6 Game Karir karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game WhatsApp Image 2019 12 20 at 17

Industri video game telah berkembang jauh sejak zaman Pong dan Duck Hunt. Apa yang dulunya industri yang ditujukan kepada anak-anak dan remaja, telah berevolusi menjadi industri yang lebih besar dari film dan televisi. Jutaan orang dewasa yang sukses juga menganggap diri mereka sebagai gamer yang fanatik. Selain itu, banyak anak-anak yang tumbuh dengan kecintaan gaming yang akhirnya mengejar karir di industri tersebut, membuktikan orang tua mereka yang dianggap cerewet tersebut salah. Jika kamu memiliki bakat, hasrat, dan dorongan untuk mendedikasikan hidup kamu untuk gaming, kamu mungkin akan tertarik bekerja sebagai salah satu dari 8 karir game ini:

Video Game Artist

Video Game Artist karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game 3a7c987aaa909bf8779116e8c7cddef1 600x435

Drew Wolf, Video Game Artist Dota 2

Ingat tidak saat guru kamu menyuruh kamu untuk stop menggambar kartun dan karakter kamu yang keren itu? JANGAN STOP! Kecuali memang lagi dalam sesi belajar, patuhilah. Tapi bener loh, setiap video game membutuhkan desainer bertalenta yang dapat membawa ide-ide menjadi nyata dengan membuat karakter dan lingkungan dari gambarmu serealistis mungkin. Video game artist merupakan karir game yang tidak hanya bisa menggambar, juga harus bisa membuat animasi dari kreasi mereka supaya terlihat hidup, jika mereka ingin audiensnya terjun ke dunia game. Mengasah kemampuan artistik kamu dapat menghasilkan $50.000 per tahun.

Audio Programmer

Audio programmer adalah karir game yang bertanggung jawab dalam merekam lagu untuk game, efek suara dan pengisi suara. Dulu mungkin memang gampang banget, simpel seperti Super Mario Bros., tapi banyak game sekarang yang membutuhkan banyak macam efek suara dan lagu untuk latar-latar yang berbeda. Efek suara untuk setiap macam-macam benda juga pasti berbeda-beda. Audio programmer bekerja susah payah untuk membawa suasana gaming terasa nyata. Mereka yang sukses di bidang ini dapat meraih $100.000 per tahun loh.

Writer

Writer yang dulunya merupakan posisi yang cukup singkat pekerjaannya, sekarang menjadi jauh lebih kompleks. Mungkin dulu, ceritanya sesimpel menyelamatkan putri yang dikurung oleh monster atau semacamnya. Tapi sekarang, penulis harus berpikir lebih dalam lagi, tentang awal mula cerita, asal muala sebuah masalah, dan bagaimana karakternya mengatasi masalah tersebut. Perjuangan seperti apa yang harus dilalui oleh karakter yang dapat menyentuh hati pemain. Skrip video game zaman sekarang bisa sepanjang seribu halaman. Karir game ini juga mengharuskan kamu untuk membuat karakter yang dinamis dan bereaksi secara unik dengan situasi yang berbeda-beda, selayaknya kepribadian mereka. Penulis ternama dapat menghasilkan $200.000 per tahun.

Game Programmer

Tokyo Game Programmer karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game tokyogameprogrammer 600x345

Source: Youtube, A day in the life of a 23-year-old Tokyo game programmer

Kalau kamu suka coding dan gaming, mungkin kamu cocok menjadi game programmer. Kamu akan bertanggung jawab dalam membuat game ini bergerak. Dari bergeraknya karakter-karakter, termasuk NPC (Non-Playable Character), karakter berinteraksi satu dengan lainnya, dan juga lingkungannya. Game artist sudah membuat karakter dan animasinya, karir game ini yang akan memastikan karakternya dapat dimainkan dan dikontrol. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $95.000 per tahunnya.

Game Designer (Perancang Game)

Mungkin kamu tidak memiliki jiwa artistik, juga tidak banyak pengalaman dengan coding, tapi kamu memiliki ide yang menarik untuk video game sejak kamu kecil. Sebagai game designer atau perancang game, kamu bertanggung jawab dalam membuat game ini asik untuk dimainkan. Kamu yang menjelaskan karakternya, lingkungannya, dan tujuan dari game ini. Seperti semua karir game lainnya, perancang game semakin kompleks. Kamu bahkan membutuhkan ijazah untuk memulai karir ini. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $70.750 per tahunnya.

Game Producer

Peran produser tidak begitu jelas, karena tugasnya berbeda-beda tiap studio dan keahlian produser. Namun, ada beberapa tanggung jawab yang sama untuk setiap produser, dan ini sama pentingnya dengan fungsi pengembangan game lainnya. Pada dasarnya, produser dapat dibilang sebagai manajer proyek, karena itulah yang mereka kerjakan. Mereka mengelola jadwal produksi, anggaran, tim pengembangan, pemberi lisensi, dan pihak luar.

Game Tester

ASIK! Kerjanya cuman main game dan dibayar pula. Kedengaran asik kan? Tapi sayangnya tidak. Sebagai game tester, kamu bertanggung jawab dalam mencoba game ini bisa berjalan dengan lancar atau tidak, berjalan kemana-mana dan mencatat masalah apa yang muncul saat bermain gamenya. Contoh, bayangkan kamu main sebuah level di Super Mario, kamu lompat-lompat di satu tempat yang sama, berjalan satu inch, terus lompat lagi sambil berputar, maju lagi dan semacamnya. Ngerti gak? Kamu mencari glitch. Kamu tidak dapat banyak uang, tapi setidaknya kamu berperan di industri game.

Professional Gamer

Gamer Indonesia IEL 2019 karir game 8 Karir Game Untuk Kamu Yang Hobi Bermain Game Gaming Headset 2 600x338

Gamer Indonesia – IEL 2019

Yah, kamu sudah tau lah. Syarat karir game ini adalah mempunyai skill yang hebat dalam bermain game, atau bisa menghibur banyak orang. Dengan skill yang hebat, kamu bisa memenangkan kejuaraan dan mendapat uang yang banyak. Kamu juga akan terkenal dan sponsor-sponsor akan mencarimu. Kalau kamu cuman punya skill menghibur, tidak menang juga tidak apa yang penting banyak yang nonton. Kalau kamu punya skillnya, dan juga menghibur, tidak hanya sponsor, tapi jodoh kamu akan datang. Atlet esport Indonesia juga mulai terkenal loh.

Itu dia 8 karir game yang cocok untuk kamu yang sangat menggemari game. Tentu saja, menggemari saja tidak cukup. Kamu tetap harus belajar yang tekun untuk mendapatkan karir yang kamu inginkan seperti karir-karir lainnya. Tapi setidaknya, kamu akan merasa berdedikasi karena kamu menggemari produk yang kamu hasilkan.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] tetap merupakan komponen penting dari tanggung jawab orang tua sebagai strategi keseluruhan untuk keberhasilan siswa,” tambah […]

  2. […] Baca juga: 8 Karir Untuk Penggemar Game […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *