Gamer, mouse gaming moderen memiliki beragam fitur yang makin kompleks. Semua fitur tersebut tentunya untuk memberikan kemudahan fungsi saat mouse gaming digunakan di berbagai genre game.

Salah satunya adalah fitur pengaturan debounce time. Istilah debounce time memang lumayan baru karena tidak setiap mouse dapat atau dilengkapi fitur ini.

Secara mudah, debounce time adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk waktu yang dibutuhkan switch mouse untuk membal atau naik kembali setelah melakukan satu tekanan klik.

tombol mouse gaming mouse Apa Itu Debounce Time di Mouse Gaming? Apa Manfaatnya? omron 600x402

Efek Alami Tombol Mouse

Jadi, secara mekanikal, switch mouse gaming saat membal masih terdapat gerakan naik turun (bounce). Itu memang terjadi secara nyata karena tenaga tekan pada pegas menghasikan lontaran energi kinetik.

Sebagai analogi, kamu bisa membayangkan – atau mencoba langsung – tombol mouse layaknya penggaris yang kamu letakkan di pinggir meja. Bayangkan saat mau kamu menekan tombol mouse, itu seperti kamu menekuk atau menekan penggaris  ke bawah.

Saat kamu melepaskan tombol mouse, seakan kamu melepaskan penggaris. Begitu dilepaskan, penggaris itu akan memantul ke atas dan ke bawah beberapa kali sebelum kembali ke keadaan semula.

mouse gaming mouse Apa Itu Debounce Time di Mouse Gaming? Apa Manfaatnya? switch2 600x449

Apa Itu Debounce Time dan Manfaatnya pada Mouse Gaming?

Waktu sepersekian detik saat penggaris membal naik turun itulah yang disebut debounce time. Begitu pula switch mouse mempunyai waktu membal, meski sangat cepat dan bahkan, tidak terasa oleh indera kita.

Proses itulah yang kemudian mendasari alasan beberapa tipe mouse gaming melengkapi fiturnya agar bisa mengatur kecepatan dan waktu debounce time yang dihasilkan pada mouse tersebut.

Itu terkait dengan polling rate atau kecepatan sinyal yang diperlukan dari mouse ke CPU. Karenanya, dengan fitur pengaturan debounce time pada mouse, terjadi sebuah “manipulasi” untuk meminimalkan efek membal yang memang terjadi secara fisika itu.

Dengan sangat mengurangi atau menurunkan waktu debounce mouse, memungkinkan kamu bisa melakukan klik lain tiga hingga empat kali lebih cepat, tanpa menunggu tombol mouse mengalami efek membal dahulu.

Tentu saja itu akan memberi kamu keuntungan dibandingkan pemain lain. Kamu bisa mengklik tombol mouse secara lebih cepat. Secara gampang, klik yang dihasilkan bakal lebih banyak.

mouse Daxa air  mouse Apa Itu Debounce Time di Mouse Gaming? Apa Manfaatnya? daxa air 600x414

Bagaimana Cara Mengatur Debounce Time?

Sekali lagi, bisa dikatakan bahwa debounce time adalah cara manipulatif untuk mengakali efek alami pegas yang membal dengan mereduksi kecepatan sinyal yang ditangkap oleh komputer. Karenanya, dibutuhkan pengaturan – secara virtual – untuk mengaturnya.

Itu bisa didapatkan dengan menggunakan software atau perangkat lunak yang mendukung mouse tersebut. Salah satu contoh mouse yang sudah dilengkapi perangkat lunak yang mendukung fitur denbounce time adalah mouse DAXA Air 2 Wireless.

Fitur tersebut tampak dalam tampilan muka software-nya. Kamu tinggal menggeser pointernya untuk menaikkan atau menurunkan debounce time tersebut.

Sebagai tambahan informasi, mouse DAXA Air 2 Wireless Second Generation ini menjadi penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Dalam mouse generasi baru ini, terdapat peningkatan atau upgrade kualitas MCU dan penggunaan tipe switch baru dengan membenamkan switch Kaihl di dalamnya.

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi pengaturan debounce time, kamu bisa coba menggunakan mouse DAXA Air 2 Wireless. Rasakan kecepatan dan akurasi kliknya dengan mouse keren itu.

Selamat mencoba.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *