software Apa Sih Sebenarnya Software Macro Itu? WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

software Apa Sih Sebenarnya Software Macro Itu? WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

Gamer, pasti kalian tidak asing dengan istilah “software macro” atau “macros software”. Istilah tersebut paling banyak digunakan pada mouse gaming dan beberapa tipe keyboard gaming. Secara mudah, software macro merupakan perintah pemrograman yang bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi tombol-tombol dan fitur di dalam mouse dan keyboard.

Jadi, jika mempunyai mouse atau keyboard yang didukung software macro, kalian bisa memberi “script perintah” pada mouse atau keyboard agar mempunyai fungsi yang kalian inginkan. Sebagai contoh, kalian bisa mengatur fungsi tombol kiri sebagai tombol turbo yang bisa melakukan klik selama berulang-ulang dalam sekali tekan.

Agar bisa menyimpan skrip perintah tersebut, sebuah mouse ataupun keyboard macro dilengkapi dengan memori di dalamnya (on board memory). Biasanya, chip itu memiliki memori sekitar 128 KB – 1MB. Memori ini berfungsi untuk menyimpan beragam perintah pengaturan.

software Apa Sih Sebenarnya Software Macro Itu? macro

Untuk memberi perintah tersebut, mouse gaming macro dilengkapi dengan driver yang berfungsi untuk menyimpan dan mengekstraksi software yang hendak diunduh di komputer.

Langkah-langkah Penting Setting Macro
Berikut adalah langkah-langkah umum yang biasa dilakukan untuk mengatur software macro dalam sebuah mouse ataupun keyboard. Langkah tersebut disesuaikan dengan tampilan pada user interface (UI) yang ada dalam software.

  1. Unduh software-nya

Langkah pertama tentu kalian harus mendapatkan perangkat lunak atau software sebelum membuat skrip perintah untuk mouse atapun keyboard kalian. Pada mouse dan keyboard Rexus versi lama, biasanya akan disertakan CD driver Setelah diunduh, software tersebut akan tampil sebagai shortcut di layar komputer.

  1. Pengaturan Fungsi Tombol
    Pengaturan makro pada mouse ataupun keyboard dimulai dari pengaturan tombol ataupun keypad yang ada di dalamnya. Untuk mouse gaming, biasanya terdapat 6 hingga 8 tombol yang bisa diatur fungsinya sesuai dengan kenyamanan dan kebiasaan bermain pengguna. Sebagai contoh, pengguna dapat mengubah tombol kiri mouse sebagai shortcut ke media dan sebagainya.
  2. Pengaturan Level DPI
    Dengan software macro, pengguna mouse dapat langsung mengatur level sensitivitas sensor atau DPI Level DPI standar mouse gaming adalah 800 – 2400. Dengan menggunakan software, level itu bisa diperluas menjadi 200 – 4800 atau bahkan 100 – 10.000, tergantung dari kemampuan mouse.
    software Apa Sih Sebenarnya Software Macro Itu? macro2
  3. Settingan Advanced
    Untuk pengaturan selanjutnya lebih spesifik ke fungsi mouse dalam game. Di dalam pengaturan ini, terdapat fungsi untuk mengatur kecepatan tembakan buat permainan FPS, kecepatan scroll, dan settingan khusus untuk permainan tertentu seperti Point Blank. Pengguna tinggal mengimpor dari beberapa settingan yang ada di beberapa sumber.

Dalam fitur Advanced Set up, terdapat beberapa komponen pengaturan yang bisa diatur tingkatannya, yaitu:

  • Pointer Precision

Ada beberapa tingkatan level presisi yang dapat dipilih. Semakin tinggi nilainya, maka mouse akan semakin presisi saat digunakan untuk membidik.

  • Wheel Speed

Ini adalah tingkatan yang digunakan untuk mengatur kecepatan scroll. Semakin tinggi tingkatannya, semakin cepat lari gerakan scroll.

  • Fire Speed

Fitur ini sangat berguna buat penyuka gim FPS (First Person Shooter). Dengan mengatur level fire speed, pengguna dapat mengatur kecepatan tembak senjata yang digunakan. Tersedia level pengaturan dari 0 – 300 ms.

Setelah diatur sesuai karakteristik pengguna, simpan pengaturan ini dengan menamainya sesuai selera di pilihan Profile yang ada. Pengaturan ini akan tersimpan di memori komputer dan bisa diekspor atau impor sesuai kebutuhan.

  1. Pengaturan LED
    Software macro juga bisa buat mengatur mode, warna, kecepatan, hingga intensitas cahaya LED loh. Untuk Rexus MX7 dan MX8, kalian bisa mengatur satu per satu tombolnya yang dilengkapi dengan LED RGB .

Settingan fitur macro yang kamu buat di software driver mouse macro bersifat customized. Artinya, disesuaikan dengan kenyamanan kamu saat bermain game. Sebagai contoh, untuk bermain CSGO, kalian bisa setting dengan referensi sumber ini. Dalam software tersebut, kamu bisa menyeting Report rate, sensitivitas mouse, kecepatan scrolling, dan kecepatan ketukan klik.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *