komputer gaming Gamers, Berapa Kapasitas RAM yang Ideal untuk Komputer Gaming? WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

komputer gaming Gamers, Berapa Kapasitas RAM yang Ideal untuk Komputer Gaming? WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

Merakit komputer gaming tidak lepas dari pengetahuan tentang kapasitas RAM yang ideal untuk PC gaming. Seperti kita ketahui, salah satu komponen komputer atau PC gaming, yaitu RAM (Random Access Memory) adalah komponen komputer yang berfungsi bersama prosesor sebagai “otak” dari sebuah PC. Semua proses aplikasi yang ada di komputer membutuhkan kapasitas penyimpan dan itu dilakukan oleh RAM.

Tidak seperti prosesor atau kartu grafis, menambah kapasitas memori RAM tidak bakal serta merta meningkatkan kinerja PC gaming. Jika kamu sudah mempunyai PC gaming dengan RAM yang kapasitasnya cukup, maka dengan menambah kapasitas takkan mengubah perfoma komputer saat bermain game. RAM DDR4 memang lebih cepat dari RAM DDR3, tetapi perbedaan kecepatan keduanya tidaklah signifikan.

Kartu grafis yang mumpuni akan meningkatkan PC saat menampilkan grafis. Kalian bisa memilih resolusi dan pengaturan grafis yang lebih tinggi. CPU atau prosesor kelas sultan akan membantu dalam lebih memproses game yang berat, penuh strategi, dan tingkat kesulitan grafis tinggi, seperti game Civilization V. RAM tidak secara langsung berfungsi seperti itu. RAM berfungsi untuk menyimpan jejak memori dari semua aplikasi yang kalian mainkan… bukan memori akan mantan, tapi.

Jadi, pertanyaannya, berapa kapasitas RAM yang cukup dan ideal untuk sebuah PC game?

Jawabannya tergantung kebutuhan. Pada komputer yang hanya membutuhkan browser web dan program desktop dasar, RAM berkapasitas 4GB mungkin cukup, tergantung pada program yang sedang Anda jalankan. Sebaliknya, pada komputer yang menyimpan basis data besar dan mesin virtual RAM dengan kapasitas 32GB mungkin tidak cukup.

komputer gaming Gamers, Berapa Kapasitas RAM yang Ideal untuk Komputer Gaming? pc gaming

Banyak game saat ini adalah cross-platform yang dirancang untuk berbagai mesin pemutar game, seperti PlayStation 4 dan Xbox One ataupun PC. Seperti kita ketahui, standar RAM di PS4 dan Xbox One adalah 8GB RAM. Dengan demikian, tidak mengherankan bahwa banyak game membutuhkan RAM 6 – 8GB. Begitu pula pada PC.

Namun, semuanya tidak bisa dilepaskan dari jenis permainan yang kalian mainkan dan seberapa banyak kinerja yang Anda inginkan. Di Steam store masing-masing game, kalian bisa melihat minimal dan rekomendasi RAM dari setiap game. Sebagai contoh:

komputer gaming Gamers, Berapa Kapasitas RAM yang Ideal untuk Komputer Gaming? pc gaming

Dying Light: minimum 4GB, direkomendasikan 8GB.
Grand Theft Auto V: minimum 4GB, direkomendasikan 8GB.
The Witcher 3: minimum 6GB, direkomendasikan 8GB.
Fallout 4: minimum dan direkomendasikan 8GB.
Batman: Arkham Knight: minimum 6GB, direkomendasikan 8GB (Untuk Windows 10 direkomendasikan 12GB)
Rise of the Tomb Raider: minimum 6GB, direkomendasikan 8GB

Dari contoh beberapa game tersebut cukup jelas bahwa kebanyakan game PC saat ini umumnya membutuhkan memori minimal 8GB. Ya, beberapa game meminta RAM lebih besar, tapi 8GB semakin menjadi standar minimum.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *