bluetooth Bluetooth 5.0: Apa Perbedaannya Dan Manfaatnya Untuk Kita? bluetooth logo 2 100592999 large 180x180

Bluetooth bluetooth Bluetooth 5.0: Apa Perbedaannya Dan Manfaatnya Untuk Kita? bluetooth logo 2 100592999 large

Biasanya di spesifikasi smartphone modern dan beberapa perangkat lainnya, kamu akan menemukan kalimat “support for Bluetooth 5.0,” di spesifikasinya. Tapi, apa sih itu dan kelebihannya dibandingkan versi-versi sebelumnya?

Bluetooth 5.0  

Bluetooth sendiri adalah komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat seperti ponsel, komputer, dan periferal untuk mengirimkan data atau suara secara nirkabel dalam jarak pendek. Tujuannya adalah untuk mengganti kabel yang biasanya menghubungkan perangkat, sambil tetap menjaga komunikasi di antara mereka tetap aman.

Bluetooth 5.0 yang diluncukan pada tanggal Juli 2016, mempunyai jangkauan 4 kali lipat dari versi sebelumnya, mempunyai kecepatan 2 kali lipat, lebih hemat energi, dan memungkinkan kamu untuk terhubung ke dua perangkat sekaligus atau dual audio.

Lebih Jauh dan Lebih Cepat

Untuk versi sebelumnya, saat kita sedang mendengarkan lagu menggunakan headset Bluetooth, berjalan sedikit lebih jauh saja, sudah mengganggu koneksi. 30 meter memang terdengar jauh, tapi jangkauan ini mempunyai syarat dimana tidak ada batas ruang atau tembok. Dengan versi terbarunya, jangkauan nirkabel maximal menjadi 120 meter, 4x lipat dibandingkan dengan Bluetooth v4.2.

Pada umumnya, proses pairing membutuhkan waktu yang lebih lama saat pertama kali dikoneksikan. Tetapi dengan versi terbaru ini, prosesnya menjadi 2 kali lipat, dan ini juga termasuk untuk pairing pertama kalinya.

Hemat energi

Di versi sebelumnya juga sudah hemat energi. Tapi karena keunggulan terbarunya seperti lebih jauh dan lebih cepat, Bluetooth 5.0 harus menggunakan energi yang lebih hemat lagi. Tentunya, versi ini dapat bertahan lebih lama lagi dari versi sebelumnya.

Dual Audio

Bluetooth 5.0 juga mendatangkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk memutar audio di dua perangkat sekaligus. “Terus, gunanya apa?” mungkin adalah pertanyaan yang muncul di kepala kalian. Nah, kegunaannya adalah kamu bisa memutar audio di headphone, sambil membagikan lagu tersebut ke headset Bluetooth si doi. Sekarang romantic tidak perlu susah-susah bagi earphone. Kamu juga bisa sekaligus memutar dua speaker di dua ruangan berbeda.

Bluetooth 5.0 Dual Audio bluetooth Bluetooth 5.0: Apa Perbedaannya Dan Manfaatnya Untuk Kita? Galaxy S8 Dual Audio 2 e1576753255344 519x600

Bluetooth 5.0 Dual Audio

Baca juga: Perangkat Bluetooth Tidak Terdeteksi? Ini 5 Solusi yang Wajib Kamu Lakukan

Tenang saja kalau perangkat atau peripheral kamu tidak mendukung versi terbarunya. Karena dari versi-versi sebelumnya, Bluetooth bersifat backward compatible, yang artinya bisa terkoneksi dengan versi terdahulu. Bagaimana menurut kalian tentang Bluetooth 5.0? Menarik sekali kan?

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] ingin versi yang terbaik, tentunya speaker Bluetooth kamu harus menggunakan versi terbaru yaitu Bluetooth 5.0 yang jauh lebih hemat energy lagi dan jangkauan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *