Rexus Xierra X8

Gamer, ada beberapa merek switch mouse yang digemari produsen mouse. Sebut saja salah satunya, Omron. Merek switch asal Jepang yang makin banyak diproduksi di Tiongkok ini memang merupakan salah satu tombol favorit para produsen mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer.

Selain merek itu, ada satu merek switch yang saat ini sedang naik daun dan digunakan oleh makin banyak produsen mouse. Merek itu adalah Huano. Seperti namanya, merek switch ini juga berasal dari pabrikan Tiongkok.

Kualitas Ramah, Harga Murah
Dilansir dari beberapa laman forum gawai, seperti reddit.com dan tomshardware.com, Huano memang “pemain baru” di dunia switch. Meski baru, merek switch mouse ini makin disukai produsen peralatan gaming karena murah namun kualitasnya bisa diadu dengan merek lain yang harganya lebih mahal.

Dari informasi harga  yang diperoleh di web jual-beli aliexpress.com, diketahui harga switch ini berkisar antara $0,5 – 5,5 USD per lot atau 10 biji. Variasi harga itu berdasarkan pada tipe switch Huano.

Makin hari, kualitas Huano makin dikenal publik. Bahkan, mouse Zowie dari BenQ disebutkan beralih dari yang semula menggunakan switch Omron ke Huano. Beberapa sumber menduga bahwa langkah Zowie diakibatkan beberapa kasus permasalahan pada switch sebelumnya, sehingga beralih menggunakan Huano, terutama masalah double-click.

Karakteristik dan Tipe
Masih dari laman reddit.com, menurut testimonial dari pengguna mouse dengan switch yang menggunakan switch Huano dan membandingkannya dengan Omron, switch Huano mempunyai karakteristik keras dengan sensasi “tactile” yang terasa. Dengan karakteristik tersebut, switch ini lebih cocok digunakan untuk bermain gim First Person Shooter (FPS).

Dari segi ketahanan, secara umum, Huano mempunyai daya tahan atau lifespan di bawah rata-rata switch Omron. Ketahanan switch Huano rerata berkisar antara 3 – 10 juta kllik, tergantung dari masing-masing tipe. Beberapa sumber mengklaim beberapa tipe switch Huano mempunyai daya tahan hingga 20 juta klik.

Saat ini, Huano memproduksi switch yang dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu:

Foto: huano white point

Huano White Point
Tipe ini merupakan tipe paling sederhana dari merek Huano. Switch ini menggunakan media logam perak pada elemen kontaknya. Switch ini diklaim mempunyai daya tahan sekitar 5 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC 70.

Huano Yellow Point
Poin kuning pada switch ini tampak pada titik berwarna kuning yang ada di bagian kotakan atau housing switch, dengan elemen kontak logam silver. Tipe switch ini mempunyai daya tahan hingga 8 juta klik. Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan DC longlife.

Huano Pink Point
Switch Huano pink poin juga dilengkapi dengan elemen kontak berupa logam perak, dengan daya tahan hingga 10 juta klik. Spesifikasinya adalah  arus 0.05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC 7.

Huano Blue Point
Switch Huano poin biru mempunya daya tahan hingga 10 – 20 juta klik, dengan  kontak logam perak.  Spesifikasinya adalah arus 0,05A, tegangan 30V, dengan tipe arus DC longlife.

Mouse Rexus Menggunakan Switch Mouse Ini
Kualitasnya yang makin diakui oleh para produsen mouse terkenal membuat Rexus juga mengadopsikan switch ini pada beberapa produk mouse baru Rexus. Tersebut gaming mouse Rexus Xierra X8, Xierra X9, Xierra X11, Titanix TX5, dan Titanix TX10 menggunakan swich Huano dalam berbagai tipe.

Dilihat dari daya tahan klik-nya, masing-masing mouse tersebut mempunyai perbedaan. Rexus Titanix TX5 mempunyai daya tahan sekitar 10 juta klik, sedangkan Titanix TX10 mempunyai daya tahan lebih tinggi, yaitu hingga 20 juta klik. Sedangkan untuk seri Xierra, Xierra X8 punya lifespan 5juta, X9 5 juta, sedangkan X11 sudah berdaya tahan 10 juta klik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *