Gamer, salah satu cara belanja peralatan gaming Rexus adalah dengan belanja di Tokopedia. Alamatnya adalah www.tokopedia.com/rexusid. Itu adalah toko resmi atau official store Rexus.

Dengan adanya kabar tak sedap bahwa marketplace ini mengalami kebocoran data, maka pertanyaannya adalah masih amankah belanja peralatan gaming melalui toko ini? Padahal, kalian tahu sendiri, toko ini kerap menawarkan promo produk gaming dengan harga menarik.

91 Juta Data

Berita heboh ini muncul setelah akun Twitter Under The Breach mengungkapkan ada 91 juta pengguna startup e-commerce itu dibobol oleh hacker.  Dilansir detik.com, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak menuturkan bahwa pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna sehingga mereka menjamin kerahasiaannya.

Terkait dengan isu tersebut, pihak Tokopedia mengatakan bahwa memang ada upaya untuk meretas atau mencuri jutaan data pelanggannya, termasuk metode pembayaran informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO di Tokopedia.  Namun, Tokopedia menegaskan, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

Kasus ini sempat menjadi perhatian Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, mengatakan akan menyelidiki kasus kebocoran 91 juta data pengguna Tokopedia.

Untuk melalukan penyelidikan kebocoran data tersebut, dibentuknya sebuah tim yang terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan dari Tokopedia sendiri.

Secara Rutin Ganti Password

Dari fakta ini, kita mendapat pelajaran bahwa harus semakin berhati-hati dalam berbelanja secara online.  Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan.

Pertama, meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, sebaiknya kita tetap mengganti password akun secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Kedua, seperti kita ketahui, saat ini Tokopedia memang menggunakan sistem keamanan berlapis, termasuk dengan sistem One Time Password (OTP) yang hanya dapat diakses secara langsung oleh pemilik akun melalui ponsel. Dari situ, kita bisa berhati-hati untuk tidak sembarangan memberikan kode OTP kepada orang yang tidak dikenal.

Dengan dua cara tersebut, kalian tetap aman berbelanja produk gaming di www.tokopedia.com/rexusid. Pilih produk gaming pilihanmu dengan promo yang menarik, bro!

Baca juga: Tips Aman Beli Peralatan Gaming Secara Online Saat Wabah Covid-19

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *