Gamers, kalian tentu tak asing lagi dengan istilah nge-lag. Secara mudah, nge-lag adalah keadaan saat game mengalami patah-patah atau tidak lancar. Tak hanya di dalam game berbasis Android untuk ponsel, nge-lag juga biasa dialami dalam game online di komputer.

Kalau “goyang patah-patah” sih enak dilihat, tapi kalau game yang patah-patah, kamu bakal patah hati dan menghentikan permainan. Jika kamu juga mengalami hal yang sama, cek beberapa hal ini sebelum mengeluh lebih panjang.

1. Periksa komputermu.
Kamu harus sadar bahwa untuk memainkan game interaktif secara normal dan maksimal, kamu membutuhkan dukungan beberapa komponen dalam komputer.

Solusinya: Periksa komponen-komponen pendukung lainnya, seperti:

rexus xierra ladies

– Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori yang ada dalam komputermu. Nge-lag juga bisa disebabkan karena masalah pada RAM, baik itu, kapasitas RAM terlalu kecil, overload, atau rusak. Langkah pertama, pastikan RAM kamu kompatibel untuk game online. Disarankan untuk menggunakan RAM di atas 1GB. Selain itu, secara teratur bersihkan program yang sedang berjalan di luar game agar tidak membebani RAM.

 

– Spesifikasi prosesor.
Bersama RAM, prosesor menjadi otak yang akan mengoperasikan semua fitur yang ada dalam komputermu. Pastikan komputermu cukup cerdas untuk memainkan game secara realtime. Biasanya, dianjurkan untuk menggunakan DUAL CORE CPU ADRENO 225, MALI 400 atau di atasnya. Buat kamu yang mengakses game dari smartphone, Android 4.1 Jelly Bean cukup mumpuni diajak bertempur.

– Power Supply
Power supply yang tidak optimal atau tidak stabil dapat berakibat game nge-lag. Untuk mendeteksinya, coba cek masalah ini pada BIOS di menu hardware monitor. Biasanya, kerusakan power supply disebabkan karena kepanasan dan tegangan listrik yang tak stabil di rumahmu.

– Software
Hal ini biasa disebabkan karena adanya file-file yang corrupt dalam folder instalasi game. File-file corrupt ini juga umumnya muncul karena kesalahan proses instalasi, terutama game yang bajakan. Agar lebih lancar, update file game ke versi terbaru.

– Kartu VGA
Kartu VGA atau VGA card adalah salah satu peranti penting yang berfungsi mengolah data menjadi data gambar yang kemudian ditampilkan di monitor.  Jika kartu VGA kurang kapasitasnya atau mengalami gangguan,

3. Periksa koneksi internet.
Permainan interaktif bersifat realtime dan setiap pergerakan pemain membutuhkan transfer data yang besar. Semakin banyak jumlah pemain dan semakin cepat jenis permainan game yang kamu mainkan, semakin besar kemampuan koneksi internet untuk mentransfer data.

Solusinya: Instalasi internet yang menggunakan kabel fiber relatif lebih stabil dalam mentransfer data, dibandingkan yang menggunakan backbone frekuensi.

4. Suplai listrik km8Jika masih nge-lag juga, maka kamu bisa cek suplai listrik di rumahmu. Banyak kasus nge-lag terjadi karena instalasi listrik di tempatmu bermain game bermasalah listrik statisnya. Itu bisa disebabkan karena arus negatif (ground) kurang besar.

Solusinya: Tambahkan koneksi ground untuk meminimalkan efek listrik statis rumah kamu.

5. Ingat, nge-lag bukan masalah peralatan game.
Banyak gamers yang merasa bahwa kondisi nge-lag disebabkan oleh peralatan gaming yang dimilikinya, seperti mouse, keyboard, atau headset. Akhirnya, dia pun mengganti peralatannya dengan peralatan gaming yang jauh lebih mahal. Itu bukan solusi yang tepat.

Solusinya: Sebaiknya, kamu menggunakan peralatan gaming yang berkualitas namun tetap terjangkau, seperti produk gaming dari Rexus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *