fortnite Fortnite Hilang dari Play Store dan App Store. Bagaimana Nasib Pemainnya? fortnite 300x180

Gamer, hilangnya game Battle Royale, Fortnite, di Google Playstore dan App Store tentu berakibat besar buat para pemain game ini. Sejak ada perselisihan antaran Epic Games, pengembang game ini, dengan Google dan Apple, Fortnite tak bisa lagi kita unduh dari dua platform penyedia aplikasi tersebut.

Game battle royale yang identik dengan hero unik ini keluar dari Playstore dan App Store karena Epic Games memberlakukan sistem pembayaran tersediri yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Playstore dan App Store.

fortnite Fortnite Hilang dari Play Store dan App Store. Bagaimana Nasib Pemainnya? fortnite forbes 300x168

Terlalu Banyak Ambil Untung

Dilansir dari The Verge, Epic Games telah mengimplementasikan sistem in-app payment mereka sendiri ke dalam Fortnite. Game battle royale ini tidak menggunakan sistem pembayaran di aplikasi yang disediakan Apple karena pemotongan 30 persen yang dilakukan App Store dianggap terlalu banyak.

Setelah mengimplementasi sistem tersebut di Fortnite versi iOS, Epic Games pun memasangnya ke versi Android yang didistribusikan lewat Google Play Store. Melihat hal ini, Google pun tidak menyukainya. Raksasa internet itu pun menghapus game battle royale ini dari distribusi aplikasi mereka

Epic Games berkilah bahwa dengan menggunakan sistem pembayaran in-app mereka sendiri, para pengguna tak perlu membayar lebih banyak untuk mendapatkan semua pernak-pernik dalam game. Sebagai contoh, 1000 V-Bucks yang dihargai sekitar Rp150.000 di App Store, dapat ditebus seharga Rp120.000 secara langsung di aplikasi. Lepas dari alasan itu, Epic Games tentu bisa meraup 100 persen keuntungan jika dia menjual dan mendistribusikan sendiri skin dalam gamenya.

fortnite Fortnite Hilang dari Play Store dan App Store. Bagaimana Nasib Pemainnya? fortnite epic 300x156

Adu Argumentasi

Atas tindakan Apple dan Google tersebut, Epic Games pun tak tinggal diam. Mereka menyiapkan gugatan antimonopoli atas tindakan Apple yang mendepak game mereka dari App Store. Pihak Apple pun memberikan pernyataan atas gugatan tersebut.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini pun menyampaikan klaim kalau pemakaian sistem tersebut telah melanggar aturan mereka. Aplikasi dan game yang didistribusikan lewat Apple App Store harus memakai sistem pembayaran mereka dengan alasan menjaga keamanan pengguna. Begitu juga dengan Google Play Store yang melarang pemakaian sistem pembayaran di luar milik mereka. Hal ini juga demi keamanan pengguna.

Berbeda dengan iOS yang hanya bisa menginstal lewat Apple App Store, Android punya ekosistem terbuka. Sehingga memungkinkan distribusi lain di luar milik Google. Hal ini telah dilakukan Epic Games di awal peluncuran Fortnite versi Android. Mereka mendistribusikan sendiri dan melalui saluran lain di luar Play Store.

Gamepad Rexus Gladius GX1 closeup fortnite Fortnite Hilang dari Play Store dan App Store. Bagaimana Nasib Pemainnya? Rexus GX1 Gamepadholder 04 300x300

Unduh dari Website atau Galaxy Store

Saat ini, para pengguna game Fortnite yang sudah mengunduh game ini sebelum konflik terjadi masih bisa memainkan game ini. Sial buat para gamer yang baru mulai tertarik untuk memainkan game ini karena tidak bisa lagi secara mudah mengunduhnya dari Playstore ataupun App Store.

Tapi, bukan berarti game ini tidak bisa diunduh sama sekali ya. Pemain masih dapat mengunduh game langsung dari website Epic. Selain itu pemain juga bisa mengunduhnya secara gratis dari Galaxy Store. Dilansir dari laman GSM Arena, Galaxy Store sendiri merupakan toko aplikasi milik Samsung ini.

Namun, permasalahan tidak berhenti di sini. Meski dapat mengunduh game ini, pemain Fortnite tetap tidak bisa melakukan update karena sistem update harus melalui App Store dan Play Store. Menurut pihak Epic Games, pemain masih bisa memainkan Fortnite versi 13.40, tetapi tidak akan dapat akses konten baru atau Battle Pass yang baru. Hal inilah yang ternyata menimbulkan masalah di kemudian harinya.

fortnite Fortnite Hilang dari Play Store dan App Store. Bagaimana Nasib Pemainnya? WL EZ1 04 800x430

Foto: Earphone Rexus EZ1

Tetap GG Main Mobile Game

Di tengah konflik kepentingan antara pengembang game dan platform aplikasi ini, para pemainlah yang menjadi korban. Setidaknya, para pemain Fortnite akan terbatasi dalam mengakses game ini. Hal ini tentu membuat para gamer mulai melirik game berplaform lain yang mempunyai akses lebih mudah.

Seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali pilihan mobile game yang dapat diunduh dan dimainkan dengan menggunakan ponsel dengan harga terjangkau yang sudah memiliki spesifikasi mumpuni. Tinggal dikombinasikan dengan peralatan gaming, seperti headset ataupun earphone gaming dari Rexus, para gamer sudah bisa memainkannya secara GG.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *