Foto: Gambir Studio

Fenomena “Masuk, Pak Eko!” yang viral ternyata dibuat game-nya di Android. Ungkapan itu berasal dari video di Youtube yang memperlihatkan AKP Eko Hari Cahyono yang jago melempar benda apapun dan menancapkannya di balok kayu. Saat berhasil menancapkan pisau, obeng, atau barang lain, anak-anak yang di sekitarnya pun berteriak, “Masuk, Pak Eko!”

Foto: Istimewa

Aksi perwira menengah Polri dari Jawa Timur itu pun akhirnya menarik Gambir Studio, sebuah pengembang game lokal, untuk membuatkan game atau gim yang dipersembahkan khusus untuk pak Eko. Gim itupun diberi judul Masuk Pak Eko.

Game Android bergenre arcade casual ini mengajak permain untuk melempar berbagai macam barang ke sebuah target seperti yang dilakukan pak Eko di dunia nyata. Pemain bisa memilih berbagai jenis benda yang akan dilempar, mulai dari pisau, obeng, sendok, pensil, hingga gunting. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan ketepatan dalam melempar ke arah objek.

Foto: Gambir Studio

Di awal permainan, pemain hanya diberi kesempatan menggunakan obeng. Namun, selanjutnya akan ada banyak pilihan objek lain yang bisa dilempar, seiring naiknya level ketrampilan pemain. Setiap level memiliki jumlah lemparan yang berbeda beda, semakin tinggi level, maka akan semakin banyak benda yang harus dilempar dengan tepat.

Sebelum memproduksi dan mendistribusikan gim Android ini, Gambir Studio meminta ijin kepada Pak Eko. Pak Eko pun sangat berkenan profil dirinya dijadikan ikon di game itu dengan syarat, aktivitas merokok seperti yang ada di adegan sesungguhnya jangan ditampilkan di gim.

Foto: Gambir Studio

Sebagai gantinya, Gambir Studio pun mengganti rokok yang biasa diisap Pak Eko dengan permen loly pop. Selain lucu, penggunaan permen loly pop itu juga dinilai memberi makna untuk menghindari rokok.

Permainan ini baru tersedia untuk platform Android dan dapat diunduh di Play Store.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *