gLihat dia punya teman gaes!Gamer, wabah Corona atau Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan beragam efek di berbagai sektor, termasuk industri game. Tapi, meski demikian, ada saja yang mendapatkan “berkah” dari musibah ini alias makin untung. Siapa sajakah mereka?

Seperti diketahui bersama, banyak event turnamen game yang dibatalkan atau diundur. Menurut data dari thegamingeconomy.com, banyak sekali event game seantero dunia yang ditunda (postpone) gegara wabah ini.

Sebagai contoh, Turnamen IEL University Superseries yang disponsori oleh Rexus Indonesia pun terkena imbasnya. Turnamen resmi antar mahasiswa terbesar di Indonesia ini harus diundur untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. Meski diundur, turnamen ini tetap menayangkan event secara online atau daring yang bisa tetap disaksikan di kanal Youtube: Ligagame TV.

Itu baru satu hal dari banyak kerugian yang yang dirasakan oleh industri game di Indonesia. Pengaruh lain dirasakan juga oleh para pengusaha warnet dan game center. Meski banyak sekolah diliburkan, tetapi tidak ada gamer yang bermain di warnet karena memilih untuk tinggal di rumah. Buat yang tetap bandel, pihak kepolisian akan membubarkan secara paksa. Hal ini tentu mengakibatkan kerugian yang besar.

Ada yang Tetap Untung

Namun, ternyata masih ada pelaku industri game yang mendapatkan keuntungan di tengah wabah ini loh. Bahkan, menurut uraian dari salah satu analis dari thegamepost.com, industri game online mengalami kenaikan luar biasa. Ulasan tersebut menyebutkan kalau game online menjadi salah satu “save haven” atau kompensasi paling aman di saat kondisi wabah seperti ini.

Ini masuk akal. Saat orang tidak bisa ke mana-mana, main game jadi salah satu sarana pelesiran yang paling mudah dilakukan. Game ponsel tentu menjadi pilihan utama. Buat kalian yang punya PC gaming, tentu duduk berjam-jam di depan computer sambil main game di sela-sela mengerjakan PR dari sekolah atau bekerja di rumah.

Hmmm… menarik. Apa saja ya yang tetap untung dan bahkan makin tajir di tengah wabah Corona seperti saat ini?

  1. Produsen dan Distributor Game Online

So, pasti! Seperti yang diungkap di atas, game online jadi pelarian menyenangkan saat “terperangkap” di rumah. Otomatis, para produsen dan distributor mengeruk banyak untung. Salah satunya? Tentu saja, platform digital game PC terbesar milik Valve, Steam.

Sejak banyak yang tinggal di rumah, Steam meraih popularitas yang semakin tinggi. Selain game CS: GO yang berhasil menembus angka 1 juta pemain bersamaan beberapa hari yang lalu, pencapaian fantastis yang serupa juga terjadi di Steam. Dalam situasi ini, Steam baru saja mencatatkan rekor jumlah user aktif bersamaan hingga 20 juta user di seluruh dunia! Tidak hanya itu saja, sekitar 6,2 juta user!

  1. Provider Internet

Sebenarnya, tidak bijak untuk mengambil keuntungan di tengah penderitaan. Tapi, mau gimana lagi. Saat setiap orang butuh layanan internet untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan tentu bermain game, penyedia layanan internet tentu mengalami kenaikan pendapatan.

Menurut data yang diambil dari katadata.com, Telkomsel mencatat trafik komunikasi payload untuk layanan berbasis data dan digital alias internet naik 5% dibanding periode sebelum pengumuman kuota gratis. Khusus untuk belajar online saja, trafik datanya melonjak 236%!

Trafik data untuk aplikasi percakapan juga naik 19%, gim online  13% dan layanan digital berbasis cloud storage atau penunjang sistem aplikasi meningkat 10,4%. Trafik payload lainnya seperti layanan content provider, digital advertising, video streaming, dan meramban (browsing) masing-masing naik 8,2%, 7,5%, 7,3%, dan 5,2%.

  1. Penjualan Alat Gaming Berbasis Online

Secara logis, saat orang tidak bisa ke mana-mana, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengisi waktu di rumah dengan mengandalkan peralatan {peripheral) yang ada di rumah, termasuk peralatan gaming.

Meski terimbas oleh beralihnya kebutuhan orang ke kebutuhan yang lebih primer, kebutuhan bermain game tetap dilirik. Bedanya, hampir semua mengandalkan pembelian secara online  dalam mendapatkan peralatan gaming tersebut.

Banyak toko online yang masih tetap beroperasi meski dengan pelayanan yang terbatas. Jika kamu membutuhkan produk gaming untuk menemani waktu luang di rumah, kamu bisa mencari dan membeli produk gaming Rexus melalui www. shop.rexus.id atau di semua marketplace, dengan nama toko resmi: rexus.id.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *