Gamers, sebagai gamer cerdas, rasa ingin tahu kita tentu cukup besar sebelum membeli peralatan gaming yang hendak kita beli. Rasa ingin tahu itu meliputi keingintahuan kita akan jenis dan merek komponen yang dibenamkan dalam mouse gaming.

Seperti kita tahu, dalam sebuah mouse, terdapat berbagai komponen penting yang bakal sangat memengaruhi performa mouse tersebut. Setidaknya, ada dua komponen penting dalam sebuah gaming mouse, yaitu tombol dan sensor.

Sensor berperan penting untuk memetakan gerakan sinar yang masuk ke optik mouse dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal yang dikirimkan ke komputer.

Saat ini, ada empat merek sensor yang paling kerap dibenamkan dalam berbagai merek gaming mouse, yaitu:

rexus titanix tx7

  1. Avago

Merek chipset sensor ini memang sudah mendunia. Avago Technologies adalah perusahaan hardware dan semikonduktor yang berasal dari Singapura yang sudah berdiri sejak 57 tahun yang lampau. Sejak 2016, Avago mengakuisisi perusahaan semikonduktor Amerika,  Broadcom, dan berubah nama menjadi Broadcom Limited yang berkantor pusat di San Jose, California, AS.

Dari beragam produk chipset sensor mouse Avago, Avago 3050 adalah salah satu seri chipset sensor yang paling banyak digunakan oleh produsen gaming mouse, termasuk gaming mouse Rexus seri Titanix. Keunggulan chipset Avago A3050 terletak pada kinerjanya dalam mengomptimalkan fitur macro dengan sensor gaming di dalamnya.

Memang, Avago seri lainnya, termasuk seri yang lebih tinggi seperti Avago 3090 atau Avago 3310 juga mempunyai kinerja yang sama, tetapi harganya jauh di atas seri 3050. Untuk kualitas yang setara dengan harga terjangkau, chipset sensor Avago 3050 jadi pilihan yang ideal.

  1. Pixart

Menyusul eksistensi Avago di dunia chipset sensor, muncullah Pixart. Sensor Pixart merupakan salah satu produk dari PixArt Imaging Inc, sebuah perusahaan sensor CMOS yang berdiri sehak Juli 1998 di Hsin-chu, Taiwan. Seiring waktu, kemampuan chip sensor Pixart makin diperhitungkan, termasuk karena terkenal hemat dalam penggunaan energi sehingga cocok digunakan untuk mouse nirkabel.

Terjangkau bukan berarti tak berkualitas. Buktinya, beberapa produsen gaming mouse kenamaan, membenamkan sensor ini di gaming mouse-nya. Seri Elite Razer yang melegenda sejak 2014 memilih menggunakan sensor Pixart seri PMW-3366 untuk komponen pengindranya.

Begitu pula Pixart seri PMW3389 yang banyak dilekatkan di beberap gaming mouse kelas atas. Rexus pun memilih untuk mencangkok sensor Pixart dalam beberapa produknya, seperti dalam Rexus Xierra RX108.

Rexus xierra g5

  1. Sunplus

Satu lagi produsen chip sensor yang makin dilirik oleh para produsen gaming mouse, yaitu Sunplus. Perusahaan chipset yang berasal dari Taiwan ini mulai mengembangkan teknologinya di daratan Tiongkok sebelum akhirnya berkantor pusat di sana.

Salah satu produk chipset sensor yang terkenal dari produsen ini adalah Sunplus 168A yang dicangkok di beberapa merek gaming mouse entry level. Harga yang terjangkau, produk yang mudah diperoleh, dan jangkauan pasar yang luas menjadi beberapa alasan mengapa Rexus juga menggunakannya dalam beberapa seri mouse gaming-nya.

  1. Philips

Produsen asal negeri kincir angin ini memang sudah terkenal sebagai produsen yang beragam produk semi-konduktor, optik, dan  elektronika. Dalam “dunia” sensor mouse gaming, Philips hadir dalam produk sensor Philips Twin Eye yang fenomenal.

Seperti namanya, sensor Philips Twin menggunakan dua sensor untuk mengenali gerakan vertikal dan horizontal secara independen. Philips Twin Eye juga dilengkapi teknologi Doppler shift untuk mengukur gerakan. Sensor ini dapat sangat detil memetakan permukaan mouse, bahkan dalam gerakan yang sangat pelan sekalipun.

Keempat merek sensor tersebut mendominasi produk-produk mouse gaming saat ini. Dengan karakteristik masing-masing, mana yang kamu pilih?

Baca juga: Mouse Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *