monitor gaming monitor Berapa Ukuran dan Resolusi Monitor PC Gaming yang Ideal? pc gaming 1

Gamer, monitor menjadi satu komponen penting dalam sebuah PC gaming yang berfungsi menampilkan grafis atau gambar game. Memilih ukuran dan resolusi monitor yang tepat dapat membuat aktivitas bermain game dapat lebih nyaman.

Selain lebih nyaman, memilih monitor gaming dengan ukurand dan resolusi gambar yang tepat akan memengaruhi kesehatan penglihatan kita. Ukuran layar tidak boleh terlalu kecil dan terlalu lebar agar gambar dapat ditangkap retina mata secara tepat.

Sebenatnya, sda beberapa kriteria yang harus dimilki oleh sebuah monitor PC gaming berkualitas. Dari beberapa kriteria itu, faktor ukuran layar dan resolusi menjadi dua faktor yang paling terkait dengan kenyamanan penglihatan.

mata pegal karena melihat monitor pc monitor Berapa Ukuran dan Resolusi Monitor PC Gaming yang Ideal? sentuh wajah 600x347

Ukuran Layar Monitor Ideal

Banyak yang beranggapan bahwa ukuran monitor yang semakin besar akan semakin memanjakan mata. Anggapan itu kurang tepat.

Semakin besar monitor, mata justru akan semakin mudah lelah karena terpapar semakin banyak intensitas cahaya. Ukuran layar yang terlalu luas juga tidak sesuai dengan jarak ideal penglihatan kita.

Menurut keterangan dari Occupational Safety and Health Association (OSHA),  jarak antara mata dengan layar monitor komputer yang baik yaitu 18–24 inch atau 46–61 cm, sedangkan jarak ideal yaitu 20 inch atau sekitar 50,80 cm.

Dari sisi ukuran layar PC, jika digunakan untuk pekerjaan mengetik biasa, monitor berukuran 19 – 21 inchi sudah nyaman digunakan. Untuk bermain game, tentu ukuran yang dibutuhkan harus lebih luas untuk menampilkan gambar secara lebih detil.

Saat ini, diyakini bahwa ukuran monitor gaming yang ideal adalah 21 – 24 inchi. Untuk online match-up games, first-person shooter (FPS), dan sejenisnya, sebaiknya kamu memilih monitor berukuran sekitar 24 inchi karena akan memberi jangkauan pandangan yang lebih luas.

Untuk menambah ruang layar yang lebih besar dan lebih luas, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan lebih dari satu monitor. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan dua monitor sekaligus.

Monitor utama berfungsi menampilkan gambar game, sedangkan komputer pendukung atau sekunder dapat digunakan untuk fungsi pendukung lain. Penggunaan dua monitor sekaligus sangat membantu terutama buat kamu yang melakukan game straming.

Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, pilih monitor yang mempunyai bingkai (bezel) tipis. Monitor dengan bingkai ultra tipis sangat ideal untuk membuat konfigurasi multi-monitor yang mulus, sehingga tidak terlalu terganggu dengan batas bingkai antar layar.

Tabel Perbandingan Ukuran Monitor monitor Berapa Ukuran dan Resolusi Monitor PC Gaming yang Ideal? perbandingan monitor gaming 600x382

Tabel Perbandingan Ukuran Monitor (Lifehacker.com)

Resolusi Monitor Gaming

Ukuran layar dan resolusi saling berkaitan erat. Dengan piksel yang lebih banyak di setiap inci monitor, pengguna akan mendapatkan gambar yang lebih realistis dan tajam.

Prinsipnya, resolusi yang lebih tinggi direkomendasikan untuk monitor yang lebih besar. Resolusi tinggi akan memberi tingkat kerapatan piksel yang sangat rapat sehingga gambar terlihat lebih halus.

Saat ini ada tiga jenis resolusi monitor gaming yang banyak tersedia di pasaran, yaitu Full HD/1080p, 2K/Quad HD/1440p, dan 4K/Ultra HD/2160p. Idealnya, resolusi monitor yang memenuhi kebutuhan gaming adalah di resolusi 1440p.

Resolusi 1440p mampu menyediakan frame rate stabil di game terbaru tanpa harus memiliki hardware kelas atas. Harga monitor resolusi 1440p juga masih lebih terjangkau dibandingkan di kelas resolusi 4K.

monitor pc monitor Berapa Ukuran dan Resolusi Monitor PC Gaming yang Ideal? gamers 03

Jangan Lupakan Refresh Rate Monitor

Refresh rate adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya atau frame per second (fps). Kemampuan ini diukur dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi angka Hz maka semakin banyak jumlah gambar yang muncul dalam proses refresh (refresh rate).

Monitor PC umumnya memiliki refresh rate 60 Hz. Tapi, untuk bermain game PC, kamu membutuhkan refresh rate sekitar 120 Hz atau lebih.

Idealnya, monitor gaming mempunyai refresh rate sekitar 144Hz. Mau lebih halus lagi? Kamu bisa coba monitor dengan refresh rate 240Hz yang saat ini mulai banyak dipasarkan.

Ukuran layar, resolusi gambar, dan tentu saja kemampuan refresh rate menjadi parameter penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih monitor gaming. Dengan monitor gaming yang bagus, tentu saja kita semakin dimanjakan secara visual.

headset rexus HX20 monitor Berapa Ukuran dan Resolusi Monitor PC Gaming yang Ideal? hx20 3 1280x630

Untuk memanjakan sisi audio, kamu bisa menggunakan headsetg gaming saat bermain game. Headset Rexus HX20 akan memberikan pengalaman bermain game makin GG. Dengan staging yang luas, headset ini akan menampilkan suara yang detil, dengan efek surround berkat fitur virtual 7.1 yang dimilikinya.

Dengan menggunakan monitor pc gaming dan perangkat audio yang ideal, kamu bakal serasa masuk dalam situasi game seasli mungkin. Itu yang ingin kita dapatkan saat bermain game, bukan?

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *