mouse wireless q10 red blue grey optik Ini Alasan Kenapa Semua Mouse Rexus Berteknologi Optik, Bukan Laser Q10 04 1 180x180

Mouse Kidal optik Ini Alasan Kenapa Semua Mouse Rexus Berteknologi Optik, Bukan Laser Mouse Kidal 600x337

Gamer, ada beberapa yang bertanya kenapa semua mouse Rexus menggunakan teknologi optik dan bukan menggunakan teknologi laser. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami satu per satu.

Seperti kita ketahui, kedua teknologi tersebut terkait dengan sensor yang ada di dalam sebuah mouse.Kedua teknologi tersebut sebenarnya hampir sama, yaitu sama-sama menggunakan semacam sensor CMOS yang berfungsi layaknya kamera digital yang menangkap pantulan sinar yang ditembakkan ke permukaan mouse. Bedanya, pada teknologi mouse optik, sinar yang ditembakkan merupakan sinar dari dari LED, sedangkan pada mouse laser, sinar yang digunakan adalah laser.

optik Ini Alasan Kenapa Semua Mouse Rexus Berteknologi Optik, Bukan Laser mouse3 300x216

Mouse Laser Vs Mouse Optik

Mouse gaming yang menggunakan sensor laser memungkinkan kamu menggunakan mouse di permukaan apa pun, bahkan kaca, dan lebih sering memiliki tingkat DPI yang lebih tinggi daripada mouse optik.

Tetapi, karena laser menembus permukaan, seringkali bisa menyebabkan gerakan yang tidak konsisten dan kurang baik saat diajak berakselerasi agak dalam permainan saat melakukan gerakan yang lebih lambat dan lebih akurat.

Apa saja yang membuat membuat mouse optik lebih baik untuk game? Yuk, kita bandingkan satu per satu.

Sensitivitas

Sensitivitas mouse diukur dalam titik per inci (DPI). Di awal kemunculannya, mouse laser menawarkan tingkat DPI yang jauh lebih tinggi daripada mouse optik. Tetapi seiring  berkembangnya teknologi, kesenjangan antara sensor optik dan sensor laser telah menurun secara signifikan. Selain itu, sebagian besar game membutuhkan tingkat akurasi yang baik dengan DPI yang akurat sehingga mouse optik lebih baik pada hal ini, sedangkan mouse laser dinilai terlalu sensitif.

mouse fps optik Ini Alasan Kenapa Semua Mouse Rexus Berteknologi Optik, Bukan Laser mouse fps 600x600

Akurasi

Selama permukaan atau mousepad yang kita pakai tidak memantulkan cahaya, maka mouse optik dapat bekerja secara maksimal. Dari tingkat akurasi, mouse optik dapat mencapai gerakan akurat yang halus ini tanpa akselerasi ekstra, memungkinkan gerakan yang cepat secara akseleratif. Jtu tiidak dapat diikuti oleh mouse laser yang cenderung mengalami “jitter” atau meloncat.

Harga

Dari segi harga, harga mouse optik justru lebih murah loh.  Itu karena komponennya lebih ringan dan menggunakan lampu LED sebagai sensornya sehingga mudah dicari komponennya.  Dari segi perawatan, mouse optik tidak perlu dirawat secara khusus sehigga tidak perlu peralatan pembersihan tambahan.

Konsistensi

Gerakan mouse optik lebih konsisten karena mouse laser terlalu sensitif sehingga jika ada benda tertentu pada permukaan, gerakan dapat berubah tiba=tiba.

Mouse Gaming Rexus X8 optik Ini Alasan Kenapa Semua Mouse Rexus Berteknologi Optik, Bukan Laser Xierra X8 fancy 300x300

Handal

Karena sensor mouse gaming optik tidak memiliki bagian yang bergerak, maka tidak perlu dibersihkan atau dirawat. Kamu tinggal menjaga kebersihan sensornya dengan membersihkannya secara teratur dengan tisu bersih.

Dengan  segala kelebihannya, tentu saja produsen mouse lebih banyak memilih menggunakan teknologi optik dibandingkan dengan menggunakan teknologi laser. Sejak awal, Rexus menggunakan teknologinya pada semua mouse yang diproduksinya. Pengembangan yang dilakukan lebih pada kapasitas dan kualitas sensor mouse yang dari hari ke hari makin berkembang.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *