Gamers, seperti kalian ketahui, gaming headset didukung oleh beberapa model colokan konektor. Yang pertama adalah model konektor dengan tiga colokan yang terdiri dari colokan headphone (berwarna hijau), colokan untuk mikrofon (pink), dan colokan untuk daya (USB). Model ini dapat ditemukan di gaming headset Rexus seri Vonix, seperti Vonix F19, F22, F26, ataupun F55.

Yang kedua adalah model konektor USB yang bisa digunakan untuk ketiga fungsi di atas. Biasanya, headset keluaran terbaru sudah mengaplikasikan model ini, seperti pada Rexus Thundervox F35, HX1, HX2, ataupun HX10.

Saat menyambungkannya dengan komputer atau laptop, tentu colokan tersebut takkan membuat masalah yang memusingkan kepala. Komputer atau laptop memiliki port yang dapat sekaligus dapat disambungkan dengan masing-masing colokan bawaan headset.

Artikel terkait: Cara Koneksi Keyboard, Mouse, dan Gamepad Android

Kendala baru muncul saat kalian ingin mengoneksikan gaming headset ke ponsel, baik untuk bermain mobile gaming, mendengarkan musik, atau untuk menerima telepon, layaknya headset lainnya. Kenapa? Karena di pada ponsel hanya ada satu port audio 3,5mm dan colokan mikro USB.

Bagaimana cara mengakalinya? Yuk, ikuti beberapa tips berikut.

  1. Gunakan converter 3,5mm

Buat gaming headset yang mempunyai tiga colokan, kamu bisa menggunakan audio mic converter. Converter tersebut banyak dijual di toko-toko elektronik. Murah, kok.

 

Tapi yang perlu diperhatikan adalah memilih audio mic converter, bukan sekedar audio converter, agar microfon headset tetap bisa berfungsi.

Apa yang membedakan?

  • Coverter audio stereo hanya mempunyai dua sekat.
  • Converter audio mikrofon mempunyai tiga sekat (lihat gambar).

Foto: Howtogeek

Kamu bisa memilih converter yang menggunakan kabel atau berupa dongle, sesuaikan dengan selera dan bujet kamu.

Catatan: Dengen menggunakan converter ini, kabel USB headset bisa dicolokkan atau tidak. Jika dicolokkan, lampu headset akan menyala. Untuk mencolokkannya, dibutuhkan converter USB.

  1. Konverter USB On The Go (0TG)

Buat kalian yang memiliki headset gaming yang punya single USB connector, maka agar bisa terhubung dengan ponsel adalah dengan menggunakan converter USB On The Go (OTG). Converter ini akan membuat tiga fungsi (headphone, mikrofon, ataupun sumber daya) bisa diaktifkan.

Syaratnya, ponsel kamu sudah mendukung fitur USB OTG dan USB 3.1. Saat ini, beberapa ponsel yang masih menggunakan USB 2.0 belum capable dengan konektivitas ini.

Buat ponsel yang mempunyai konektivitas USB Type C, maka cara di atas bisa digunakan. Bedanya, kalian harus membeli converter USB type C.

  1. Koneksi Bluetooth

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengoneksikan headset gaming kalian dengan ponsel adalah dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Syaratnya tentu headset gaming yang dimiliki harus tipe nirkabel dan punya konektivitas Bluetooth, seperti Rexus M1, Rexus X1, atau produk baru Rexus S3 Pro.

Dengan Bluetooth, fungsi mikrofon maupun audio dapat sekaligus aktif saat Bluetooth headset dengan ponsel terkoneksi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *