Gamer, buat kalian yang menggunakan mouse gaming, tentu pernah mendengar istilah angle snapping. Beberapa sumber juga menyamakan angle snapping dengan fungsi mouse smoothing.

Secara singkat, istilah tersebut merujuk pada fitur pada mouse gaming yang akan mempermudah penggunanya saat menarik garis lurus dengan menggunakan mouse. Kursor yang ditarik seolah-olah bisa memprediksi arah tujuan gerakan yang bakal dilakukan oleh pengguna.

Dalam beberapa tipe mouse, fitur angle snapping ini juga terdapat secara khusus di dalam pilihan antarmuka perangkat lunak atau software-nya. Itu bisa kita temukan dalam perangkat lunak mouse gaming Rexus Daxa Air II.

Mouse Gaming DAXA Air angle snapping Apa Itu Angle Snapping Mouse Gaming? Apa Manfaatnya dalam Game? Daxa air 600x492

Foto: Mouse Gaming DAXA Air

Apa Itu Angle Snapping?

Jadi, apakah sebenarnya angle snapping itu? Angle snapping atau bisa dipahami sebagai pengambilan sudut adalah istilah yang dipopulerkan oleh Pixart Avago, produsen sensor mouse gaming ternama. Pengambilan sudut tersebut merujuk pada kontrol penyimpangan yang terjadi pada saat mouse gaming digerakkan secara lurus.

Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur baru. Sudah sejak tahun 90an, algoritma komputer sudah diciptakan untuk membantu sinkronisasi antara mouse dengan pergerakan kursor di layar. Sinkronisasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan stabilitas pergerakan kursor.

angle snapping angle snapping Apa Itu Angle Snapping Mouse Gaming? Apa Manfaatnya dalam Game? angle snipping

Apa Manfaat Angle snapping?

Secara mudah dapat dipahami bahwa penggunaan fitur angle snapping adalah untuk membantu pengguna mouse untuk mendapatkan gerak garis lurus secara akurat. Jika kamu menarik garis lurus dengan mouse tanpa menggunakan angle snapping, garis lurus yang tercipta akan terlihat lurus.

Dengan angle snapping, garis yang dibuat dengan mouse akan terlihat jauh lebih mulus karena garis akan menggambar semua gerakan kecil tersebut. Tanpa angle snapping, garis lurus yang dibuat akan sulit lurus. Gerakan kursor yang tercipta dari gerakan mouse akan tidak stabil.

Buat pengguna mouse yang membutuhkan dominasi pola garis lurus, seperti untuk para arsitek profesional, tentu fitur ini  sangat dibutuhkan. Selain akan lebih akurat, titik yang dibuat kursor dengan menggunakan mouse akan terlihat lebih halus.

Fungsi tersebut tentunya juga berguna baik saat bermain game ataupun menggunakan mouse untuk menggambar. Para pekerja profesional, terutama desainer grafis, tentu akan terbantu dengan dengan fitur angle snapping ini.

Aim di Free Fire dengan angle snapping angle snapping Apa Itu Angle Snapping Mouse Gaming? Apa Manfaatnya dalam Game? freefire aim 600x296

Apa Fungsi Angle Snapping dalam Game?

Dalam game, terutama game bergenre FPS, angle snapping dapat membantu kamu untuk melacak musuh saat dia berlari menyeberang lapangan, membantu membidik kepala target, dan menjaga posisi kita agar tidak terlalu ke bawah ataupun ke atas.

Buat kamu yang suka mempunyai gaya permainan “twitch” atau “flick”dalam game menembak,  angle snapping dapat membantu garis yang ditarik ke arah target itu lurus.

Meski demikian, ada beberapa gamer yang justru tidak memerlukan fitur bantuan ini karena merasa lebih nyaman dengan mengandalkan intuisi saat menggunakan mouse. Selain itu, salah satu konsekuensi dengan menggunakan angle snapping adalah adanya sedikit keterlambatan respon terhadap perubahan posisi.

Keterlambatan tersebut sebenarnya lebih disebabkan karena pengguna harus segera menyesuaikan gerakan mouse selanjutnya. Jika sudah terbiasa dan menggerakkan mouse di atas mousepad yang tepat, tentu keterlambatan respon tersebut bisa diminimalisir.

Sebagai informasi tambahan, ada pengguna yang butuh bantuan angle snapping, ada yang tidak. Itu wajar. Setiap gamer ataupun pengguna mouse memang mempunyai kebiasaan dan kebutuhan masing-masing.

Intinya, fitur angle snapping dan fitur lain dalam sebuah mouse gaming bertujuan untuk membuat fungsi mouse tersebut makin maksimal. Sebagai pengguna, saatnya kita mempelajari fitur-fitur tersebut untuk mempermudah aktivitas kita, tetapi tidak harus terpaku untuk menggunakannya.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.