita. “Loh, kita kan mahkluk sosial. Mana mungkin hidup tanpa interaksi dengan orang lain… “ Anggapan itu sebaiknya kita balik, sebagai mahkluk sosial, justru kita turut bertanggung jawab dengan kehidupan orang lain.

Kita tetap bisa berinteraksi dengan orang lain selama diam di rumah kok. Manfaatkan teknologi komunikasi yang memungkinkan kalian berkomunikasi dengan orang lain melalui video call dan semacamnya.

Bosan di rumah? Jangan kuatir, banyak game yang bisa kalian mainkan di rumah dengan menggunakan peralatan gaming Rexus. Kalian juga bisa mendengarkan koleksi musik atau playlist via jook dengan menggunakan headset Rexus yang bisa kalian beli melalui toko online di shop.rexus.id atau di semua official store rexusid di marketplace. Jadi, ngga perlu keluar rumah buat beli ya.

Yuk, tetap di rumah selama wabah Covid-19. Peduli sesama!

indonesia Kamu Cinta Indonesia? Buktikan dengan Tetap di Rumah Saat Wabah Covid-19. Ini Alasannya    krl 600x450

Sumber: Kompasiana.com

Wabah Covid-19 melanda seluruh negara, tak tekecuali Indonesia. Korban jiwa akibat wabah virus Corona tersebut mencapai lebih dari 10.000 jiwa di seluruh dunia dan akan terus bertambah. Di Indonesia, data terakhir saat artikel ini dibuat adalah 49 orang meninggal, dengan orang yang positif mengidapnya lebih dari 500 orang.

Saatnya kita waspada! Pandemi ini tidak bisa dianggap remeh lagi. Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Tetapi, tanpa dukungan dari kita, masyarakat, usaha pemerintah akan sia-sia. Perlu diketahui, kegagalan usaha pemerintah tanpa dukungan masyarakat bisa kita lihat dari pengalaman negara Italia dan Iran yang menjadi negara kedua dan ketiga dengan jumlah kasus meninggal akibat Covid-19, terbanyak setelah China. Kita tentu tidak mau hal itu terjadi di Indonesia, bukan?

game mobile indonesia Kamu Cinta Indonesia? Buktikan dengan Tetap di Rumah Saat Wabah Covid-19. Ini Alasannya    video game dan keterampilan sosial 600x400

Saatnya Makin Nasionalis

Musuh kita saat ini bukan negara lain ataupun penjajah. Musuh kita adalah wabah penyakit yang merajalela dengan penularan yang sangat cepat antar individu. Data Kemenkes RI menunjukkan bahwa saat ini penularan sudah mulai antar warga negara Indonesia, bukan importing case atau penularan akibat tertular saat berpergian ke luar negeri.

Indonesia terancam! Dengan persentase kematian mencapai 8,4 persen atau dua kali lipat dibanding rata-rata negara lain, Indonesia mempunyai potensi kematian yang lebih besar akibat virus ini. Apalagi, geografis dan demografis Indonesia sangat memungkinkan percepatan penularan virus antar pribadi karena seringnya interaksi antar penduduk, pemukiman padat, moda transportasi yang berjubel, dan kesadaran hidup sehat masyarakat yang masih kurang,

Dalam kondisi seperti ini, saatnya masing-masing dari kita membuktikan diri sebagai orang yang mencintai negara kita, mencintai orang-orang di sekitar kita, mengasihi keluarga kita. Kita tidak perlu menjadi relawan yang turun langsung ke lapangan. Cara yang lebih mudah adalah dengan TINGGAL DI RUMAH.

video game dan decision making indonesia Kamu Cinta Indonesia? Buktikan dengan Tetap di Rumah Saat Wabah Covid-19. Ini Alasannya    video game dan decision making 600x400

Gerakan Tinggal di Rumah, Sepele Tapi Sulit

Ternyata tinggal di rumah bukan hal mudah di Indonesia. Ada beberapa hal yang menyebabkannya. Pertama, pemerintah masih sebatas melakukan himbauan untuk bekerja dari rumah dengan tidak melakukan langkah “lock down” karena akan berimbas pada kestabilan ekonomi. Kedua, sekitar 70% masyarakat Indonesia masih mengandalkan hidup dari penghasilan harian sehingga tidak bisa mengandalkan kerja dari rumah. Ketiga, ada anggapan bahwa tidak perlu takut akan virus karena hidup dan mati ada di tangan Tuhan.

Tiga hal tersebut memang jadi kendala besar kenapa gerakan untuk tinggal di rumah sulit dilakukan di Indonesia. Pemerintah memang menegaskan untuk tidak melakukan “lock down” saat ini karena akan menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi yang diprediksi bisa di bawah 4% dan kenaikan inflasi, tentunya. Tetapi jika keadaan makin tak terkendali, bukan tidak mungkin opsi ini bakal dilakukan. Pemberlakuan lock down ini tentu harus disertai dengan insentif untuk memaksa agar pekerja harian mau tinggal di rumah.

Soal anggapan (bahkan ada beberapa tokoh) yang menyerukan “kampanye” tak takut virus, tentu hal ini kurang bijaksana karena fakta membuktikan bahwa penyebaran virus ini sangat masif. Bukan masalah takut atau tidak takut. Tetapi, kita balikkan pada permasalahan kemanusiaan. Apakah dengan membiarkan diri kita tertular dan akhirnya menularkan virus ke orang-orang di sekitar kita maka kita disebut manusiawi dan punya hati nurani?

Bisa saja kita yang muda tetap bertahan dengan terjangkit virus karena daya tahan kita masih bagus. Tetapi, bagaimana dengan orang tua kita? Nenek dan kakek kita? Mereka pasti akan sangat riskan mengalami komplikasi kesehatan jika terpapar virus Corona. Manusiakah kita, membiarkan diri kita terinfeksi begitu saja dan menularkannya kepada mereka? Inilah pentingnya gerakan tinggal di rumah untuk sementara waktu selama wabah ini melanda.

Gamer indonesia Kamu Cinta Indonesia? Buktikan dengan Tetap di Rumah Saat Wabah Covid-19. Ini Alasannya    Gamer Kidal 600x337

5 Cara Agar Efektif Kerja di Rumah

Buat kalian yang memutuskan untuk kerja di rumah selama wabah ini, terima kasih. Nah, agar lebih efektif saat kerja di rumah, nih ada cara yang bisa dilakukan.

  1. Manfaatkan Teknologi

Jika diperlukan, gunakan platform panggilan video bila akan mengadakan suatu diskusi dengan rekan kerja. Hal ini dikatakan dapat menciptakan lebih banyak interaksi dan menghindari aktivitas bekerja yang sepi. Kamu bisa gunakan headset Rexus untuk melakukan voice atau video call dengan rekan kerja.

Manfaatkan akses yang kamu miliki baik melalui platform FaceTime, Zoom, dan sumber komunikasi video lainnya selama berdiskusi atau hanya untuk berbincang dengan rekan kerja.

  1. Punya Jadwal Pekerjaan

Ini waktunya bekerja, Bung. Bukan liburan. Kamu harus punya jadwal pekerjaan harian yang harus kamu seleusaikan targetnya secara disiplin. Anggap bahwa kamu sedang bekerja seperti biasa, tetapi tempatnya saja yang berada di rumah.

  1. Jaga Kesehatan Terus

Tetap ngga bisa kerja di rumah kalau kalian sakit. Karenanya, jaga kesehatan terus dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, dan beraktivitas fisik yang adekuat. Hindari keluar rumah tanpa perlu ya, Gaess.

  1. Sediakan camilan dan hiburan

Ini penting juga loh. Kamu ngga bakal betah tinggal di rumah tanpa amunisi ini di sela-sela istirahat kerja di rumah. Camilan bisa kamu pesan secara online agar tak perlu ke luar rumah. Untuk hiburan, kamu bisa dengerin music atau main game sebentar dengan peralatan gaming dari Rexus.

  1. Jangan Terlalu Terforsir

Wakil Pimpinan Pemasaran Komersial Global di Lenovo, David Rabin, mengatakan, “Ada kecenderungan untuk bekerja sepanjang hari untuk mengatasi beberapa stigma bahwa Anda tidak bekerja ketika tidak berada di kantor.”

Dengan adanya jeda waktu untuk istirahat, maka pekerjaan yang Anda lakukan di rumah masih bisa menjadi produktif. “Itu tidak akan mengambil apa pun dari keefektifan Anda,” menurut Julie Morgenstern, seorang konsultan organisasi dan produktivitas dan penulis “Organizing from the Inside Out.” Julie Morgenstern juga mengatakan, “Melangkah untuk istirahat adalah bagian dari produktivitas.Mereka sebenarnya membuatmu lebih pintar dan memberikanmu perspektif dan jawaban,” katanya.

Selamat bekerja di rumah. Tetap sehat dan selamat!