Gamers, jika kita perhatikan dengan seksama, ada dua macam tipe gaming headset dilihat dari mikrofonnya, yaitu mikrofon yang tertanam di dome speaker dan mikrofon tongkat.

Penggunaan mikrofon yang tertanam di dome speaker sempat “booming” karena bentuknya yang praktis dan tidak ribet. Agar bisa menangkap suara dari berbagai arah, jenis mikrofon ini dilengkapi dengan teknologi omni-directional microphone.

Gaming headset Rexus F65

Teknologi omni-directional microphone adalah sistem mikrofon yang menggunakan beberapa titik mikrofon mini. Biasanya, dipasang 4 – 6 mikrofon berdiameter sekitar 5mm di pusat mikrofon.

Kelemahan model mikrofon tanam yang menggunakan jenis mikrofon omni-directional adalah suara sekitar akan turut terdengar sehingga komunikasi kita justru akan terganggu. Hal ini tentu akan sangat mengganggu saat kita mengikuti gim. Suara teriakan suporter akan mengganggu komunikasi dengan tim.

Dalam kondisi seperti ini, kita butuh headset yang menggunakan mikrofon tongkat, bukan mikrofon tanam. Mikrofon tongkat membuat mikrofon jadi lebih dekat dengan sumber suara, yaitu mulut, sehingga suara kita jadi lebih fokus terdengar oleh lawan bicara.

Headset dengan mikrofon tongkat juga ada yang dilengkapi dengan omni-directional microphone. Namun, karena jarak antara mulut dengan mikrofon maka meski beberapa titik mikrofon menangkap suara dari berbagai arah, tapi suara dari mulutlah yang mendominasi.

Rexus mempunyai beberapa lini headset dengan mikrofon tongkat yang keren, mulai dari yang paling murah hingga termahal. Headset gaming Rexus yang menggunakan mikrofon tongkat adalah RX-995, F19, F65, Thundervox, HX2, Thundervox HX5, dan Thundervox HX10.

Untuk menjaga keergonomisan dan kepraktisan, mikrofon tongkat tersebut dibuat fleksibel sehingga bisa ditekuk dan tak mudah patah. Beberapa tipe juga dilengkapi dengan sistem foldable dan rectractable yang bisa dilipat dan disembunyikan.

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa headset dengan mikrofon tongkat tidak praktis. Justru dengan mikrofon tongkat, headset gaming jadi lebih fungsional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *