Rexus-titanix-TX2

Gamers, coba deh perhatikan kiri-kanan kamu saat bermain game. Jika kamu perhatikan secara seksama, rekan gamer di sebelahmu mempunyai cara unik saat memegang dan memainkan mouse. Tiap orang mempunyai cara sendiri dalam memegang mouse, tergantung dari kebiasaan, jenis mouse, dan cara bermainnya.

Meski terkesan sepele, cara memegang mouse termasuk salah satu faktor penentu kemenangan dalam permainan. Kecepatan, reaksi, dan ketahanan posisi bermain dipengaruhi oleh cara kamu memegang mouse. Secara garis besar, terdapat tiga tipe posisi memegang mouse, yaitu:

1. Palm Grip

howtogeek.com

Cara memegang mouse ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh para gamer. Palm grip adalah cara memegang atau mengoperasikan mouse dengan cara meletakkan telapak tangan di atas punggung mouse dengan jari telunjuk berada di atas posisi tombol kiri, jari tengah berada di atas tombol kanan, dan jempol berguna untuk mengoperasikan tombol-tombol yang ada di samping mouse.

Keuntungan: Genggaman yang mantap membuat kamu mempunyai tenaga yang kuat untuk menggerakkan mouse sekencang mungkin.

Kelemahan: Dengan menangkup semua bagian punggung mouse, otomatis pergelangan kamu akan menempel di meja. Untuk penggunaan yang lama, pergelangan kamu akan terasa pegal karena tergesek permukaan meja.

Mouse yang cocok: Posisi ini cocok untuk semua jenis mouse dengan beragam ukuran, baik mouse dengan ukuran relatif kecil, seperti Rexus Titanix TX2 atau TX9, maupun mouse yang ukurannya relatif lebar seperti Rexus Titanix TX3 ataupun TX8.

2. Tip Grip

howtogeek.com

Posisi memegang mouse ini adalah cara memegang mouse dengan cara “mengambang” alias tidak meletakkan telapak tangan di atas bahu mouse. Dalam posisi ini, hanya jempol dan jari-jari saja yang menekan tombol keyboard.

Keuntungan: Cara seperti ini membuat pergerakan tangan lebih ringan karena karena beban telapak tangan tidak bertumpu pada mouse. Gesekan antara pergelangan tangan dengan permukaan meja pun dapat diminimalisir.

Kelemahan: Konsekuensi telapak tangan “melayang” di atas mouse adalah beban telapak tangan harus ditanggung oleh otot lengan sehingga untuk waktu yang lama, rasa pegal akan terasa di lengan kamu.

Mouse yang cocok: Mouse dengan bentuk pendek, ringan, dan tanpa penyangga telapak tangan. Rexus Titanix TX9 atapun TX2 masih cocok untuk pengguna dengan gaya tip grip.

3. Claw Grip

Cara ini memang agak unik. Letakkan pergelangan tangan kamu di punggung mouse dan gunakan ujung kuku untuk mengoperasikan tombol-tombol mouse.

Keuntungan: Untuk permainan menembak, posisi ini cukup mendukung karena kamu bisa leluasa melakukan klik berulang-ulang.

Kelemahan: Cara memegang mouse seperti ini tergantung dari bentuk ujung jari. Jika mempunyai kuku yang panjang, kamu akan sedikit kesulitan untuk mengoperasikan mouse dengan cara ini.

Mouse yang cocok: Biasanya mouse yang digunakan adalah mouse dengan ukuran yang kecil, sedikit memanjang, dengan tombol yang cenderung panjang juga.

Sekali lagi, semua posisi ini tergantung dari kebiasaan para gamer. Jika hingga saat ini masih merasa nyaman dengan salah satu posisi, tak ada salahnya tetap menggunakan posisi tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *