Gamers, seringkali kita berpikir bahwa duduk itu sebuah aktivitas yang ringan, tak memerlukan energi yang besar. Memang, energi yang mesti dikeluarkan saat duduk tak sebesar saat kita mencangkul atau berlari mengelilingi lapangan.

Tapi, bagaimana jika kita harus duduk selama lebih dari 8 jam dengan mata dan pikiran yang harus fokus di layar komputer? Tentu, energi yang dibutuhkan pastilah banyak. Itulah yang terjadi saat kita harus bermain gim di komputer atau terlebih lagi, saat mengikuti turnamen game.


Efek Duduk Salah

Efek duduk yang tidak tepat akan dirasakan saat kebiasaan itu dilakukan dalam waktu yang lama dan dilakukan secara beruilang sehingga menjadi kebiasaan. Berikut gangguan kesehatan yang berpotensi terjadi akibat posisi duduk yang tidak tepat.

  • Sakit punggung
  • Syaraf terjepit
  • Aliran darah tak lancar sehingga konsentrasi sering terganggu
  • Mata mudah lelah
  • Perubahan struktur tulang belakang (bengkok, miring)
  • Mudah pusing/ pening
  • Sering kesemutan


Posisi yang Benar
Frank Maas, ahli esports ergonomics, sangat menekankan posisi duduk yang tepat saat bermain gim, terutama saat gamer bertanding selama berjam-jam.

Menurutnya, posisi sangat menentukan kecepatan refleks, ketahanan stamina, dan menghindarkan kita dari potensi sakit punggung serta peradangan pada pangkal telapak tangan (carpal tunnel syndrome).

Berikut posisi duduk yang dianjurkan bagi para gamer dan orang yang pekerjaannya harus duduk berlama-lama di atas kursi.

  1. Posisi punggung tegak lurus
    Prinsipnya, posisi punggung harus tetap tegak lurus, namun tetap rileks.
  2. Tarik perut
    Cara mudah agar punggung selalu dalam posisi lurus adalah dengan menarik otot perut ke dalam. Awalnya, cara ini memang agak sulit tapi lama-kelamaan kita akan terbiasa.
  3. Sandarkan ke bantalan kursi
    Lumban atau bantalan antar tulang belakang hendaknya disandarkan secara nyaman pada bantalan kursi yang mengikuti kontur atau posisi tulang belakang.
  4. Telapak kaki menapak
    Posisi kaki hendaknya harus menapak sempurna di lantai, dengan posisi tulang paha vertikal sedikit menurun agar peredaran darah, baik dari jantung ke kaki ataupun sebaliknya, tetap lancar.
  5. Pandangan lurus ke depan
    Atur ketinggian layar komputer agar pandangan lurus ke depan. Jika posisinya agak menurun, maka leher kita akan cenderung menunduk sehingga dalam waktu lama akan menyebabkan sakit leher.
  6. Sandarkan lengan tangan
    Agar tak mudah lelah, sandarkan kedua lengan tangan pada hand-rest kursi gaming. Kursi gaming Rexus RGC-101, RGC-102, dan RGC-103 mempunyai sandaran tangan yang bisa diatur secara leluasa.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *