audiens piala presiden piala presiden 2020 4 Game Yang Diperlombakan di Grand Final Piala Presiden Esports 2020 880228 720 180x180

Piala Presiden Esports 2020 segera menggelar babak terakhir yang akan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 1-2 Februari mendatang. Giring Ganesha, selaku ketua penyelenggara Piala Presiden Esports,  menyebut ada empat game yang akan diperlombakan pada grand final. Dua di antaranya adalah Free Fire dan Pro Evolution Soccer (PES 2020) yang merupakan game yang sangat populer di dunia. Dua game lainnya adalah Fruit Dart, game mobile, serta satu game lokal yang akan segera ditentukan oleh panitia.

Salah satu game lokal yang dipertimbangkan

Lokapala piala presiden 2020 4 Game Yang Diperlombakan di Grand Final Piala Presiden Esports 2020 lokapala1 600x334

Seperti yang kita ketahui bahwa pagelaran Piala Presiden Esports tahun 2020 mendatang akan mempertandingkan satu game buatan lokak. Namun hingga saat ini pihak penyelenggara masih belum merilis secara resmi game apa yang nantinya akan terpilih. Baru ada nominasi 5 game lokal yang nantinya akan dipilih untuk dipertandingkan dan salah satunya adalah Lokapala. Tentu saja ini akan menjadi terobosan yang besar bagi game android Lokapala. Jika Lokapala sukses menembus dunia esports Indonesia tentusaja hal tersebut adalah prestasi tersendiri bagi game tersbeut.

Lokapala game android MOBA buatan developer Indonesia yaitu Anantarupa Studios semakin hari semakin dinantikan peluncurannya. Game tersebut sepertinya akan bersaing ketat dengan game bergenre MOBA Mobile yang sebelumnya sudah trending terlebih dahulu di Indonesia seperti Mobile Legends dan Arena of Valor ataupun game yang kedepannya akan dirilis oleh RIOT Games yaitu League of Legends: Wild Rift.

Role Karakter Game Lokapala

Karakter dalam game Lokapala diberi nama ksatria dan setiap ksatria mempunyai role dan perannya masing-masing. Keenam role yang ada tersebut adalah Assassin, Fighter, Mage, Marksman, Support, dan Tank. Tentunya, setiap role mempunyai play style berbeda-beda dan disesuaikan dengan komposisi tim dalam permainan.

Sistem Mount (Kendaraan)

mount piala presiden 2020 4 Game Yang Diperlombakan di Grand Final Piala Presiden Esports 2020 mount 600x334

Salah satu inovasi terbaru kedalam game android MOBAnya adalah sistem mount (kendaraan). Sistem tersebut sebetulnya diadposi dari game MOBA PC Heroes of the Storm yang juga mempunyai sistem serupa. Kendaraan ini berfungsi untuk mempercepat pergerakan para pemain. Untuk menggunakan mount tersebut dibutuhkan waktu beberapa saat sebelum mount benar-benar dapat digunakan.

Rune dalam Permainan

Sistem Rune yang cukup terkenal didalam game Dota 2 sepertinya akan diimplementasikan kedalam game android MOBA Lokapala. Tepat ditengah sungai yang menghubungkan jalur tengah (midlane) akan muncul rune setiap 2 menitnya. Pemain yang menggambil rune tersebut akan mendapatkan buff sesuai rune yang diambil.

Esports dorong ekonomi kreatif

audiens piala presiden piala presiden 2020 4 Game Yang Diperlombakan di Grand Final Piala Presiden Esports 2020 880228 720 600x353

Menurut Giring, minat masyarakat Indonesia terhadap perkembangan esports meningkat pesat. Tahun lalu, Piala Presiden Esports sukses diikuti belasan ribu peserta pada tahun lalu. Di tahun ini, jumlah peserta yang sudah mendaftar mencapai ratusan ribu peserta.

“Tahun lalu cuma sekitar 15 ribu peserta, sekarang sudah ada 157.661 peserta yang mendaftar,” tutur Giring yang juga merupakan CEO Indonesia Esports Premiere League (IESPL).

Menariknya Piala Presiden Esports 2020 ini akan diikuti oleh peserta dari negara tetangga di ASEAN. “Nanti di final Indonesia akan melawan negara ASEAN seperti Kamboja, Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Jadi akan menjadi event internasional,” lanjut Giring.

Beberapa pekan jelang grand final, Indonesia Esports Premiere League (IESPL) selaku pemerintah dalam penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020, mengunjungi ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio pada Selasa (7/1/2020) siang WIB.

Dalam audiensi tersebut, Menparekraf Wisnitama melihat potensi esports sebagai industri yang akan berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Tidak hanya dari sisi ekonomi kreatif, ini juga dapat mendorong industri pariwisata. Wisnutama memberikan contoh, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 yang berskala regional Asia Tenggara dengan melibatkan tim-tim esports dari negara-negara tetangga di ASEAN, berpotensi menghidupkan sisi pariwisata.

“Kita bisa berkaca dari penyelenggaraan Asian Games 2018 bahwa kita mampu menjadi tuan rumah kejuaraan olimpik berskala besar. Saya melihat Piala Presiden Esports 2020 pun demikian. Kita mampu menyelenggarakan turnamen yang berpotensi mendatangkan keuntungan dari sisi pariwisata,” ujar Wishnutama.

 

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: 4 Game Yang Akan Diperlombakan Di Piala Presiden Esport […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *