howtogeek.com

Gamers, banyak alasan mengapa orang beralih menggunakan keyboard mekanikal. Awet, mudah dibersihkan, dapat diganti switch-nya, tahan air, dan tentu saja, punya kemampuan untuk menghasilkan suara “klik”.

Ya, salah satu alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan produk keyboard mekanikal adalah karena sensasi “bouncing” dan suara klik yang nyaring terdengar saat digunakan bermain game.

Tapi, seperti kita tahu, keyboard mekanikal juga banyak digunakan untuk membantu pekerjaan profesional, layaknya keyboard biasa yang ada di kantoran. Untuk bekerja di kantor, beberapa orang merasa tidak nyaman saat suara berisik yang ditimbulkan keyboard mekanikal terdengar seruangan kantor.

Bagi kalian pecinta keyboard mekanikal, hal ini tentu jadi dilema tersendiri. Tapi, jangan kuatir, ada dua cara mudah yang bisa dilakukan agar kalian tetap menggunakan keyboard mekanikal tanpa menghasilkan suara “klik” yang nyaring. Apa cara itu?

1. Pilih keyboard mekanikal dengan jenis switch yang lembut.
Ternyata, banyak pilihan keyboard mekanikal yang mempunyai sifat “tactile” atau memantul, tapi tidak menimbulkan suara “klik” yang nyaring.

Hal itu tergantung pada jenis switch yang digunakannya. Kamu bisa menggunakan tipe keyboard yang memiliki switch coklat, seperti pada gaming keyboard Rexus Legionare MX6.

Tapi, bila kamu sudah punya keyboard mekanikal Rexus seri lain atau ingin mempunyai keyboard mekanikal dengan switch biru tapi ingin agar suara klik-nya tidak begitu nyaring, kamu bisa mengakalinya dengan cara berikut.

2. Gunakan switch dampener.
Cara ini bisa diaplikasikan untuk semua tipe keyboard mekanikal. Kamu tinggal menambahkan karet peredam ketukan atau sering disebut dampener. Sistem ini sebenarnya sudah sering digunakan pada shock breaker mobil, yaitu dengan menambahkan karet Ring O untuk meredam hentakan pegas.

Dampener pada switch keyboard mekanik juga berupa karet Ring O yang terbuat dari silikon dan diselipkan pada masing-masing stem switch. Ring O yang dipasangkan di bawah keycap akan mereduksi jarak ketukan sekaligus mengurangi hentakan yang dihasilkan.

Saat ini, beberapa marketplace sudah menawarkan ring dampener dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar 30 – 50 ribu untuk sekitar 110 buah ring.

Namun, sebelum membeli ring dampener, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

Kualitas bahan
Meski sama-sama terbuat dari silikon, ring dampener mempunyai kualitas berbeda tiap merek. Kamu bisa melihatnya secara langsung dengan memperhatikan kekenyalan dan seberapa kuat ring itu saat ditekan atau ditarik.

Ukuran diameter ketebalannya bervariasi, yaitu antara 0,2mm – 2mm. Kami rekomendasikan untuk memilih yang agak tebal agar tak getas.

Kekerasan ring
Biasanya, dalam kemasan ring dampener, terdapat tulisan “50A” atau “80A”. Itu menandakan kekerasan material dampener saat ditekan.

Angka 50 atau 80 itu menunjukkan tingkat kekerasannya. Semakin tinggi angka yang dimilikinya, semakin keras dan masif karet tersebut. Huruf “A” menunjukkan pembuat karet tersebut, yaitu Alfred Shore.

Kami merekomendasikan kekerasan karet mempunyai kekerasan dengan ukuran 40 – 50. Jangan terlalu lembut atau keras karena justru akan membuat tidak nyaman saat menekan tombol keyboard.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *