konverter Beda Konverter USB OTG dengan Konverter Biasa yang Wajib Kamu Ketahui usb otg cable 180x180

konverter Beda Konverter USB OTG dengan Konverter Biasa yang Wajib Kamu Ketahui usb otg cable 300x225up

Gamer, saat ini banyak perangkat gaming, seperti gamepad, yang membutuhkan sambungan konverter USB OTG atau OTG USB converter untuk menyambungkannya. Masalahnya, tidak semua converter merupakan OTG sehingga tidak bisa digunakan. Jadi, apa sih bedanya?

konverter Beda Konverter USB OTG dengan Konverter Biasa yang Wajib Kamu Ketahui usb otg android logo 300x142

On The Go 

Sebelum jelaskan soal konverter OTG, kita harus mengenali dulu apa yang dimaksud dengan teknologi OTG. OTG adalah singkatan dari on the go. Fitur USB On The Go adalah sebuah teknologi yang menjadikan ponsel kamu untuk bertindak sebagai host atau pengendali, yang mengendalikan perangkat yang menggunakan koneksi USB seperti headset, gamepad, mouse, atau keyboard secara penuh saat perangkat dikoneksikan.

Seperti kalian ketahui, banyak perangkat gaming yang sudah menggunakan software atau perangkat lunak, seperti  gamepad Rexus GX1 atau GX2 dan headset HX10. Dengan menggunakan fitur USB OTG, ponsel kamu dapat mengakses dan mengenali pengaturan softaware untuk perangkat tersebut. Artinya, dengan USB OTG, pengaturan yang ada di perangkat gaming bisa optimal.

Gampangnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet kamu bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop sehingga membaca data dari flashdisk atau card-reader, serta menyambungkan HID (Human Interface Devices) seperti headset, mouse, keyboard, serta gamepad.

konverter Beda Konverter USB OTG dengan Konverter Biasa yang Wajib Kamu Ketahui Rexus GX1 Gamepadholder 01 300x300

Beda Konverter USB OTG

Setelah mengerti soal USB OTG, kita bisa membahas mengenai converter atau adapter yang mendukung fitur OTG untuk menyambungkan peralatan gaming dengan HP yang mendukung fitur yang sama. Konverter OTG berbeda dengan adapter biasa.

Perbedaan keduanya tidak bisa dilihat secara langsung karena terdapat pada jumlah pin yang ada di  dalamnya. Jika converter biasa hanya mempunyai 4 pin, maka converter OTG mempunyai 5 pin. Pin kelima ini disebut ID pin.

Dengan adanya pin tambahan ini, maka perangkat dapat menjadi lalu lintas data sekaligus daya. Artinya, kamu bisa mengisi ulang daya saat perangkat digunakan untuk mengoperasikan permainan yang sedang dimainkan.

Konverter OTG ini penting karena jarang ada perangkat gaming, seperti headset ataupun gamepad yang menggunakan koneksi micro USB atau Type C. Kebanyakan menggunakan colokan USB 2.0 atau 3.0 yang gede. Jadi, kamu butuh konverter untuk menyambungkan USB headset dengan port USB HP kamu.

Konverter OTG akan berfungsi sebagai sambungan kabel sekaligus mengakomodasi fitur USB OTG yang ada di ponsel kamu. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain

konverter Beda Konverter USB OTG dengan Konverter Biasa yang Wajib Kamu Ketahui converter 300x300

Tips Beli

Agar tidak salah saat membeli converter OTG, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Yang biasa menjual converter OTG adalah toko computer dan ponsel. Jarang ada toko elektronik atau malah toko roti yang jual produk ini.
  2. Tanyakan secara jelas bahwa kalian mencari produk konverter OTG, bukan converter biasa.
  3. Biasanya, konduktor plastik converter OTG berwarna biru.
  4. Agar lebih pasti, sebaiknya kamu bawa sekalian peralatan gaming yang hendak kamu koneksikan.

Nah, sudah jelas kan? Jangan sampai salah beli konverter lagi ya, Gaess!

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *