Foto: linetoday

Gamers, tahu ngga kalau ternyata sejak kemarin, 17 September, Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi e-sports berskala internasional loh. Ya, acara yang diberi nama South East Asia Cyber Arena (SEACA) resmi digelar di Jakarta.

Kejuaraan ini secara resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Menurut beliau, video game kini telah menjadi sebuah industri baru di Indonesia.

Foto: Linetoday

Turnamen SEACA diselenggarakan oleh UniPin eSports. Kompetisi ini memperebutkan hadiah bernilai total Rp 1,4 miliar!

SEACA diselenggarakan selama 5 hari, mulai dari 17 – 21 Oktober 2018. Game yang dipertandingkan di antaranya adalah Mobile Legends, Arena of Valor, Player Unknown’s Battlegrounds PC, Point Blank, Starcraft hingga DotA 2.

Kompetisi ini berhasil menjaring 230 peserta yang berasal dari turnamen lokal di 16 kota besar di Indonesia. Pemenang dari SEACA akan diberangkatkan untuk turnamen dengan skala yang lebih besar.

Dikutip dari kompas.com, melihat fenomena tersebut, Rudiantara mengatakan pemerintah akan terus mendorong industri game agar bisa terus berkembang di Indonesia bukan hanya dari sisi pemain, melainkan juga dari sisi pengembang.

Masih menurutnya, pemerintah sangat terbuka dan mendukung aktivitas industri game. Tak hanya itu, pemerintah sebisa mungkin akan menyiapkan infrastruktur untuk mendukung perkembangan eSport di Indonesia.

Salah satunya dengan menyediakan internet cepat di seluruh penjuru Indonesia.
Saat ini, pemerintah sedang membangun infrastruktur broadband (internet) kecepatan tinggi.

Jadi jangan ragu untuk berlatih keras menjadi atlet e-sport ya, Guys!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *