sakit punggung saat bekerja

Sakit punggung datang dengan banyak bentuk dan ukuran. Bisa terasa langsung setelah sebuah kecelakaan atau diam-diam datang secara misterius seperti air tenang menghanyutkan. Sakitnya bisa terasa hanya sebentar (akut) atau lebih lama dari hubungan kamu sama doi (kronis).

Di beberapa kasus, obat-obat saja cukup untuk menyembuhkan sakit punggung ini. Tapi di kasus yang parah, operasi harus dilakukan.

Kadang, susah untuk mencari sumber dari rasa sakitnya. Tapi di lain waktu, sangat gampang untuk menemukannya. Sciatica adalah salah satu sakit punggung yang paling mudah diindentifikasi.

Apa itu Sciatica?

Dikutip dari hellosehat, Sciatica adalah rasa nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit. Saraf panggul adalah saraf terpanjang yang ada di tubuh, dimulai dari pinggul dan bawah tulang belakang ke bagian belakang kaki. Sciatica adalah gejala dari penyakit saraf, bukan penyakit yang terpisah, dan biasanya menghilang setelah 4-8 minggu perawatan.

Apa penyebab Sciatica?

Untuk para gamers dan pekerja kantoran, sciatica biasanya terjadi karena duduk kelamaan dan ditambah dengan posisi duduk yang salah. Baca tips posisi duduk terbaik kami untuk mengurangi risiko sciatica.

Faktor lain meliputi:

  • Usia tua: Kondisi tulang belakang yang menua menjadi penyebab paling umum dari sciatica
  • Kegemukan: Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan terhadap tulang belakang
  • Diabetes: Diabetes dapat meningkatkan risiko dari kerusakan saraf

Gejala terumum Sciatica

Biasanya Sciatica akan mempengaruhi area di sekitar:

  • Bagian belakang paha,
  • Bagian belakang dan depan kaki,
  • Bagian tempurung kaki.

Gejala sciatica yaitu:

  • Nyeri,
  • Rasa terbakar,
  • Mati rasa,
  • Kurang tenaga,
  • Kesemutan.

Sciatica yang parah akan menyulitkan kamu bahkan saat berjalan atau menekukkan kaki. Jika kamu merasakan nyeri lebih dari 1 minggu atau nyeri terasa sangat parah, lebih baik untuk konsultasi dengan dokter.

Cara mencegah Sciatica

Bermain game dan bekerja membuat kamu lupa waktu dan duduk kelamaan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui posisi duduk terbaik menurut esporthealthcare.

  • Duduk dengan pinggul dan punggung menekan sandaran,
  • Kedua paha pas di kursi,
  • Tinggi kursi yang ideal dimana kedua telapak kaki menyentuh lantai,
  • Lutut menekuk 90 derajat.

Tambahan, kamu disarankan berdiri dari posisi duduk kamu setiap 30 menit dan berjalan-jalan selama 5 menit.

Cara mengatasi Sciatica

Menurut alodokter, sebagian besar kasus skiatika dapat diatasi tanpa memerlukan pengobatan dari dokter. Berikut adalah penanganan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  • Istirahat kurang lebih tiga hari. Disarankan di atas kasur yang tidak terlalu lembut.
  • Mengompres bagian yang terasa sakit dengan kompres hangat atau dingin untuk meredakan nyeri.
  • Melakukan latihan peregangan punggung bawah untuk meredakan gejala dan mengurangi tekanan pada saraf.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti, paracetamol.

Kalau cara di atas tidak bisa mengatasi gejala sciatica, kunjungilah dokter.

Sciatica hanyalah satu dari banyak macam sakit punggung yang bisa kamu dapat jika tidak duduk dengan posisi yang benar, duduk kelamaan atau bahkan kerja yang berlebihan. Bekerja memang penting, tapi istirahat tidak kalah penting. Tidak seperti di game, penyakit yang parah bisa disembuhkan dengan gampang dengan potion atau healing magic. Maka dari itu, kamu harus selalu ingat untuk berolahraga setiap hari dan menggunakan posisi duduk terbaik.

The Seven Deadly Sins Grand Cross

Kalian tau gak kalau developer mendunia, Netmarble, baru saja mengumumkan The Seven Deadly Sins: Grand Cross, game mobile cinematic yang bergenre adventure-rpg. Animenya yang seru banget dengan ceritanya yang dalam dan lucu, dan pertarungan actionnya yang mantul, membuat fans-fans beratnya ingin bermain game ini secepat-cepatnya setelah menonton trailer dari game mobile ini. Yang sebelumnya hanya bisa dimainkan di Jepang, sekarang akan launching di seluruh dunia di 2020 setelah kesuksesannya berada di urutan nomor satu di banyak kategori App Store Jepang tahun lalu. Untuk melakukan pre-registrasi sudah bisa dilakukan sekarang melalui App Store dan Google Play!

The Seven Deadly Sins: Grand Cross mengubah petualangan Meliodas, ketua dari Seven Deadly Sins, menjadi sebuah mobile game yang sangat menarik dan pastinya memberikan pengalaman bermain yang akan sangat menghibur, tidak hanya fansnya, tapi orang-orang yang bahkan belum menontonnya. Grafiknya yang menakjubkan dengan resolusi tingginya yang 3D dan lebih dari 100 cuplikan dari animenya, dan ditambah dengan pengisi suara anime asli dari Jepang, menghidupkan game Seven Deadly Sins, termasuk Ban, King, Gowther, Merlin, Diane, dan masih banyak lagi!

Pemain bisa memilih dari banyak daftar pahlawan dari series untuk membangun timmu dan mengalahkan musuh-musuh menggunakan sistem bermain card-based. Artinya, kamu harus dengan pintar menggabungkan kartu-kartu kamu dan karakter-karakter yang kamu pilih untuk mengeluarkan jurus yang special. Pemain juga bisa mendapatkan kostum unik dan dialog karakter yang hanya bisa didapatkan dari game, ditambah dengan banyak sistem affection, memasak dan banyak lagi.

 

Orang yang sudah pre-register game ini akan mendapatkan hadiah saat launching:

  • 1x Karakter Meliodas, karakter utama di The Seven Deadly Sins: Grand Cross
  • 1x Kostum dan senjata untuk Meliodas
  • 30 Diamond (mata uang premium di game)
  • 100,000 Gold (mata utang di game)
  • Box eksklusif yang berisi items yang bisa digunakan di game, kostum special untuk Elizabeth, juga karakter utama dari Seven Deadly Sins.

The Seven Deadly Sins Pre-registration Rewards

Game mobile ini sudah membuktikan kesuksesannya di Jepang. Jadi, tungg apa lagi? Ayo cepat pre-registrasi The Seven Deadly Sins: Grand Cross Sekarang!

Gamer, saat ini banyak terdapat pilihan switch keyboard yang tersedia di pasaran, mulai dari tipe yang berisik hingga yang santuy. Tipe switch tersebut dibedakan berdasarkan karakteristik dalam warna yang berbeda. Ada switch berwarna biru, coklat, merah, hitam, bahkan ada yang berwarna pink. Kalian bisa memilihnya berdasarkan gaya dan tipe permainan yang kamu mainkan.

Setelah beberapa tahun para gamer suka menggunakan tipe blue switch yang mempunyai karakter clicky dan tactile, saat ini para gamer mulai melirik ke switch berwarna brown dan red yang lebih punya karakter yang lebih ringan dan suaranya lebih lembut.

Outemu Red Switch
Outemu menjadi salah satu merek switch keyboard yang banyak digunakan oleh produsen keyboard. Awalnya, pabrikan asal China ini diidentikkan sebagai peniru merek Cherry. Namun, seiring perjalanan waktu, justru merek ini mulai mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Menurut beberapa forum gamer, switch Outemu mempunyai sensasi yang mirip dengan merek Cherry MX. Setiap warna yang digunakan untuk menandai masing-masing tipe pun sama persis.

Seperti pada Outemu switch merah, tipe ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan Cherry MX switch merah, dengan berat tekanan yang sedikit lebih berat. Yuk, kita bandingin teknis antara Cherry MX red switch dengan Outemu red switch, seperti berikut:

Cherry MX Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 1,5mm,
– Tekanan aktuasi: 37gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 54gram

Outemu Red Switch
– Jarak poin aktuasi stem: 2,1mm,
– Tekanan aktuasi: 45 – 47gram
– Tekanan aktuasi hingga dasar: 57-61gram

Dari perbandingan teknis tersebut, dapat diketahui bahwa switch merah Outemu mempunyai tekanan yang sedikit lebih berat daripada punya Cherry MX.

Dibandingkan warna switch yang lain, switch merah dinilai bersuara paling lembut. Bahkan lebih lembut dan ringan dibandingkan switch coklat yang saat ini dikenal sebagai salah satu switch dengan tekanan ringan.

Outemu switch coklat mempunyai tekanan aktuasi sekitar 55gram, lebih berat sekitar 10 gram dibanding Outemu switch merah. Meski demikian, suara klik keduanya sama-sama lembut, tetap dengan sensasi membal (tactile)

Bermain game sambil ngemil itu sudah paling the best ya! Apalagi kalau kamu berbagi pengalaman ini bersama seseorang yang dekat dengan kamu seperti keluarga, teman atau mungkin pacar. Tapi kalian harus ingat, kalau ngemil tidak boleh berlebihan ya. Seperti badan kalian yang ada batasnya, begitu juga bermain game dan cemilan yang tidak sehat. Mimin hari ini mau sharing cemilan gamer yang paling disukai banyak orang. Ada cemilan sehat juga kok.

Air

HAHAHAHA! Bener. Semua gamer sehat dan cerdas harus selalu ingat minum air setiap hari setidaknya sebanyak 1.5 liter perhari. Bukan hanya untuk kesehatan, dikutip dari Hellosehat, minum air juga dapat membantu otak bekerja lebih baik, jadi kamu bisa lebih konsentrasi dengan game yang kamu mainin. Bukan termasuk cemilan, tapi mimin mau ingatin aja pentingnya minum air. Lihat saja gambar orang di atas, dikasi air minum langsung senyum.

Snack ringan

Snack tentunya ada banyak macam, ada kusuka, Doritos, Cheetos, Happytos, dan tos-tos lainnya yang gampang banget untuk dicari dan disajiin. Gak perlu dihidangin dengan piring, tinggal buka aja bungkusnya dan kamu bisa langsung comot. Tapi ingat ya, bungkus mouse atau gamepad kamu dengan tisu supaya tidak berminyak nantinya. Cemilan gamer satu ini memang tidak bagus kalau kebanyakan, lebih baik ngemilnya bareng mimin.

Kacang

Kacang di sini maksudnya kacang pilus ya. Kalau kacang tanah, aduh males banget ngupas-ngupas kalau sambil main game. Kacang pilus seperti snack ringan juga gampang banget buat carinya. Kacang pilus dibedain dengan snack ringan karena kemudahannya saat dimakan. Tinggal buka, terus tuangin aja ke mulut. Gak kotorin tangan, jadi gak perlu siapin tisu atau cuci tangan dll.

Cereal

Ini juga cepat, enak dan mudah banget untuk disajiin. Kalau dituang dengan susu, beuh…. Enak banget. Rasanya, fenomenal. Mimin tentunya bukan Masterchef Indonesia, tapi menurut mimin, cereal sehat yang disajiin dengan susu ini lebih enak dari steak manapun. Selain sehat, cemilan gamer ini pastinya mengenyangkan perut.

Mie

Zaman-zaman masi main game di warnet, bareng teman, terus laper, emang enaknya makan mie ya. Mau kuah, mau goreng, mau mentah juga enak banget. Apalagi kalau ditambah daging kornet dan telur, mimin jadi pingin beli sekarang. Tapi kalau kebanyakan, nanti kamu bakalan gendut, dan jadi susah dapat pacar. Tapi kalau ingat kembali momen-momen mienya datang, baunya, dan rasanya, kayaknya sepadan dengan risikonya ya? Enggak juga sih… HAHA!

Biskuit dan cokelat

Rasanya yang manis, membuat biskuit dan cokelat menjadi cemilan gamer yang hilangin stress. Apalagi biasanya mereka datang dengan bungkus yang memudahkan kamu untuk makan dan gak berepotan di tangan.  Tentu saja, kebanyakan ngemil ini bisa membuat kamu diabetes karena gulanya banyak beuts. Ngemil sedikit gapapa, daripada nanti stress terus rambut botak di usia dini. Gamau kan?

Buah-buahan

Kalau kamu malas minum air, tapi perut juga mengeluarkan suara lapar, makan saja buah-buahan. Kesegaran dari cemilan sehat ini membuat tenggorakan kamu tidak haus, vitaminnya juga baik untuk tubuh, dan juga bisa mengisi perut kamu sedikit.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Bermain Game

Pizza

Pizza, makanan lezat dari Itali, tapi terlezat di dunia menurut mimin. Roti yang dibakar sampai empuk dan renyah, dengan kejunya yang meleleh saat ditarik, dengan dagingnya yang terasa seperti meleleh di mulut dan membuat kamu lapar dan lapar lagi. Aduh, mimin gak bisa stop membahas makanan ini karena pizza adalah makanan yang paling disukai mimin. Gampang makannya, enak dikunyah,  Tapi jarang-jarang mimin ngemil ini sambil bermain game karena cemilan gamer ini mahal…

Martabak

Siapa yang gak tau martabak? Makanan khas Indonesia yang buat penduduk tanah air ketagihan dan bisa dibilang sudah meng-carry­ nama Indonesia ke seluruh dunia. Mau martabak manis, martabak telur, cemilan gamer ini akan menemanimu saat kamu bermain game atau lagi ngumpul bersama teman. Paling enak dimakan dengan garpu, supaya pas main game juga mouse atau gamepad kamu tidak berepotan.

Kentang goreng

Mau makan nasi, roti, burger, steak, bahkan eskrim, kentang goreng memang selalu di hati. Apalagi kentang goreng yang dibumbuin dengan bumbu BBQ seperti Mc D atau KFC, cemilan gamer ini akan selalu menemanimu di segala aktifitas kamu.

Kamu punya cemilan gamer atau cemilan sehat yang enak dimakan saat main game? Kamu bisa langsung komen supaya mimin juga bisa cobain, hehe.

Kalau kamu ingin memilih keyboard gaming terbaik untuk kamu, kamu sudah sampai di tempat yang benar. Setelah membaca tips ini, kamu akan memiliki pengetahuan yang penting untuk memilihnya. Ada tiga komponen utama yang harus kamu pertimbangkan: ukuran, tipe, dan fitur-fiturnya.

1. Ukuran Keyboard Gaming

Ukuran Penuh Keyboard Gaming Terbaik

Full Size Gaming Keyboard

Mungkin kamu sudah sadar kalau beberapa keyboard memiliki lebih banyak tombol dari pada yang lain. Khususnya untuk laptop, dimana ukuran layarnya menjadi jumlah maksimal tombol keyboard.

Ukuran penuh keyboard memiliki 104 tombol, termasuk QWERTY dan angka, number pad, function keys dan tombol empat arah. Tapi, ukuran yang paling lebar ini belum tentu ukuran yang kamu perlukan. Beberapa gamer merasa number pad membuat jarak terlalu lebar antara tangan kirinya dan mouse-nya. Kalau kamu merasa number pad penting dan berguna, disarankan menggunakan keyboard ini.

Yang merasa number pad tidak berguna, keyboard gaming TKL (ten key less) adalah pilihan yang baik. Keyboard ini hanya menghilangkan number pad dan menyisakan yang lainnya, termasuk tombol empat arah. Kebanyakan gamers merasa keyboard ini sudah cukup memberikan pengalaman gaming yang puas.

Keyboard Gaming TKL

Gaming Keyboard TKL

Kalau untuk ukuran keyboard gaming terbaik, pastinya sesuai selera dan kebutuhan kamu.

Baca juga: 8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

Mechanical atau Membrane

Hal kedua untuk dipertimbangkan adalah tipe dari keyboard gaming. Maksud tipe disini adalah terasa seperti apa dan suara apa yang dihasilkan saat keyboard ditekan.

Keyboard membrane biasanya tidak mahal, dan menghasilkan desain yang tipis, berkat lapisan karet atau silicon yang bekerja sebagai per dan berkontak dengan listrik. Memang ringan dan tipis sehingga mempermudah untuk dibawa kemanapun, tapi kurang sensasi saat mengetik karena tidak menghasilkan suara “klik”. Membuat penggunanya tidak yakin apakah mereka sudah menekannya atau belum. Maka dari itu, banyak gamer yang tidak merekomendasi keyboard membrane untuk gaming.

Keyboard mechanical mempunyai switch di setiap tombolnya, bermanfaat untuk bersuara “klik” yang kencang, dan juga sensasi menekan tombol yang meyakinkan. Berdasarkan warna dan kegunaan, switch datang dengan banyak tipe.

Kalau kamu mengambil gaming dengan serius, sangat direkomendasikan untuk membeli mechanical keyboard gaming. Tidak hanya memberikan sensasi yang lebih baik, mereka juga mempunyai durabilitas yang jauh lebih tinggi dari keyboard standar lainnya. Kebanyakan tombol bisa tahan sebanyak 40-50 juta klik sebelum perlu diganti.

Untuk lebih detil, baca juga: Mechanical vs. Membrane

Fitur-Fitur Keyboard Gaming

Tombol Macro dan Penyesuian

Area ini menjelaskan keunggulan keyboard gaming terbaik dalam kecepatan dan preferensi pribadi. Beberapa gaming keyboard mempunyai tombol-tombol di kirinya yang bisa diprogram untuk menghasilkan kombinasi tombol. Di game yang kompleks seperti World of Warcraft, kamu biasanya harus mengetik atau menggunakan mouse untuk klik ikon yang spesifik. Dengan melakukan pemograman pada tombol macro kamu, satu tombol saja cukup. Sangat praktis, apalagi saat waktu untuk bereaksi sedikit.

Kamu juga bisa mengganti mechanical switch di setiap tombol untuk menyesuaikan keyboard gaming mechanical preferensi kamu pribadi. Mungkin kamu ingin sensasi “klik” yang lebih halus pada tombol WASD kamu, tapi juga ingin sensasi “klik” yang lebih kuat pada tombol spasi kamu.

Switch Bisa Dilepaskan

Switch Bisa Dilepaskan

Baca juga: 5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

Anti-Ghosting

Tidak biasanya saat menggunakan keyboard untuk aktivitas normal, seperti mengetik, menekan banyak tombol secara bersamaan (kecuali saat menggunakan tombol shift). Dan saat itu terjadi, biasanya itu adalah sebuah kesalahan dimana tombol tidak diinput. Derita ini disebut efek ghosting. Tidak akan ada masalah kalau kamu hanya menggunakannya untuk mengetik, tapi beda cerita saat gaming. Saat kamu gaming, menekan banyak tombol secara bersamaan selalu terjadi karena setiap tombol penting. Maka dari itu, gaming keyboard terbaik harus memiliki fitur anti-ghosting supaya kamu bisa menginput banyak tombol secara bersamaan.

Backlit Illumination

Saat kamu melihat keyboard gaming menyala dengan warna pelangi dan berpendapat “itu berlebihan,” mungkin kamu akan kaget setelah mengetahui lampu-lampu ini mempunyai kegunaan lain. Dengan membagi keyboard gaming ke zona yang paling sering digunakan dan diberi penerangan dengan warna berbeda bisa memberikan referensi visual yang cepat saat bermain. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan letak tombol, sehingga permainanmu bisa lebih gesit.

Keyboard Gaming RGB

Gaming Keyboard RGB

Baca juga: Kegunaan RGB Kepada Gaming Keyboard

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan keyboard gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, keyboard gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari keyboard gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata keyboard gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih keyboard gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam keyboard gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga: 8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu

bermain video game

Berlawanan dengan kepercayaan tradisional, bermain video game hanyalah sumber hiburan, untuk menjadi pengalihan dari dunia asli yang pada akhirnya menjadi kecanduan. Tapi berdasarkan penelitian sebelumnya, gaming tentu memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan waktu yang cukup. Salah satu manfaatnya adalah pengembangan keterampilan kognitif pada anak-anak dan orang dewasa. Sama seperti latihan fisik dapat membantu dalam memperkuat otot-otot kamu, permainan kognitif membantu untuk memanjakan otak seseorang dalam stimulasi konstan, sehingga meningkatkan kinerja otak.

  1. Makin Ahli Dalam Memecahkan Masalah (problem-solving)

Manfaat video game yang pertama adalah kamu semakin ahli dalam memecahkan masalah atau problem solving. “Masalah apaan?” Banyak macam! Bilang saja Super Mario Bros, kamu harus berulang-ulang kali kalah untuk mengetahui bagaimana caranya melewati beberapa rintangan susah dan mengalahkan BOSS. Di game online dimana kamu melawan orang lain, tekanannya lebih besar karena kamu harus bisa menyusun strategi di saat bersamaan kamu bermain game.

Portal

Portal, video game yang perlu banyak mikir.

  1. Meningkatkan Keterampilan Multi-Tasking

Manfaat video game kedua adalah meningkatkan keterampilan multi-tasking. Saat bermain game, banyak organ tubuh yang harus dikoordinasikan. Misalnya saat bermain CS:GO, kamu menggunakan tangan kirimu untuk berjalan, tangan kananmu untuk menembak dan mengarahkannya. Di saat yang sama, mata kamu harus fokus melihat sekeliling, termasuk peta, peluru, musuh, dan telinga harus mendengar step. Pada akhirnya, keterempilan multi-taskingmu semakin ASHIAP!

Baca juga: Cara Gamer Menjaga Kesehatan Mata

  1. Meningkatkan Memori Otak

Pada tahun 2014, peneliti dari Max Planck Institute, Jerman, mempublikasikan sebuah penelitian yang menemukan bahwa bermain Super Mario 64 dapat meningkatan ukuran pada beberapa daerah di otak. Perkembangan tersebut terutama terjadi pada bagian otak yang berfungsi untuk orientasi spasial, formasi memori, perencanaan strategis dan keahlian motorik.

Peneliti mengobservasi 24 partisipan yang bermain game selama 30 menit per sehari selama 2 bulan menggunakan mesin MRI, yang ditemukan adalah para partisipan memiliki bagian yang berkembang di hippocampus daerah kanan, korteks prefrontal kanan dan cerebellum. Bagian-bagian tersebut jauh lebih berkembang daripada mereka yang tidak bermain video game. Simone Küh sebagai salah satu peneliti menyatakan bahwa hal ini membuktikan bagian otak bisa dilatih melalui video game.

  1. Mempercepat Proses Kerja Otak

Manfaat bermain video game yang berikutnya adalah mempercepat proses kerja otak. Saat bermain game, otak menerima banyak stimulasi, baik visual ataupun audiotori . Menurut penelitian, seseorang yang sering bermain video game dapat memproses stimulasi ini lebih cepat daripada yang lain. Stimulasi ini memastikan bahwa otak terus bekerja untuk memproses dan menafsirkannya.

  1. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi

Game online memungkinkan banyak pemain untuk terlibat dalam game tertentu secara bersamaan. Dengan demikian, ada komunikasi yang konstan antara para pemain yang pada akhirnya menghasilkan pengembangan keterampilan sosial. Kecuali pemainnya TOXIC ya.

video game menambah teman

Lihat gaes, dia punya teman!

Baca juga: 8 Karir Untuk Penggemar Game

Manfaat video game juga dapat membantu kamu untuk bertemu dengan teman baru dan membangun ikatan kepercayaan yang kuat. Aktivitas ini memang dapat memperkuat kinerja otak, tapi tentu saja tidak boleh berlebihan. Memilih game yang benar dan umur juga menjadi salah satu syarat untuk mempertajam keterampilan kognitif. Tidak seharusnya anak-anak yang masih sangat muda terpapar dengan game yang penuh kekerasan.

Mouse Gaming Rexus Xierra G7

Mouse Gaming Rexus Xierra G7

Semakin susah untuk mencari mouse gaming terbaik sekarang. Ada banyak macam mouse yang bisa dipilih, dari yang beda-beda perusahaan sampai yang menyediakan banyak fitur-fitur berbeda. Masalahnya sekarang, mouse gaming terbaik untuk satu orang, belum tentu cocok untuk orang lain. Jadi, gimana cara memilihnya?

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah untuk game seperti apa mouse gaming ini. Game FPS, RPG, atau RTS yang kamu suka? Kalau jawabannya adalah first-person shooter (FPS), kamu harus mempertimbangkan lebih keras player seperti apa kamu (lihat bagian DPI). Kalau kamu suka game strategi, RPG atau MMO, maka pilihannya lebih mudah karena kamu disarankan untuk mencari mouse dengan banyak tombol yang dapat diprogram dan DPI yang cocok dengan gaya bermainmu.

LASER Vs. OPTIK

Mouse Optik

Mouse Optik

Jantung dari mouse gaming adalah sensor, dimana ada tiga tipe dasar: laser, optikal, dan infrared.

Sensor laser kemungkinan besar adalah sensor yang paling umum, mempunyai keuntungan yang besar dimana mouse ini bisa digunakan di permukaan apapun. Walaupun begitu, mouse laser mempunyai jarak lift-off yang lebih tinggi dibandingkan mouse optik. Jarak lift-off adalah jarak yang harus kamu angkat supaya kursor tidak lagi bergerak. Untuk game FPS, tidak disarankan menggunakan mouse laser karena saat kamu ingin memposisikan ulang mousemu, penglihatanmu akan kemana-mana. Akan sangat buruk kalau kamu lagi ditengah baku tembak. Inilah kenapa, banyak gamer profesional yang menggunakan mouse gaming dengan sensor optik.

Baca juga: Perbedaan Teknologi Optik Dan Laser Pada Mouse

Sekarang ada sensor baru yang menggunakan infrared, yang mengurangi masalah jarak lift-off di sensor laser, tapi juga bisa digunakan di permukaan apapun.

Jumlah DPI Terbaik

Semua mouse gaming akan menyatakan sensitivitas sensor di pengemasannya atau di material marketingnya. Itu adalah jumlah DPI, atau Dots Per Inch, dan ini adalah cara paling simpel dalam mengukur sensitivitas sensor mouse.

Makin tinggi DPI pada sensor, semakin berkurang jarak mouse yang harus kamu pindahkan untuk menggerakkan kursormu. Jadi kalau kamu punya mouse dengan DPI yang tinggi, juga semakin cepat kursormu berpindah. Tapi kamu harus mempunyai akurasi yang baik.

Dengan pengetahuan itu, kamu harus memutuskan kamu gamer FPS, RPG, atau RTS. Untuk gamer FPS lebih cocok menggunakan mouse gaming DPI yang tinggi (kira-kira 2.000 DPI) karena kamu tidak perlu bergerak terlalu banyak untuk melihat sekeliling. Untuk gamer RPG dan RTS lebih disarankan untuk menggunakan mouse gaming DPI yang rendah (kira-kira 1.200 DPI).

Maka dari itu, jangan terlalu lebai saat mendengar iklan mouse gaming dengan 6.400 DPI. Kalau kamu menggunakan mouse ini, kamu hanya akan berputar 360°. Pastikan kalau mouse gaming yang kamu pilih juga memberikan fitur mengatur DPI, supaya bisa disesuaikan dengan game yang kamu mainkan.

Untuk selengkapnya tentang DPI, baca juga: Apakah Arti DPI pada Sebuah Mouse?

Kabel Vs. Wireless

Mouse Wireless

Mouse Gaming Wireless Rexus Xierra 110

Ini biasanya topik yang sangat hot untuk didebatkan. Kamu tidak perlu memikirkan kabel yang kusut kalau menggunakan mouse gaming wireless. Tapi ketergantungannya dalam mengirim signal memang menambah elemen keterlambatan atau delay. Emang ada mouse gaming wireless yang modern dan tidak delay, tapi untuk respon mouse tercepat, tetap disarankan menggunakan yang kabel.

Mouse gaming wireless ini juga bergantung kepada baterai. Beberapa datang dengan baterai yang bisa diisi ulang, sisanya bisa membuat kamu panik saat baterainya habis dan kamu harus mencari yang baru. Baterai juga menambah berat, jadi kalau kamu ingin menggunakan mouse gaming ringan, lagi-lagi disarankan menggunakan yang kabel.

Untuk selengkapnya tentang mouse gaming wireless dan kabel, baca juga: Mouse Kabel Atau Nirkabel, Mana yang Paling Bagus?

Tangan Kanan atau Kidal

Kalau kamu gamer kidal, maka pilihan kamu sayangnya terbatas karena banyak pengusaha yang tidak melihat banyak keuntungan dalam membuat mouse gaming khusus gamer kidal. Kebanyakan mouse gaming diproduksi untuk orang yang menggunakan tangan kanan. Untungnya, Rexus ada mengembangkan mouse gaming yang bisa digunakan oleh gamer kidal bernama Rexus Titanix TX10.

Mouse Gaming Kidal

Rexus Titanix TX10, bisa digunakan dengan tangan kanan dan kidal.

Claw Grip Vs. Palm Grip

Ada tiga style dalam memegang mouse. Yang pertama adalah palm grip, dimana telapak tangannya bersandar di atas mouse dan jari berada diujung tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang besar. Berikutnya adalah claw grip, dimana telapak tangan bersandar di atas mouse dan jarinya dilekukkan untuk menekan tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang kecil. Yang terakhir adalah fingertip mouse, dimana telapak tangan di bersandar pada mouse, hanya ujung jarinya saja.

Durabilitas

Mouse gaming terbaik juga harus tahan banting pastinya. Aksi gila-gilaan dari game FPS bisa menyebabkan tekanan yang kuat kepada mouse dan tombol-tombolnya. Mouse gaming diproduksi supaya bisa menahan lebih banyak perlakuan kasar daripada mouse standar biasa. Dengar-dengar, banyak gamer tekun bisa merusak mouse gaming mereka dalam beberapa bulan. Tahan banting disini tidak hanya pada tombol, tapi juga badannya.

Penerangan RGB Keren

LED RGB pada mouse sudah mulai menyebar. Semakin banyak mouse menggunakan LED RGB dan coraknya bermacam-macam supaya terlihat semakin canggih. Beda dengan keyboard gaming, LED RGB dapat meningkatkan skill pemain. Sayangnya untuk khasus ini, penerangan keren ini tidak memberi dampak apa-apa, manfaatnya cuman terlihat keren.Mouse Gaming LED RGB

Mouse Gaming Rexus Xierra X12

Budget

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan mouse gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, mouse gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari mouse gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata mouse gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih mouse gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam mouse gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Dalam Memilih Keyboard Gaming Terbaik Buat Kamu

Industri video game telah berkembang jauh sejak zaman Pong dan Duck Hunt. Apa yang dulunya industri yang ditujukan kepada anak-anak dan remaja, telah berevolusi menjadi industri yang lebih besar dari film dan televisi. Jutaan orang dewasa yang sukses juga menganggap diri mereka sebagai gamer yang fanatik. Selain itu, banyak anak-anak yang tumbuh dengan kecintaan gaming yang akhirnya mengejar karir di industri tersebut, membuktikan orang tua mereka yang dianggap cerewet tersebut salah. Jika kamu memiliki bakat, hasrat, dan dorongan untuk mendedikasikan hidup kamu untuk gaming, kamu mungkin akan tertarik bekerja sebagai salah satu dari 8 karir game ini:

Video Game Artist

Video Game Artist

Drew Wolf, Video Game Artist Dota 2

Ingat tidak saat guru kamu menyuruh kamu untuk stop menggambar kartun dan karakter kamu yang keren itu? JANGAN STOP! Kecuali memang lagi dalam sesi belajar, patuhilah. Tapi bener loh, setiap video game membutuhkan desainer bertalenta yang dapat membawa ide-ide menjadi nyata dengan membuat karakter dan lingkungan dari gambarmu serealistis mungkin. Video game artist merupakan karir game yang tidak hanya bisa menggambar, juga harus bisa membuat animasi dari kreasi mereka supaya terlihat hidup, jika mereka ingin audiensnya terjun ke dunia game. Mengasah kemampuan artistik kamu dapat menghasilkan $50.000 per tahun.

Audio Programmer

Audio programmer adalah karir game yang bertanggung jawab dalam merekam lagu untuk game, efek suara dan pengisi suara. Dulu mungkin memang gampang banget, simpel seperti Super Mario Bros., tapi banyak game sekarang yang membutuhkan banyak macam efek suara dan lagu untuk latar-latar yang berbeda. Efek suara untuk setiap macam-macam benda juga pasti berbeda-beda. Audio programmer bekerja susah payah untuk membawa suasana gaming terasa nyata. Mereka yang sukses di bidang ini dapat meraih $100.000 per tahun loh.

Writer

Writer yang dulunya merupakan posisi yang cukup singkat pekerjaannya, sekarang menjadi jauh lebih kompleks. Mungkin dulu, ceritanya sesimpel menyelamatkan putri yang dikurung oleh monster atau semacamnya. Tapi sekarang, penulis harus berpikir lebih dalam lagi, tentang awal mula cerita, asal muala sebuah masalah, dan bagaimana karakternya mengatasi masalah tersebut. Perjuangan seperti apa yang harus dilalui oleh karakter yang dapat menyentuh hati pemain. Skrip video game zaman sekarang bisa sepanjang seribu halaman. Karir game ini juga mengharuskan kamu untuk membuat karakter yang dinamis dan bereaksi secara unik dengan situasi yang berbeda-beda, selayaknya kepribadian mereka. Penulis ternama dapat menghasilkan $200.000 per tahun.

Game Programmer

Tokyo Game Programmer

Source: Youtube, A day in the life of a 23-year-old Tokyo game programmer

Kalau kamu suka coding dan gaming, mungkin kamu cocok menjadi game programmer. Kamu akan bertanggung jawab dalam membuat game ini bergerak. Dari bergeraknya karakter-karakter, termasuk NPC (Non-Playable Character), karakter berinteraksi satu dengan lainnya, dan juga lingkungannya. Game artist sudah membuat karakter dan animasinya, karir game ini yang akan memastikan karakternya dapat dimainkan dan dikontrol. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $95.000 per tahunnya.

Game Designer (Perancang Game)

Mungkin kamu tidak memiliki jiwa artistik, juga tidak banyak pengalaman dengan coding, tapi kamu memiliki ide yang menarik untuk video game sejak kamu kecil. Sebagai game designer atau perancang game, kamu bertanggung jawab dalam membuat game ini asik untuk dimainkan. Kamu yang menjelaskan karakternya, lingkungannya, dan tujuan dari game ini. Seperti semua karir game lainnya, perancang game semakin kompleks. Kamu bahkan membutuhkan ijazah untuk memulai karir ini. Kalau kamu sukses dalam melakukan ini, kamu bisa mendapat $70.750 per tahunnya.

Game Producer

Peran produser tidak begitu jelas, karena tugasnya berbeda-beda tiap studio dan keahlian produser. Namun, ada beberapa tanggung jawab yang sama untuk setiap produser, dan ini sama pentingnya dengan fungsi pengembangan game lainnya. Pada dasarnya, produser dapat dibilang sebagai manajer proyek, karena itulah yang mereka kerjakan. Mereka mengelola jadwal produksi, anggaran, tim pengembangan, pemberi lisensi, dan pihak luar.

Game Tester

ASIK! Kerjanya cuman main game dan dibayar pula. Kedengaran asik kan? Tapi sayangnya tidak. Sebagai game tester, kamu bertanggung jawab dalam mencoba game ini bisa berjalan dengan lancar atau tidak, berjalan kemana-mana dan mencatat masalah apa yang muncul saat bermain gamenya. Contoh, bayangkan kamu main sebuah level di Super Mario, kamu lompat-lompat di satu tempat yang sama, berjalan satu inch, terus lompat lagi sambil berputar, maju lagi dan semacamnya. Ngerti gak? Kamu mencari glitch. Kamu tidak dapat banyak uang, tapi setidaknya kamu berperan di industri game.

Professional Gamer

Gamer Indonesia IEL 2019

Gamer Indonesia – IEL 2019

Yah, kamu sudah tau lah. Syarat karir game ini adalah mempunyai skill yang hebat dalam bermain game, atau bisa menghibur banyak orang. Dengan skill yang hebat, kamu bisa memenangkan kejuaraan dan mendapat uang yang banyak. Kamu juga akan terkenal dan sponsor-sponsor akan mencarimu. Kalau kamu cuman punya skill menghibur, tidak menang juga tidak apa yang penting banyak yang nonton. Kalau kamu punya skillnya, dan juga menghibur, tidak hanya sponsor, tapi jodoh kamu akan datang. Atlet esport Indonesia juga mulai terkenal loh.

Itu dia 8 karir game yang cocok untuk kamu yang sangat menggemari game. Tentu saja, menggemari saja tidak cukup. Kamu tetap harus belajar yang tekun untuk mendapatkan karir yang kamu inginkan seperti karir-karir lainnya. Tapi setidaknya, kamu akan merasa berdedikasi karena kamu menggemari produk yang kamu hasilkan.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Video Game Untuk Keterampilan Kognitif

Bluetooth

Biasanya di spesifikasi smartphone modern dan beberapa perangkat lainnya, kamu akan menemukan kalimat “support for Bluetooth 5.0,” di spesifikasinya. Tapi, apa sih itu dan kelebihannya dibandingkan versi-versi sebelumnya?

Bluetooth 5.0 Adalah

Bluetooth sendiri adalah komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat seperti ponsel, komputer, dan periferal untuk mengirimkan data atau suara secara nirkabel dalam jarak pendek. Tujuannya adalah untuk mengganti kabel yang biasanya menghubungkan perangkat, sambil tetap menjaga komunikasi di antara mereka tetap aman.

Bluetooth 5.0 yang diluncukan pada tanggal Juli 2016, mempunyai jangkauan 4 kali lipat dari versi sebelumnya, mempunyai kecepatan 2 kali lipat, lebih hemat energy, dan memungkinkan kamu untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus atau dual audio.

Lebih Jauh dan Lebih Cepat

Untuk versi sebelumnya, saat kita sedang mendengarkan lagu menggunakan headset Bluetooth, berjalan sedikit lebih jauh saja, sudah mengganggu koneksi. 30 meter memang terdengar jauh, tapi jangkauan ini mempunyai syarat dimana tidak ada batas ruang atau tembok. Dengan versi terbarunya, jangkauan nirkabel maximal menjadi 120 meter, 4x lipat dibandingkan dengan Bluetooth v4.2.

Pada umumnya, proses pairing membutuhkan waktu yang lebih lama saat pertama kali dikoneksikan. Tetapi dengan versi terbaru ini, prosesnya menjadi 2 kali lipat, dan ini juga termasuk untuk pairing pertama kalinya.

Hemat energi

Di versi sebelumnya juga sudah hemat energi. Tapi karena keunggulan terbarunya seperti lebih jauh dan lebih cepat, Bluetooth 5.0 harus menggunakan energi yang lebih hemat lagi. Tentunya, versi ini dapat bertahan lebih lama lagi dari versi sebelumnya.

Dual Audio

Bluetooth 5.0 juga mendatangkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk memutar audio di dua perangkat sekaligus. “Terus, gunanya apa?” mungkin adalah pertanyaan yang muncul di kepala kalian. Nah, kegunaannya adalah kamu bisa memutar audio di headphone, sambil membagikan lagu tersebut ke headset Bluetooth si doi. Sekarang romantic tidak perlu susah-susah bagi earphone. Kamu juga bisa sekaligus memutar dua speaker di dua ruangan berbeda.

Bluetooth 5.0 Dual Audio

Bluetooth 5.0 Dual Audio

Baca juga: Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Ini 5 Solusi yang Wajib Kamu Lakukan

Tenang saja kalau perangkat atau peripheral kamu tidak mendukung versi terbarunya. Karena dari versi-versi sebelumnya, Bluetooth bersifat backward compatible, yang artinya bisa terkoneksi dengan versi terdahulu. Bagaimana menurut kalian tentang Bluetooth 5.0? Menarik sekali kan?

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20

Memang bermain game adalah pengalaman yang seru banget. Lebih seru lagi kalau kamu menggunakan aksesoris gaming yang sesuai. Banyak yang meragukan manfaat dari headset gaming saat bermain game. Tapi, aksesoris ini akan sangat membantu dalam memberikan pengalaman bermain game menjadi jauh lebih asik, dengan fiturnya yang membuat kamu terasa berada ada di dalam game. Jadi, apa sih yang kamu perlu kamu ketahui dalam memilih headset gaming terbaik untuk kamu?

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Gaming Headset

  1. Platform yang kamu gunakan

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah platformnya, artinya bisa datang dengan banyak macam platform. Ada yang untuk XBOX, Playstation, PC, Mac, mobile, dan lainnya. Banyak juga yang memerlukan USB dan 3.5 mm jack untuk support fiturnya seperti virtual surround sound 7.1.

  1. Kualitas suara

Ini bisa dibilang faktor paling penting dalam memilih headset gaming terbaik. Ukuran driver sangat berpengaruh. Ukuran driver yang bagus adalah 40 mm atau lebih. Kualitas suara akan sangat membantu kamu untuk mendengar lebih baik. Cara membedakan headset yang mahal dan murah adalah melewati bass-nya, yang akan membuat pengalaman gaming lebih asik.

Headset gaming terbaik tentunya mempunyai fitur noise-cancellation. Kegunaannya adalah untuk mengurangi suara bising di sekitar pemakai.

Saat kamu lagi nonton film di bioskop, pasti kamu pernah mendengar “all around you,” yang buat bulu kuduk merinding. Nah, itu adalah “Dolby Surround 7.1”, yang membuat suaranya terasa dari sekeliling. Dolby sendiri merupakan sebuah sound system yang yang dibentuk dari laboratorium Dolby. Sama dengan headset gaming, ada juga loh yang dilengkapi dengan fitur virtual surround 7.1. Dengan begitu, kamu bisa menikmati audio yang dihasilkan dari game dari berbagai arah seolah-olah Anda pun ikut bermain di dalamnya.

Baca juga: Yuk, Ketahui Kekuatan Juga Kelemahan Gaming Headset Virtual 7.1 dan Real 7.1

  1. Kualitas mikrofon

Ada banyak game yang harus dimainkan bareng teman-teman. Biasanya, game seperti itu membutuhkan komunikasi yang efektif. Nah, headset gaming terbaik harusnya sudah dilengkapi dengan mikrofon yang mempunyai kualitas yang bagus dan khusus gaming.

Kamu pernah main game bareng teman, terus lagu yang mereka dengarkan masuk, atau terdengar suara kipas angin? Itu akan sangat bermasalah untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Maka dari itu, mikrofon yang bagus juga mempunyai fitur noise-cancellation, yang kegunaannya adalah sebagai peredam suara yang terlalu besar seperti berteriak terlalu kencang atau tertawa terlalu keras.

  1. Kenyamanan

Mau secanggih apapun headset gaming kamu, kalau tidak nyaman saat kamu pakai, pasti jadi tidak worth it. Nyaman disini maksudnya adalah tidak mengganggu aktivitasmu saat bermain game, tidak berat,  dan empuk di bagian earcup. Jadi, pilihlah headset yang terbuat dari bahan yang ringan dan empuk di telinga. Sehingga kamu bisa berkonsentrasi lebih terhadap game tersebut. Terbuka dan tertutup juga mempengaruhi kenyamanan loh. Baca nomor 5 untuk informasi tersebut.

Untuk beberapa orang, ada yang telinganya lebih besar dari rata-rata. Jangan khawatir. Ada kok headset gaming yang mempunyai ukuran khusus untuk kalian. Pilihlah ukuran yang dapat benar-benar menutupi seluruh telinga kamu.

  1. Terbuka atau tertutup

Terbuka atau tertutup sangat berpengaruh kepada kualitas suara. Kalau kamu ingin mendengar suara di sekitar kamu (bukan di game), disarankan headset gaming yang terbuka. Ini juga akan membantu kamu dalam menggunakannya dalam waktu yang lama dan tidak cepat memanaskan telinga. Tapi untuk gaming, disarankan yang tertutup. Jadi kamu bisa lebih berkonsentrasi terhadap game dan tidak terganggu dengan suara sekitar.

  1. Kabel atau Bluetooth

Topik ini sudah pernah dibahas melalui artikel kami yang sebelumnya. Kesimpulannya adalah headset gaming kabel menyajikan nilai yang lebih baik bagi mereka yang bermain game secara eksklusif di meja mereka. Apalagi, kita tidak perlu mengecas headsetnya. Di sisi lain, mereka yang lebih suka konsol atau menghubungkan PC mereka ke TV ataupun jalan-jalan, headset Bluetooth lebih cocok. Tapi dari keduanya, hampir tidak ada perbedaan nyata dalam kualitas suara.

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Headset Bluetooth vs Headset Kabel

Baca selengkapnya di: Perbedaan Antara Headset Bluetooth Dan Headset Kabel

  1. Durabilitas headset gaming

Headset gaming terbaik pastinya mempunyai durabilitas yang cukup dan tidak mudah patah atau retak saat digunakan. Ini termasuk kepada semua komponen seperti kabel, speaker, mic , headband dan sebagainya. Jadi saat jatuh pun, tidak langsung rusak. Tidak memilih yang benar, dapat merusak komponennya secara permanen. Goodbye deh uangnya.

  1. Budget kamu

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan yang akan menjadi headset gaming terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, headset gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari headset gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata headset gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, lebih baik pilih headset gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam headset gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Baca Juga:

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Keyboard Gaming Terbaik

8 Tips Menentukan Mouse Gaming Terbaik Untuk Kamu