rexus legionare mx5 tkl

Gamers, sekarang ini, hampir semua produk gaming dilengkapi dengan lampu LED. Tak hanya mouse atapun keyboard, headset pun tak luput diperkaya dengan lampu tersebut. Bahkan, kamu juga sudah bisa menjumpai mousepad yang dilengkapi dengan lampu LED, bahkan LED tipe RGB.

Penggunaan LED memang sudah jamak. Levelnya makin meningkat lagi dengan diperkaya oleh LED jenis RGB. Tak sekedar slogan, LED jenis RGB jadi daya tarik tersendiri bagi para gamer. Produk gim yang menggunakan lampu LED RGB tentu jadi lebih memikat dibanding dengan produk gim dengan LED biasa.

Rexus Legionare MX2

Apa Itu RGB?

Tipe LED berdasarkan elemen warna penyusunnya adalah LED RGB atau tipe full color. Apakah maksud RGB? Itu adalah singkatan dari Red, Green, dan Blue. Artinya, dalam satu lampu LED RGB, terdiri dari tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru.

Baca juga: Apa Itu LED RGB dalam Keyboard Mekanikal?

Lampu LED RGB dapat membentuk ribuan hingga jutaan warna. Bahkan, diklaim bahwa lampu LED RGB dapat membentuk 16 juta spektrum warna! Kemampuan ini sering disebut dengan istilah videotron atau megatron. Dengan kemampuan warna sebanyak itu, maka spektrumnya bisa dilihat dari berbagai sudut.

Sayangnya, banyak di antara gamer yang belum mengetahui kelebihan LED RGB dibanding LED biasa. Banyak pula yang tidak tahu cara memaksimalkan kegunaan LED RGB sehingga percuma bayar lebih tapi tidak tahu kegunaannya.

Apa sih Kegunaannya?

Seperti lampu LED biasa, RGB berguna untuk memberi aksen aksesoris pada produk gim kamu. Lebih dari itu, LED juga berfungsi sebagai indikator pada sebuah fitur yang sedang dioperasikan.

Nah, agar kamu tak sia-sia memilih produk gim dengan lampu LED RGB, berikut ini cara memaksimalkan manfaatnya.

  1. Membuat Layout pada Produk Gim Berdasarkan Jenis Permainan

Apa yang bakal kalian gunakan saat hendak menembak musuh yang jaraknya jauh? Tentu, kalian membutuhkan senapan laras panjang, bukan sebuah pistol. Begitu pula dengan gim. Tiap jenis gim pasti membutuhkan produk gim yang sudah diatur untuk gim tersebut.

Pengaturan fitur macro atau pengaturan shortcut terntentu dapat ditandai dengan pengaturan tema LED RGB. Sebagai contoh, kamu bisa mengatur tema warna LED mouse jadi sangar saat digunakan untuk bermain FPS, tapi saat bermain gim League of Legends, temanya berganti jadi warna ceria.

LED RGB juga dapat diatur berdasarkan pengaturan macro kamu lakukan dalam software gim tersebut. Semisal pengaturan untuk basic attacks, special attacks, healing, ataupun modifikasi lain.

 

  1. Penampakan Sistem Informasi Komputer

Selain untuk menjadi representasi layout pengaturan berdasar jenis permainan, LED RGB juga dapat berfungsi menjadi penanda sistem informasi komputer kamu, seperti penanda temperatur CPU atau kecepatan kipas.

Foto: Howtogeek.com

Saat ini, banyak motherboard PC mengadopsi komponen LED RGB untuk menjadi penanda jika komputer mengalami overheating atau panas berlebih. Tak hanya itu, ada komputer gaming yang menggunakan LED RGB untuk menunjukkan kecepatan jaringan internet yang sedang diakses.

  1. Penunjuk fungsi perangkat lunak

Baru-baru ini, banyak produsen produk gim yang menggunakan LED RGB langsung terkait dengan software gim tertentu.

Fitur kegunaan ini tergantung pada kemampuan masing-masing produk gim. Ada beberapa produk gim yang belum mengaplikasikan fitur ini.

  1. Pengaturan untuk mendukung multimedia

Dengan menggunakan LED RGB, warna yang dihasilkan bisa sangat kaya. Itu bisa dimanfaatkan sebagai pendukung fitur multimedia. Sebagai contoh, kamu bisa mengatur lampu LED RGB berpendar sesuai ritme musik.

Keyboard Rexus Fortress K9RGB adalah salah satu tipe keyboard yang membenamkan switch dengan LED RGB yang dilengkapi dengan fitur audio mode. Fitur tersebut memungkinkan sinar LED RGB menyesuaikan dengan beat musik yang sedang diputar di komputer.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *