mouse Fitur Macro di Mouse Gaming. Penting Ngga Sih? best gaming mouse 2 720x720 1 180x180
mouse Fitur Macro di Mouse Gaming. Penting Ngga Sih? best gaming mouse 2 720x720 1 600x400

Foto: digitaltrends.com

Gamer, salah satu fitur yang menarik di mouse gaming adalah fitur macro. Saat ini, makin banyak tipe mouse yang menawarkan fitur macro, terutama pada mouse gaming yang levelnya sudah menengah ke atas. Meski demikian, banyak loh gamer yang justru tidak mau menggunakan fitur itu, terutama gamer profesional. Berbagai turnamen juga melarang penggunaan fitur itu karena dikategorikan sebagai tindakan cheating.

Nah, kalau begitu sebenarnya fitur ini berguna ngga sih? Kemudian apa saja kegunaanya? Siapa yang lebih memerlukannya? Yuk, kita bahas satu per satu.

mouse gaming vr3 mouse Fitur Macro di Mouse Gaming. Penting Ngga Sih? MOUSE 2 600x600

Sebenarnya Apa Sih Fitur Macro Itu?

Fitur macro adalah fasilitas pada gaming mouse macro yang memungkinkan pengguna mengatur aksi tertentu pada tombol mouse atau mengganti fungsi tombol sesuai dengan kebutuhan pengguna mouse. Pengaturan itu dilakukan dengan menggunakan software dan kemudian disimpan di memory on board  dalam mouse atau tersimpan di komputer.

Dengan fitur macro, mouse dapat diatur untuk aksi berulang atau dikenal sebagai “Turbo”. Misalnya, jika biasanya kamu ingin menembak obyek dengan meng-klik tombol berkali-kali, dengan tombol macro, kamu hanya perlu memencet sekali saja untuk memberondong musuh secara lebih cepat. Sebagai contoh, dalam permainan Point Blank, kamu bisa menggunakan klik kiri – delay – tombol Q – delay – tombol Q.

Pada dasarnya, mouse macro memberikan “perintah” kepada komputer agar dapat melakukan gerakan seperti yang kehendaki oleh pengguna. Untuk memberi perintah tersebut, mouse macro dilengkapi dengan software yang bisa di-download dalam CD driver yang disertakan di kemasan pembelian atau diunduh di website. Untuk mouse macro Rexus, kamu bisa unduh di web www.rexus.id/dukungan/perangkat=lunak .

mouse gaming mouse Fitur Macro di Mouse Gaming. Penting Ngga Sih? macro 300x209

Langkah Dasar Pengaturan Mouse Macro

Ingat ya, pengaturan fitur macro yang kamu buat di software driver mouse macro bersifat customized. Artinya, disesuaikan dengan kenyamanan kamu saat bermain game. Dalam software tersebut, kamu bisa menyeting Report rate, sensitivitas mouse, kecepatan scrolling, dan kecepatan ketukan klik.

Berikut tutorial umum menyeting fitur macro pada gaming mouse Rexus:

  1. Unduh atau download software sesuai tipe mouse kamu.
  2. Colokkan mouse kamu ke komputer atau laptop yang hendak kamu gunakan bermain.
  3. Buka driver software dan akan muncul penampakan user inferface.
  4. Sesuaikan settingan dengan kebutuhan permainan kamu.
  5. Atur Left Button, Right Button, dan Middle Button sesuai kenyamananmu.
  6. Atur pula tingkat DPI-nya.
  7. Jangan lupa untuk menyeting delay-nya. Untuk permainan Point Blank, banyak pengguna yang menggunakan delay 150ms/ 200ms.

 

Tokyo Game Programmer mouse Fitur Macro di Mouse Gaming. Penting Ngga Sih? tokyogameprogrammer 600x345

Kerja Profesional Lebih Butuh

Sekarang sudah tahu kan apa itu fitur macro dan kegunaannya. Lalu, sebenarnya siapa yang membutuhkan fitur ini? Gamer atau pengguna profesional?

Menurut Amelia Desiyani, mantan gamer cewek profesional yang dulu sering mengikuti turnamen Point Blank, banyak pemain profesional yang mengutamakan ketrampilan pribadi, bukan tergantung pada pengaturan mouse. Itulah kenapa jarang ada gamer profesional yang menggunakan fitur ini. “Selain itu, turnamen-turnamen game, terutama kelas pro, tidak memperbolehkan penggunaan mouse yang sudah disetting macro,” tambah Amel.

Meski tidak diijinkan di turnamen, tapi mouse macro tetap menyenangkan untuk dipakai buat main bareng. Tidak hanya itu, para pekerja profesional seperti desainer grafis justru lebih nyaman menggunakan fitur macro pada mouse-nya. Seperti yang diungkap oleh Nico Vinandya, desainer grafis di Ruang Guru. “Saya biasa mengatur mouse untuk kerjaan saya. Pengaturannya lebih ke fungsi tombol sih… Jadi, fungsi default mouse saya ubah jadi custom biar lebih nyaman,” terangnya.

Makin tahu kan? Fitur macro pada mouse bukan hanya main game loh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *