mouse gaming tombol dpi Ini Dia Fungsi Lain dari Tombol DPI pada Mouse Gaming WL S5 02 600x338

Foto: Rexus S5 Aviator

Gamer, dalam tiap mouse gaming, kamu akan menemukan tombol di tengah yang posisinya dekat dengan roda scroll. Itulah yang disebut tombol DPI.

Ada mouse gaming yang menggunakan satu tombol DPI dan ada pula yang menyertakan dua tombol DPI (depan dan belakang). Buat yang hanya mempunyai satu tombol, maka pengaturan DPI hanya dilakukan dengan menekan tombol tersebut untuk tiap level DPI mouse.

Buat yang mempunyai dua tombol DPI, kamu bisa menekan tombol yang depan untuk menambah level DPI ke angka yang lebih tinggi. Untuk menurunkan level DPI, kamu tinggal menekan tombol belakangnya.

Mouse Acceleration tombol dpi Ini Dia Fungsi Lain dari Tombol DPI pada Mouse Gaming Mouse Properties e1580874576167 546x600

Apa Itu DPI?

Seperti namanya, tombol DPI berfungsi untuk mengatur level atau tingkatan Dot per Inch. DPI atau Dots Per Inch adalah nilai pengukuran sensitivitas kamera mouse sesuai pemetaan sensor mouse ke permukaan bawahnya. Semakin tinggi nilai DPI sebuah mouse, semakin sensitif mouse tersebut.

Hal itu tentu berpengaruh pada kecepatan gerak kursor yang digerakkan oleh mouse itu. Mouse yang mempunyai nilai DPI tinggi hanya membutuhkan sedikit gerakan untuk menggerakkan kursor. Kamu tak perlu menggerakkan mouse terlalu jauh untuk mendapatkan jangkauan kursor yang luas.

Semakin tinggi level DPI, pengendalian kursor juga semakin sulit. Terkadang justru terjadi jitter atau loncatan kursor tak kerkendali.

Karenanya, kamu harus menentukan DPI yang tepat sesuai dengan game yang kamu mainkan. Biasanya, untuk game bergenre First Shooter Person (FPS), DPI diturunkan saat membidik musuh, di kisaran 250 – 400DPI. Jika sudah tidak membidik, maka tingkat DPI dapat dikembalikan ke level yang lebih tinggi.

tombol dpi tombol dpi Ini Dia Fungsi Lain dari Tombol DPI pada Mouse Gaming Thumbnail Features TX3 DPI

Pengaturan Tombol DPI Standar 3 – 4 Tingkatan

Dengan tombol DPI  yang mudah dijangkau oleh tangan tersebut, sensitivitas mouse gaming dapat diatur secara cepat sesuai dengan fungsinya. Jika mouse harus bergerak secara cepat dan sensitif, klik tombol depan.

Sebaliknya,  jika butuh lebih lambat, tinggal klik tombol DPI tengah. Tak perlu masuk ke dalam pengaturan dengan menggunakan perangkat lunak (khusus mouse yang dilengkapi software).

Biasanya, untuk pengaturan tombol DPI standar di mouse gaming, terdapat 3 – 4 tingkatan, yaitu 800 – 1200 – 1600 – 32000. Tetapi, level itu dapat diperluas hingga rentang 100 – 16000 DPI dengan menggunakan perangkat lunak.

membidik target dengan dpi rendah tombol dpi Ini Dia Fungsi Lain dari Tombol DPI pada Mouse Gaming freefire aim 600x296

Fungsi Lain Tombol DPI pada Mouse Gaming

Fungsi utama tombol DPI tentu saja adalah untuk mengatur level DPI seperti yang dibahas di atas. Tetapi, ada fungsi lain tombol DPI pada mouse gaming yang mungkin kalian belum mengetahuinya.

Terutama untuk mouse gaming yang mempunyai tombol DPI dua buah (depan belakang), kamu bisa memanfaatkan tombol DPI belakang untuk mengubah fungsi scroll dari yang berfungsi untuk menaik-turunkan layar Windows menjadi fungsi pengaturan volume dan sebaliknya.

Caranya? Gampang. Kamu tinggal menekan tombol DPI belakang selama sekitar 10 detik maka fungsi scroll akan berubah jadi pengatur volume pada laptop maupun komputer kamu.

Fungsi lain tersebut mungkin hanya fungsi tambahan dari tombol DPI. Prinsipnya, tombol DPI di mouse gaming berfungsi untuk memudahkan pengguna mendapatkan tingkat sensitivitas mouse gaming miliknya.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *