Foto: Switch Content

Gamer, bicara soal keyboard mekanikal atau mechanical keyboard tak bisa dilepaskan dari beragam jenis dan tipe switch yang ada di dalamnya. Kriteria switch tersebut akan menentukan kinerja sebuah keyboard.

Seperti kita ketahui, terdapat dua penggolongan jenis switch, yaitu switch linear dan tactile. Skema mekanis pada switch linear adalah langsung tegak lurus ‘memukul’ sirkuit untuk menghasilkan sinyal. Setelah ditekan, tombol akan naik ke atas, tapi tanpa disertai hentakan balik.

Sedangkan switch tactile mempunyai sistem mekanikal yang lebih rumit, yaitu dengan selongsong stem tambahan yang ikut naik turun saat tombol ditekan. Stem tersebut akan membuat hentakan balik dan bunyi “klik” yang nyaring.

Beragam Merek Switch

Salah satu pelopor switch keyboard mekanikal adalah Cherry MX. Ya,  Cherry MX memang merupakan salah satu legenda switch mechanical keyboard. Switch keyboard diproduksi oleh ZF Electronics GmbH (Cherry Corporation), perusahaan Jerman-Amerika.

Begitu terkenalnya Cherry MX switch di dunia keyboard mekanik, sampai-sampai perusahaan pembuat switch lainnya menyamakan karakter dan pola switch-nya dengan Cherry.

Selain Cherry, ada juga merek Kaihl atau Kaihua. Switch merek Kailh diproduksi oleh Kaihua Electronics, perusahaan semi­konduktor dari China yang sudah beroperasi sejak 1990.

Awalnya, Kaihua meng-kloning Cherry, tapi seiring waktu, perusahaan ini membuat sendiri model switch dan bekerjasama secara eksklusif dengan beberapa produsen keyboard. Ada pula merek Romer-G, sebuah merek dagang yang merupakan kolaborasi antara Omron dengan Logitech.

Selain itu, muncullah merek switch Outemu. Merek asal China ini makin banyak dikenal lantaran banyak produk keyboard mekanikal yang menggunakan switch ini. Untuk beberapa merek lagi, ada JWH dan Content. Nama terakhir ini mulai jadi perbincangan karena mulai banyak produsen keyboard yang menggunakan produk ini.

Switch “Content”, Kualitas dalam Jangkauan

Content adalah merek switch keyboard mekanikal yang tergolong baru. Meski baru, switch dengan merek ini mempunyai kualitas yang tak bisa dianggap remeh. Dalam forum reddit.com, ada yang mengklaim bahwa kualitas switch ini mempunyai hampir mirip dengan switch merek Kaihl.

Menurut sebuah ulasan di shopzadaph.com, switch ini lumayan “clicky” dan “tactile” selayaknya karakteristik blue switch. Masih di ulasan yang sama, saat digunakan untuk mengetik, switch ini enak digunakan dan akurat. Tombol-tombolnya sangat memuaskan saat ditekan.

Spesifikasi Content Blue Switch

  • Total Operating point: 50Cn
  • Total operation force: 60cN ± 15gf
  • Jarak aktuasi: 0,4 – 4mm
  • Durabilitas: 50 juta klik

Dengan kualitas seperti itu, switch Content pantas menjadi pilihan baru para produsen keyboard. Apalagi, switch ini termasuk murah. Harganya mirip dengan merek Kaihl atau bahkan lebih murah sedikit. Dibandingkan dari lapak online, harga satu switch Content adalah sekitar Rp4.000 – 5000.

Fakta itu membuat Rexus juga memilih merek switch ini untuk menjadi “amunisi” baru dalam produk keyboard mekanikal teranyar yang bakal segera dirilis dipasaran.

Apakah tipe keyboard itu? Tunggu kehadirannya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *