VR2 wireless Keyboad Wireless Rusak dan Ngambek? Mungkin Dia Butuh Perawatan Fitur VR2 03 300x147

Gamer, keyboard wireless atau nirkabel yang terkadang tidak bisa terdeteksi di komputer atau laptop alias ngambek belum tentu rusak, Bisa jadi peralatan gaming itu hanya butuh perawatan sederhana.

Tidak sedikit pengguna produk gaming yang memilih untuk menggunakan keyboard nirkabel dibandingkan yang menggunakan kabel (wired). Alasannya adalah segi kepraktisan, tentunya. Karena tidak menggunakan kabel, keyboard lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, tanpa kabel, keyboard jadi lebih bebas bergerak. Selain itu, keyboard nirkabel juga tidak merepotkan kita untuk menggulung kabelnya yang panjang.

wireless Keyboad Wireless Rusak dan Ngambek? Mungkin Dia Butuh Perawatan Thumbnail Features RexusKM8 01 300x147

Praktis Sih, Tapi…

Alasan praktis dan tidak ribet tentu tak terbantahkan. Tetapi, kamu harus tahu bahwa ada keterbatasan dari keyboard nirkabel ini. Pertama, kamu tidak bisa mengandalkan keyboard nirkabel dilengkapi dengan software untuk fitur macro ya. Karena tidak menggunakan kabel, maka pengaturan jadi terbatas.

Kedua, dari segi stabilitas lalu lintas sinyal data, keyboard kabel tentu lebih digdaya daripada tipe keyboard ini ya. Menggunakan koneksi frekuensi radio, tentu koneksi keyboard nirkabel bisa terganggu oleh frekuensi lain. Selain itu, seperti diungkap di poin atas, data yang bisa ditransfer juga terbatas.

Rexus KM8 wireless Keyboad Wireless Rusak dan Ngambek? Mungkin Dia Butuh Perawatan RexusKM8 03 300x225

Ketiga, keyboard nirkabel juga butuh perawatan yang lebih intensif daripada keyboard kabel. Kendala yang sering terjadi adalah keyboard tidak terdekteksi dan penggunaan baterai sangat boros.

Jika hal itu terjadi, maka ada beberapa komponen yang perlu kalian ketahui keadaannya. Nah, agar keyboard nirkabel tetap awet dan hemat ada beberapa cara merawatnya, seperti berikut ini:

  1. Pilih keybord wireless on/off otomatis
    Gunakan keyboard nirkabel yang dlengkap dengan tombol untuk mematikan atau menghidupkan. Atau, kamu juga bisa memilih yang mempunyai fitur on/off otomatis sehingga akan mati secara otomatis jika kamu lupa mematikan saklarnya. Tujuannya tentu agar baterainya hemat daya.
  1. Gunakan batere yang sesuai.
    Penggantian beterai yang tidak sesuai dapat menyebabkan risiko kebocoran atau ledakan yang menyebabkan cedera. Jika menggunakan baterai isi ulang, gunakan batere yang masih bagus. Tidak bocor.
  2. Hindarkan dari kelembapan atau panas.
    Kamu harus memerhatikan cara menyimpan keyboard wireless. Hindarkan dari kelembapan, cairan, atau panas di atas 54 derajat Celcius (130 derajat Fahrenheit).
  3. Gunakan batere isi ulang yang masih bagus.
    Jangan menggunakan atau mengisi ulang baterai jika terjadi kebocoran, berubah warna, berubah bentuk, atau tampak ada tanda-tanda yang mencurigakan
  4. Kosongkan batere jika keyboard tidak digunakan dalam waktu lama.
    Jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama, keluarkan baterai dari perangkat keyboard. Ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek.
  5. Ganti baterai sekaligus
    Baterai yang sudah habis sebaiknya diganti sekaligus, jangan satu per satu. Penggantian secara parsial justru akan membuat baterai yang baru cepat aus. Jadi, jika di dalam keyboard menggunakan dua baterai dan habis, maka kedua baterai tersebut harus diganti sekaligus.
  6. Jangan sepelekan USB receiver
    Karena menggunakan koneksi frekuensi radio, maka keyboard wireless, seperti Rexus VR2 menggunakan dongle USB receiver saat dikoneksikan dengan komputer. Perhatikan keberadaan benda tersebut ya. Karena kecil, banyak yang sering hilang atau terselip. Jika sudah hilang, maka keyboard tidak bisa digunakan lagi.

 

xenowerk game mobile free game mobile free Game Mobile Free Setiap Hari Sampai Tua! Xenowerk 600x338

Xenowerk – Google Play Store

Gamer, pasti kamu suka game mobile free kan? Siapa yang gak suka, game mobile cocok banget buat mengisi waktu luang dengan asik, apalagi kalau gratis. Nah, tapi yang seru kadang harus berbayar ya.

Untungnya, kadang Google Play Store akan menggratiskan beberapa game-game seru itu dan kamu bisa bermain sampai puas!

Tapi, itu kan kalau kamu lagi beruntung aja menemukan game berbayar yang lagi free. Rempong kan setiap hari harus ngecek terus?

Nih, ada satu aplikasi yang bisa kasih tahu kamu langsung, game-game berbayar apa aja yang lagi free dengan satu kali klik saja, namanya AppsFree!

Screenshot Image game mobile free Game Mobile Free Setiap Hari Sampai Tua! MT 0XZFUASrOrYIv8cweqK10 AEYTrijkUWgD72wfPITdnoZlxnxVvus 660dY2M2A w1366 h657 rw

Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mencari game yang gratis saja, tapi juga bisa digunakan untuk mencari aplikasi-aplikasi yang berguna yang juga lagi gratis.

Ya memang, terkadang kamu akan menemukan beberapa game mobile gratis yang berkualitas jelek, tapi kadang kamu akan menemukan yang bagus banget. Namanya juga game gratis kan, masa harus selalu bagus?

Cara mencari aplikasi atau game mobile free disini juga gampang banget, kamu bisa mensortir sesuai yang kamu mau, dari kategori, kata kunci, sampai developer, kamu akan selalu up to date!

Kalau mau yang lagi diskon sementara, developer dari AppsFree juga meluncurkan aplikasi yang khusus untuk mengetahui yang lagi diskon, namanya AppSales!

Screenshot Image game mobile free Game Mobile Free Setiap Hari Sampai Tua! YTq5Bqae2Mmx FDkBeiqDwJ9MPLhCr ZwRtgca0AVegd5quKWCUMJcEAFuibQheM0ig w1366 h657 rw

Yang keren dari aplikasi ini adalah kamu bisa menambah aplikasi atau game mobile apa yang kamu harap diskon ke dalam watchlist kamu dan kamu akan diberikan notifikasi kalau game mobile itu menjadi free!

Rating dari kedua aplikasi ini juga tinggi loh, jadi mereka adalah aplikasi yang cukup terpecaya. Kamu tidak perlu takut virus atau semacamnya deh.

Buruan download aplikasi ini, dan dapatin game mobile free atau yang lagi diskon, sekarang!

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

Gamer, buat kalian penggemar PC gaming atau game komputer, kalian tentu tahu berbagai macam merek switch mouse gaming, mulai dari Omron hingga Huano. Omron jadi salah satu merek yang jadi referensi produsen switch mouse, sedangkan Huano adalah salah satu merek yang saat ini sedang naik daun.

Switch atau tombol mouse gaming memang menjadi salah satu factor terpenting yang menentukan kehandalan dan kenyamanan menggunakan mouse. Layaknya senjata ASG pada game Point Blank, mouse sangat menentukan gerakan kalian di game. Arah gerakan heroes yang kalian gunakan, ketepatan membidik target, dan kecepatan melakukan tembakan ditentukan oleh keahlian kalian menggunakan dan memencet tombol mouse.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron omron 600x402

Eksistensi Tombol Omron

Seperti diketahui, ada banyak merek switch mouse yang ada di pasaran. Sebut saja, Omron, Kinzu, Kana, Himake, Panasonic, Huanos, Zippy, Qiaoh, dan TTF. Di antara itu semua, Omron jadi merek yang paling mapan dan dominan.

Merek switch asal Jepang ini memang merupakan salah satu tombol favorit para produsen mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer. Ada beberapa tipe mouse Rexus yang menggunakan tombol ini, seperti mouse Titanix TX9 dan TX8 yang sudah jadi legenda.

Meski merupakan produk asal Jepang, tetapi Omron juga diproduksi di Tiongkok. Menurut sumberdari  forum diskusi geekhack.org, asal produksi tombol ini dapat diketahui dari huruf seri yang tertera di atas tombol. Untuk tombol yang bertulisan seri D2F diklaim merupakan produk dari Jepang, sedangkan seri D2FC berasal dari China atau Tiongkok.

Mouse Gaming Rexus Xierra X12 switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron X12 05 300x300

Huano, Sang Penantang Omron

Selain merek itu, ada satu merek switch yang saat ini sedang naik daun dan digunakan oleh makin banyak produsen mouse. Merek itu adalah Huano. Dilansir dari bebrerapa laman forum gawai, seperti reddit.com dan tomshardware.com, Huano memang “pemain baru” di dunia switch.

Meski baru, merek switch mouse ini makin disukai produsen peralatan gaming karena murah namun kualitasnya bisa diadu dengan merek lain yang harganya lebih mahal, terutama di aspek ketahanan. Faktor inilah yang menyebabkan merek ini mulai menggeser dominasi Omron yang sudah mapan sebelumnya.

Dari informasi harga  yang diperoleh di web jual-beli aliexpress.com, diketahui harga switch ini berkisar antara $0,5 – 5,5 USD per lot atau 10 biji. Variasi harga itu berdasarkan pada tipe switch Huano. Makin hari, kualitas Huano makin dikenal publik. Bahkan, mouse Zowie dari BenQ disebutkan beralih dari yang semula menggunakan switch Omron ke Huano.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron with the mouse 3109003 640 300x201

“Lebih Berasa Klik-nya”

Dari forum diskusi gamer, diperoleh testimonial bahwa switch Huano mempunyai karakteristik keras dengan sensasi “tactile” yang terasa. Dengan karakteristik tersebut, switch ini lebih cocok digunakan untuk bermain gim First Person Shooter (FPS).

Dari segi ketahanan, secara umum, Huano mempunyai daya tahan atau lifespan di bawah rata-rata switch Omron. Ketahanan switch Huano rerata berkisar antara 3 – 10 juta kllik, tergantung dari masing-masing tipe. Beberapa sumber mengklaim beberapa tipe switch Huano mempunyai daya tahan hingga 20 juta klik.

Saat ini, Huano memproduksi switch yang dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu:

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano white 300x218

Huano White Point

Tipe ini merupakan tipe paling sederhana dari merek Huano. Switch ini menggunakan media logam perak pada elemen kontaknya. Switch ini diklaim mempunyai daya tahan sekitar 5 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC 70.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano yellow 300x225

Huano Yellow Point

Poin kuning pada switch ini tampak pada titik berwarna kuning yang ada di bagian kotakan atau housing switch, dengan elemen kontak logam silver. Tipe switch ini mempunyai daya tahan hingga 8 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC longlife.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano pink 300x218

Huano Pink Point

Switch Huano pink poin juga dilengkapi dengan elemen kontak berupa logam perak, dengan daya tahan hingga 10 juta klik. Spesifikasinya adalah  arus 0.05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC 7.

switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron huano blue 300x222

Huano Blue Point

Switch Huano poin biru mempunya daya tahan hingga 10 – 20 juta klik, dengan  kontak logam perak.  Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC longlife.

Gaming Mouse Rexus TX10 switch Invasi Teknologi Switch Mouse Gaming Huano Interupsi Eksitensi Omron Titanix TX10 06 300x300

Rexus Menggunakan Switch Ini

Kualitasnya yang makin diakui oleh para produsen mouse terkenal membuat Rexus juga mengadopsikan switch ini pada beberapa produk mouse baru Rexus. Tersebut gaming mouse X12, X13, ARSA, dan Titanix TX10 menggunakan swich Huano.

Rexus mempercayakan performa mouse-nya pada Huano karena selama ini, merek switch ini menunjukkan kestabilannya. Dengan daya tahan klik yang bervariasi, Rexus juga dapat dengan mudah menyesuaikanya dengan level segmentasi mousenya.

Tentu saja, switch bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan dalam memilih mouse gaming andalan. Ada factor kualitas sensor, bentuk yang ergonomis, kualitas LED, kelengkapan fitur macro, fleksibitas kabel, dan tentu saja, kenyamanan lapisan alas mouse (footpad) yang akan memaksimalkan pergerakan.

Jadi, mana yang akan kalian pilih?

game mobile game mobile Benarkah Game Mobile Lebih Murah? Yuk, Coba Kita Buktikan! video game dan keterampilan sosial 600x400

Gamers, buat kamu yang punya PC sultan, pasti bakalan memandang sebelah mata game mobile. Ya iyalah, game mobile biasanya lebih murah, menggunakan perangkat yang lebih minim, artinya kualitasnya juga tidak sekeren Game PC atau Konsol donk.

Jangan salah, sekarang game mobile sudah banyak yang dibuat dengan kualitas yang tinggi! Kenapa? Karena banyak developer game terkenal, seperti Riot Games dan Blizzard, yang mengeluarkan usaha untuk membuat game mobile terbaik versi mereka, dengan grafis yang minim namun tetap keren, kapasitas yang lebih rendah, dan hanya perlu menggunakan satu perangkat saja untuk bermain.

Jadi, apa aja sih yang membuat Game Mobile Lebih Murah?

  1. Hanya menggunakan smartphone untuk bermain

Tidak perlu membeli komputer yang harganya berjuta-jutaan, smartphone keluaran OPPO atau Xiaomi yang harganya 2 jutaan saja sudah mumpuni banget buat main game yang seru.

  1. Gamenya relatif lebih kere hore

Kalau kamu buka Steam sekarang, kamu akan menemukan banyak sekali game yang harganya hampir 500k ke atas, dan tidak semuanya mempunyai kualitas yang bagus. Untuk bermain game tersebut saja, kamu tidak bisa menggunakan komputer kere, karena sistemnya yang tidak kuat untuk menjalankan game tersebut. Kalau dimainkan dengan system yang minimum, gamenya jadi tidak asik dan patah-patah.

Memang sih ada game komputer yang gratis, tapi kamu tetap membutuhkan komputer untuk bermain.

Kalau kalian buka Google Play Store atau App Store, ada banyak sekali game yang relatif lebih murah, yang bisa dimainkan dengan system pengoperasian yang minim.

Ada juga beberapa game Steam yang bisa kamu mainkan di perangkat kamu, yang dijual dengan harga yang lebih murah. Contohnya: Life is Strange yang di Steam harganya mencapai 190k, di Google Play Store hanya 129k.

  1. Komunitas Gamer Mobile yang terbiasa dengan harga free

Untuk kamu yang suka main game mobile, melihat ada yang berbayar aja pasti piker-pikir kan. “Worth it gak ya untuk sebagai game mobile, gw harus bayar 300k?” Ya gak worth it lah! Makanya, banyak developer game yang juga mempertibangkan dari aspek itu.

Nah gaes, kesimpulannya, walaupun game mobile lebih murah, tapi gak kalah seru kok dengan game PC. Ya paling grafiknya aja yang berbeda, tapi kalau dimainkan bareng teman mah semuanya seru!

Baca juga: 15 REKOMENDASI GAME OFFLINE ANDROID TERBAIK 2020

gaming headset Dengan Mikrofon Tongkat, Gaming Headset Makin Fokus Suaranya Rexus HX5 08

Gamers, jika kita perhatikan dengan seksama, ada dua macam tipe gaming headset dilihat dari mikrofonnya, yaitu mikrofon yang tertanam di dome speaker dan mikrofon tongkat.

Penggunaan mikrofon yang tertanam di dome speaker sempat “booming” karena bentuknya yang praktis dan tidak ribet. Agar bisa menangkap suara dari berbagai arah, jenis mikrofon ini dilengkapi dengan teknologi omni-directional microphone.

gaming headset Dengan Mikrofon Tongkat, Gaming Headset Makin Fokus Suaranya Rexus F65 06

Gaming headset Rexus F65

Teknologi omni-directional microphone adalah sistem mikrofon yang menggunakan beberapa titik mikrofon mini. Biasanya, dipasang 4 – 6 mikrofon berdiameter sekitar 5mm di pusat mikrofon.

Kelemahan model mikrofon tanam yang menggunakan jenis mikrofon omni-directional adalah suara sekitar akan turut terdengar sehingga komunikasi kita justru akan terganggu. Hal ini tentu akan sangat mengganggu saat kita mengikuti gim. Suara teriakan suporter akan mengganggu komunikasi dengan tim.

Dalam kondisi seperti ini, kita butuh headset yang menggunakan mikrofon tongkat, bukan mikrofon tanam. Mikrofon tongkat membuat mikrofon jadi lebih dekat dengan sumber suara, yaitu mulut, sehingga suara kita jadi lebih fokus terdengar oleh lawan bicara.

gaming headset Dengan Mikrofon Tongkat, Gaming Headset Makin Fokus Suaranya F99 Rexus 07

Headset dengan mikrofon tongkat juga ada yang dilengkapi dengan omni-directional microphone. Namun, karena jarak antara mulut dengan mikrofon maka meski beberapa titik mikrofon menangkap suara dari berbagai arah, tapi suara dari mulutlah yang mendominasi.

Rexus mempunyai beberapa lini headset dengan mikrofon tongkat yang keren, mulai dari yang paling murah hingga termahal. Headset gaming Rexus yang menggunakan mikrofon tongkat adalah RX-995, F19, F65, Thundervox, HX2, Thundervox HX5, dan Thundervox HX10.

Untuk menjaga keergonomisan dan kepraktisan, mikrofon tongkat tersebut dibuat fleksibel sehingga bisa ditekuk dan tak mudah patah. Beberapa tipe juga dilengkapi dengan sistem foldable dan rectractable yang bisa dilipat dan disembunyikan.

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa headset dengan mikrofon tongkat tidak praktis. Justru dengan mikrofon tongkat, headset gaming jadi lebih fungsional.

karina sycheska nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus karina 758x548

foto: Karina Sycheva/Instagram

Gamers, permainan game atau esport makin banyak digandrungi oleh kaum Hawa alias wanita. Tak hanya sebagai pemanis di warnet atau saat di turnamen, kian banyak gamers cewek yang mempunyai skill luar biasa yang tak bisa dipandang sebelah mata oleh para gamers pria. Pada 2011, jumlah gamers wanita hanya sekitar 10% di Indonesia. Sekarang, jumlahnya tentu bertambah jauh.

Saking menariknya fenomena gamers cewek, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan sosok gamers asal Rusia, Karina Sycheva. Di dalam dunia game, cewek yang menggunakan nickname Sharishaxd ini mempunyai lebih dari 500.000 subscriber di kanal Youtube-nya! Lebih gilanya lagi, dilansir dari slavorium.org, dia berhasil membuat sekitar 15.000 orang rela menunggu setiap kali dia hendak streaming. Wow!

Tak hanya Rusia yang memiliki gamers cewek yang kece dan berprestasi. Dunia game di Indonesia pun mulai dirambah oleh para cewek yang bikin seger sekaligus membuat salah fokus saat bertarung dengan mereka di arena turnamen game. Tak hanya, itu mereka pun sudah berhasil mengumpulkan banyak Rupiah dari kegemarannya memainkan keyboard.

 

1. Monica Carolina

Monica carolina nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus monicacarolina instagram nixia

Foto: Instagram

Cewek cantik yang punya panggilan Nixia ini sudah menjadi gamer profesional sejak tahun 2008. Pada 2011, ia mendirikan situs bernama Nixia Gamer yang berisi tentang review peralatan yang digunakannya untuk bermain game dan pengalamannya mengikuti turnamen-turnamen game. Satu tahun menjalani website tersebut, mulai banyak merek peralatan game yang menjadi sponsornya.

Gadis multitalenta ini juga sempat menjadi penulis lepas untuk majalah CHIP Indonesia, dan sempat menjadi moderator beberapa forum internet teknologi dan game seperti CHIP, IndonesianGamer, Gamexeon, dan VideoGamesIndonesia.

2. Donna Visca

dona visca nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus donavisca instagram donnavisca

Foto: Instagram

Beberapa tahun terakhir ini, Donna Visca sudah malang melintang di dunia game, terutama DOTA. Bermodalkan wajah oriental yang cantik, cewek kelahiran 1 Mei 1995 ini kerap ditemui dalam balutan kostum cosplayer. Tak hanya itu, sebuah merek komputer game ternama juga memanfaatkan jasanya sebagai brand ambassador.

3. Lucie Belle

lucie belle nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus lucie belle instagram luciecorabelle

Foto: Instagram

Lucie Belle atau yang akrab dipanggil Belle Bollo merupakan seorang YouTuber gaming yang sering live streaming di berbagai game, seperti GTA V dan Dota 2. Saat ini, cewek yang doyan nasi Padang ini mempunyai lebih dari 19 ribu subscriber di kanal YouTube-nya.

 

4. Indri Sherlyana Tunggal

Indri Sherlyana Tunggal nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus DSC 1840

Foto: Google plus

Dara cantik ini memilih untuk menekuni dunia game online sejak beberapa tahun lalu. Hobinya itu berubah menjadi profesi seiring dengan prestasi dengan menjuarai Point Blank Ladies Competition (PBLC) internasional yang diadakan di Brazil 2017 lalu. Prestasinya itu membuatnya dikontrak sebagai brand ambassador salah satu merek produk gaming.

5. Ridha Audrey alias Audrey FF

nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus audrey pictame

Foto: Thepicta

Nama Ridha Audrey mungkin kurang terkenal. Tapi, saat kamu mendengar Audrey FF, kamu pasti langsung kenal. Menggunakan nama tim Female Fighters, Audrey masuk ke dunia game dengan merajai arena Counter-Strike 1.6. Gamer wanita yang mulai senior ini pun kemudian merekrut juniornya untuk meneruskan kejayaan “klan” FF di kancah game online.

6. Sarah Viloid

sarah viloid nih, daftar cewek gamers indonesia yang bikin gagal fokus Nih, Daftar Cewek Gamers Indonesia yang Bikin Gagal Fokus sarah viloid

Foto: Thepicta

Tim Dota 2 RevivaL sudah tidak asing lagi di telinga, khususnya untuk kamu yang suka eSport. Sarah “Viloid” Olivia ini adalah anggota dari RevivaL Ladies dan memiliki peran sebagai Support. Cewek yang biasa dipanggil Oliv ini namanya mulai melejit sejak November 2015 di dunia cosplay dan turnamen Dota 2.

Selain sebagai gamer dan cosplayer, Oliv pun pernah menjadi pembawa acara di Siaranku.com dan memiliki kesibukan lain sebagai brand ambassador untuk Japanese Station Navigator hingga seringkali juga dipanggil sebagai bintang tamu untuk beberapa acara.