keyboard kecil keyboard Ini Alasan Gamer Pakai Keyboard Gaming Ukuran Kecil DaxaM71pro 600x338

Foto: Keyboard DAXA M71 Pro

Gamer, keyboard gaming Ten Key Less keyboard (TKL) atau ukuran yang lebih kecil sepertinya sedang menjadi tren dalam dunia game, terutama game PC. Tidak hanya layout TKl, tersedia pula layout 40%, 60%, 70%, atau 80%.

Keyboard gaming ukuran kecil memang lebih ditujukan untuk kebutuhan bermain game atau membuat konten. Karenanya, keyboard  juga disebut sebagai keyboard TE atau Tournament Edition.

Semua ukuran tersebut tentunya lebih kecil dari keyboard yang berukuran normal atau full size yang mempunyai 104 tombol. Dengan berkurangnya ukuran, layout keyboard kecil juga mempunyai jumlah tombolnya.

Tetapi, jangan kuatir. Meski mempunyai jumlah tombol yang lebih sedikit, fungsi tombol-tombol yang dikurangi dapat terwakili dalam tombol yang ada di keyboard ukuran kecil.

Satu tombol dalam keyboard TKL atau keyboard kecil lainnya dapat berfungsi beberapa macam. Itu dilakukan dengan kombinasi pencetan tombol sehingga fungsinya tetap sama dengan tombol sebelumnya.

Itu adalah salah satu alasan kenapa keyboard TKL dan keyboad ukuran kecil lain makin banyak diminati. Selain itu, ada beberapa alasan lain yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memiliki keyboard ukuran kecil.

1. Membuat posisi bermain game lebih bebas.

Keyboard berukuran kecil membantu memberi lebih banyak ruang meja dan mouse. Dengan ruang yang cukup, gamer bisa dengan leluasa memposisikan keyboard TKL  sesuai dengan kebiasaan bermain game dan tipe permainannya.

Misal, jika kamu biasa menggunakan tombol WASD, maka kamu bisa memposisikan keyboard agak miring agar tombol lebih mudah dijangkau tangan kiri. Itu lebih mungkin dilakukan jika kamu menggunakan keyboard berujuran kecil.

mouse dan keyboard keyboard Ini Alasan Gamer Pakai Keyboard Gaming Ukuran Kecil daxa pro2 1069x630

2. Ruang pengoperasian mouse lebih leluasa.

Selain itu, dengan menggunakan keyboard dengan ukuran kecil, mouse mendapat ruang yang lebih luas sehingga pengoperasiannya lebih leluasa. Kamu bisa mencapai titik terjauh dengan gerakan yang cepat karena luas area memungkinkan.

3. Tangan jadi relatif tak mudah capek.

Dengan layout keyboard yang lebih kecil, jarak antara tangan kiri yang memainkan keyboard dan tangan kanan yang mengoperasikan mouse akan berada lebih dekat sehingga kedua tangan tidak akan terbuka terlalu lebar sehingga jadi tidak mudah capek.

4. Keyboard gaming ukuran kecil lebih praktis dan mudah dibawa

Ukuran kecil dan bobot ringan dari sebuah TKL atau bahkan keyboard dengan layout 60% dapat membuatnya mudah dibawa kemana-mana, termasuk saat mengikuti pertandingan atau turnamen game. Tinggal memasukkannya dalam tas gaming, keyboard bisa tersimpan secara aman.

Rexus Legionare MX5 keyboard Ini Alasan Gamer Pakai Keyboard Gaming Ukuran Kecil MX5  1024x683

5. Menampilkan kesan tangguh.

Struktur keyboard yang lebih pendek dapat memberikan kesan kompak dan tangguh pada sebuah keyboard. Dari sisi psikologis penggunanya, keyboard dengan ukuran yang kompak akan membuat penggunanya lebih tenang dan tidak merasa diribetkan oleh ukuran yang terlalu menyita tempat.

6. Lebih nyaman dikoneksikan dengan berbagai perangkat.

Saat ini, keyboard tidak melulu dikoneksikan dengan PC ataupun laptop. Dengan sistem koneksi dan platform pendukung yang makin bervariasi, keyboard juga bisa dikoneksikan perangkat lain, seperti ponsel, TV pintar, atau perangkat game lainnya.

Berkat ukuran yang kecil, keyboard ini lebih nyaman dikoneksikan dengan beragam perangkat tersebut. Dari segi tampilannya pun jadi lebih pantas dan luwes.

7. Relatif lebih murah.

Karena versi keyboard gaming ukuran kecil menggunakan lebih sedikit komponen, seperti switch mekanikal yang lebih sedikit, maka harganya bisa lebih murah daripada keyboard yang berukuran penuh. Tapi, hal ini dapat dibandingkan untuk keyboard di kelas yang sama.

keyboard kecil keyboard Ini Alasan Gamer Pakai Keyboard Gaming Ukuran Kecil WhatsApp Image 2020 11 10 at 12

Alasan-alasan tersebut tentunya bisa jadi bahan pertimbangan kamu saat memilih keyboard dengan layout dan ukuran lebih kecil. Buat kalian para gamer, keyboard gaming ukuran kecil seperti DAXA M71 Pro tentu sangat membantu karena selain ukurannya kecil, juga dilengkapi dengan dual konektivitas (kabel dan Bluetooth).

Jadi makin mantap mau pakai keyboard ukuran kecil?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.