Mouse Kidal

Mouse Kidal

Di era digital yang selalu berkembang dan berubah ini, tentunya membuat kita tak lepas dari penggunaan beragam jenis perangkat di kehidupan sehari-hari. Salah satu perangkatnya adalah komputer (PC) atau laptop. Pada umumnya, perangkat tersebut selalu ditemani dengan keyboard dan mouse. Kalian juga pasti tau donk kalau mouse itu didesain untuk digunakan dengan tangan kanan.

Namun sayangnya, gak semua orang tidak mengoperasikan mousenya dengan tangan kanan. Orang-orang tersebut lebih dikenal dengan panggilan kidal, atau orang dengan tangan kiri yang lebih dominan. Supaya orang kidal bisa menggunakan mouse dengan efektif dan efisien, Rexus punya cara mengubah mouse menjadi mouse kidal. Ada dua cara, cara pertama yang paling sering digunakan. Tetapi kalau tidak bisa dioperasikan, gunakan cara alternatif.

Cara Mengubah Mouse Menjadi Kidal

  1. Klik kanan dimanapun di desktop dan pilih ‘Personalize’, untuk membuka window ‘Personalization’.
  2. Di sebelah kiri, klik ‘Change Mouse Pointers’ untuk membuka window ‘Mouse Properties’ seperti Gambar 1.
  3. Klik tab ‘Buttons’ dan di bagian ‘Button Configuration’ klik kotak kosong di samping kiri kalimat ‘Switch primary and secondary buttons’.
  4. Klik tombol ‘ok’ (dengan klik kananmu) atau tekan Enter.
Mouse Properties

Gambar 1, Mouse Properties

Kalau cara pertama tidak bisa, gunakan cara alternatif di bawah ini

  1. Buka window Ease of Access Center dengan menekan tombol window + U, atau klik tombol ‘Start’, dilanjutkan dengan ‘Control Panel’, kemudian ‘Ease of Access’, kemudian ‘Ease of Access Center’.
  2. Di bawah ‘Explore all settings’, klik ‘Make the mouse easier to use’ seperti Gambar 2.
  3. Di window ini, scroll ke bawah ‘See also’ dan klik ‘Mouse settings’. Ini akan membuka ‘Mouse Properties’ seperti Gambar 1.
  4. Klik tab ‘Buttons’ dan di bagian ‘Button Configuration’ klik kotak kosong di samping kiri kalimat ‘Switch primary and secondary buttons’.
  5. Klik tombol ‘ok’ (dengan klik kananmu) atau tekan Enter.
make the mouse easier to use

Gambar 2, Make the mouse easier to use

Begitu cara mengubah mouse menjadi kidal. Mouse kidal pasti akan sangat menguntungkan orang-orang kidal karena akan terasa lebih terbiasa. Memang ada baiknya kalau orang kidal bisa membiasakan menggunakan tangan kanan, tapi kalau tidak seefektif dan seefisien tangan kidal, lebih baik diganti saja. Apakah kalian tau fakta menarik tentang populasi orang kidal hanya 10 persen di dunia. Kalau kamu kidal, keren juga deh kamu. Kalau kamu punya kenalan orang kidal, boleh lah dishare untuk membuat hidup mereka lebih mudah.

Baca juga: Penasaran Gimana Gamer Kidal Saat Gaming?

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] Belajar juga cara mengubah mouse menjadi kidal! […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 12 =