Keyboard Gaming Rexus Legionare MX10 Artwork

Kalau kamu ingin memilih keyboard gaming terbaik untuk kamu, kamu sudah sampai di tempat yang benar. Setelah membaca tips ini, kamu akan memiliki pengetahuan yang penting untuk memilihnya. Ada tiga komponen utama yang harus kamu pertimbangkan: ukuran, tipe, dan fitur-fiturnya.

1. Ukuran Keyboard Gaming

Ukuran Penuh Keyboard Gaming Terbaik

Full Size Gaming Keyboard

Mungkin kamu sudah sadar kalau beberapa keyboard memiliki lebih banyak tombol dari pada yang lain. Khususnya untuk laptop, dimana ukuran layarnya menjadi jumlah maksimal tombol keyboard.

Ukuran penuh keyboard memiliki 104 tombol, termasuk QWERTY dan angka, number pad, function keys dan tombol empat arah. Tapi, ukuran yang paling lebar ini belum tentu ukuran yang kamu perlukan. Beberapa gamer merasa number pad membuat jarak terlalu lebar antara tangan kirinya dan mouse-nya. Kalau kamu merasa number pad penting dan berguna, disarankan menggunakan keyboard ini.

Yang merasa number pad tidak berguna, keyboard gaming TKL (ten key less) adalah pilihan yang baik. Keyboard ini hanya menghilangkan number pad dan menyisakan yang lainnya, termasuk tombol empat arah. Kebanyakan gamers merasa keyboard ini sudah cukup memberikan pengalaman gaming yang puas.

Keyboard Gaming TKL

Gaming Keyboard TKL

Kalau untuk ukuran keyboard gaming terbaik, pastinya sesuai selera dan kebutuhan kamu.

Baca juga: 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

Mechanical atau Membrane

Hal kedua untuk dipertimbangkan adalah tipe dari keyboard gaming. Maksud tipe disini adalah terasa seperti apa dan suara apa yang dihasilkan saat keyboard ditekan.

Keyboard membrane biasanya tidak mahal, dan menghasilkan desain yang tipis, berkat lapisan karet atau silicon yang bekerja sebagai per dan berkontak dengan listrik. Memang ringan dan tipis sehingga mempermudah untuk dibawa kemanapun, tapi kurang sensasi saat mengetik karena tidak menghasilkan suara “klik”. Membuat penggunanya tidak yakin apakah mereka sudah menekannya atau belum. Maka dari itu, banyak gamer yang tidak merekomendasi keyboard membrane untuk gaming.

Keyboard mechanical mempunyai switch di setiap tombolnya, bermanfaat untuk bersuara “klik” yang kencang, dan juga sensasi menekan tombol yang meyakinkan. Berdasarkan warna dan kegunaan, switch datang dengan banyak tipe.

Kalau kamu mengambil gaming dengan serius, sangat direkomendasikan untuk membeli mechanical keyboard gaming. Tidak hanya memberikan sensasi yang lebih baik, mereka juga mempunyai durabilitas yang jauh lebih tinggi dari keyboard standar lainnya. Kebanyakan tombol bisa tahan sebanyak 40-50 juta klik sebelum perlu diganti.

Untuk lebih detil, baca juga: Mechanical vs. Membrane

Fitur-Fitur Keyboard Gaming

Tombol Macro dan Penyesuian

Area ini menjelaskan keunggulan keyboard gaming terbaik dalam kecepatan dan preferensi pribadi. Beberapa gaming keyboard mempunyai tombol-tombol di kirinya yang bisa diprogram untuk menghasilkan kombinasi tombol. Di game yang kompleks seperti World of Warcraft, kamu biasanya harus mengetik atau menggunakan mouse untuk klik ikon yang spesifik. Dengan melakukan pemograman pada tombol macro kamu, satu tombol saja cukup. Sangat praktis, apalagi saat waktu untuk bereaksi sedikit.

Kamu juga bisa mengganti mechanical switch di setiap tombol untuk menyesuaikan keyboard gaming mechanical preferensi kamu pribadi. Mungkin kamu ingin sensasi “klik” yang lebih halus pada tombol WASD kamu, tapi juga ingin sensasi “klik” yang lebih kuat pada tombol spasi kamu.

Switch Bisa Dilepaskan

Switch Bisa Dilepaskan

Baca juga: 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

Anti-Ghosting

Tidak biasanya saat menggunakan keyboard untuk aktivitas normal, seperti mengetik, menekan banyak tombol secara bersamaan (kecuali saat menggunakan tombol shift). Dan saat itu terjadi, biasanya itu adalah sebuah kesalahan dimana tombol tidak diinput. Derita ini disebut efek ghosting. Tidak akan ada masalah kalau kamu hanya menggunakannya untuk mengetik, tapi beda cerita saat gaming. Saat kamu gaming, menekan banyak tombol secara bersamaan selalu terjadi karena setiap tombol penting. Maka dari itu, gaming keyboard terbaik harus memiliki fitur anti-ghosting supaya kamu bisa menginput banyak tombol secara bersamaan.

Backlit Illumination

Saat kamu melihat keyboard gaming menyala dengan warna pelangi dan berpendapat “itu berlebihan,” mungkin kamu akan kaget setelah mengetahui lampu-lampu ini mempunyai kegunaan lain. Dengan membagi keyboard gaming ke zona yang paling sering digunakan dan diberi penerangan dengan warna berbeda bisa memberikan referensi visual yang cepat saat bermain. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan letak tombol, sehingga permainanmu bisa lebih gesit.

Keyboard Gaming RGB

Gaming Keyboard RGB

Baca juga: Kegunaan RGB Kepada Gaming Keyboard

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan keyboard gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, keyboard gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari keyboard gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata keyboard gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih keyboard gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam keyboard gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga: 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: 3 Komponen Utama Gaming Keyboard Terbaik Kamu […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 2 =