esports Ikuti Langkah Bali United, Persija Jakarta Ramaikan Dunia Esports Indonesia persija

Gamer, langkah tim sepakbola Bali United dalam membentuk tim esports Island of God (IOG) diikuti oleh tim sepak bola lain, Persija Jakarta. Setelah lebih dari setahun tim sepak bola profesional Bali United ikut serta dalam kancah esports, Macan Kemayoran Persija Jakarta jadi tim selanjutnya yang menyatakan ketertarikannya di dunia esports.

Pada 16 Agustus 2020 lalu, Persija Jakarta secara resmi merilis tim esports profesional pertama mereka untuk divisi PES. Pemilihan game PES tentu tidak bisa dilepaskan dari akar mereka yang besar dari olahraga sepak bola professional. Tentu saja, Persija terbuka untuk membentuk divisi game lain di kemudian hari.

Sepertinya, Persija Jakarta tak tanggung-tanggung masuk di kancah esports ini. Itu ditandai dengan langkah mereka merekrut salah satu pemain pro-player Rizal Danyarta, yang sebelumnya pernah memperkuat tim esports profesional asal Thailand, selama dua tahun, yaitu BG Pathum United.

Rizal ‘Ivander’ Danyarta sendiri memiliki catatan yang cukup gemilang selama berkarir di dunia esports. Selama bermain dengan BG Pathum United di Thai e-League Pro, dalam dua musim tersebut, Rizal sukses menyabet gelar top skorer, dan membawa timnya masuk  tiga besar klasemen akhir.

esports Ikuti Langkah Bali United, Persija Jakarta Ramaikan Dunia Esports Indonesia pes 300x169

Debut di IFel 2020

Rencananya tim esports Persija Jakarta tersebut akan berlaga pada turnamen Indonesia Football e-League. IFeL merupakan turnamen bersakala nasional yang akan memperlombakan PES 2020. Ajang ini direncanakan akan digelar tiap tahun.

Menurut keterangan dari pihak IFel, Persija Jakarta menjadi pionir klub sepak bola Indonesia pertama yang menyatakan bergabung di ajang Indonesian Football e-League (IFeL) 2020. Bergabungnya Macan Kemayoran dapat menjadi inspirasi supaya banyak klub lain yang juga bergabung di kompetisi game yang mempertandingkan pertandingan bola ataupun game lainnya.

esports Ikuti Langkah Bali United, Persija Jakarta Ramaikan Dunia Esports Indonesia bali united 600x322

Mengikuti Jejak Bali United

Langkah Persija Jakarta untuk masuk dalam ranah esports tanah air ini dapat dikatakan telat. Setahun yang lalu, tepatnya pada awal Februari 2019, tim sepakbola profesional Bali United sudah memperkenalkan tim esports profesionalnya, Island of God (IOG) Esports. Tim ini masuk dalam hampir semua divisi game, seperti Mobile Legends Bang Bang,  Fifa, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Begitu masuk di kancah turnamen esports, tim ini langsung menunjukkan taringnya di berbagai turnamen esports. Tim ini menjadi tim esports pertama di Indonesia yang dibentuk dan dikelola oleh manajemen tim sepak bola profesional. Di luar negeri, tercatat tim Paris Saint German (PSG) Prancis dan Schalke 04 Jerman yang sudah mempunyai tim esports sendiri.

esports Ikuti Langkah Bali United, Persija Jakarta Ramaikan Dunia Esports Indonesia WhatsApp Image 2019 05 15 at 16

Dengan keikutsertaan tim-tim sepakbola profesional di kancah esports, tentu saja akan makin meramaikan persaingan tim-tim esports tanah air. Persaingan yang sehat tentunya akan berpengaruh positif pada ekosistem esports di Indonesia.

Buat para gamer, makin maraknya tim esports profesional tentunya akan membuka peluang makin lebar untuk berprestasi dan mengejar karir di dunia permaian elektronik.

Bagi produsen dan distributor peralatan gaming seperti Rexus, maraknya tim esports akan termotivasi untuk menghadirkan peralatan gaming yang berkualitas dan mampu bersaing saat dipakai saat bertanding di turnamen pro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *