Kursi Gaming Rexus DarkThrone

Kursi gaming sedang ramai dibicarakan orang. Jika kamu sudah banyak menghabiskan waktumu untuk menonton banyak esports, streamer Twitch, atau konten gaming lainnya, kamu pasti sudah tahu gaming gear satu ini. Dan dengan membaca ini, kemungkinan besar kamu ingin mencari kursi gaming terbaik yang cocok buat kamu.

Menurut penelitian Nielsen di tahun 2014, rata-rata gamer dengan umur lebih dari 13 tahun menghabiskan 6,3 jam per minggu untuk bermain game. Resiko kesehatan gamers mempunyai kemiripan dengan profesi yang mengharuskan pekerja untuk duduk dalam waktu yang lama. Kamu tidak mau kan, masih muda dan hanya menghabiskan waktu untuk hobimu yang menyenangkan, eeeh… Kena penyakit?

Tapi, dengan banyaknya produk yang bisa kamu pilih, gimana cara kamu memilih kursi yang terbaik? Untungnya, tips ini akan membantu kamu dalam memilihnya. Jadi duduk saja, relax, dan baca saja tips ini tentang gimana cara untuk bermain game sambil duduk dengan dengan nyaman.

Baca juga: Manfaat Gaming Chair Menurut Ahli Esport Ergonomis

1. Kunci Kenyaman Kursi Gaming: Ergonomis and Kesesuain

Posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar

Sewaktu kamu memilih kursi gaming terbaik, pastinya kenyamananlah rajanya. Lagi pula, kamu pastinya tidak mau merasakan keram di punggung dan leher kamu saat sedang bermain game. Kamu juga pasti ingin fitur yang dapat mencegah penyakit kronis hanya dari menikmati hobimu.

Di sinilah peran penting dari ergonomis. Menurut KBBI, Ergonomi adalah ilmu tentang hubungan di antara manusia, mesin yang digunakan, dan lingkungan kerjanya. Di kursi gaming, artinya adalah desain dari kursinya yang dapat menambah kenyamanan dan menjaga kesehatan fisik. Fitur-fitur seperti: sandaran tangan yang bisa disesuaikan (2D, 4D), bantal yang dapat menyokong pinggang, dan bantal untuk kepala, adalah fitur-fitur penting untuk mempertahankan postur tubuh dan kenyamanan ideal untuk duduk dalam jangka waktu yang panjang.

Kalau kamu tidak menemukan kursi gaming yang benar, bisa-bisa kamu dapat penyakit tulang loh. Penyakit tulang ada macam-macam, kayak mouse shoulder dan cubital tunnel syndromes yang bisa didapat kalau tidak menggunakan sandaran tangan yang benar. Ada juga sacroiliac joint dysfunction yang disebabkan karena sandaran punggung yang tidak sesuai dengan posisi duduk kamu. Tidak cocoknya tinggi kursi dan kaki juga dapat menyebabkan sciaticaDan masih ada banyak lagi penyakit tulang kalau kamu tidak memilih yang kursi gaming terbaik untuk mendukung posisi duduk yang benar.

Baca juga: Posisi Duduk Yang Benar Untuk Gamer

2. Material Kursi Gaming

Kenyamanan bukanlah satu-satunya factor terpenting dalam memilih kursi gaming terbaik. Terkadang, bahan juga bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam pembuatan kursi yang berkualitas. Ini adalah beberapa bahan yang bakalan kamu biasanya akan kamu ketemui.

Leather / Kulit

Leather adalah material kulit yang terbuat dari kulit binatang, biasanya sapi, setelah itu melewati proses penyamakan. Kulit asli memiliki durabilitas yang lebih tinggi daripada imitasinya, bisa tahan bertahun-tahun dan bahkan kualitasnya membaik tiap waktunya. Materi ini juga bisa menjaga keademan dari kursi.

PU Leather

Bahan bernama PU leather ini adalah kulit imitasi. Maka dari itu, kulit ini mempunyai tingkat durabilitas yang lebih rendah daripada kulit asli. Kulit imitasi ini juga tidak seadem dari kulit asli. Namun, ini mungkin tidak akan banyak mempengaruhi jika kamu di dalam ruangan yang berAC. Dibandingkan dengan PVC leather, PU leather terasa lebih realistik dari penampilannya dan rasanya.

PVC Leather

PVC leather adalah kulit imitasi lainnya yang mempunyai ketahanan terhadap air, noda dan api. Cocok untuk gamers yang suka ngemil dan minum sambil main game. (Untuk ketahanan terhadap api, semoga kamu tidak perlu mengalaminya, kecuali kamu ingin membakar pc kamu).

Baca juga: PC Leather VS PVC Leather

Fabric / Kain

Salah satu material yang paling sering digunakan untuk kursi kantor adalah kain, yang juga banyak digunakan untuk kursi gaming. Materi kain ini lebih adem daripada kulit dan imitasinya. Tapi buruknya, kain lebih tidak tahan terhadap air dibandingkan dengan kulit dan imitasinya. Faktor paling penting untuk memilih material antara kulit atau kain adalah preferens dari gamernya yang ingin kursi yang lembut, atau keras. Bahan kain memang lebih lembut, tapi tidak mempunyai durabilitas seperti kulit.

Baca juga: PU Leather Vs Fabrik

Kursi Gaming Rexus DarkThrone

Kursi Gaming Rexus DarkThrone

3. Ukuran Kursi Gaming

Banyak kursi yang dibuat khusus untuk orang-orang dengan tinggi dan berat yang sesuai rata-rata, tidak berarti orang di luarnya tidak bisa duduk nyaman saat bermain game. Perusahaan kursi gaming mengerti bahwa gamers datang dari semua bentuk dan ukuran, maka dari itu, banyak kursi gaming juga hadir dengan banyak macam tipe.

4. Style Kursi Gaming

Tentu saja memilih kursi gaming yang memiliki kualitas kulit dan kenyamanan adalah faktor yang penting. Tapi, kalau stylenya tidak cocok dengan sisi estetikmu, kamu tidak akan nyaman juga saat menggunakannya kan? Stylenya macam-macam. Ada yang seperti jok mobil balap, ada yang bentuknya lebih elegan, ada juga yang sportis dan dinamis. Untuk warna, kamu bisa sesuain dengan gaming gear kamu yang lainnya. Kalau keyboard, mouse, dan headset gamingmu berwarna biru, mungkin kursi yang cocok untuk kamu juga berwarna biru. Pada akhirnya, tidak banyak yang bisa kami bantu dalam menentukan style kursi gaming terbaik mu.

5. Harga Kursi Gaming

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan kursi gaming yang sesuai dengan badan kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, kursi gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari kursi gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata kursi gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih kursi gaming murah tapi tidak kualitas murahan.

Pada akhirnya, kamu tidak boleh merasa menyesal saat membelinya.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam kursi gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik

8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Baca juga: 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Kamu […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + seven =