switch Cara Gampang Ganti Hot Swappable Switch di Keyboard Mekanikal WhatsApp Image 2020 04 22 at 14
switch Cara Gampang Ganti Hot Swappable Switch di Keyboard Mekanikal WhatsApp Image 2020 04 22 at 14

Rexus Legionare MX5.1

Gamer, mengganti switch atau tombol keyboard tipe hot swappable ternyata gampang-gampang susah. Ada beberapa pengguna keyboard yang belum tahu caranya secara tepat sehingga justru jadi rusak atau patah. Ada pula yang masih ragu-ragu saat menggantinya sehingga justru tidak jadi menggantinya,

Seperti kita ketahui, istilah hot-swappable switch keyboard adalah keyboard yang menggunakan jenis switch yang dapat dicopot dan diganti secara mudah. Teknologi ini termasuk teknologi baru karena sebelum adanya teknologi ini, switch keyboard dapat dilepas tetapi harus dengan memanaskan solder di kaki-kakinya dan dipasang dengan disolder kembali. Contoh keyboard seperti ini bisa dilihat pada keyboard Rexus Legionare MX6 ataupun MX7.

switch Cara Gampang Ganti Hot Swappable Switch di Keyboard Mekanikal WhatsApp Image 2020 04 22 at 14

Hot-swappable Switch, Teknologi yang Bikin Makin Kreatif

Dengan adanya teknologi hot swappable switch, pengguna keyboard dapat mengganti sendiri switch keyboardnya jika terjadi kerusakan. Switch tipe ini juga dapat dibersihkan secara mudah karena switch mekanikal rentan akan kemasukan debu karena posisinya lebih terbuka daripada switch jenis rubber dome atau non-mekanikal.

Selain itu, dengan teknologi ini, pengguna keyboard juga bisa lebih kreatif. Kok bisa? Mereka bisa mencoba untuk mempadupadankan jenis switch yang berbeda dalam satu keyboard. Misal, keyboard Rexus Legionare MX10 tersedia dalam 3 pilihan tipe switch, yaitu merah, biru, dan coklat. Masing-masing punya karakter tersendiri. Nah, pengguna dapat mengganti sendiri switch dan mengombinasikannya dengan switch tipe lain untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

Saat ini, semua keyboard mekanikal Rexus menggunakan sistem hot swappable dan dilengkapi dengan switch cadangan dalam paket pembeliannya. Keyboard tersebut adalah Rexus Legionare MX3.1, MX5.1, MX10, dan tipe Warfaction VR5.

switch Cara Gampang Ganti Hot Swappable Switch di Keyboard Mekanikal WhatsApp Image 2020 04 22 at 14

Tips Mengganti Switch: Pelan Tapi Pasti

Buat kamu yang mempunyai keyboard dengan teknologi hot swappable switch, pelajari cara mengganti switch-nya seperti berikut ini:

  1. Gunakan penarik switch atau switch puller

Dalam paket keyboard, pastikan kamu mendapatkan switch puller dan switch tambahan. Switch puller ini berupa capitan dari logam yang berguna untuk menarik switch.

  1. Lepaskan keycaps

Pertama-tama, lepaskan keycaps atau kepala tombol dengan menggunakan jari. Beberapa tipe keyboard dilengkapi dengan keycaps puller. Buat yang ngga ada, tinggal pakai jari untuk melepaskannya. Gampang kok.

  1. Capitkan swtich puller dalam posisi tegak

Capitkan ujung switch puller pada bagian switch yang mempunyai lubang untuk mengaitkan penarik switch. Usahakan agar posisi tangan lurus ke atas saat menariknya. Jangan miring karena akan membuat pin atau kaki switch bengkok.

  1. Tarik perlahan tapi pasti

Jika sudah dalam posisi lurus ke atas dan penarik ditekan secara mantap, maka tarik switch ke atas secara mantap. Memang terasa agak berat jadi tarikan harus agak dihentakkan agar switch terlepas. Dan… switch akan terlepas dengan selamat!

switch Cara Gampang Ganti Hot Swappable Switch di Keyboard Mekanikal WhatsApp Image 2020 04 22 at 14

Setelah melepaskannya, pastikan kaki atau pin switch tetap lurus. Jangan sampai bengkok karena berpotensi patah dan tertinggal di dalam selongsong pin-nya.

Gampang, bukan? Awalnya, kamu mungkin akan merasa ragu-ragu saat melakukannya. Tetapi, dengan makin tingginya jam terbang kamu, makin biasa pula kamu melepaskan switch tersebut.

Practice makes perfect!

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] keyboard nirkabel juga butuh perawatan yang lebih intensif daripada keyboard kabel. Kendala yang sering terjadi adalah keyboard tidak terdekteksi dan penggunaan baterai sangat […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *