Mouse Kidal firmware Pentingnya Update Firmware Perangkat Gaming Mouse Kidal 600x337

Gamer, bagi kamu yang sering menggunakan perangkat elektronika, seperti komputer, telepon seluler, dan termasuk perangkat gaming, pasti pernah mendengar istilah firmware.   Firmware adalah sejenis perangkat lunak (software) yang mengacu pada bagian sistem yang melakukan berbagai macam proses rutin yang tersimpan dalam ROM (Read Only Memory).

Dalam perangkat gaming, firmware ini sering kali digunakan untuk memperbarui kesesuaian sistem antara perangkat gaming dengan komputer yang dikoneksikan. Dengan firmware, perangkat lunak yang mendukung perangkat gaming dapat berfungsi secara baik.

Contohnya, pada keyboard Rexus Legionare MX8 akan mengetik sendiri huruf (\\\) sebelum diupdate firmware-nya. Setelah diupdate, bug seperti itu akan kembali normal sehingga keyboard bisa digunakan kembali.

Keyboard Gaming Rexus MX8 Switch Pulled Close Up firmware Pentingnya Update Firmware Perangkat Gaming Legionare MX8 13 300x300

Apa Bedanya dengan Software?

Fireware bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat lunak terprogram yang ditempatkan pada perangkat keras/hardware. Fungsinya adalah untuk mengontrol hardware dan segala macam fungsinya. Firmware memungkinkan sebuah hardware dapat berkomunikasi/menjembatani sistem yang tertanam pada sebuah perangkat gaming sesuai pengaturan penggunanya.

Sedangkan software atau perangkat lunak adalah sebuah sistem yang mengacu pada program tingkat tinggi dalam menyediakan kontrol pengguna terhadap sebuah perangkat. Kontrol ini bersifat menyeluruh terhadap sebuah hardware maupun aplikasi yang terinstal di dalamnya.

Contoh, dalam perangkat gaming, software dapat digunakan untuk mengatur fitur Macro-nya sehingga keyboard atau mouse tersebut dapat digunakan untuk menyimpan berbagai fungsi tombol keyboard. Software disimpan dalam sebuah memori dan dapat dengan mudah diakses, ditingkatkan, diganti maupun dihapus.

perangkat gaming firmware Pentingnya Update Firmware Perangkat Gaming mx8 small 300x168

Fungsi Update Firmware

Perlu diketahui, biasanya perusahaan pengembang perangkat elektronika akan meluncurkan firmware yang lebih baru ketika firmware lama dari perangkat yang dikembangkannya mengalami beberapa permasalahan, seperti munculnya bug,  adanya kerentanan keamanan yang muncul, dan lain sebagainya.

Karenanya, firmware bisa dibilang sebagai suatu pembaharuan yang memang harus dilakukan oleh produsen perangkat. Itu adalah salah satu fungsi firmaware dari sisi produsen. Lalu, apakah fungsi update firmware buat kita?

1. Optimalkan performa perangkat 

Manfaat yang utama adalah untuk meningkatkan performa suatu perangkat. Misalnya, pada keyboard gaming, pembaharuan firmware akan membuat fungsi Macro lebih optimal. Selain itu, juga bisa untuk menambah fasilitas maupun tampilan supaya lebih menarik lagi.

2. Perbaiki bug 

Manfaat selanjutnya yaitu untuk memperbaiki bug atau error pada fungsi sebuah perangkat gaming. Misalnya tidak bisa menjalankan aplikasi yang sudah diinstal atau aplikasi tidak berjalan mulus padahal spesifikasi perangkat sudah memenuhi.

3. Peningkatan fitur 

Biasanya, ketika sedang mendownload update software akan tersedia aplikasi baru dan juga update dari aplikasi yang telah terinstal. Aplikasi yang biasanya mendapatkan update adalah aplikasi bawaan perangkat. Nah, dengan update firmware akan membuat perubahan tersebut bisa dijalankan dengan mulus di perangkat.

firmware hd100 firmware Pentingnya Update Firmware Perangkat Gaming upfirmwarehd100 3

Update Perangkat Gamingmu

Oleh karena itu, bagi kamu yang suka menunda atau jarang melakukan update firmware untuk perangkat yang kamu miliki, ada baiknya mulai sekarang mulai melakukannya, mengingat beberapa alasan tersebut di atas.

Untuk perangkat gaming Rexus, tersedia update firmware untuk keyboard Legionare MX8 dan Legionare MX10. Kedua keyboard ini adalah keyboard Rexus yang menggunakan perangkat lunak untuk fitur Macro di dalamnya.

Buat kalian yang memiliki keduanya, bisa mendapatkan firmware terbarunya di www.rexus.id/dukungan/perangkat-lunak. Selain itu, tersedia pula update firmware untuk produk Capture Card Rexus HD100 di sana. Selalu perbaharui firmware perangkat gaming kamu agar dapat menggunakannya secara optimal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *