Headset Gaming Rexus thundervox HX8 headset Headset Gaming yang Berkelas Berawal dari Driver Berkualitas HX8 04 300x300

Headset gaming Rexus Thundervox HX8

Gamer, headset gaming yang bagus tentunya tidak bisa dilepaskan dari komponen driver yang ada di dalamnya. Dalam setiap headset atau headphone, ada sepasang perangkat pemroduksi suara yang berbentuk membran bermagnet. Itulah yang disebut dengan driver.

Saat dialiri oleh arus listrik mikro, driver akan bergetar dan menimbulkan suara yang diinginkan. Semakin fleksibel membran sebuah driver, semakin bagus suara yang dihasilkan. Begitu pula semakin kuat magnetnya, semakin leluasa daya tarik dan kendurnya pada membran di dekatnya sehingga suara tentu juga akan lebih jernih.

headset Headset Gaming yang Berkelas Berawal dari Driver Berkualitas driver 300x104

Diameter Driver

Saat ini, headset gaming mempunyai driver dengan ukuran rata-rata 40 – 50mm. Headset gaming Rexus rata-rata mempunyai diameter driver sebesar 50mm, seperti Rexus HX8, HX10, HX20 ataupun HX25. Biasanya, dengan diameter yang besar maka ukuran earcup nya juga membesar.

Memang benar, besarnya driver sebuah headphone atau headset memengaruhi kekuatan suara. Tapi, itu bukan berarti besarnya driver sebuah speaker otomatis berpengaruh pada kualitas suara ya,

Kualitas suara dipengaruhi oleh banyak hal lain yang lebih kompleks, seperti jenis material, kualitas magnet, impedansi atau hambatan, dan lain sebagainya.Meski demikian, biasanya speaker headset yang memiliki driver besar mempunyai kualitas suara yang cukup bagus karena untuk memproduksi driver berukuran besar, dibutuhkan magnet, koil, dan membran berkualitas tinggi.

headset Headset Gaming yang Berkelas Berawal dari Driver Berkualitas virtual surround headset 300x172

Jenis Driver

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada beragam macam driver. Secara mudah, jenis driver pada speaker dibagi menjadi empat, yaitu;

  1. Dynamic Driver
    Ini adalah jenis driver yang paling lazim digunakan, terutama pada driver yang menggunakan membran atau diafragma lebar. Dalam tipe ini, membran ditempatkan di atas magnet sehingga mempunyai ruang getar yang tak terbatas. Tipe ini diyakini dapat menghasilkan suara rendah atau bass yang dalam dan luas tanpa membutuhkan daya yang besar.
  2. Balanced Armatured Driver
    Ukuran driver ini kecil tapi mempunyai spesifikasi suara yang sangat detil sehingga sangat banyak diaplikasikan pada in ear monitor (IEM).
  3. Plannar Magnetic Driver
    Tipe driver ini kerap diaplikasikan pada high-end headphone. Dalam tipe ini, diafragma atau membran diapit oleh sepasang magnet. Sinyal listrik pada kedua buah magnet akan menggerakkan membran dari dua arah sehingga menghasilkan gelombang suara yang stabil dan presisi.
  4. Electrostatic Driver
    Jika sebagian besar headphone atau headset menggunakan getaran membran yang bergerak, maka dalam tipe driver ini, menggunakan mebran elektronik yang diletakkan di antara dua elektroda. Jenis driver ini sangat jarang digunakan, kalaupun ada, harganya relatif sangat mahal.

Headset Gaming Rexus thundervox HX8 headset Headset Gaming yang Berkelas Berawal dari Driver Berkualitas HX8 06 300x300

Dari keempat jenis driver tersebut, headset gaming Rexus menggunakan tipe dynamic driver, tentunya. Bukan saja soal harga agar bisa bersaing, penggunaan dynamic driver juga lebih memungkinkan bentuk headset bervariasi mengikuti tren gaming yang ada dan ditambahi dengan beragam fitur lain, seperti LED RGB yang ditanamkan di headset.

Mau beli gaming headset? Cek rekomendasinya di my-best.id 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *