Foto: Thronmax By Rexus

Gamers, jika kita lihat secara seksama, saat ini banyak Youtuber atau streamer lain yang melakukan live streaming dengan menggunakan mikrofon khusus. Betul, mikrofon itu dikenal sebagai mikrofon condenser atau capasitor microphone.

Mikrofon ini berbeda dengan mikrofon biasa. Dari bentuknya saja berbeda. Mikrofon condenser berbentuk lebih bulat, pendek, dan punya bagian terbuka di segala arahnyapada ujung mikrofonnya.

Berbeda dengan mikrofon biasa atau yang sering disebut sebagai dynamic microphone, yang mempunyai bentuk yang panjang dan bagian ujungnya lebih mengarah ke satu arah.

Foto: Thronmax By Rexus

 

Beda Fungsi Mikrofon

Perbedaan di atas itu baru dari bentuknya, belum dari spesifikasi dan kegunaannya. Dilihat dari fungsinya, ada perbedaan yang membedakan kedua jenis mikrofon ini.

Mikrofon condenser berfungsi khusus untuk mengolah sinyal suara vokal dan hanya bisa digunakan di dalam ruangan atau studio. Sebagai mikrofon yang bertujuan untuk menangkap suara vokal, maka mikrofon condenser memiliki kemampuan untuk menangkap suara dengan power yang lemah sekalipun.

Itu berbeda dengan mikrofon standar yang hanya dapat digunakan untuk menangkap suara yang mempunyai power kuat. Jadi, saat menggunakan mikrofon standar, suara yang kita keluarkan agar bisa ditangkap oleh mikrofon relatif lebih kuat. Selain itu, mikrofon standar bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan.

 

Apa yang Membedakan?

Jika keduanya sama-sama bisa digunakan untuk menangkap suara, lalu apa yang sangat membedakan antara keduanya? Komponennya. Ya, kedua mikrofon tersebut mempunyai komponen dan cara kerja yang sangat berbeda. Yuk, kita bahas satu per satu.

Condenser

Dalam mikrofon condenser, terdapat membran atau diafragma. Membran tersebut akan bergetar saat ada suara, sekecil apapun suara itu, yang mengenainya. Jika membran tersebut bergetar, maka akan mengaktifkan sinyal listrik untuk kemudian diolah menjadi suara di pre-amplifier.

Untuk mengaktifkan mic condenser, dibutuhkan daya sekitar 48V dan itu didapatkan daripre amplifier dengan mengontrol volume di phantom power yang ada di mixer atau pre-amplifier.

Mikrofon condenser dapat menangkap suara secara detil dan utuh, termasuk suara dengan poweryang kecil sekalipun. Karenanya, mikrofon ini banyak digunakan sebagai mikrofon di studio rekaman, terutama saat merekam suara vokal dari penyanyi.

Standar

Jikamikrofon condenser menggunakan membran sebagai media untuk menangkap getaran suara, maka dalam mikrofon standar terdapat kumparan dari logam yang berfungsi untuk menangkap suara. Karena menggunakan kumparan logam, maka sensitivitasnya tidak sesensitif membran.

Meski tidak sesensitif mikrofon condenser, mikrofon standar dapat berfungsi untuk menangkap suara dengan power besar, seperti gitar atau drum. Untuk mendapatkan suara yang maksimal, mikrofon standar harus diletakkan ujung dengan menghadap sumber suara.

Makin Banyak Digunakan untuk Streaming

Karenakemampuannya dalam menangkap suara secara jernih dan utuh, maka mikrofon condenser makin banyak digunakan oleh para vlogger atau streamer saat beraksi secara live atau recorded di kanal media sosial. Jadi, teknologi yang semula digunakan untuk rekaman studio, kini makin banyak digunakan di studio atau kamar rekam para vlogger.

Foto: Thronemax By Rexus

Salah satu produk mikrofon condenser yang berkualitas dan terjangkau adalah Thronmax MDRILL Zero By Rexus. Mikrofon condenser ini mempunyai range frekuensi di kisaran 48KHz dengan level kerapatan 16 BIT.

Mikrofon ini dilengkapi dengan konektor AUX 3,5mm untuk disambungkan dengan headset dan Type C untuk dihubungkan dengan komputer atau laptop.

Bisa dikatakan, mikrofon condenser saat ini menjadi salah satu peranti wajib yang harusdimiliki oleh para vlogger. Buat para gamer ataupun vlogger yang sering melakukan streaming di dalam ruangan, mikrofon tipe ini akan membuat tampilan suara dalam video kalian makin keren dan jelas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *